Pantai Siung

pantai siung jogja
Instagram @pantai siung jogja

Pantai Siung terletak di Duwet, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, DIY. Seakan tidak akan ada habisnya membahas kekayaan alam yang ada di Kota Pelajar ini. Keindahan alam khususnya Pantainya memang patut diacungi jempol.

Pantai Siung ini sangat menawan karena dikelilingi tebing yang gagah menjulang seakan menjadi pagarnya. Tak heran jika pantai ini ramai dikunjungi wisatawan dari luar daerah. Menariknya, tidak hanya untuk menikmati indahnya pantai saja, namun juga banyak pengunjung yang datang untuk melakukan aktivitas panjat tebing/wall climbing.

Hal inilah yang menjadikan suasana pantai berbeda dengan pantai lainnya. Ada sebuah tebing tinggi menjulang dari timur ke barat yang bentuknya menyerupai gigi kera atau dalam bahasa Jawa disebut Siung Wanara. Dari situlah nama Pantai ini diambil.

Jika Anda berkunjung ke Pantai Siung maka akan beruntung. Banyak pantai yang letaknya tidak jauh sehingga wisatawan tidak perlu jauh dan repot untuk menuju wisata lainnya yang ada di Yogyakarta.

Pantai Wwedi Ombo, Pantai Kukup, Pantai Nglambor, Pantai Kawuru, dan Pantai Sepanjang berada dekat dengan Pantai Siung ini.

Pantai Siung
Instagram @pantai.jogja

Harga Tiket Masuk Pantai Siung

 

Keterangan Tarif
Tiket Masuk Rp10.000 /orang
Parkir Roda Dua/Sepeda Motor Rp2.000 /hari
Parkir Roda Empat/Mobil Rp5.000 /hari

 

Untuk menikmati keindahan Pantai yang ditawarkan Pantai Siung, wisatawan cukup membayar tiket masuk senilai Rp10.000 per orang. Serunya, harga tiket tersebut sudah termasuk akses masuk ke Pantai Nglambor dan Pantai Jogan. Sangat menguntungkan bukan ?

Apabila Anda membawa kendaraan, akan dikenai retribusi parkir sebesar Rp2.000 untuk kendaraan roda dua/sepeda motor dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat/mobil. Retribusi parkir tersebut berlaku untuk sehari, sehingga bagi yang berkemah beberapa hari dikenai biaya tambahan.

Rute Menuju Pantai Siung

rute menuju pantai siung
Instagram @pantai.jogja

Untuk sampai di lokasi Pantai Siung, ada beberapa rute yang bisa ditempuh. Berikut diantaranya.

Dari Kota Yogyakarta

Perjalanan bisa dimulai dari Jalan Piyungan menuju Wonosari. Terus ikuti jalan ke arah selatan menuju Pantai Baron. Kurang lebih 9 km terdapat pertigaan di Desa Mulo, pilih arah lurus sampai masuk ke jalur Mentel.

Ikuti jalur sampai melewati Bintaos, kemudian Tepus, lalu pertigaan Winangun. Dari situ belok kanan menuju Pantai Siung. Dari Wonosari ke Pantai Siung jaraknya kurang lebih sekitar 40 km dengan kondisi jalan yang sempit dan berkelok serta naik turun. Sehingga waktu tempuh terasa lebih lama.

Jalur Alternatif Kota Yogyakarta

Dari Wonosari arahkan kendaraan ke Desa Mulo kemudian dari pertigaan Mulo ambil jalan lurus menuju arah Pantai Baron. Kurang lebih 1 km sebelum Pantai Baron, ada pertigaan kemudian pilih jalur kiri ke arah Pantai Kukup.

Jika benar, maka Anda akan melewati Pantai Sepanjang, Pulai Drini, Pantai Krakal, Pantai Sundak dan Pantai Indrayanti. Ikuti jalan sampai masuk ke Desa Tepus lalu di pertigaan Winangun belok kanan ke arah Pantai Siung.

Jalur ini lebih jauh jika dibandingkan dengan jalur sebelumnya. Hanya saja, jalur ini memiliki kelebihan yakni Anda akan melewati deretan Pantai yang indah di sekitar Gunung Kudil.

Dari Arah Klaten

Ambil arah ke Semanu – Giripanggung – Sumberwungu – Klayu – Gude – Blekonang – Winangun. Dari Winangun, tidak lama lagi akan sampai di Pantai Siung. Atau bisa juga melalui Giripanggung ke Cuelo, kemudian ke selatan sampai ke Winangun lalu tiba di Pantai Siung.

Dari Arah Solo

Dari Praci ambil jalur ke arah Kecamatan Rangkop atau Baran. Kemudian menuju ke arah Nglindur lalu pasar Ngrancah. Dari pasar belok kanan masuk ke pasar Jepitu. Ikuti jalan lurus sampai di pertigaan Winangun belok kiri. Maka tidak lama lagi Anda akan tiba di Pantai Siung.

Jalur Alternatif dari Solo

Mula mula arahkan kendaraan menuju Song Banyu atau Pantai Sadeng. Kemudian Anda akan menemukan pertigaan lalu belok kanan ke arah Pasar Ngrancah. Atau bisa juga dari pertigaan belok kiri menuju arah Pantai Sadeng kemudian ke Pasar Jepitu.

Ikuti jalan lurus sampai pertigaan Winangun kemudian belok kiri. Maka Anda akan segera sampai di Pantai Siung.

Objek Wisata di Pantai Siung

Panjat Tebing

Panjat Tebing di pantai siung
Instagram @gunungkidul_kece

Tebing yang mengelilingi pantai adalah salah satu daya tarik Pantai di Gunung Kidul ini. Pada tahun 2989 pencinta alam asal jepang datang ke Pantai Siung untuk melakukan aktivitas panjat tebing. Hingga akhirnya pemerintah setempat mengembangkan wahana olahraga tersebut karena dinilai potensial.

Selain untuk mengembangkan panjat tebing itu sendiri, juga untuk meningkatkan jumlah pengunjung Pantai Siung karena menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan, tebing Pantai Siung pernah dijadikan untuk lomba dalam rangka ASEAN Climbing Gathering.

Saat itu peserta lomba mencapai 250 orang yang berasal dari berbagai negara Asia dan Eropa. Maka tak berlebihan jika Pantai Siung ini mempunyai julukan The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta.

Camping/ Berkemah

Camping di pantai siung
Instagram @jalanjalandijawa

Selain panjat tebing, aktivitas outdoor yang bisa dilakukan di Pantai Siung adalah Camping atau berkemah. Berbeda dengan panjat tebing, aktivitas berkemah bisa dilakukan untuk semua kalangan.

Cukup mendirikan tenda di tepi pantai, Anda sudah bisa menikmati keindahan pantai dengan sensasi petualangan. Bahkan, pengelola Pantai Siung sudah menyediakan area khusus untuk berkemah, sehingga Anda tidak perlu bingung menentukan tempat.

Dengan begitu, Anda berkesempatan untuk menyaksikan momen matahari terbenam. Tak berhenti disitu, suasana syahdu pantai Siung malam hari juga kan menjadikan liburan semakin berkesan.

Deburan ombak, angin sepoi sepoi, dan langit berbintang sebagai atap laut yang indah menghasilkan lukisan malam pengantar tidur. Indah sekali bukan ?

Bermain di Pasir Putih

pasir putih di pantai siung
Instagram @jejak.delvi

Aktivitas satu ini memang paling familiar ketika berlibur ke Pantai. Tak berbeda dengan Pantai Siung ini. Pasir putih nan bersih memberikan kebebasan untuk bermain main. Atau sekedar berjemur dan bersantai menikmati panorama sambil membuka bekal makanan.

Eksplor Bukit

mengexplore bukit di pantai siung
Instagram @jogja_trip_travel

Di sebelah timur Pantai terdapat bukit yang bisa dieksplor. Sudah disediakan jalur untuk wisatawan untuk menaiki bukit dengan aman. Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai bukit.

Meski begitu, waspada dan hati hati harus tetap dilakukan karena terdapat jurang yang curam dan terjal di salah satu sisinya. Dari puncak bukit, Anda bisa menikmati keindahan Pantai Siung dari ketinggian sehingga terlihat sepenuhnya.

Tak hanya itu, banyak yang menjadikan puncak bukit ini sebagai spot favorit untuk menyaksikan sunset.

Berfoto

Berfoto si pantai siung
Instagram @paketwisatakejogja

Mengabadikan gambar disetiap momen saat berkunjung ke Pantai Siung adalah hal yang penting. Sebab, Pantai Siung mempunyai keindahan disetiap sudutnya. Akan sayang jika foto sampai dilewatkan.

Berfoto di Pantai Siung dijamin akan menghasilkan karya yang keren dan layak untuk diunggah di sosial media. Selain itu, hasil foto bisa menyimpan kenangan saat Anda berlibur bersama keluarga, kerabat, teman dekat atau pasangan.

Penginapan di Sekitar Pantai Siung

Omah Sundak Homestay

omah sundak adalah salah satu penginapan yang berada di sekitar pantai sadranan. penginapan ini menawarkan pemandangan langsung ke laut
Instagram @veronika_pinastika

Omah Sundak Homestay berada di Jalan Pantai Sundak atau berjarak sekitar 9,2 km dari Pantai Siung. Tarif menginap per malam mulai dari Rp206.612 keatas.

Penginapan Sea View Sundak Indraprastha

penginapan indraprastha adalah salah satu penginapan di pantai sadranan dengan harga terjangkau
Instagram @penginapan_indraprastha

Penginapan ini berada di Pule Gundes II, Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, DIY. Jarak dari Pantai Siung ke Penginapan Sea View Sundak Indraprastha sekitar 17 km atau 33 menit perjalanan. Tarif menginap Rp250.000 per malam.

Tempat Wisata Terdekat dengan Pantai Siung

Air Terjun Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo
Instagram @javascenery

Nama pantai ini sedikit ambigu, tapi justru itulah yang membuat karakter pantai ini khas dan tidak ditemukan di tempat wisata lainnya. Air terjun yang langsung mengalir ke laut menjadikan pemandangan menakjubkan.

Pantai ini berada di Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul DIY. Jarak dari Pantai Siung sekitar 2,4 km atau dapat ditempuh dalam waktu 7 menit perjalanan.

Pantai Nglambor

batuan karang pantai nglambor
Instagram @chalzable

Pantai Nglambor berada di Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, DIY. Jarak dari Pantai Siung sekitar 1,4 km. Nama pantai ini sudah marak di kalangan wisatawan karena keindahannya. Selain itu, tersedia penyewaan perlengkapan untuk aktivitas snorkeling.

Tips Berwisata di Pantai Siung

keindahan pantai siung
Instagram @n1ssakaruniaw

Meski air pantai siung sangat jernih, namun tidak disarankan untuk berenang karena ombaknya yang besar dan berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Bawalah sandal jepit untuk melindungi kaki dari tajamnya terumbu karang ketika berjalan di sekitar Pantai.

Bawalah tenda bekal dan peralatan camping dari rumah jika berencana berkemah. Tetap jaga kebersihan dan jangan membuang sampah sembarangan. Selalu patuhi peraturan dan hormati budaya setempat.

 

LEAVE A REPLY