10 Tempat Wisata di Bukittinggi Juga Tidak Kalah Menarik Untuk Berlibur

tempat wisata di bukittinggi
Foto : @yuherina.gusman

Sumatera Barat juga memiliki tempat wisata di Bukittinggi. Sebagai kota dengan perekonomian terbesar kedua di Sumatera Barat, Bukittinggi menawarkan beragam tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan.

Kota Bukittinggi merupakan kota perjuangan karena beberapa pahlawan nasional Indonesia lahir dan dibesarkan di kota ini. Selain itu kota Bukittinggi juga pernah menjadi Ibukota Negara Indonesia pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia ( PDRI ). Pada kala itu ibukota negara yang semula terletak di Yogyakarta jatuh ke tangan Belanda.

Kota Bukittinggi berada 90 kilometer dari kota Padang ke arah utara. Letaknya persis pada rangkaian pegunungan Bukit Barisan di tepian Ngarai Sianok. Kota ini juga diapit oleh dua gunung yaitu Gunung Marapi dan Gunung Singgalang yang masih berstatus aktif.

Posisi Bukittinggi yang berada pada ketinggian lebih dari 900 meter di atas permukaan laut membuat hawa di Bukittinggi cenderung sejuk. Letak geografis inilah yang membuat Bukittinggi menjadi kota wisata. Tempat wisata di Sumatera Barat terbaru ada di kota Bukittinggi ini.

Wisata Bukittinggi Terbaru

Berikut ini adalah tempat wisata di Bukittinggi terbaru :

1. Jam Gadang

tempat wisata di bukittinggi terbaru
Foto : @ianpiliang

Jam Gadang merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi wisatawan di kota Bukittinggi. Ini sebenarnya menjadi tempat yang paling iconic di kota Bukittinggi. Posisinya yang strategis berada diantara Pasar Bawah, Istana Bung Hatta, Pasar Atas dan Plaza Bukittinggi. Dengan begitu membuat tempat ini selalu dikunjungi wisatawan.

Jam ini dibangun pada masa penjajahan Belanda dan sempat mengalami renovasi beberapa kali di bagian atap jamnya. Konon jam ini dulu di bangun sebagai bentuk hadiah dari pemerintah Belanda untuk sekertaris kota Bukittinggi pada masa itu.

Jam ini dibangun dengan ukuran 13 meter x 4 meter dengan tinggi 26 meter. Pada masing-masing sisi bangunan terdapat empat buah jam besar berdiamater 80 cm. Mesin pada Jam Gadang ini konon katanya hanya ada dua di dunia.

Mesin pertama digunakan di Jam Gadang, Indonesia dan yang kedua di pakai di jam Big Ben, London Inggris. Jadi tidal perlu ke luar negri untuk melihat jam peninggalan inggris, karena ini adalah salah satunya.

Selain keunikan mesinnya yang hanya ada dua di dunia, Jam Gadang juga memiliki keunikan yang lain. Atap bangunan jam ini sempat diganti dua kali sebelum berbentuk rumah adat Minangkabau.

Pada awal pembangunan atap bangunan ini berbentuk bulat dengan patung ayam jantan diatasnya. Lalu pada masa penjajahan Jepang, bentuk atap pun ikut berubah bentuk menjadi pagoda. Hingga akhirnya ketika masa kemerdekaan bentuk atap bangunan dibuat seperti yang sekarang kita lihat.

Keunikan lain dari jam ini adalah angka yang tertera di jam ini dipakai angka Romawi. Namun pada angka empat di jam ini tertulis IIII seharusnya IV. Keanehan penulisan angka empat di Jam Gadang ini sampai sekarang belum ada yang bisa memecahkannya.

2. Benteng Fort De Kock

Wisata keluarga bukittinggi
Foto : @bukittinggifans

Benteng Fort De Kock merupakan salah satu benteng peninggalan penjajahan Belanda. Bangunan ini dibangun pada tahun 1825 pada masa Baron Hendrik Merkus De Kock. Sehingga benteng ini pun diberi nama sesuai dengan nama Wakil Gubernur Jendral Hindia Belanda tersebut.

Tempat ini merupakan saksi dari perang yang terkenal di Sumatera Barat yaitu perang Paderi pada tahun 1821 – 1837. Bangunan benteng Fort De Kock masih ada hingga saat ini. Benteng etrsebut di cat warna putih – hijau dan di keempat sisi benteng terdapat meriam kecil.

Tempat ini terletak di atas Bukit Jerik tepatnya di jalan Yos Sudarso, Benteng Pasar Atas. Untuk mencaoai benteng ini cukup mudah karena posisinya hanya 1 kilometer dari pusat kota Bukittinggi.

Jika Anda berlibur ke kota Bau-Bau Sulawesi Tenggara, Anda juga akan menemukan benteng yang sangat bersejarah dan terbilang unik pula.

Baca juga : 10 Tempat Wisata di Padang Untuk Keluarga

3. Ngarai Sianok

tempat wisata di sumatera barat terbaru
Foto : @rudy_chen_rc

Pemandangan alam yang disuguhkan Ngarai Sianok memang tidak ada duanya. Jurang yang tercipta alami ini berbentuk memanjang dan berkelok dari Ngarai Koto Gadang hingga Nagari Sianok Anam Suku.

Ngarai Sianok ini memiliki kedalaman jurang beragam mulai dari 70 meter hingga 100 meter. Ngarai ini membentang sepanjang 15 kilometer dengan lebar 200 kilometer. Anda bisa bayangkan betapa besar dan dalamnya ngarai ini. Jadi bagi yang takut ketinggian sebaiknya tetap waspada dan fokus.

Ngarai ini terletak di perbatasan kota Bukittinggi tepatnya di kabupaten Agam. Di bagian bawah ngarai ini mengalir sungai Sianok yang memilik air yang jernih.

Sungai Sianok juga bisa dilalui menggunakan kano. Mulai dari Nagari lambah hingga Jorong Sitingkai yang membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 3 jam.

Tempat ini sangat cocok untuk menenangkan diri dari rutinitas yang mulai melelahkan. Mata akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah disertai udara yang sejuk.

4. Museum Bung Hatta

tempat pemandian di bukittinggi
Foto : @cakjun77un

Museum Bung Hatta awalnya merupakan tempat kelahiran Bung Hatta – Bapak Proklamator Republik Indonesia. Tempat ini dibangun untuk mengenang Bung Hatta. Bung Hatta lahir dan dibesarkan di rumah ini hingga usianya 11 tahun.

Rumah asli Bung Hatta sudah hancur di tahun 60-an karena usia bangunan yang sudah tidak layak. Kemudian pada tahun 1994 dicetuskan untuk membangun ulang rumah kelahiran Bung Hatta.

Rumah yang dijadikan museum ini kemudian diresmikan pada tanggal 12 Agustus 1995 bertepatan hari kelahiran Bung Hatta. Museum Bung Hatta ini terletak di jalan Soekarno – Hatta Bukittinggi. Di museum ini kita bisa menyelami masa kecil Sang Proklamator yang terkenal karena kejujurannya.

Baca Juga :17 Tempat Wisata di Sumatera Utara Terbaru

5. Taman Margasatwa dan Budaya Kinanta

tempat wisata di padang panjang
Foto : @iggoy

Taman Margasatwa dan Budaya Kinanta atau yang lebih terkenal dengan Kebun Binatang Bukittinggi. Tempat ini merupakan salah satu kebun binatang tertua di Indonesia. Kebun binatang ini terletak di atas bukit Cubadak, Bungkuak.

Wisata ini dikenal sebagai kebun binatang tertua. Kebun binatang ini dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda di tahun 1900-an dan diberi nama stormpark atau kebun bunga. Mungkin pada masa itu lokasi ini direncanakan menjadi taman bunga di Bukittinggi.

Taman Margasatwa dan Budaya Kinanta ini terletak dekat dengan Benteng Fort De Kock. Untuk mencapai lokasi ini pun cukup mudah, cukup berjalan kaki menyebrangi Jembatan Limpapeh di sekitaran Benteng.

Baca juga : 15 Tempat Wisata Di Penang Yang Wajib Dikunjungi Saat Berlibur

6. Janjang Saribu

wisata anak bukittinggi terbaru
Foto : @minangdihatiden

Janjang Saribu atau dalam bahasa Indonesia tangga seribu merupakan salah satu objek wisata yang terkenal di Bukittinggi. Bentuk tangga dan jalan yang bertembok ini sepintas mirip the great wall di China.

Janjang Saribu ini membentang mulai dari Koto Gadang di Ngarai Sianok hingga naik ke kota Bukittinggi. Janjang Saribu terletak dalam kawasan wisata Ngarai Sianok.

Untuk menikmati Janjang Saribu ini harus mempersiapkan fisik yang kuat karena panjang dari jalan tangga ini sekitar 780 meter. Jika lelah maka ada baiknya berhenti dan menikmati pemandangan indah yang terhampar luas gratis dari Tuhan.

7. Jembatan Limpapeh

wisata keluarga bukittinggi terbaru
Foto : @caam_melandry

Jembatan Limpapeh merupakan jembatan gantung penghubung Benteng Fort De Kock dengan Taman Margasatwa dan Budaya Kinanta. Panjang jembatan ini 90 meter dengan lebar sekitar 3.8 meter. Jembatan ini menggantung di atas Jalan Ahmad Yani, Bukittinggi. Penyangga jembatan ini dibuat dengan model rumah adat khas Minangkabau. Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 1995.

Selain berfungsi sebagai penghubung dua tempat wisata. Di atas jembatan ini juga bisa dinikamti pemandangan alam yang indah serta udara yang sejuk. Jembatan ini sangat cocok untuk berfoto baik dari atas jembatan maupun foto dari bawah jembatan.

Baca Juga :Restoran dan Tempat Makan Enak di Palembang Terbaru

8. Gua Jepang

wisata remaja bukittinggi
Foto : @pelangi_holiday

Gua Jepang atau yang terkenal sebagai Lubang Jepang merupakan tempat perlindungan tentara Jepang yang dibangun pada tahun 1942. Panjang terowongan ini sekitar 1400 meter dan berbentuk berkelok-kelok. Lebarnya sendiri sekitar 2 meter.

Terowongan ini dibangun di dalam tanah yang berjenis jika dicampur air kondisi tanah akan semakin kokoh. Hal ini terbukti ketika gempa Padang di tahun 2009, terowongan ini tidak mengalami kerusakan berarti.

Pembangunan terowongan ini menggunakan sistem Romusha atau kerja paksa. Konon tenaga kerja pembuatan terowongan ini didatangkan dari Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

Baca juga : 17 Tempat Wisata di Bondowoso Terbaru Paling Menrik di Kunjungi

9. Rumah Adat Baanjuang

tempat wisata anak muda kekinian
Foto : @rockstartiket

Museum rumah adat Baanjuang atau yang biasa disebut sebagai Rumah Gadang terletak dalam komplek kebun binatang Bukittinggi. Museum ini dibangun pada tahun 1935 sewaktu penjajahan Belanda.

Tempat yang satu ini sempat beberapa kali ganti nama. Di awal berdirinya museum ini diberi nama museum Baanjuang karena pada saat itu kita masih berjuang bebas dari penjajahan. Setelah kemerdekaan Indonesia museum ini berubah nama menjadi museum Bundo Kanduang.

Namun penamaan itu dirasa masih kurang tepat. Hingga akhirnya pemerintah daerah setempat memberi nama museum Rumah Adat Baanjuang hingga saat ini.

10. Tabiang Takuruang

tempat wisata terbaru bukittinggi kekinian
Foto : @minangtourism

Tabiang Takuruang atau Bukit Terkurung merupakan salah satu objek wisata yang terletak di dalam kawasan Ngarai Sianok. Wisata ini menampilkan pemandangan sebuah bukit yang terkurung oleh lembah dan aliran sungai yang jernih.

Tempat ini terletak di Jorong Lambah kabupaten Agam.
Selain 10 tempat wisata yang telah disebutkan di atas, adapula tempat pemandian di Bukittinggi yang bisa anda kunjungi. Ada juga tempat wisata di Padang Panjang yang tak kalah menarik seperti Air Terjun Lembah Anai, Mifan dan Gunung Tandikat.

Bukittinggi ini sangat cocok dikunjungi para traveler yang bosan dengan wisata yang ada di Pulau Jawa atau di luar negeri. Bergerak jauh sedikit menyebrangi pulau untuk mendapatkan pengalaman wisata yang berbeda tentu tidak ada ruginya.

Wisata alam dan budaya tidak pernah habis untuk dinikmati dan diceritakan berulang kali. Terlebih jika tempat wisata yang dikunjungi merupakan tempat wisata yang jarang ditemui di tempat lain.

Bukittinggi dan Padang menawarkan beragam tempat wisata dengan jarak antar tempat wisatanya yang begitu dekat. Sehingga tidak butuh waktu liburan yang lama untuk menikmati semua tempat wisata tersebut.

Baca Juga : 28 Tempat Wisata di Palembang Terbaru Paling Hits dan Murah

Peta Wisata Bukittinggi

Itulah dia semua keindahan tempat wisata di Bukittinggi. Untuk engajak keluarga atau teman dekat untuk berlibur selama tiga hari sepertinya cukup untuk menikmati.

Siapkan dana yang cukup dan waktu luang anda untuk menikmati pesona Sumatera Barat dari kacamata Kota Bukittinggi. Tak pernah ada sesal memilih Bukittinggi sebagai tempat berlibur.

LEAVE A REPLY