Oleh-Oleh Khas Malang

Kunjungan wisata ke Kota Malang tidak akan lengkap, jika para pelancong tidak membawa oleh-oleh khas Malang untuk dibawa pulang. Aneka oleh-oleh cukup beragam, mulai dari fashion, souvenir, karya seni, hingga makanan dan minuman dengan rasa yang lezat. Harganya pun ramah di kantong, sehingga wisatawan tetap bisa berhemat saat berpetualang di kota ini.

1. Apel Malang

gambar Apel Malang
liputan6.com

Sejak dulu kala apel menjadi buah khas di Kota Malang–Batu dan sekitarnya, karena di sana terdapat kebun apel yang banyak. Bahkan, beberapa lokasi dijadikan sebagai tempat wisata yang membuat pengunjungnya dapat memetik buah apel sendiri. Jenis buahnya pun sangat beragam, mulai dari apel manalagi yang rasanya manis, apel masam, apel merah, dan lainnya.

Buah apel yang dijadikan oleh-oleh para pengunjung bisa ditemui di sepanjang pinggiran jalan raya ke arah Malang hingga Batu. Harganya bervariasi sesuai ukuran dan kualitas apel yang ditawarkan. Apel manalagi dibandrol dengan harga relatif mahal, dibandingkan apel yang memiliki campuran rasa manis dan asam, serta dalam kondisi bagus tanpa ada cacat.

2. Sari Apel

gambar Sari Apel
shopee.co.id

Minuman khas Kota Malang yang sangat populer dan banyak di pesan pada momen tertentu adalah sari apel. Minuman tersebut terbuat dari sari buah apel dengan cita rasa khas manis sedikit bercampur asam. Tersedia dalam bentuk kemasan per box atau dus untuk dibawa pulang dijadikan sebagai oleh-oleh atau suguhan di rumah.

Para pembelinya tidak hanya di kalangan wisatawan luar kota dan mancanegara, tetapi warga lokal pun juga. Kemudian, minuman tersebut diperkenalkan kepada kerabat lewat suguhan sari apel di rumah para warga tersebut. Sari apel menyegarkan, jika diminum siang hari setelah didinginkan terlebih dahulu, serta mengandung vitamin C yang mampu tingkatkan imun tubuh.

3. Aneka Keripik Buah

gambar Aneka Keripik Buah
bukalapak.com

Kota Malang juga terkenal dengan berbagai olahan makanan yang terbuat dari buah-buahan, termasuk keripik buah. Rasanya sangat lezat dan olahan keripik tidak menghilangkan bentuk atau rasa asli buah. Beberapa aneka keripik buah yang populer dijadikan sebagai oleh-oleh dari Kota Malang antara lain keripik apel, nangka, keripik pisang, salak, melon, dan sebagainya.

Olahan keripik buah sangat cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh, karena tahan lama dibandingkan buah aslinya. Kandungan nutrisi di dalamnya pun tidak akan berubah, sehingga aman dan sehat untuk dikonsumsi. Harganya beragam tergantung ukuran serta tempat pihak penjual, namun sebagian besar dijual dengan harga 10 ribu rupiah per bungkusnya.

4. Keripik Tempe

gambar Keripik Tempe
ngalam.co

Olahan makanan ringan yang terbuat dari tempe juga cukup terkenal di Malang, makanan tersebut yakni keripik tempe. Bentuknya dibuat persegi memanjang dan tipis serta digoreng kering hingga berwarna kecoklatan. Cocok dijadikan sebagai cemilan atau tambahan saat sedang menyantap makanan berat sehari-hari.

Kemasannya yang praktis, membuat keripik tempe diburu sebagai oleh-oleh atau souvenir di acara hajatan. Harganya pun sangat terjangkau, sehingga tidak jarang para pengunjung dan wisatawan memborong paket keripik tempe berukuran puluhan kilo. Kini juga tersedia dalam beragam varian rasa lengkap seperti balado, keju, pedas manis, jagung bakar, dan banyak lagi.

5. Keripik Ceker

gambar keripik ceker
koserba.com

Aneka olahan makanan yang dijadikan keripik di Kota Malang memang sangat populer, bahkan beberapa jenis bahan seperti daging atau ceker pun diolah menjadi keripik. Meski terdengar anti mainstream, keripik ceker memiliki cita rasa sangat lezat dan perlu dicoba oleh para pecinta kuliner.

Keripik yang terbuat dari bahan dasar ceker ayam tersebut berbentuk potongan kecil tanpa tulang, sehingga para penikmat bisa langsung menyantapnya. Cemilan ini memiliki banyak kandungan baik untuk tubuh meski sudah dikeringkan, digoreng, dan dikemas dalam plastik. Terdiri dari gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti asam amino, kolagen, dan kalsium.

6. Keripik Kentang Macan

gambar Keripik Kentang Macan
limakaki.com

Jajanan dengan nama unik perlu dicoba para wisatawan selanjutnya yakni keripik kentang macan. Sebutan cemilan ini menggunakan nama hewan seperti macan karena berbeda dari kentang biasa. Nama ubi yang digunakan sebagai bahan dasar keripik kentang cap macan mungkin sedikit asing di telinga masyarakat non Jawa atau perkotaan.

Bahan dasarnya terbuat dari ubi yang disebut dengan nama gadung, namun nama pada labelnya sengaja tertulis kentang macan karena sedikit memiliki kemiripan dengan kentang. Gadung dikenal sebagai umbi beracun dan membuat pusing penikmatnya, jika dimakan berlebihan. Tapi, jajanan satu ini diolah dengan teknik khusus untuk menghilangkan racunnya.

7. Pia Mangkok

gambar Pia Mangkok
oleholehkhasmalangmurah.wordpress.com

Kue pia telah populer di seantero wilayah Pulau Jawa, sehingga banyak sekali ide untuk mengembangkan aneka varian rasa dan kreasi pia. Salah satunya pia mangkok yang menjadi jajanan khas Kota Malang diproduksi di daerah Jalan Semeru. Kue satu ini hanya mampu bertahan selama dua minggu sejak masa produksi pertama, sehingga sangat aman dikonsumsi.

Bentuknya bulat hampir mirip seperti mangkok dengan kreasi cita rasa bervariasi, mulai dari durian, keju, susu, kacang hijau, coklat, dan sebagainya. Kemasannya pun unik, karena dibungkus sebuah kertas yang disusun secara vertikal terlebih dahulu. Kemudian dimasukkan ke dalam sebuah kardus sesuai jumlah yang hendak dipesan oleh para wisatawan.

8. Malang Strudel

gambar Malang Strudel
malangstrudel.com

Jajanan modern kekinian yang dapat dijadikan oleh-oleh dari Kota Malang adalah Malang Strudel. Makanan ini adalah kue terdiri dari beberapa lapis berasal dari pastry dengan isian aneka macam buah. Aneka kreasi rasa unik menu strudel semakin bervariasi dan berkembang hingga saat ini, sehingga para penikmat tidak akan bosan untuk mencicipi rasa paling baru.

Oleh-oleh Malang Strudel bisa ditemukan di beberapa lokasi di Kota Malang, terutama letak tokonya yang selalu berada di pinggir jalan raya. Lokasinya tersebar, antara lain di Jalan Raya Ardimulo Singosari, Soekarno Hatta, serta di area pusat kota. Harga Malang Strudel yakni sekitar 50 hingga 75 ribu per boxnya, tergantung kue dan varian rasa yang dipesan.

9. Ledre Pisang Bangka

gambar Ledre Pisang Bangka
bukalapak.com

Olahan buah yang menjadi ciri khas jajanan Kota Malang yang cukup terkenal yakni ledre pisang bangka. Sebutan namanya memang mirip nama sebuah kota yang jauh dari pulau Jawa, namun sebenarnya diambil dari sebuah nama area kecil yakni Jalan Bangka di permukiman Kota Malang.

Rasa ledre pisang bangka terkenal gurih dan renyah, serta rasa pisang khas menggugah selera para pencicipnya. Harganya cukup terjangkau, yakni di kisaran harga 40 ribuan per kotaknya, cara pemesanannya juga mudah yakni dengan menghubungi jasa pemesanan atau dengan mengunjungi langsung ke tempat produksi jajanan tersebut.

10. Madu Klanceng

gambar Madu Klanceng
griyaherbalmubarak.blogspot.com

Oleh-oleh sehat yang bisa didapatkan di Kota Malang tidak hanya cemilan, tetapi juga cairan untuk suplemen dan menjaga imunitas tubuh seperti madu klanceng. Madu sudah terkenal karena khasiat luar biasanya seperti Madu dari sari bunga pohon klanceng. Manfaatnya untuk kesehatan, meningkatkan kekebalan tubuh, sebagai obat kanker, hingga untuk kecerdasan otak.

Madu klanceng yang direkomendasikan sebagai oleh-oleh Malang dibandrol dengan harga sangat terjangkau. Madu dijual dalam kemasan botol kaca ukuran 460 gram seharga 130 hingga 150 ribu rupiah. Pemesanan bisa dilakukan dengan beragam cara praktis, yang bukan wisatawan pun dapat memesan secara online dari jarak jauh atau mengunjungi lokasi penjualan.

11. Kaos dan Souvenir Khas Malang

gambar Kaos dan Souvenir Khas Malang
awesam.id

Malang tidak hanya kaya dengan beragam makanan dan minuman khas, di sini juga terdapat aneka kaos serta souvenir yang bagus untuk dijadikan oleh-oleh. Sebagian besar kaos dan souvenir Malang dibuat dengan hasil kerajinan tangan masyarakat lokal sendiri. Desain kaos cukup sederhana, namun menampilkan simbol kekhasan Kota Malang seperti gambar buah apel.

Aneka souvenir yang dijual berupa gantungan kunci atau tas, boneka, pin, dan pernak-pernik lainnya. Semua oleh-oleh kaos sekaligus souvenir bisa ditemukan di tempat-tempat yang menjadi tujuan utama wisatawan dan memiliki daya tarik cukup populer. Seperti Jodipan, alun-alun Kota Malang, area pesisir di Kabupaten Malang, atau seluruh tempat wisata di Kota Batu.

12. Keramik Dinoyo

gambar Keramik Dinoyo
youtube.com

Peminat kerajinan seni terapan seperti keramik, akan bermanfaat untuk keperluan rumah tangga, souvenir atau hanya sekedar hiasan bisa mampir ke Kampung Dinoyo. Kampung tersebut sangat terkenal dengan produksi kerajinan keramiknya di seluruh wilayah Malang. Hampir seluruh warga yang bertempat tinggal di permukiman Dinoyo menjual aneka hasil kerajinan keramik.

Beberapa furniture keramik yang cocok sebagai hiasan bermanfaat di rumah atau oleh-oleh seperti vas bunga, guci, piring, gelas, miniatur boneka keramik, dan masih banyak lagi. Para wisatawan atau pendatang yang baru saja berada di Kota Malang dapat memilih jenis keramik tanpa perlu kehabisan pilihan. Hal itu karena tersedia beragam desain sesuai keperluan si pembeli.

13. Frozen Bakso

gambar Frozen Bakso
youtube.com

Bakso Malang merupakan salah satu menu makanan khas yang juga populer di hampir seluruh daerah di Jawa Timur. Bakso Malang memiliki ciri khas pada kelengkapan menunya, namun kali ini sajian bakso dibuat berbeda. Bakso tersebut dibekukan agar dapat dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang, sehingga makanan ini disebut sebagai frozen bakso.

Bakso tersebut disajikan dalam bentuk kemasan dingin yang praktis dibawa untuk perjalanan jauh. Makanan tersebut dapat bertahan selama beberapa bulan, jika tetap menyimpannya dalam lemari es. Frozen bakso dijual lengkap beserta bumbunya, sehingga para pengunjung bisa membelinya sekaligus untuk membuat bakso ala Malang sendiri di rumah.

14. Bakpao Sayang

gambar Bakpao Sayang
shopee.co.id

Bakpao di Kota Malang juga masih menjadi makanan yang paling banyak digemari terutama oleh para pendatang. Kreasi bakpao unik di Kota Malang cocok untuk dijadikan oleh-oleh yakni bakpao sayang. Sebutannya berasal dari bentuk bakpao yang lucu berupa spiral atau lingkaran dengan sedikit motif, berbeda dari bakpao pada umumnya dengan beragam varian rasa berbeda

Bakpao sayang memiliki jumlah varian isi sebanyak 30 macam rasa, antara lain selai strawberry, srikaya, blueberry, coklat, kacang hijau, nanas, keju, melon, dan masih banyak lagi. Lapisan kulit bakpao sangat lembut seperti bakpao umumnya, warnanya putih kekuningan karena dibuat tanpa campuran pemutih. Makanan ini sehat serta mampu membuat perut terasa lebih kenyang.

15. Makobu Cake

gambar Makobu Cake
dolandolen.com

Makobu cake juga termasuk jajanan kekinian yang tak kalah populer dari kue lain sebagai oleh-oleh para wisatawan. Kue ini mirip seperti kue lapis spons yang disusun bertumpuk bersama krim lezat dan taburan keju renyah. Rasanya lembut dengan varian rasa menarik seperti castella blueberry, castella chocolate, castella cappuccino, castella apple, dan lainnya.

Makobu cake bisa ditemukan dengan mudah di pusat Kota Malang, tepatnya berada di alamat Jl. Ijen No. 82, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang. Para pengunjung dapat membelinya ketika jam buka pukul 07.30 pagi hingga 21.30 malam. Harganya ramah di kantong, karena porsinya pun lumayan banyak, yakni sekitar 59 hingga 69 ribu rupiah per kotaknya.

16. Queen Apple

gambar Queen Apple
raramuhammad.com

Jajanan berupa kue pastry cukup banyak ditemui di Kota Malang, sehingga para wisatawan dapat menemukan beragam pilihan. Salah satu di antaranya yakni Queen Apple yang merupakan produk hasil usaha Farah Queen. Umumnya, jenis Queen Apple tersedia dalam dua varian kue, yakni strudel dan bolu, namun variasi rasanya sangat banyak dengan isian menarik.

Apple Queen cocok dijadikan oleh-oleh para wisatawan yang ingin mencicipi kue modern artis kekinian. Pengunjung dapat memilih aneka rasa lezat seperti vanilla, chocolate, mango, cheese, cinnamon, kurma, raisins, dan lain-lain. Bentuk kuenya pun beragam, pastry dengan bentuk bulat dan persegi panjang, begitu juga kue bolu.

17. Puthu Lanang Celaket

gambar Puthu Lanang Celaket
potretmalang.com

Persaingan makanan modern kekinian yang dijadikan oleh-oleh Kota Malang tidak membuat jajanan tradisional menurun. Makanan khas Jawa masih banyak digemari para wisatawan seperti putu lanang celaket khas Malang. Kue putu menjadi suguhan menu utama para produsen di daerah Jl. Jaksa Agung Suprapto, Klojen, Kota Malang.

Sajian makanan putu masih bernuansa tradisional, yakni dengan beralaskan daun pisang yang dipincuk. Putu bisa dipilih sebagai oleh-oleh para wisatawan yang berkunjung ke pusat kota untuk dibawa pulang. Kue tersebut dapat bertahan selama 2 hari jika dipanaskan pada temperatur pas, serta racikan pemanis atau bumbunya harus dibungkus secara terpisah.

18. Jenang Apel

gambar Jenang Apel
megapolitan.kompas.com

Jenang merupakan sebutan makanan tradisional khas di Pulau Jawa, makanan ini juga diproduksi di Kota Malang sebagai oleh-oleh pilihan. Ciri khas jenang dari Malang adalah cita rasanya berasal dari sari buah apel, berbeda dari jenang pada umumnya. Jenang atau dodol Malang terbuat dari serat apel murni, sehingga kandungannya penuh nutrisi bagi tubuh.

Jenang apel dikemas dalam bungkus plastik, mirip seperti dodol yang dijual di beberapa kota wisata lain. Namun, secara khusus hanya menyediakan varian rasa aneka buah apel, seperti manalagi, apel merah, dan lainnya. Kemasan tersebut dijual per box berisi 12 biji dengan berat 200 gram, harganya sangat terjangkau, sekitar 8 ribu hingga 10 ribu rupiah saja per boxnya.

19. Onde-Onde Depot HTS

gambar Onde-Onde Depot HTS
gramho.com

Jajanan khas dari Kota Malang yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke sini salah satunya onde-onde. Kue bulat yang umumnya berisi kacang hijau ini dikreasi menjadi 3 rasa yakni kelapa, kacang merah, dan rasa aslinya. Kulit lapisan onde-onde dibuat renyah bertabur wijen di sekelilingnya, ukurannya dibuat sedang agar praktis saat dikemas dan dibawa pulang.

Lokasi jajanan tradisional ini dapat ditemukan di jalan raya menuju Malang, tepatnya di Depot Han Tjwan Sing HTS, Lawang. Para wisatawan yang hendak bepergian ke arah Malang atau kembali ke arah Surabaya pasti melewatinya. Jajanan melegenda yang dijual sejak tahun 1927 ini dibandrol dengan harga murah sekitar 2.500 rupiah per bijinya dengan kualitas rasa super.

20. Carang Mas

gambar Carang Mas
carangmasnovita.blogspot.com

Makanan tradisional khas Jawa lainnya yang dijual di Kota Malang sebagai oleh-oleh adalah carang mas. Cemilan ini berbentuk bulat kering dari potongan ubi jalar dipadukan gula Jawa yang menggumpal, sehingga memunculkan bentuk bulat pipih. Carang mas dikemas secara praktis dalam ukuran kecil namun disediakan dengan jumlah cukup banyak di setiap kemasan.

Jajanan ini jika dilihat dengan seksama mirip sebuah mie kering yang menyatu dan digulung menjadi lingkaran. Cita rasa khas carang mas yakni manis asli dari gula Jawa serta gurih renyah karena ubi jalar digoreng hingga kering dengan ukuran tipis. Harga kemasan carang mas cukup murah yakni 15 hingga 20 ribu rupiah untuk ukuran kecil yang berisi 12 hingga 15 biji jajanan.

21. Coklat Tempe

gambar Coklat Tempe
dekonco.blogspot.com

Cemilan unik kekinian khas Malang yang sangat direkomendasikan sebagai oleh-oleh adalah coklat tempe. Olahan tempe kering seperti keripik tentu sudah biasa, atau aneka coklat yang dibuat kue dan minuman. Kali ini, coklat lezat dijadikan sebagai bahan dasar dan dipadukan dengan makanan sehat dari kedelai yakni tempe.

Olahan coklat dan tempe menghasilkan rasa manis dan gurih yang sangat unik dengan kreasi beragam cita rasa yakni strawberry, pedas, apel, susu, dan coklat. Merek jajanan kekinian kreatif tersebut adalah deKonco yang bisa ditemukan di outletnya secara langsung, di Jl. Danau Laut Tawar F1/F19, Sawojajar, Kedungkandang, Kota Malang.

22. Olahan Telo

gambar Olahan Telo
ridertua.com

Para wisatawan dapat menemukan aneka olahan makanan dengan kreasi unik di Kota Malang, beragam ide kreatifnya mampu menghasilkan olahan dari telo. Ubi yang dikenal dengan nama telo dalam Bahasa Jawa memiliki rasa manis yang gurih. Telo juga memiliki varian warna sesuai rasa aslinya, yakni kuning dan ungu yang cukup terkenal sangat manis.

Telo ungu kali ini diolah menjadi beragam makanan kekinian yang menarik minat para wisatawan lokal dan mancanegara. Rasanya disesuaikan dengan menu makanan yang disajikan, antara lain yakni keripik, pizza, bakpao, es krim, dan nugget. Aneka menu jajanan dari telo dapat dinikmati langsung di Jl. Raya Purwodadi Lawang, serta dikemas sebagai oleh-oleh.

23. Keripik Singkong Cap Lumba-Lumba

gambar Keripik Singkong Cap Lumba-Lumba
agenkuliner.com

Keripik olahan di Kota Malang memiliki variasi yang sangat banyak, khususnya keripik dari singkong. Rasa gurih dan asinnya yang terkenal membuat keripik singkong tetap digemari hingga saat ini. Keripik singkong cap lumba-lumba lebih mudah ditemukan, jika para wisatawan mengunjungi kawasan Kabupaten Malang di bagian selatan, yakni area yang didominasi pesisir.

Tekstur keripik singkong lumba-lumba berbeda dengan keripik singkong umumnya, yang dipotong tipis dicampur bumbu asin manis. Keripik ini memiliki tekstur sedikit lebih kasar dan berukuran agak tebal, namun cita rasa khasnya tidak berubah yakni asin tanpa tambahan manis. Harganya bervariasi tetapi rata-rata dijual sebesar 23 ribu rupiah untuk kemasan 500 gram.

24. Batik Topeng Malangan

gambar Batik Topeng Malangan
batikblimbingmalang.blogspot.com

Karya seni estetik untuk oleh-oleh berkelas adalah batik topeng Malangan yang dapat ditemukan di pusat kota. Motif batik bergambar topeng menjadi ciri khas batik asal Malang dengan simbol dan makna tertentu. Produk kain batik ini menjadi buruan para wisatawan dan dibandrol dengan harga yang beragam tergantung kualitas kain, ukuran, dan model jahitan.

25. Asix Cake

gambar Asix Cake
oleholehcinderamatakhasmalang.blogspot.com

Para pecinta oleh-oleh yang memburu jajanan modern dan kekinian, maka perlu mencoba Asix Cake. Kue ini berasal dari usaha keluarga Anang Ashanty sebagai makanan lezat tapi sehat untuk oleh-oleh para pendatang yang mengunjungi Kota Malang. Ada berbagai macam variasi warna sesuai rasa yang dijamin mampu menggugah selera para pecinta kue artis kekinian.

Varian rasa paling populer di kalangan pelanggan antara lain yakni Jielly Hazellin, Loly Rainberry Velvet, Ash Kayagreen, Charcoal, dan sebagainya. Nama varian dibuat cukup menarik, sehingga membuat kue ini mampu mendatangkan minat untuk mencicipinya. Harga oleh-oleh kekinian tersebut dibandrol sekitar 57 hingga 75 ribu rupiah per box, sesuai varian jenis rasa yang dipilih.

Daftar menu makanan dan souvenir oleh-oleh khas Malang di atas bisa ditemukan di seluruh area Kota Malang, kabupaten, dan sekitarnya. Semua diciptakan dengan kualitas terbaik agar para wisatawan tidak kecewa menikmati keunikan sebuah karya khas dari Kota Malang.

LEAVE A REPLY