Oleh-Oleh Khas Surabaya

Surabaya merupakan kota terbesar di Jawa Timur. Hal itu menjadikan Surabaya sebagau pusat pemerintahan provinsi, pusat bisnis, dan juga punya historis yang panjang. Surabaya yang menjadi kota kedua terbesar di Indonesia, menjadi rumah bagi banyak suku dan budaya masyarakatnya. Banyak orang dari berbagai pelosok daerah di Jawa Timur dan Madura tinggal di Surabaya.

Banyaknya suku yang masuk, membuat budaya di Surabaya begitu unik. Percampuran antara budaya Suroboyoan dan Madura sangat kental di sini. Daerah yang berjuluk kota pahlawan ini selain menjadi ibukota Jawa Timur, juga punya beragam oleh-oleh yang unik. Ada makanan, minuman, hingga cindera mata yang tak bisa dilewatkan oleh para wisatawan.

1. Kue Lapis Surabaya

gambar Kue Lapis Surabaya
lapislapis.co.id

Siapa yang tak kenal lapis Surabaya? Oleh-oleh satu ini bahkan sudah dijual di luar kota, terutama di Jawa Timur. Kue lapis Surabaya atau biasa dikenal dengan sebutan lapis kukus adalah versi kue kekinian yang berasal dari resep dasar spikoe. Lapis kukus ini biasanya terdiri dari dua varian rasa dalam satu kue.

Salah satu lapis yang paling terkenal adalah Lapis Kukus Surabaya Pahlawan. Lapis ini dibanderol dengan harga antara Rp26.000–Rp29.000 saja. Ada banyak rasa yang ditawarkan oleh Lapis Pahlawan, ada rasa original, cocopandan, cokelat, keju, brownies, dan lain sebagainya. Lokasinya ada di Jl. Raya Mulyosari 376, Surabaya.

2. Kue Mente

Kue Mente
lazada.co.id

Kacang mente banyak digemari oleh masyarakat, karena rasanya yang gurih dan krispi. Di Surabaya, ada satu olahan yang sangat kuat cita rasa mentenya, yaitu kue mente. Bahan yang digunakan untuk membuat kue ini adalah tepung terigu, telur, gula, garam, mentega, minyak, dan kacang mente.

Semua bahan tersebut dibuat adonan dengan potongan kacang mente di dalamnya. Kue ini terasa renyah, gurih, dan krispi. Ada satu merek kue mente yang sangat terkenal yaitu Wisata Rasa. Wisata Rasa identik dengan kemasan warna biru atau merah, dengan lambang Kota Surabaya yaitu buaya dan hiu.

3. Almond Crispy Cheese

gambar Almond Crispy Cheese
youtube.com

Salah satu kudapan ringan yang layak diborong dari Surabaya adalah almond crispy cheese. Produk yang berasal dari Wisata Rasa ini adalah sejenis kue kering tipis, yang bercampur dengan kacang almond dan juga keju. Bentuk kue ini bulat tipis dengan parutan keju di atasnya. Selain varian original juga ada rasa cokelat, greantea, stawberry, dan lain-lain.

Kudapan gurih dan lezat ini sangat cocok dijadikan sebagai teman minum teh. Almond crispy ini banyak tersedia di toko oleh-oleh khas Surabaya. Harganya juga lumayan terjangkau, satu kotak almond crispy hanya dibanderol seharga Rp45.000 saja.

4. Kue Bikang Peneleh

gambar Kue Bikang Peneleh
peneleh.wordpress.com

Ada satu kue tradisional yang sangat diminati di Surabaya yaitu kue bikang. Kue ini memang banyak tersedia di berbagai wilayah Indonesia. Kue bikang punya bentuk bulat. Bagian dasarnya akan dicongkel, sehingga bagian atasnya jadi merekah seperti bunga mekar. Bagian atas kue ini terasa lembut dengan sentuhan warna cerah, sedangkan bagian bawahnya terasa kenyal.

Kue bikang yang paling terkenal di Surabaya berasal dari wilayah Peneleh. Di lokasi ini, ada industri rumah tangga yang setiap harinya memproduksi kue bikang. Cita rasanya dari dulu tidak pernah berubah. Bahan baku yang digunakan juga tetap sama yaitu tepung beras, santan, gula, dan garam. Warna pada kue bikang juga menggunakan bahan alami seperti daun suji, pandan, atau cokelat.

Kue tradisional ini dijual dengan harga Rp3.500 saja per buahnya. Wisatawan yang ingin mencicipi kue bikang bisa datang ke Jl. Peneleh No.32-34. Ada juga stand penjualannya di Pasar Atum stand tahap 3. Kue bikang paling cocok disantap bersama dengan teh atau kopi hangat. Kue ini cukup mengenyangkan dan cocok dimakan ramai-ramai bersama keluarga.

5. Sambal Bu Rudy

gambar Sambal Bu Rudy
evokonsultan.com

Ada satu olahan sambal instan yang sangat terkenal di Surabaya, yaitu Sambal Bu Rudi. Konsepnya adalah sambal rumahan yang dikemas dalam botol steril. Sambal Bu Rudi sangat digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Sambal ini terkenal pedas, sesuai dengan selera masyarakat Jawa Timur, yang memang terkenal suka sekali pedas.

Bu Rudy adalah sosok di balik sambal legendaris ini. Beliau adalah orang pertama yang menjadi pionir sambal rumahan dalam kemasan botol. Sambal Bu Rudy tersedia dalam varian rasa udang, sambal bajak, dan sambal bawang. Harganya sekitar Rp25.000 per botolnya. Wisatawan bisa membeli sambal ini di depot Bu Rudy Jl. Dharmahusada, Jl. Kupang Indah, dan Jl. Anjasmoro.

6. Sambal Cuk

gambar Sambal Cuk
twitter.com

Namanya cukup unik dan mencerminkan Surabaya. Masyarakat Surabaya memang dikenal frontal dengan kata-kata yang pedas. Cuk yang awalnya dianggap kata tabu, berubah menjadi kata yang digunakan untuk menyapa orang, mengungkapkan rasa terkejut, dan juga sebagai gurauan sesama kawan.

Sambal ini dibranding dengan begitu unik. Hal ini bertujuan untuk memberikan identitas bahwa produk sambal berasal dari Surabaya. Sambal Cuk diproduksi oleh Mujiati. Sampai kini, sudah ada tiga belas varian sambal yang diproduksi oleh Mujiati. Ada rasa teri medan, sambal korek bebek, original, cabe, bajak, bawang petai, dan lain-lain.

Sambal Cuk dijual dengan harga yang bervariasi. Sambal paling mahal dibanderol seharga Rp27.000 dan paling murah Rp 22.000, tergantung variannya. Sambal Cuk sudah ada di berbagai toko oleh-oleh Surabaya. Para wisatawan disarankan untuk membeli beberapa varian agar puas dengan rasa pedas nan nikmat dari sambal ini.

7. Keripik Buah Kane–Kane

gambar Keripik Buah Kane–Kane
kanefood.com

Keripik buah memang sudah jadi ikon oleh-oleh dari berbagai wilayah di Indonesia. Sebut saja Kota Batu Malang yang punya keripik apelnya. Ternyata, Surabaya juga punya keripik buah sendiri. Nama produknya adalah Keripik Buah Kane-Kane. Bahan utama keripik ini adalah buah-buahan segar yang banyak tersedia di Surabaya.

Buah tersebut kemudian diolah menjadi keripik dengan minak kelapa. Kane-Kane menggunakan proses pemasakan yang modern. Buah digoreng dengan alat vaccum frying, yang membuat daging buah lembek bisa mengeras dan renyah. Ada beberapa jenis Kane-Kane seperti salak, nanas, nangka, mangga, dan lain-lain. Ada juga varian mix buah-buahan yang tak kalah nikmat.

Kane-Kane dijual dengan harga mulai dari Rp17.000 sampai Rp70.000 untuk ukuran yang paling besar. Jika ingin membeli Kane-Kane, wisatawan bisa berkunjung ke pusat oleh-oleh di berbagai penjuru Surabaya. Keripik ini biasanya juga terdapat di kios bandara.

8. Pohong Tata

gambar Pohong Tata
100mart.id

Pohong adalah bahasa Jawa untuk singkong. Makanan yang identik dengan kalangan bawah ini kini disulap menjadi sajian yang lebih berkelas. Tujuannya jelas, agar lebih banyak masyarakat yang mau mengonsumsi singkong, dan menaikkan derajat bahan makanan ini. Pohong tata adalah inovasi singkong yang dibakar kemudian ditaburi dengan parutan keju.

Untuk menambah minat konsumen, pohong tata memberikan kemasan yang unik dan lucu. Singkong ditata dengan cantik, dan dibungkus dengan pembungkus warna ungu bergambar anak kecil. Outlet singkong tata sudah banyak tersebar di Surabaya. Jadi, wisatawan yang sedang jalan-jalan menikmati keindahan kota, juga bisa sambil mencari produk ini.

9. Belinjo Udang

gambar Belinjo Udang
medium.com

Emping belinjo atau melinjo memang sudah lama ada. Makanan tradisional ini dibuat dari buah melinjo yang direbus sampai matang. Melinjo kemudian dikupas dan ditumbuk sampai pipih, tapi tidak boleh pecah. Di Surabaya, ada olahan emping melinjo yang lain daripada daerah lainnya.

Namanya adalah belinjo udang. Camilan khas Surabaya ini dibuat dari emping melinjo yang dicampur dengan udang dan rempah-rempah. Selain varian udang, ada juga varian rasa keripik yang lain seperti pedas manis. Usaha rumahan ini sudah ada sejak tahun 1970-an, dan hingga kini masih mempertahankan proses pengolahan melinjo secara tradisional untuk menjaga cita rasanya.

10. Bandeng Asap

gambar Bandeng Asap
medium.com

Lantaran Surabaya terletak di wilayah pantura Jawa, maka daerah ini memiliki stok ikan bandeng yang melimpah. Bandeng memang dibudidayakan dalam tambak air payau di pinggir pantai utara Jawa. Salah satu olahan yang paling banyak diminati masyarakat adalah bandeng asap. Melalui proses panjang pengasapan inilah, bandeng bisa bertahan lebih lama.

Bandeng asap bisa dimasak kembali menjadi makanan yang nikmat. Bandeng asap bisa diolah dengan cara digoreng, dimasak kuah, dibakar, dan lain-lain. Ada satu merek yang paling terkenal, yaitu Bandeng Asap Tanpa Duri Bu Muzanah. Bandeng ini dijual dalam kemasan kotak kardus. Uniknya, bandeng sudah dibersihkan dari duri-duri tajam. Jadi, akan lebih aman dikonsumsi oleh anak-anak.

11. Oseng Tuna Asap

gambar Oseng Tuna Asap
id.carousell.com

Salah satu ikan yang banyak tersedia di perairan Selat Madura adalah ikan tuna. Lantaran itu juga di Surabaya terkenal dengan olahan oseng ikan tuna asapnya. Uniknya, makanan ini sering disingkat OTA oleh masyarakat Surabaya. OTA adalah makanan olahan instan yang dimasukkan dalam botol plastik. OTA bisa dibawa bepergian sebagai bekal yang praktis.

Ada satu olahan oseng tuna yang sangat terkenal di Surabaya, yaitu OTA produksi Jeng Intan. Produk ini biasa disingkat dengan OTAJI. Harga satu botol OTAJI sekitar Rp55.000 saja. Produk ini bisa didapatkan pada Perumahan Amerta No.3. OTAJI. Makanan ini sangat cocok dijadikan lauk pendamping nasi hangat dan juga lalapan.

12. Kerupuk Udang Lobster

gambar Kerupuk Udang Lobster
bukalapak.com

Kerupuk udang memang paling cocok dimakan bersama dengan soto dan rawon. Surabaya juga punya kerupuk udangnya sendiri. Jika di daerah lain kerupuk udang berbentuk bulat-bulat sebesar koin atau kotak, di Surabaya bentuknya mirip stik. Kerupuk udang yang paling terkenal di Surabaya adalah merek Ny. Siok.

Kerupuk udang ini sangat terasa cita rasa udangnya. Tak main-main, udang yang digunakan adalah lobster berukuran besar. Lobster awalnya dicuci bersih dan ditumbuk halus. Lobster kemudian dicampur dengan adonan kerupuk. Cita rasa ekstrak lobster yang begitu gurih ini bisa disantap hanya dengan Rp50.000 saja per-500 gram.

13. Kopi Bandrek

gambar Kopi Bandrek
bukalapak.com

Kopi bandrek sudah jadi minuman wajib yang dijajal oleh pecinta kopi. Sajian penghangat tubuh ini biasa disajikan di kedai hingga warung kopi. Kopi bandrek khas Surabaya dibuat dari campuran koi, jahe, dan rempah-rempah lainnya yang disangrai manual. Kandungan jahe dan rempah-rempah dalam kopi bandrek bisa menambah kekebalan tubuh dan cocok diminum saat musim pancaroba.

Kopi bandreg yang paling terkenal di Surabaya adalah Kopi Bandreg Sreg. Merek ini menawarkan dua varian rasa yaitu original dan cream. Rasa original punya tampilan layaknya kopi hitam biasa, tapi kopi cream punya tampilan layaknya kopi susu kekinian dengan rasa yang lebih manis dan gurih. Kopi Bandreg Sreg dijajakan dengan harga Rp19.500 saja per pack dengan isi 5 sachet.

14. Siropen Telasih

gambar Siropen Telasih
humas.surabaya.go.id

Siropen adalah bahasa Belanda untuk sirup. Dulu, ada pabrik pengolahan sirup pertama di Jawa Timur yang dibuat oleh JC Van Drongelen pada tahun 1923. Pabrik pertama di Indonesia ini masih terus bertahan hingga kini. Siropen telasih juga masih dibuat dengan cara tradisional, seperti awal mula pabrik tersebut dibuat.

Siropen telasih dikemas dalam botol yang mirip botol minuman keras orang-orang Eropa. Kini, sudah ada banyak varian rasa dari siropen telasih seperti frambosen, cocopandan, vanila, jeruk keprok, mawar, leci, arbei, dan juga melon. Sirup ini banyak digemari oleh restoran mewah, karena kualitasnya dan penggunaan gula asli tanpa pemanis dan pengawet buatan.

15. Rambak Sapi

gambar Rambak Sapi
bukalapak.com

Rambak adalah kerupuk yang terbuat dari kulit hewan. Rambak biasanya dibuat dari kulit kerbau atau sapi. Surabaya juga punya industri rumahan yang terkenal dengan produk kerupuk rambak sapinya. Kulit sapi yang sudah dibersihkan harus diiris tipis-tipis, kemudian direndam dalam air kapur selama dua hari.

Kulit sapi juga harus melewati proses perebusan dalam waktu lama, kemudian dijemur di bawah terik matahari. Bumbu yang digunakan untuk membuat rambak cukup sederhana. Biasanya, produsen hanya menggunakan bawang putih, garam, dan ketumbar saja. Rambak goreng khas Surabaya punya tampilan kuning kecoklatan, dengan bentuk gulungan panjang seukuran jari tangan.

16. Abon Sapi Padmosusastro

gambar Abon Sapi Padmosusastro
100mart.id

Abon sudah lama dikenal sebagai makanan favorit orang Indonesia. Abon sebenarnya adalah salah satu teknik pengawetan makanan secara tradisional. Abon bisa dibuat dari bahan daging sapi atau ayam. Surabaya juga punya abon sapi khasnya sendiri. Abon sapi Padmosusastro (nama jalan) yang terdiri dari 6 home industry pembuat abon.

Abon yang paling terkenal di sini adalah buatan Bu Sarti dan alamatnya di Jl. Padmosusatro No.86. Abon sapi Bu Sarti ini punya dua varian rasa yaitu rasa manis dan pedas. Abon ini dibanderol dengan harga sekitar Rp50.000 per kilogramnya. Abon juga dijual dalam kemasan kecil. Kelezatan abon ini sangat terkenal sampai ke Hongkong dan disukai oleh Almarhum B.J. Habibie.

17. Suoklat

gambar Suoklat
telusurindonesia.co

Suoklat adalah camilan berbentuk cookies yang tentunya berbahan dasar cokelat. Kudapan ini diciptakan oleh Devi Meisita. Suoklat awalnya diproduksi dalam dua varian rasa, yaitu kurma dan kacang mente. Cookies ini kini sudah jadi oleh-oleh khas Surabaya yang banyak dicari oleh wisatawan.

Untuk lebih memanjakan penggemarnya, Suoklat diproduksi dalam berbagai varian rasa. Ada rasa dark chocolate crispy, milk chocolate, white chocolate, kurma latte, kopi cokelat, dan lain sebagainya. Camilan lezat ini bisa didapatkan di Jl. Gubeng Kertajaya 7C. Ada juga varian coklat batangan, coklat cair, dan serbuk minuman coklat.

18. Surabaya Snow Cake

gambar Surabaya Snow Cake
style.tribunnews.com

Satu lagi kue kekinian yang layak dibeli sebagai oleh-oleh dari Surabaya, namanya adalah Surabaya Snow Cake. Kue ini adalah versi kekinian dari kue lapis kukus Surabaya. Hanya saja, ditambahkan beberapa bahan lain, agar tampilan dan rasanya semakin menggoda. Kue ini adalah salah satu jajaran kue artis milik Zaskia Sungkar.

Snow cake terbuat dari kulit pastry yang renyah di bagian paling bawah, kemudian lapisan atasnya terbuat dari roti/cake berwarna cokelat. Bagian paling atas dibuat mirip dengan tampilan salju menggunakan taburan gula halus. Snow cake menawarkan rasa yang beragam mulai dari vanilla, choco banana, caramel, greantea, dan juga keju. Harganya hanya sekitar Rp50.000 saja.

19. Bebek Djangkep

gambar bebek djangkep
food.grab.com

Djangkep adalah bahasa Jawa yang artinya utuh atau penuh. Bebek djangkep adalah kuliner yang menyajikan hidangan daging bebek dengan ukuran satu ekor penuh. Bebek ini dikemas dalam boks kardus yang unik nan mewah.

Bebek utuh awalnya dibersihkan dan dibuang isi perutnya, kemudian bebek dibumbui dengan aneka rempah-rempah dan bumbu kuning halus. Daging bebek kemudian diungkep, agar bumbunya meresap sampai ke bagian daging terdalam. Harga satu ekor bebek ungkep sekitar Rp89.000 saja. Sampai rumah, bebek ini bisa digoreng dan disajikan bersama dengan nasi, lalapan, dan sambal.

20. Fruit Cake Glory

gambar Fruit Cake Glory
tokopedia.com

Glory Cake adalah sebuah produsen roti di Surabaya. Industri rumahan ini punya sajian roti yang sangat spesial, yaitu fruit cake. Dilihat dari namanya, kue ini menawarkan sensasi rasa buah seperi nanas, stroberi, apel, mangga, atau durian. Ada juga rasa lain seperti red velvet dan keju. Kue ini dibanderol dengan harga sekitar 60-70 ribu rupiah saja perkotaknya.

21. Spikoe Resep Kuno

gambar Spikoe Resep Kuno
tokopedia.com

Spikoe adalah kue lapis yang sudah ada sejak zaman dulu. Spikoe biasanya dibuat dua lapis, yaitu cokelat tua dan cokelat muda. Spikoe yang sangat terkenal dan masih menggunakan resep asli dari Surabaya adalah merek Resep Kuno. Spikoe ini bisa dijumpai di Jl. Rungkut Madya No.41.

Spikoe Resep Kuno menyediakan empat rasa yaitu spikoe original, spikoe raisin/kismis, spikoe prunes, serta speculaas. Spikoe ini juga tersedia dalam ukuran biasa atau spesial. Harganya mulai dari Rp75.000 sampai Rp270.000 saja per kotaknya, tergantung varian rasa dan ukuran yang dibeli.

22. Kerupuk Ikan Kenjeran

gambar Kerupuk Ikan Kenjeran
shopee.co.id

Kenjeran adalah salah satu pantai di pesisir utara Surabaya. Kenjeran jadi pantai paling terkenal dan jadi destinasi wisata favorit masyarakat Surabaya. Laut di Kenjeran menghasilkan komoditas hewan laut yang melimpah. Masyarakat pun tergerak untuk mengolah ikan menjadi produk yang punya nilai jual lebih tinggi.

Akhirnya, di Kenjeran banyak orang yang mengolah ikan menjadi kerupuk mentah. Berbagai macam jenis rasa kerupuk ada di Kenjeran, mulai dari rasa udang, ikan, cumi-cumi, kerang, hingga rasa rumput laut. Kerupuk ini dijual dengan harga mulai dari Rp15.000 sampai termahal Rp300.000 per kilogramnya.

23. Guna-Guna Snack

gambar Guna-Guna Snack
dimanaja.com

Jangan salah sangka dulu, guna-guna di sini tidak terkait dengan ilmu hitam sejenis pelet sama sekali. Guna-guna adalah sebuah merek industri yang memproduksi berbagai macam camilan khas Surabaya. Guna-guna mengusung konsep industri makanan yang modern dengan kemasan menarik. Ada banyak jenis camilan yang diproduksi oleh industri ini.

Ada snack keripik kentang, keripik singkong, keripik buah, kue lapis, semprit keju, dan juga samosa. Uniknya, semua snack tersebut dikemas dalam kaleng yang berdesain retro. Industri yang kekinian ini juga menjual produknya secara online. Produk Guna-guna bisa dipesan lewat aplikasi WA hingga platform marketplace Indonesia.

24. Bunarendang

gambar Bunarendang
pergikuliner.com

Ternyata, nama unik bunarendang adalah singkatan dari burger nasi dan rendang. Bunarendang memang memiliki tampilan layaknya burger ala restoran fastfood, tapi makanan ini punya bahan dan cita rasa lokal Surabaya. Alih-alih menggunakan roti sebagai bahannya, burger ini menggunakan nasi. Sebagai isian, digunakan rendang sapi atau ayam.

Bunarendang djual dengan harga yang sangat terjangkau. Seporsi bunarendang dijual dengan harga sekitar Rp10.000–Rp15.000, tergantung jenis isian yang dipakai. Makanan unik ini bisa didapatkan di Swalayan Sakinah ITS, Jl. Manyar, FIB UNAIR, Dukuh Kupang, Surabaya.

25. Kaos Cak-Cuk

gambar Kaos Cak-Cuk
jatim.tribunnews.com

Tidak ingin membawa oleh-oleh makanan? Apalagi, jika wisatawan harus menempuh perjalanan jauh dengan pesawat atau kereta, sebaiknya wisatawan membawa buah tangan yang awet saja. Salah satunya adalah kaos. Ada satu kaos yang khas sekali nuansa Surabaya-nya. Namanya adalah kaos cak-cuk.

Konsep kaos Cak-Cuk hampir mirip dengan kaos Joger di Bali. Bagian depan kaos diisi dengan tulisan yang punya pesan moral maupun sentilan terhadap kondisi sosial di Surabaya. Kaos Cak-Cuk dibanderol dengan harga sekitar Rp44.000–Rp64.000 saja. Kaos ini bisa didapatkan di Jl. Mayjend Sungkono No. 35, Jl. Kedungcowek, Jl. Ahmad Yani, dan juga di Bandara Juanda.

26. Vallens Cake

gambar Vallens Cake
tokopedia.com

Vallens Cake adalah salah satu kue kekinian milik artis yang ada di Surabaya. Sesuai namanya, kue ini milik pedangdut Jawa Timur Via Vallen. Toko kuenya berada di Jl. Dharmahusada 172, Gubeng, Surabaya. Dulunya, Vallens Cake menghadirkan varian menu kue kekinian seperti tard lovers, tiramisu welase, sawangan cheese, via choco, dan lain sebagainya.

Semua kue di toko Vallens Cake ini dipasarkan dengan harga sekitar Rp50.000–Rp60.000. Kabar buruknya, toko kue ini sekarang sudah tutup. Menyusul beberapa kue kekinian milik artis lain yang juga terpaksa gulung tikar karena ditinggalkan oleh pembelinya.

27. Surabaya Patata

gambar Surabaya Patata
cewealpukat.com

Surabaya Patata adalah salah satu kue kekinian artis yang masih bertahan di Surabaya. Kata patata adalah bahasa Spanyol yang artinya kentang. Bisnis kue ini milik dua bersaudara Oki Agustina dan Ria Ricis. Kue-kue yang ditawarkan di Surabaya Patata tergolong mewah dan harganya sedikit lebih mahal dibanding kue lainnya.

Ada berbagai macam variasi kue yang ditawarkan mulai dari cheese, greantea, nutella, banana, black patata, dan juga tiramisu. Seperti merknya, kue ini dibuat dari campuran tepung dan juga kentang. Tekstur kentang yang empuk membuat kue patata jadi semakin lembut saat dimakan.

28. Bolu Joeang

gambar Bolu Joeang
kusumatrisna.wordpress.com

Kue bolu memang sudah ada sejak zaman dulu. Tapi, di Surabaya ada oleh-oleh kekinian yang berasal dari kue bolu. Namanya adalah Bolu Joeang (dibaca: juang). Oleh-oleh kekinian ini ternyata juga milik artis Ariel Tatum dan Dion Wiyoko. Bolu ini dipasarkan di kios yang cukup unik, dan bertema perjuangan.

Bolu Joeang memiliki empat varian rasa yaitu double cheese, red spekoek, coffe matcha, choco crunchy, dan milky tango. Bolu ini punya tampilan seperti roti gulung. Tapi, bagian atasnya diselimuti oleh krim sesuai rasa yang dipesan. Wisatawan yang ingin membawa oleh-oleh ini pulang bisa berkunjung ke Jl. Dharmahusada 72. Produk ini dibanderol dengan harga sekitar Rp50.000.

29. Sirup Mangrove

gambar Sirup Mangrove
amanat.news

Bagian pesisir utara dan timur Surabaya adalah kawasan ekosistem mangrove. Salah satu mangrove yang luas ada di kawasan Rungkut Surabaya. Hutan mangrove ternyata bukan hanya berfungsi untuk menahan lagu abrasi pantai, tapi pohon mangrove juga bisa menghasilkan buah yang enak dijadikan minuman.

Tak banyak yang tahu bahwa buah mangrove memiliki rasa asam manis. Buah ini diolah menjadi sirup dengan harga sekitar Rp35.000 saja. Selain bermanfaat melestarikan alam dan menambah nilai ekonomi masyarakat, sirup mangrove mengandung vitamin C dan A yang sangat tinggi, dan bagus untuk menjaga daya tahan tubuh.

Tak lega rasanya, jika meninggalkan kota penuh sejarah ini, tanpa membawa buah tangan yang bercita rasa khas daerahnya. Tak perlu bingung, jika wisatawan tidak hafal dengan daerah Surabaya, karena semua makanan khas ini bisa diorder via ojek online.

LEAVE A REPLY