16 Tempat Wisata di Pandeglang yang Menarik untuk Dikunjungi

Foto : @abahrahman9

Tempat Wisata di Pandeglang memiliki sejuta panorama yang menarik untuk dikunjungi. Pandeglang sendiri adalah sebuah kabupaten yang berada di provinsi Banten. Pandeglang berbatasan dengan bagian utara Serang, Kabupaten Lebak di Timur, dan Samudra Indonesia di barat dan selatan.

Salah satu keindahan keindahan wisata di Pandeglang yang terkenal adalah pantai Carita. Namun, masih ada banyak lagi tempat wisata di Pandeglang yang tak kalah bagusnya dengan pantai Carita.

Wisata Pandeglang Terbaru

Berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai wisata terbaru di Pandeglang :

1. Taman Nasional ujung Kulon

tempat menarik di pandegelang
Foto : @lurisristia25

Tempat menarik di Pandeglang yang patut untuk dikunjungi daalah Taman Nasional Ujung Kulon. Taman ini terletak di Jl. Raya Labuan KM.10 Pantai Carita, Pandeglang. Tempat ini sangat unik karena melindungi sejumlah spesies yang terancam punah.

Tempat ini juga diisi dengan sejarah dari komunitas Hindu dan Budha di Pulau Panaitan. Sejarah Kesultanan di Sanghyang Sirah, dan peninggalan dari Kolonial Belanda di sekitar wilayah Cibom.

Taman Nasional Ujung Kulon memiliki pantai yang indah dan bagus untuk snorkeling. Setelah mengunjungi taman nasional satu ini. Ada baiknya jika Anda juga mengunjungi Sanghyang Sirah, Pulau Badul, Pulau Mangir, Pulau Oar, Pulau Peucang, dan pulau lainya.

2. Curug Putri

 tempat nongkrong di pandeglang
Foto : @leli_listiyawidari

Tempat menarik di pandegelang yang patut untuk dikunjungi adalah Curug Putri. Wisata ini merupakan air terjun di Pandeglang yang memiliki pemandangan yang sangat indah dan menyejukkan. Dan curug ini merupakan curug terindah di banten.

Curug di Pandeglang ada di Jl. Raya Carita, Pandeglang atau 2 menit dari jalan Raya Pandeglang. Anda hanya perlu berjalan kaki untuk menyusuri sungai yang ada sebelum masuk curug Putri. Air terjun satu ini memilik pemandangan yang indah.

Untuk menyusuri tempat wisata satu ini, Anda perlu dibantu oleh pemandu yang ada karena jalan menuju curug tidaklah mudah. Namun ketika sudah sampai di tempatnya, maka rasa lelah Anda akan terbayar lunas.

3. Tanjung Lesung

air terjun di pandeglang
Foto : @sitiyayamunadiana_96

Tempat wisata di Banten selanjutnya adalah Tanjung Lesung. Tempat wisata satu ini berada di Tanjung Lesung Kav. C 6, Pandeglang, Banten. Tempat ini bukan hanya terhampar lautan yang luas. Tapi juga memiliki lapangan sepak bola, dan terdapat restoran yang menyajikan makanan yang lezat.

Pantai di Tanjung Lesung sangatlah tenang, tidak seperti pantai lainnya di daerah Pandeglang. Airnyapun sangatlah jernih dan menyejukkan. Sayangnya, pantai di Tanjung Lesung penuh dengan rumput laut. Sehingga tidak benar-benar nyaman jika digunakan untuk berenang.

4. Pulau Kelapa

tempat wisata di serang timur
Foto : @erickcascado

Pulau Kelapa Carita berada di Caringin, Pandeglang. Wisata ini memiliki taman air bungalow dan restoran. Jika Anda ingin menginap di sini, Anda dapat pergi ke taman air gratis.

Anda hanya perlu membayar biaya berkisar Rp.25.000 untuk menyewa balon. Sementara untuk harga bungalownya berkisar antara Rp.450.000 – 500.000 rupiah / malam dengan AC dan shower di dalam.

Bungalow di Pulau Kelapa terbuat dari bambu dan harga penginapan di pulau ini tidaklah mahal. Menariknya di pulau ini juga terdapat olahraga air seperti banana boat. Menarik sekali untuk mengunjungi Pulau Kelapa jika berwisata ke Pandeglang.

Baca juga : 20 Tempat Wisata di Jakarta Terbaru Paling Menarik di Kunjungi

5. Krakatau Dau

 tempat wisata di banten
Foto : @fietzfairy90

Krakatau Dau adalah sebuah perjalanan wisata bagi Anda yang ingin melihat gunung berapi Krakatau. Pemandangan gunung Krakatau sangatlah spektakuler.

Jika Anda tidak membawa tenda untuk berkemah, ada banyak tempat penyewaan bagi Anda yang ingin menyewa tenda. Tertarik untuk melihat sunset atau sunrise di balik gunung Krakatau? Kunjungi Jl. Raya Carita KM10.

6. Taman Air CAS

wisata pandeglang terbaru
Foto : @septianadi_

Salah satu taman air yang wajib dikunjungi jika berwisata di kota Pandeglang adalah taman air CAS. Taman air ini memiliki air yang bersih dan jernih, cocok sekali dikunjungi jika Anda berwisata bersama anak-anak.

Wahana permainan di taman air CAS juga banyak dan cukup menarik. Dijamin anak-anak akan betah berlama-lama berenang di taman air ini. Tertarik untuk berwisata ke tempat ini? Kunjungi saja Jl. AMD Lintas Timur, Pandeglang.

7. Pelabuhan Karangantu

curug terindah di banten
Foto : @restyoctaviana

Tempat nongkrong di Pandeglang yang menarik sambil menikmati matahari terbenam adalah pelabuhan Karangantu. Pelabuhan Karangantu berada di Jl. Pelabuhan Karangantu, Serang.

Tempat ini pernah menjadi pelabuhan utama dan menjadi penyeberangan penting di dunia selama masa Kesultanan Banten. Namun, sejarah besar tersebut tidak banyak dikenal oleh banyak orang.

Bahkan kondisi pelabuhan Karangantu saat ini terkesan kumuh dan tidak terawat karena banyaknya tumpukan sampah. Karangantu menjadi pelabuhan yang ramai digunakan di daerah Banten.

Pelabuhan yang berada di kabupaten Serang ini merupakan pintu masuk utama kapal ke daerah Banten. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan terbesar kedua setelah Sunda Kelapa.

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Pelabuhan Karangantu, ada perahu nelayan yang bisa disewakan untuk mengangkut wisatawan ke Pulau Tunda.

Dari pelabuhan Karangantu menuju pulau Tunda membutuhkan perjalanan sekitar dua jam.

8. Tebing Koja Kandang Gozilla

curug di pandeglang
Foto : @febrialams

Nama Kandang Godzilla diberikan kepada tempat wisata Tebing Koja. Namanya berasal dari sosok batu raksasa yang dikelilingi oleh tebing batu karst. Pemandangan di tebing Koja ini luar biasa indah. Anda akan melihat kolam kecil dengan perahu kayu kecil dikelilingi sawah nan hijau.

Anda juga bisa melihat hamparan tanaman pohon pisang. Tempat wisata satu ini cenderung ramai di akhir pekan saja. Jika Anda ingin berwisata ke tempat ini, waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi hari. Karena matahari di siang hari sangatlah terik dan wisata akan sedikit terganggu dengan cuaca yang panas.

Baca juga : 10 Tempat Wisata di Bukittinggi Juga Tidak Kalah Menarik Untuk Berlibur

9. Pulau Tunda

tempat wisata keluarga pandeglang
Foto : @andrikilua

Wisata Pandeglang terbaru adalah Pulau Tunda. Tempat ini cocok sekali untuk snorkeling. Pulau Tunda memiliki pemandangan yang luar biasa. Tidak banyak wisatawan yang berkunjung di Pulau Tunda sehingga Anda bisa menikmati snorkeling dengan tenang. Jika Anda beruntung, mungkin Anda bisa bertemu dengan lumba-lumba.

10. Pantai Carita

tempat wisata di banten tanjung lesung
Foto : @fransxaverei

Pantai Carita adalah pantai yang sangat terkenal di Pandeglang. Destinasi wisata ini terletak di Jl. Raya Labuan Km. 10, Anyer .Pantai ini sangat bagus untuk liburan liburan keluarga. Ombaknya tidak terlalu besar, aman bagi anak-anak untuk bermain dan berenang.

Terdapat wahana air banana boat yang tersedia untuk disewakan. Namun, Anda harus pandai menawar. Jika Anda beruntung, Anda bisa menyewa banana boat dengan kisaran harga Rp.100 ribu untuk 6 orang. Anda akan mendapat 2 putaran banana boat untuk menyusuri pantai Carita.

11. Benteng Speelwijk

Wisata anak pandeglang
Foto : @satyagra

Tempat wisata di Serang Timur adalah benteng Speelwijk. Benteng ini berada di Jln. Banten, Serang 42113, Indonesia. Sesuai dengan namanya, benteng ini dibangun pada zaman penjajahan Belanda. Benteng Speelwijk masih dalam satu kawasan dengan Banten lama dan tidak jauh dari Vihara.

Sayangnya benteng Speelwijk sudah mulai memugar dan mebutuhkan perawatan dari pemerintah. Agar situs ini bisa dijadikan tempat kunjungan wisata sejarah yang nyaman.

12. Pulau Peucang

Wisata anak muda pandeglang
Foto : @wukitravel

Berkunjung ke pulau Peucang akan membawa Anda disuguhi pemandangan lanskap pantai yang menakjubkan. Pulau ini dikelilingi oleh pasir putih, air yang jernih, serta perbukitan hijau. Semua panorama itu akan membuat Anda terkagum-kagum ketika mengunjungi tempat wisata satu ini.

Selain berenang, Anda juga snorkeling, trekking, dan menyaksikan gerombolan rusa yang juga tinggal di pulau Peucang.

13. Pulau Umang

Wisata romantis pandeglang
Foto : @visitpandeglang

Jika Anda ingin pergi ke tempat yang romantis, Anda bisa berwisata ke Pulau Umang. Pulau Umang berada di pesisir barat Pulau Jawa. Pulau satu ini memberikan suasana yang tenang, sejuk dan damai. Dengan hamparan birunya laut dan segarnya pepohonan di sekeliling pulau. Anda akan dimanjakan dengan layanan alam yang gratis di pulau ini.

Jika Anda hendak berwisata ke tempat ini, Anda membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam dari ibu kota Pandeglang. Meskipun terbilang cukup lama, namun akses untuk menuju tempat wisata pulau peucang cukup nyaman dan mudah karena sudah beraspal.

Sama halnya di pulau Umang, di Pulau Peucang juga terdapat hewan. Hewan tersebut adalah rusa dan juga monyet ekor panjang yang hidup di pulau ini. Satwa-satwa tersebut tinggal dan beraktivitas di pepohonan yang berada di sekitar pulau peucang.

Selain dua satwa tadi, adapula burung merak di pulau peucang. Sayangnya, untuk bisa melihat burung merak yang tergolong langka tersebut cukup sulit karena jarang muncul di hadapan manusia.

Baca juga : 10 Tempat Wisata di Padang Untuk Keluarga

14. Curug Gendang

Wisata kekinian terbaru pandeglang
Foto : @umar_rachman

Wisata ini memang tidak seterkenal curug putri. Curug satu ini bahkan jarang dikunjungi manusia. Destinasi wisata satu ini terletak di Desa Sukarame dan memiliki ketinggian tempat mencapai 170 meter di atas permukaan laut.

Kawasan curug genang dikelilingi oleh tebing bebatuan yang tinggi jadi harus berhati-hati bila berkunjung di sini. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 7 meter dengan kedalaman 13 meter.

Yang menarik dari curug gendang, adalah suara debit airnya yang menyerupai alat musik tradisional Jawa bernama gendang. Maka dari itu, curug ini dinamakan gendang.

15. Rawa Dano

Wisata hitz pandeglang
Foto : @trisnaindonesia

Rawa Dano adalah sebuah objek wisata yang berbentuk danau dan hutan belantara. Destinasi ini ditumbuhi aneka flora dan fauna. Jika Anda berkunjung ke tempat ini, maka Anda akan melihat banyak kera berkeliaran.

Kera-kera ini tidak mengganggu selama Anda tidak mengganggunya. Bahkan, bukan hanya ada kera saja, Tempat ini juga terdapat 250 burung yang ikut tinggal di tempat wisata satu ini.

16. Pulau Dua

tempat berlibur pandeglang
Foto : @eogadget2

Tempat wisata di Pandeglang yang terakhir adalah Pulau Dua. Pulau ini memiliki luas sekitar 30 hektare dan dihisi dengan landskap birunya air yang jernih. Pulau dua merupakan sebuah kawasan yang bisa disebut sebuah cagar alam. Ya, Pulau Dua berbeda dengan pulau Umang, pulau ini seperti cagar alam yang yang melindungi beragam jenis burung.

Ada banyak ratusan jenis burung dari berbagai negara yang kerap datang ke pulau Dua. Bukan hanya burung, pulau ini juga terdapat jenis tumbuhan hutan tropis yang membentuk ekosistem.

Peta Wisata Pandeglang

Ya, kabupaten Pandeglang benar-benar memiliki tempat wisata yang sangat banyak dan istimewa. Anda bisa berkunjung ke pulau, pantai atau curug, semuanya menarik sekali untuk dikunjungi.

Wisata alam di Pandeglang juga sangat ekonomis dan menawarkan panorama yang sangat mengesankan. Dari sekian tempat wisata di Pandeglang, mana yang akan menjadi destinasi pertama Anda?

LEAVE A REPLY