Oleh-Oleh Khas Solo

Kota keraton Surakarta atau Solo dikenal sebagai daerah yang masih kental dengan adat dan budaya. Tetapi juga mampu menerima budaya kekinian yang sudah populer, sehingga saat berkunjung ke sana, para wisatawan akan menemukan beragam keunikan. Mulai tempat wisata budaya, alam hingga buatan, serta banyak variasi oleh-oleh khas Solo untuk dibawa pulang.

1. Intip

gambar Intip
goodindonesianfood.com

Nama jajanan ini memang unik, karena mirip seperti kata kerja yang merupakan sinonim dari kata melihat. Intip merupakan makanan ringan seperti kerupuk. Makanan ini terbuat dari kerak nasi yang diolah dan dikeringkan terlebih dahulu di bawah terik sinar matahari. Pada permukaan atas dan bawah intip, terdapat saus kental rasanya pedas manis, sehingga mampu menggugah selera.

Rasanya yang lezat dan menjadi primadona di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara ini, tidak membuat jajanan intip dijual mahal. Harganya sangat murah, yakni sekitar 5 hingga 10 ribu rupiah, jika disantap secara langsung di tempat. Intip dijual dengan harga lebih mahal untuk dijadikan oleh-oleh, yakni di kisaran harga 15 hingga 20 ribu per bungkusnya.

2. Ampyang

gambar Ampyang
cekaja.com

Makanan khas tradisional Jawa yang lebih dikenal dengan sebutan gula kacang ini, juga populer di Kota Solo, dan disebut ampyang. Makanan ini terdiri dari dua bahan dasar utama yakni kacang beserta gula merah yang dibekukan. Namun, bagi para pemula yang belum pernah tahu tentang jajanan manis satu ini, pasti bingung tentang teknik untuk mencampurkan kedua bahan.

Gula Jawa atau biasa disebut gula batu memiliki tekstur padat seperti batu yang membeku, sehingga perlu dilelehkan terlebih dahulu. Setelah gula mencair sepenuhnya, kacang tanah baru dicampurkan di atas cairan dalam cetakan, dan dibiarkan hingga gula dingin mengeras kembali. Ampyang dijual dalam kemasan praktis dengan harga sangat murah, yakni 4-5 ribu per bungkus.

3. Serabi Solo

gambar Serabi Solo
gotravelly.com

Jajanan serabi juga menjadi makanan khas tradisional primadona di Kota Solo, karena banyak dari para wisatawan yang penasaran akan cita rasanya. Serabi khas Solo biasa disantap bersama santan panas, dengan aneka varian rasa dilengkapi topping buah di atasnya. Kreasi kue serabi yang semakin berkembang, membuat eksistensi kue tradisional ini tetap laris.

Serabi Solo yang memiliki aneka varian rasa berbeda, dan dijual dengan harga sangat murah, meski di tengah perkembangan zaman modern. Kue serabi di Kota Solo dijual dengan harga beragam, mulai dari Rp1.800-an untuk serabi original tanpa varian rasa hingga Rp2000-an untuk berbagai varian rasa yang berbeda. Para wisatawan pun dapat menikmati kue ini sepuasnya secara langsung.

4. Roti Kecik Ganep

gambar Roti Kecik Ganep
travel.tribunnews.com

Roti kecik ganep merupakan salah satu menu makanan ringan olahan yang terbuat dari salah satu jenis roti dengan bahan tepung ketan. Bentuknya pun sangat menarik, karena mirip sebuah hiasan berukuran panjang dan bergerigi di sekitarnya. Roti tersebut memiliki tekstur yang keras, sehingga bisa dikonsumsi dan disimpan untuk waktu yang cukup lama.

Cita rasa khasnya yakni manis bercampur gurih dan dijual dalam kemasan beragam ukuran. Ada roti kecik ganep yang dikemas berukuran besar sekitar 600 gram dan ukuran paling kecil sebesar 45 gram saja. Harganya sangat murah, yakni Rp5000 hingga Rp57000 setiap kemasan, dari paling kecil hingga terbesar.

5. Abon Mesran Solo

gambar Abon Mesran Solo
id.carousell.com

Makanan favorit masyarakat asli Indonesia selanjutnya yakni abon, makanan ini diciptakan dengan aneka kreasi unik, sesuai daerah lokal di beberapa wilayah seperti Solo. Abon khas dari Kota Keraton ini dikenal dengan sebutan abon mesran Solo. Cita rasanya sangat lezat, karena bahan utama berupa daging sapi atau ayam yang diolah benar-benar terasa.

Variasi cita rasa abon semakin dikembangkan dengan hadirnya rasa baru yakni pedas manis, manis, atau pedas. Abon mesran cocok dijadikan sebagai pelengkap makanan sehari-hari atau bisa juga sekedar disantap sebagai cemilan. Harga abon yang dikemas untuk oleh-oleh dibanderol dengan harga sebesar Rp35.000 per bungkusnya.

6. Rambak Petis

gambar Rambak Petis
surakarta.go.id

Makanan tradisional Jawa terfavorit menjadi buruan banyak orang dari berbagai kalangan dan wilayah yakni rambak. Kerupuk rambak biasa dijadikan sebagai cemilan gurih yang mampu menemani aktivitas bersantai saat di rumah. Rambak terbuat dari kulit sapi yang dikeringkan, kemudian digoreng hingga mengembang menjadi kerupuk

Saat menyantapnya harus selalu berdampingan dengan air minum, karena rambak membuat semua orang mudah tersedak. Sehingga, memakan rambak dianjurkan untuk tidak berbicara, rasanya pun lebih nikmat jika ditambahkan saos atau petis. Harga rambak petis khas Solo dijual relatif mahal sama seperti daerah lainnya yakni sekitar Rp128.000 atau Rp132.000 sekaligus petis.

7. Brem Solo

gambar Brem Solo
bukalapak.com

Brem merupakan makanan ringan atau jajanan khas di Jawa, termasuk Kota Solo yang terbuat dari peragian air tape. Setelah itu, makanan ini didinginkan agar teksturnya memadat, sehingga bisa dikemas dengan praktis. Brem memiliki ciri khas saat dimakan, yakni lumer di mulut serta menimbulkan rasa sedikit panas dan asam. Brem akan cair dengan cepat, meski tidak perlu dikunyah dahulu.

Brem Solo menjadi buruan para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh khas saat berkunjung ke kota ini. Bentuknya bulat unik menarik pengunjung untuk mencobanya, tekstur dan rasanya pun lebih lembut dibandingkan brem berbentuk persegi dari daerah lain. Harganya sangat terjangkau yakni sekitar Rp10.000 hingga Rp20.000 per boxnya, dengan isi yang cukup banyak.

8. Klengkam

gambar Klengkam
shopee.co.id

Makanan ini kering dan renyah, cocok sebagai pelengkap lauk hidangan yang disantap sehari-hari yakni klengkam. Sebutan klengkam berasal dari kering kentang digoreng kering, kemudian dicampur bersama bumbu rempah-rempah, sehingga menimbulkan cita rasa lezat yang sangat khas. Klengkam tersedia dalam paket kemasan khusus yang dijadikan sebagai oleh-oleh para wisatawan untuk dibawa pulang.

9. Serbat Jahe

gambar serbat jahe
wisatasurakarta28.wordpress.com

Selain olahan makanan, Kota Solo juga menyediakan olahan beberapa bahan unik untuk minuman kesehatan seperti serbat jahe. Minuman jahe pada umumnya dibuat dalam kemasan dengan dihancurkan terlebih dahulu, sehingga menjadi bubuk jahe. Serbat jahe khas Solo dibuat berbeda dari olahan minuman jahe pada umumnya, kemasannya pun sangat unik dan menarik.

Serbat jahe merupakan minuman instan penghangat tubuh yang terbuat dari aneka rempah-rempah pilihan dicampur dengan jahe. Minuman ini kemudian diramu, dipadatkan, dan bentuknya dibuat bulat kecil, dikemas dalam bungkusan kertas yang mirip seperti permen menthos. Kemasan serbat jahe praktis dan mudah dibawa, harganya pun sangat murah yakni Rp5.000-Rp10.000 per bungkus.

10. Srundeng

gambar Srundeng
serundengkhassolo.blogspot.com

Selain abon, olahan daging yang tak kalah lezat sebagai makanan khas tradisional di Kota Solo lainnya yakni srundeng. Makanan ini merupakan campuran dari daging sapi atau ayam yang dipadukan dengan parutan kelapa, kemudian disangrai hingga berwarna kecoklatan. Sekilas, bentuknya memang sama dengan abon, tetapi teknik mengolah keduanya sangat berbeda.

Srundeng daging sangat nikmat jika digoreng tidak terlalu kering, agar tekstur dagingnya terasa empuk dan lembut. Biasanya, makanan ini disantap dengan cara menaburkan srundeng di atas permukaan nasi panas, sehingga rasanya sangat mantap. Srundeng dikemas dalam berbagai jenis ukuran dan varian rasa. Harganya pun murah yakni Rp17.000 hingga Rp50.000, sesuai besarnya kemasan.

11. Balung Kethek

gambar Balung Kethek
beepdo.com

Makanan tradisional khas Solo memang memiliki banyak nama unik, sebagian besar bahkan aneh, jika diartikan untuk sebutan makanan. Seperti makanan ringan satu ini, balung kethek jika diartikan bermakna tulang dari monyet atau kethek. Namun, bukan berarti cemilan asli Solo ini terbuat dari tulang monyet, tetapi singkong yang dibumbui dengan aneka rasa berbentuk unik.

Makanan ini sebenarnya merupakan keripik singkong yang dipotong memanjang dan tipis, sehingga menyerupai tulang. Singkong digoreng kering hingga berwarna kuning kecoklatan, kemudian ditambah aneka rasa, yakni asin atau original, pedas manis, balado, keju, dan sebagainya. Harga balung kethek sangat terjangkau, yakni di kisaran harga Rp10.000 hingga Rp15.000.

12. Bakpia Balong

gambar Bakpia Balong
bukalapak.com

Aneka varian olahan kue bakpia merajalela di sebagian besar Pulau Jawa, setiap daerah memiliki cita rasa kue pia masing-masing, termasuk Kota Solo. Bakpia khas Solo dinamakan Balong dengan ciri khas yang unik, karena lapisan luarnya bertekstur kenyal dan padat. Cita rasa bakpia balong terletak pada isiannya yang khas yakni coklat, ketan hitam, dan kacang hitam.

Para wisatawan hanya menemukan isian rasa seperti ini di dalam adonan kue bakpia balong Solo. Ukurannya pun cenderung lebih besar, dibandingkan bakpia populer lainnya seperti bakpia pathok Jogja. Tekstur adonan terasa jauh lebih lembut bercampur dengan selai atau isian rasa di dalamnya, meski bagian luar sengaja dimasak hingga mengeras dan berwarna kecoklatan. 

13. Solo Prabu

gambar Solo Prabu
soloprabu.com

Para wisatawan yang mencari oleh-oleh khas Solo modern dan kekinian cocok untuk memilih kue Solo prabu untuk dibawa pulang. Namanya memang unik, tetapi kue ini merupakan makanan modern yakni roti dengan adonan pastry yang dilapisi aneka jenis krim. Solo prabu memiliki beragam cita rasa yang lezat dan dijamin membuat para pencicipnya ketagihan.

Variannya 5 rasa utama dengan nama dewa, Sadewo Taro, Arjuna Blueberry, Bima Greentea, Nakula Chocolate, Yudhistira O Cheese. Variasi nama kue juga menarik, karena menggunakan nama para tokoh pewayangan, seperti petruk tiramisu, semar keju, dan lainnya. Pembeli juga bisa memesan aneka topping sesuai keinginan dengan beberapa campuran rasa.

14. Solo Pluffy

ganbar Solo Pluffy
bukalapak.com

Pilihan oleh-oleh kue artis yang bisa dibawa pulang dari Solo selanjutnya yakni Solo Pluffy, makanan ini hampir mirip dengan aneka olahan pastry lainnya. Namun, sebagian besar dibuat dari adonan roti dengan aneka varian rasa selai. Beberapa macam pilihan topping juga dipadu dengan aneka jenis krim yang lezat di atas permukaan roti.

Sollo pluffy bisa ditemukan dengan mudah di pusat oleh-oleh Kota Solo atau mengunjungi ke tokonya secara langsung di Jl. Ronggowarsito, Banjarsari, Kota Solo. Harganya pun terjangkau, yakni Rp55.000 hingga Rp100.000.

15. Mata Maling

gambar Mata Maling
bukalapak.com

Nama makanan unik yang menjadi ciri khas dari Kota Solo lainnya yakni mata maling. Cemilan tradisional ini hampir tidak dapat dijumpai di berbagai daerah di Jawa, sehingga wisatawan bisa menemukannya lebih banyak di Kota Solo. Mata maling merupakan makanan yang terbuat dari biji melinjo dengan rasa asli pahit, namun akan merasa ketagihan meski dicicipi saat pertama memakannya.

Biji melinjo yang pahit tersebut diolah menjadi lebih gurih dan renyah, serta dikreasi dengan berbagai varian rasa menarik seperti pedas manis, original, dan manis. Namun, hal itu tidak menghilangkan rasa asli pahit dari biji melinjo itu sendiri. Biji sekaligus kulit biji melinjo diolah menjadi cemilan mata maling yang lezat dan dikemas secara praktis untuk dijadikan oleh-oleh.

16. Roti Orion

gambar Roti Orion
shopee.co.id

Aneka makanan modern juga tidak kalah populer di Kota Solo, dan bisa juga untuk dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke sini. Salah satunya yakni roti orion yang hanya dijual oleh Toko Roti Orion Mandarijn paling populer dan banyak diburu di Kota Solo. Wisatawan juga berkesempatan mencicipi terlebih dahulu varian rasa menarik sebelum membeli oleh-oleh.

Aneka rasa yang disediakan antara lain yakni roti mandarijn original tanpa selai atau topping, mandarijn spesial, dan mandarijn kismis. Uniknya, roti tersebut sama sekali tidak menggunakan pengawet, namun saat disimpan bisa bertahan lama hingga satu minggu. Roti mandarijn sangat cocok dijadikan oleh-oleh dan hanya dibandrol dengan harga Rp75.000 hingga Rp180.000 saja.

17. Batik Solo

gambar Batik Solo
anne-v.com

Karya seni terapan asli Solo yang cocok dijadikan oleh-oleh bermanfaat selanjutnya yakni kain batik Solo. Motifnya yang khas membentuk sebuah simbol tentang budaya Kota Solo, kain tersebut bisa dibeli secara mentah atau diolah menjadi pakaian dan jenis produk lainnya. Selain batik asli Solo, para wisatawan juga dapat menemukan batik dengan motif khas daerah lainnya.

Kota Solo juga menjadi daerah produsen batik paling banyak di Indonesia, salah satu lokasi yang direkomendasikan untuk mencari batik berkualitas tapi murah di beberapa tempat. Antara lain di Kampung Batik Kauman, Pasar Klewer, dan Kampung Batik Laweyan. Sementara, jika para wisatawan hendak mencari batik berkualitas tinggi, maka bisa mengunjungi Danar Hadi.

18. Kremes Sari Ayam Malioboro

gambar Kremes Sari Ayam Malioboro
m.blanja.com

Makanan lezat ayam kremes sudah sangat populer di seluruh Indonesia, sementara di Kota Solo juga terdapat rumah makan Malioboro yang terkenal dengan produk makanan lezatnya. Di sini, semua wisatawan dapat menemukan aneka jenis hidangan lezat, yang tidak hanya disajikan langsung untuk sekali makan saja, tetapi juga dikemas dalam sebuah wadah praktis.

Sari ayam kremes Malioboro merupakan makanan khas Solo, karena popularitas rumah makan tersebut. Ayam kremes khas tersebut berasal dari rebusan sari ayam kampung asli dicampur dengan bumbu rempah tradisional pilihan. Produk ayam kremesnya berada dalam sebuah kemasan toples dan kaleng dengan rapi berukuran 180 gram dan dijual seharga Rp24.000 saja.

19. Sambal Kering Solo

gambar Sambal Kering Solo
traveling.co.id

Aneka sambal juga bisa ditemukan dengan mudah di Kota Solo, karena daerah tersebut menjadi pusat beragam jenis sambal. Rasanya pun dijamin pedas dan mantap dengan berbagai level berbeda sesuai selera. Oleh-oleh produk sambal populer di Kota Solo salah satunya yakni sambal kering Solo, yang dikeringkan dan dikemas praktis dalam sebuah kaleng.

Sambal kering terdiri dari berbagai cita rasa dan jenis sambal, yakni sambal kering ikan asin, sambal kering pindang tongkol, dan sambal kering bawang. Kemasan kaleng memuat racikan beberapa bumbu sambal secara praktis yang nanti hanya perlu dibasahi dengan sedikit air atau minyak goreng.

20. Karak Khas Solo

gambar Karak Khas Solo
bukalapak.com

Karak merupakan nama lain dari nasi kering dalam bahasa Jawa, namun karak di daerah Solo dikenal sebagai nama kerupuk asli daerah tersebut. Kerupuk karak sangat populer di kota tersebut sejak masa penjajahan Belanda. Kini, kerupuk karak telah dikemas secara praktis oleh para pengusaha untuk dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan.

Sama seperti namanya, kerupuk karak juga terbuat dari nasi yang telah dikeringkan, kemudian diolah menjadi lebih lembut karena ditumbuk sangat halus. Pembuatannya harus melewati proses pengukusan terlebih dahulu, kemudian ditambahkan dengan aneka bumbu rempah. Aromanya pun menjadi khas, hingga kerupuk dikeringkan dan digoreng sampai matang.

Seluruh oleh-oleh khas Solo recommended di atas bisa ditemukan dengan mudah di area Kota Solo. Wisatawan sebaiknya perlu membawa beberapa jenis oleh-oleh sesuai kebutuhan, meski tujuannya sekedar ingin mencicipi cita rasa khas dari olahan makanan dan minuman unik asli dari Solo saja.

LEAVE A REPLY