Tempat Wisata Di Aceh Terbaru

tempat-wisata-di-aceh-terbaru
foto dari @willy_cool1409

Tempat Wisata di Aceh tidaklah sedikit, ada beberapa tempat wisata baik alam, budaya dan juga wisata lainnya. Aceh dikenal juga sebagai kota serambi makkah, kenapa? Karena pada mulanya agama islam tersebar di Aceh.

Dahulu Aceh merupakan negara tersendiri yang bergabung dengan kesultanan turki utsmani. Namun sekarang Aceh tetap menjadi bagian dari Indonesia. Tapi, hubungan antar kesultanan masih terjalin dengan baik sampai sekarang.

Aceh memiliki banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi. Selain wisata alam, ada juga wisata budaya yang bisa dinikmati. Apalagi letak Aceh merupakan kota yang dekat dengan laut. Masih ingatkah anda kejadian pada tahun 2014.

Pada waktu itu terjadi bencana besar yang memporandakan kota Aceh. Sekarang sudah rapi dan asri, justru kota Aceh sekarang memiliki museum Tsunami. Museum ini memiliki banyak pengunjung dan menjadi salah satu tujuan utama berlibur ke kota Aceh.

Tempat wisata di Aceh Terbaru

Selain museum Aceh ada juga berbagi tempat wisata dan atraski yang bisa adan kunjungi. Apa saja itu? Untuk lebih lengkapnya silahkan adna baca pada paragraf selanjutnya.

1Museum Tsunami

foto dari @windiarnijulia

Salah sat Tempat Wisata Di Aceh Selatan. Museum ini dijadikan tempat untuk mengennag kejadian 2014 silam. Kejadian tersebut menjadi peristiwa yang memilukan bagi warga Aceh dan muslim seluruh dunia.

Museum ini terletak di Jalan Sultan Iskandar Muda No. 3 Sukaramai, Baiturrahman kota Banda Aceh. Museum ini terdiri dari beberapa ruangan diantaranya yaitu

  • Ruang kenangan; ruang ini terdapat 26 monitor yang melambangkan tanggal 26 Desember 2004. Ruangan ini di kenal dengan ruangan penuh memori. Pada setiap monitor yang tersedia ini memperlihatkan gambar korban tsunami. Tampilan gambar dan foto dalam bentuk slide.
  • Lorong tsunami; lorong ini menyajikan moment saat tsunami awal mula terjadi. Terdengar suara gemericik air dan suara gemuruh yang menandakan bahwa tsunami akan tiba. Lorong ini seperti halnya lorong pada umumnya hanya sedikit cahaya yang masuk. Tempat ini juga disebut sebagai space of fear (lorong yang menggambarkan ketaatan warga Aceh kala itu).
  • Lorong cerobong; Tempat Wisata Di Aceh yang menjadi salah satu bagian dari museum tsunami yang berkelok kelok. Tidak hanya itu lorong ini memiliki lantai yang tidak rata. Hal ini menggambarkan tentang kebingugan , ketakutan dan keputusasaan masyarakat Aceh saat terjadi Tsunami. Masayrakat Aceh bingung mencari sanak keluarga dan kehilangan harta benda. Ruangan lorong ini didesain gelap kemudian baru ke ruangan yang terang.
  • Sumur Doa; sumur yang berbentuk silinder dengan sedikit cahaya. Tingginya sekitar 30 meter. Pada sumur doa ada 2 ribu korban tsunami, namanya tertulis di dinding sumur tersebut. Istilah lainya dari sumur doa adalah sebagai kuburan massal. Setelah masuk ruangan ingin dianjurkan untuk berdoa.
  • Jembatan Harapan; merupakan tempat terakhir dari museum tsunami. Jembatan ini terdiri dari 54 bendera dari 54 negraa yang ikut membantu masyarakat Aceh ketika di landa Tsunami. Setiap benderenya bertuliskan “Damai” sesuai dengan bahasa masing-masing negara.

Baca Juga >> 23 Tempat Wisata di Solo Terbaru Paling Menarik dan Indah

2Air Terjun Blang Kolam

foto dari @muksalmina47

Air terjun ini sebagai  Tempat Wisata Di Aceh Utara di desa Sidomulyo. Untuk sampai ke air terjun ini butuh waktu 30 menit dari ibu kota Aceh.

Air terjun ini disebut juga dengan air terjun kembar karena memiliki dua aliran air terjun. Tempatnya sejuk dan asri sehingga cocok untuk tempat refresing. Tinggi dari air terjun blang Kolam ini sekitar 75 kilometer.

Untuk bisa menikmatinya anda juga bisa berkemah di sekitar air terjun. Tersedia tempat yang digunakan untuk berkemah, cukup dengan meminta izin dan membayar 5 ribu.

3Air Terjun Suhon

foto dari @iam_sipop

Salah sat Tempat Wisata Di Aceh Besar, tepatnya di Desa Suhon, Kecamatan Lhoong. Untuk bisa sampai ke wisata ini anda harus melewati jalanan naik-turun.

Sepanjang jalan anda akan di sajikan dengan keindahan pemandangan pegunungan Kulu dan Paro. Jika anda sampai ke tengah perjalanan melihat monyet jangan kaget. Mereka hanya akan meminta buah-buahan ataupun mkanan ringan.

Air terjun suhon memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Pada air terjun ini terbagi menjadi tiga tingkat. Tapi, anda tidak di perbolehkan untuk naik ke tingkat dua dan tiga. Kenapa? Karena demi keselamatan masing-masing.

Pada tingkat dua dan tiga terdapat pembangkit listrik yang memiliki tegangan tinggi. Untuk itu harus waspada dan berhati-hati serta ikuti aturan yang sudah di buat.

Selain bisa menikmati indanya pemandangan  dan sejuknya suasana anda bisa berensng di telaga sedalam dua meter. Telaga tersebut ada di bawah air terjun. Telaga itu khusus untuk area dewasa.

Sedangkan untuk anak-anak tersedia juga kolam renang anak. Untuk anda yang tidak ingin bermain air anda bisa juga duduk manis di gazebo yang tersedia.

Baca Juga :17 Tempat Wisata di Sumatera Utara Terbaru

4Kuala Paret

from @aliyusuf_

Salah satu Tempat Wisata Di Aceh Tamiang, yang memiliki keindahan memukau. Tempat ini sangat menarik untuk di eksplorasi.

Di kuala paret ini anda akan menemukan dinding dari batu alami dengan aliran air sungai yang deras. Tempat wisata ini juga cocok untuk berenang.

Karena dinding batu di kuala ini membentuk cekungan yang menyerupai kolam. Anda bisa berenang sambil menikmati sejuknya suasana.

Kuala peret berada di desa Kolai, Tamiang Hulu, Banda Aceh. Lokasinya berada di kawasan perkebuan kelapa sawit. Jarak yang di tempuh untuk sampai ke kuala peret ini lumayan jauh dari pusat kuala Simpang.

Jika anda mengunakan sepeda motor bisa memamakan waktu sekitar tiga jam. Untuk itu butuh tenaga yang cukup untuk sampai ke kuala peret.

Baca Juga :33 Tempat Wisata di Medan Terbaru yang Patut Anda Kunjungi

5Kuala Merisi

foto dari @jovial.silvia

Salah satu tempat wisata yanga ada di Aceh selain kuala paret. Kuala merisi ini juga bisa digunakan sebagai tempat yang cocok untuk menikmati suasana pantai yang tenang dan sepi.

Tempat wisata ini memiliki garis pantai yang cukup panjnag dan ombak yang kecil. Jadi, anda bisa bermain di tepi pantai. Anda bisa juga berselancar di tempat ini karena ombaknya cocok untuk kegiatan olahraga.

Selain berselancar anda bisa juga menikmati suasana pantai dengan menggelar tikar di bawah naungan payung. Dengan suasana yang asri dan deburan ombak serta hembuasn angin yang sejuk ini cocok untu di buat refresing.

Di tempat wisata ini ada juga brbagai fasilitas umum seperti kamar mandi, warung makan dan tempat umum lainnya.

Baca Juga >> Oleh Oleh Khas Bali Terbaru Paling Lezat & Murah

6Pulau Rubiah

foto dari @riski_sabang

Salah satu Objek Wisata Di Sabang, lebih tepatnya berada di sebelah baratnya laut Pulau Weh. Mungkin anda bertanya-tanya kenapa dinamakan Pulau Rubiah? Nama Rubiah ini di ambil dari batu nisan yang ada di pulau tersebut.

Pulau ini cocok untuk snorkling dan diving. Anda bisa melihat berbagai biota di dasar laut karena masih jernih. Di pulau Rubiah ini ada 14 biota dari 15 biota laut yang di lindungi di Indonesia. Keindahan terumbu karang dan juga biotanya ini bisa terlihat jelas.

7Pantai Iboih

foto dari @vitaaputri

Salah satu pantai yang menyajikan Keindahan Wisata Aceh dengan air pantai yang berwarna hijau toska atau bisa disebut biru cerah. Pantai ini juga termasuk pantai yang paling indah di Aceh.

Pemandangan yang sejuk dan warna yang indah menjadikan anda betah untuk berlama-lama di pantai Iboih. Selain di pulau Rubiah anda juga bisa diving di pantai ini.

Untuk letak pantai Iboih ini berada di sebelah tepi barat pulau Weh, desa Iboih, kecamatan Sukakarya kabupaten Sabang. Airnya yang jernih ini menjadikan anda lebih mudah untuk melihat biota yang ada di dasar laut.

Pantai ini juga cocok untuk menjadi tempat wisata bagi pengantin baru. Suasana yang tenang dan asri ini membuat fikiran rileks dan santai.

Baca Juga : 17 Tempat Wisata di Sumatera Utara Terbaru

8Pantai Terong

foto dari @ulfa0304

Mungkin untuk anda yang belum mengenal sebutan nama ini akan terlihat lucu. Sebenarnya pantai terong ini adalah bukit yang digunakan untuk melihat keindahan Aceh tengah dari atas. Ketinggiannya sekitar 1830 meter dari permukaan laut.

Untuk anda yang ingin ke tempat wisata ini jangan lupa untuk mebawa pakaian tebal atau jaket. Kenapa? Karena udara di sana sangat dingin. Untuk yang tidak kuat dingin jangan coba-coba untuk datang tanpa mementingkan keselamatan.

Apa saja yang aka terlihat di pantai terong ini? anda bisa melihat danau laut tawar yang mirip kuali raksasa. Selain itu anda bisa juga melihat pemandangan matahari terbit dan juga terbenam dengan begitu indahnya.

Jika anda berniat untuk berkunjung ke tampat wisata ini ataupun di wisata lainya jangan lupa untuk mengabadikan momentnya.

9Pantai Lampuuk

foto dari @ummu.uwaisalqarni

Salah satu wisata yang berada di wilayah pantai kuta Aceh. Pantai ini memiliki garis pantai sekitar 5 kilometer dengan pasir putih yang lembut dan tebing karang yang ada di Pantai. Ada berbagai aktivitas yang bisa anda lakukan di pantai ini.

Apa saja? anda bisa berjemur, berselancar, bermain banana boat dan juga berenang. Selain itu, anda juga dapat melihat penangakaran penyu. Anda bisa juga melepas tukik ke laut lepas. Hal ini bsa menjadi hiburan sekaligus edukasi untuk melestarikan alam dan juga faunanya.

10Pantai Lhoknga

foto dari @erzaferdian

Salah satu wisata Aceh yang berada tidak jauh dari pantai Lampuuk. Sekitar 20 kilometer dari Banda Aceh anda akan sampai ke pantai ini.

Ombak yang ada di pantai ini memiliki ketinggian 1,5 dampai 2 meter coock untuk berselancar. Anda bisa bersantai di bawah pohon yang rindang, selian itu ana juga bisa bermain voli pantai.

Selain wisata yang sudha di sbuetkan, ada juga Atraksi Wisata Di Aceh yang diminati oleh surfer internasonal. Wilayah Aceh yang berada di Sabang ini memang dekat dengan laut. Sehingga kebanyakan dari wisata yang disajikan juga pemandangan alam.

Atraksi yang terkenal di Aceh yaitu surfing championship yang pernah berlangsung di Kabupaten Simeulue Aceh. Acara ini tidka hanya di ikuti oleh peselancar nasional tapi juga internasional.

Pada tahun 2017 terselenggranya Aceh internasional surfing championship atas kerjasama pemerintah Aceh. Acara ini tidak hanya menguji keberanian berselancar dalam dan luar negeri, tapi acara ini juga di jadikan atraksi untuk mempromosikan pesona alam di Simeule. Keindahan dan juga keunikan pariwistaa yanga ada di simuelue ini akhirnya di kenal oleh masyarakat dunia.

Baca Juga >> 19 Tempat Wisata Di Lombok Terbaru Paling Indah

Maps Wisata Aceh

Demikian tadi Tempat Wisata Di Aceh yang bisa anda kunjungi dan jangan sampai anda lewatkan ketika berada di Aceh. Selain wisata alam yang berupa pantai ada juga wisata religi berupa masjid. Tidak hanya itu saja ada juga pulau yang indah, sejuk dan asri yang coco untuk pengantin baru. Anda juga bisa menikmati atraksi yang ada di Aceh.

LEAVE A REPLY