Oleh-Oleh Khas Jogja

Yogyakarta merupakan kota menarik dengan beragam budaya, keindahan alam dan aneka jajanan khas yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung di sini. Wisatawan yang datang ke sini perlu membawa oleh-oleh khas Jogja sebagai kenang-kenangan. Beberapa di antaranya sangat populer sebagai simbol kekhasan wisata di kota kenangan.

1. Bakpia Pathok

gambar Bakpia Pathok
jejakpiknik.com

Jenis makanan satu ini menjadi oleh-oleh khas paling populer dan dikenal di seluruh kota di Indonesia. Bakpia Pathok memiliki bentuk bulat mungil sama seperti bakpia pada umumnya namun tekstur dan rasanya berbeda dari yang lain. Para wisatawan hanya dapat menemukannya di Kota Yogyakarta yang tersebar di hampir seluruh kota wisata tersebut.

Isinya memiliki beragam varian rasa yang unik dan lezat saat digigit, sementara lapisan luar bakpia terasa kenyal dan gurih. Rasanya yang lezat, dapat dipastikan membuat semua orang ketagihan untuk memakannya. Harga bakpia pathok murah dan beragam, tergantung pada jumlah isi, varian rasa yang dipesan, serta ketentuan harga yang telah ditetapkan oleh penjual.

2. Gudeg Kaleng

gambar Gudeg Kaleng
blibli.com

Yogyakarta juga terkenal dengan makanan khasnya satu ini, para wisatawan yang berkunjung ke kota wisata tersebut. Gudeg dikenal sebagai makanan yang sangat nikmat jika disantap secara langsung di beberapa warung atau restoran. Makanan ini pun banyak ditemui di hampir seluruh kios tepi jalan atau di sepanjang Jalan Malioboro dengan penikmat sangat ramai.

Popularitasnya yang tinggi membuat gudeg kini disajikan dalam sebuah kemasan kaleng praktis sehingga mudah dibawa pulang. Terutama digunakan untuk oleh-oleh khas Yogya ke kampung halaman masing-masing wisatawan. Rasanya tidak berbeda dengan sajian non kemasan secara langsung, tetap lezat dan nikmat serta dapat dibawa pulang untuk dimasak kapan pun.

3. Geplak

gambar Geplak
inibaru.id

Makanan ringan yang cocok untuk dibawa pulang para wisatawan selanjutnya yakni geplak yang bahan dasarnya terbuat dari kelapa. Jajanan ini mungkin ada di beberapa wilayah lain di Indonesia, namun dengan sebutan berbeda. Di Yogyakarta geplak memiliki aroma kelapa manis yang khas dengan beragam varian rasa dan warna pelangi membuat pencicipnya tidak bosan.

Cara pembuatan kue tradisional ini cukup sederhana, namun dapat bertahan hingga waktu yang cukup lama sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Bentuknya yang bulat dan tekstur keras membuat geplak dapat disajikan untuk para tamu sebagai cemilan. Termasuk sebagai varian hidangan kue hajatan yang sangat erat dengan adat serta budaya dari masyarakat Jawa sendiri.

4. Yangko

gambar Yangko
daerahkita.com

Cemilan khas Yogyakarta yang digemari para wisatawan lokal untuk dijadikan oleh-oleh selanjutnya yakni yangko. Makanan ini memiliki bentuk persegi berukuran mungil dengan tambahan olesan tepung terigu. Rasa manisnya dominan dan dibuat dengan aneka warna yang menarik agar tidak membosankan para penikmatnya yang ingin mencicipi rasa kue khas yangko

Yangko memiliki tekstur kenyal serta adonannya dapat ditambah isian yang awalnya berupa gula bercampur dengan kacang. Namun kini isian kue tersebut telah menjadi semakin beragam variannya, mulai dari strawberry, melon, durian, nangka, dan buah-buahan lainnya. Harga yangko sangat murah, per kilonya hanya dibandrol sekitar 10 hingga 20 ribu jika pembeli untung.

5. Coklat Monggo

gambar Coklat Monggo
medium.com

Yogyakarta juga memiliki makanan khas yang berupa olahan modern selain jajanan tradisional salah satunya yakni Coklat Monggo. Makanan ini disajikan dengan tampilan kemasan cukup menarik serta memiliki keunikan dari pembuatannya yang langsung diolah oleh pria berkebangsaan Belgia. Coklat ini termasuk jajanan modern tidak kalah populer dengan yang lain.

Rasa coklatnya yang nikmat berasal dari biji buah coklat pilihan asli Indonesia diambil di beberapa tempat seperti Jawa, Sulawesi, dan Sumatera. Proses pengolahannya disesuaikan dengan teknik seperti di negara asal pemilik Coklat Monggo. Kemasan yang ramah lingkungan dan khas Jawa dikolaborasikan dengan rasa mirip seperti coklat asli impor dari asalnya, Belgia.

6. Wedang Uwuh

gambar Wedang Uwuh
jenginten.com

Yogyakarta juga memiliki minuman khas yang cocok untuk dibawa pulang dalam kemasan praktis. Minuman tersebut yakni wedang uwuh, sebagai penyegar stamina tubuh agar kembali sehat dan bugar. Wedang uwuh memang mantap jika disajikan bersama aneka hidangan secara langsung di berbagai kedai, warung atau restoran terkena di Kota Yogyakarta.

Kemasan wedang uwuh mulai bermunculan ketika peminatnya semakin naik pesat sehingga lebih mudah didapatkan dan dibawa pulang. Wisatawan dari berbagai tempat, baik lokal maupun mancanegara juga bisa merasakannya tanpa harus mengunjungi Kota Yogyakarta terlebih dulu. Kini produk wedang uwuh kemasan bisa dipesan di berbagai pasar online dari jarak yang jauh.

7. Peyek Tumpuk

gambar Peyek Tumpuk
jogja.tribunnews.com

Sajian cemilan yang menarik serta cocok untuk dijadikan oleh-oleh selanjutnya yakni peyek tumpuk. Bentuknya berbeda dari peyek yang dijual di pasaran dari berbagai daerah di Pulau Jawa lainnya, peyek tumpuk memiliki ciri khas karena dibuat bertumpuk tanpa aturan. Teksturnya lebih keras dan lapisannya tebal, rasa gurih, asin bercampur manis menjadi satu.

Jumlah kacang yang dimasak pada peyek pun lebih banyak jika dibandingkan peyek pada umumnya. Peyek tumpuk tersedia di berbagai pusat oleh-oleh di daerah Bantul karena menjadi cemilan khas wilayah tersebut. Harganya sangat terjangkau yakni di kisaran 44 ribu rupiah per kilogram dan masih dapat ditawar kembali jika wisatawan mampu melakukannya dengan baik.

8. Jadah Tempe

gambar Jadah Tempe
ksmtour.com

Sebutan makanan khas di Yogyakarta memang cukup unik begitupun dengan ragam variasi jenis makanannya. Jadah tempe merupakan salah satu cemilan paling cocok dicoba para wisatawan yang belum pernah merasakan tempe olahan unik favorit sultan ini. Masyarakat luar daerah mungkin menyebutnya dengan tempe bacem karena cara masaknya dengan dibacem.

Jadah tempe tidak dihidangkan sebagai lauk makanan bersama nasi layaknya tempe bacem, tapi sebagai cemilan. Biasanya wisatawan yang ingin mencicipi akan diberi beberapa tempe bersama cabai hijau serta makanan ringan lain sebagai pendamping. Rasa jadah tempe lebih mantap karena disajikan kering tanpa lauk atau sayur tambahan seperti saat menyantap nasi.

9. Kripik Welut

gambar Kripik Welut
liputan6.com

Makanan unik yang dapat dijadikan sebagai lauk atau cemilan khas Yogyakarta adalah keripik belut. Makanan ini terbuat dari bahan dasar belut yang dipotong tipis, kemudian diolesi tepung bumbu dengan aneka kreasi agar cita rasa gurihnya muncul tanpa bau amis. Proses pembuatan keripik sangat sederhana namun dapat dikemas menjadi lebih tahan lama.

Kemasan keripik belut dibandrol dengan harga lumayan mahal jika para wisatawan tidak membelinya di daerah khas produksi keripik. Harganya yakni sekitar 50 hingga 60 ribu per kilogramnya dengan beragam kemasan bermerk. Kini juga dapat dipesan lewat berbagai pasar online tanpa harus mengunjungi kota tersebut karena berbagai kendala.

10. Tasuba

gambar Tasuba
shopback.co.id

Tahu bakso juga merupakan jajanan yang cukup populer di beberapa daerah di tanah air, tapi kali ini cita rasanya cukup berbeda. Tasuba adalah singkatan dari tahu susu bakso yang khas Yogyakarta karena campuran cita rasa unik yang lezat. Cara pembuatannya masih diolah dengan sederhana agar tidak menghilangkan rasa khasnya.

Tasuba dibuat tanpa bahan pengawet namun tahan jika disimpan selama 6 bulan sehingga cocok bagi para wisatawan untuk dibawa pulang. Tasuba nikmat disajikan sebagai cemilan bersama cabai hijau pengganti makanan ringan yang kurang bergizi.

11. Thiwul

gambar Thiwul
wisatabudayaku.sv.ugm.ac.id

Wisatawan dapat menemukan beragam jenis jajanan tradisional di Yogyakarta tanpa terlewatkan satu pun. Makanan khas tersebut dijadikan sebagai daya penarik para wisatawan untuk mencicipi cita rasa uniknya. Jajanan khas yang tidak terlupakan dari kota tersebut adalah thiwul, dengan rasa sedikit berbeda dari thiwul yang diproduksi di beberapa daerah lainnya.

Thiwul khas Yogya terbuat dari tumbukan gaplek halus serta campuran olesan gula jawa manis ditambah kelapa parut gurih. Saat matang thiwul memiliki rasa lembut mirip seperti roti namun cita rasanya cukup unik. Sajian tersebut dapat dihidangkan sebagai cemilan atau pengganti makanan berat seperti nasi.

12. Wader Goreng

gambar Wader Goreng
kurniavillagejogja.com

Ikan wader merupakan salah satu jenis ikan tawar yang akrab dengan lidah masyarakat Jawa untuk disantap sebagai lauk makanan sehari-hari. Wader goreng biasa disajikan sebagai menu lezat di beberapa restoran kuliner di Yogyakarta. Namun kali ini diolah dengan teknik berbeda sehingga membuat ikan wader lebih awet untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Wader goreng kini juga dijual dalam bentuk kemasan yang lebih praktis dan ekonomis. Cara pembuatannya hampir mirip seperti belut goreng, yakni dilapisi tepung bumbu dicampur dengan beberapa racikan bumbu rempah pilihan. Kemudian digoreng hingga kering, gurih, dan crispy untuk dimasukkan ke dalam kemasan plastik sebagai sajian oleh-oleh bagi para wisatawan.

13. Cake Mamahke Jogja

gambar Cake Mamahke Jogja
sipulaukelapa.com

Yogyakarta juga tidak ketinggalan dengan sajian makanan khas kekinian yang tidak kalah lezat seperti kue. Kue yang cukup terkenal di kota tersebut sebagai oleh-oleh yakni cake mamahke Jogja. Kue tersebut selalu dicari oleh para wisatawan yang menginginkan produk berbahan seperti roti lembut selain jajanan tradisional atau makanan ringan kering.

Cake mamahke Jogja berupa kue lapis dibuat dengan variasi bahan dan cita rasa beragam seperti melon, strawberry, coklat, dan sebagainya. Wisatawan juga bisa memesan kue sesuai yang diinginkannya misal dengan menambahkan sedikit tambahan topping atau hiasan tertentu. Kue ini tidak bertahan sangat lama sehingga pembeli harus menyantapnya tidak lebih 6 hari.

14. Blangkon

gambar Blangkon
lazada.co.id

Fashion khas Yogyakarta memiliki ragam variasi unik dan menarik, serta mampu mengikuti mode yang sedang tren dan populer. Namun salah satu fashion khas budaya Jawa yang tidak lekang oleh waktu dapat ditemukan di kota ini sebagai oleh-oleh yakni blangkon. Alat ini merupakan penutup kepala tradisional yang dikenakan oleh masyarakat Jawa zaman dulu.

Blangkon menjadi oleh-oleh paling diburu wisatawan, bahkan sebagian besar dari mereka senang mengenakannya ketika berkeliling di Kota Yogyakarta. Blangkon sangat mudah ditemukan di berbagai tempat termasuk di sepanjang Jalan Malioboro. Harganya pun sangat beragam namun terjangkau tergantung kualitas bahan serta pihak penjual yang dituju.

15. Surjan

gambar Surjan
bukalapak.com

Surjan merupakan pakaian adat Jawa yang biasanya dikenakan bersama dengan blangkon. Pakaian tersebut memiliki corak motif yang khas yakni garis vertikal dengan warna coklat hitam berlapis mirip seperti baju yang dikenakan Sunan Kalijaga. Surjan juga cocok dan menjadi fashion paling diburu sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan.

Surjan dapat ditemukan dengan mudah di berbagai kios atau toko pakaian sama seperti surjan. Namun para wisatawan harus pandai untuk memilihnya sebelum dibeli karena harus mengetahui ciri dari kualitas terbaik kain surjan. Tempat yang dipercaya sebagai penjual surjan terbaik yakni di beberapa kios pedagang kaki lima serta Pasar Beringharjo yang terkenal.

16. Kaos Dagadu

gambar Kaos Dagadu
ksmtour.com

Selain baju batik, fashion khas Yogyakarta yang cocok dijadikan oleh-oleh selanjutnya adalah kaos dagadu. Kaos ini memiliki simbol unik sebagai ciri khas berupa bulatan spiral dengan lingkaran mirip seperti bola mata di tengahnya, di sekitar tepi bulatan terdapat garis-garis kecil mengelilinginya. Sesuai makna simbol kaos tersebut yakni berupa kata, ‘’matamu.’’

Kaos dagadu sangat terkenal sejak lama sebagai ciri khas para wisatawan yang pernah mengunjungi Kota Yogyakarta. Wisatawan juga dapat menemukannya di berbagai kios dengan mudah seperti sepanjang jalan Malioboro, atau toko kaos di pinggir jalan, dan sebagainya. Ada beberapa lokasi penjual kaos dagadu terpercaya seperti di Mall Malioboro dan Ambarukmo.

17. Kerajinan Perak

gambar Kerajinan Perak
jamelatour.co.id

Makanan memang menarik untuk dijadikan oleh-oleh tapi cepat habis dan tidak bisa dijadikan kenang-kenangan selama beberapa tahun ke depan. Miniatur kerajinan yang terbuat dari perak khas dari Yogya bisa menjadi salah satu oleh-oleh berharga perlu dibawa pulang. Ada beragam jenis miniatur yang dapat dipilih para wisatawan, mulai dari transportasi hingga bangunan candi.

Kerajinan perak di Yogyakarta sudah terkenal sejak masa Kerajaan Mataram dan di Kotagede menjadi sentral penghasil kerajinan tersebut. Selain membeli beragam jenis miniatur terbuat dari perak, wisatawan juga berkesempatan untuk mengunjungi secara langsung rumah pengrajin perak dengan tujuan melihat proses pembuatannya termasuk saat pelelehan dan pembakaran.

18. Baju Batik

gambar Baju Batik
ramdhan.web.id

Semua wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta pasti akan tertarik dengan beragam mode fashion tradisional modern khas kota tersebut. Ikon populernya yakni baju batik dengan motif khas dan campuran beberapa batik dari daerah lainnya di Pulau Jawa. Kreativitas baju batik Yogyakarta sangat terkenal sehingga wisatawan tidak boleh melewatkan oleh-oleh satu ini.

Baju batik banyak dijual di kios pinggir jalan dan kawasan Malioboro, para wisatawan dapat menemukan dan membelinya dengan harga bervariasi. Jika ingin memperoleh harga murah namun berkualitas maka bisa menawarnya secara masuk akal. Selain baju, batik juga dikreasi dalam beragam produk seperti tas, sandal, syal, topi, dan masih banyak lagi lainnya.

19. Gerabah Kasongan

gambar Gerabah Kasongan
voinews.id

Ada banyak sekali ragam kerajinan tangan unik yang patut diapresiasi di Kota Yogyakarta, serta cocok dijadikan sebagai oleh-oleh dan kenangan. Orang atau wisatawan asli Indonesia tentu tidak asing dengan gerabah yang terbuat dari bahan dasar berupa tanah liat. Yogyakarta memiliki salah satu hasil kerajinan gerabah dengan desain yang unik dan khas.

Gerabah tersebut dikenal sebagai kasongan yang khas dari daerah Kasongan, Kabupaten Bantul. Kualitas gerabah di sini terkenal memiliki kualitas sangat bagus serta cocok dijadikan sebagai perabot rumah tangga estetik seperti vas bunga, guci, asbak, dan lainnya. Tersedia beragam warna, ukuran, bentuk, dan model gerabah kasongan.

20. Selop Batik

gambar Selop Batik
m.blanja.com

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa hasil karya seni batik khas Yogyakarta tidak hanya diproduksi dalam bentuk kain saja. Batik diterapkan pada berbagai produk atau barang yang berguna bagi manusia, terutama fashion. Kerajinan batik khas Yogyakarta juga menyediakan produk bermanfaat unik yakni selop batik.

Ada beragam variasi model batik yang dijadikan sebagai motif sandal selop cocok untuk dijadikan oleh-oleh atau dipakai sendiri di rumah. Bahannya pun ringan dan nyaman para wisatawan dapat memilih model sesuai keinginannya. Tersedia dalam berbagai mode ada yang memiliki hak berukuran tinggi serta sandal selop motif batik tanpa hak lebih ringan di kaki.

21. Wayang

gambar Wayang
antarafoto.com

Wayang khas dari Yogyakarta sebagian besar dibuat dari kulit hewan yang dikeringkan, kemudian beberapa di antaranya ditempelkan pada sebuah papan triplek. Namun ada juga wayang kulit asli yang dijual dengan harga cukup mahal sesuai lakon biasa dipentaskan. Fungsi wayang sebagai oleh-oleh bisa digunakan sekedar untuk hiasan dan dijadikan sebagai lakon dalam pentas pewayangan seperti biasa.

22. Topeng Batik

gambar Topeng Batik
jejakpiknik.com

Jogja sangat kaya dengan oleh-oleh berupa karya seni dalam berbagai macam jenis dan fungsi seperti topeng bermotif batik. Bahan topeng tersebut kebanyakan dibuat dari kayu yang permukaan wajahnya dipahat dan diukir sebagian dilukis dengan tinta hitam putih. Topeng batik dijual dengan aneka motif, bentuk wajah, serta ukuran dari paling kecil hingga besar. Harganya pun sangat terjangkau per topengnya

23. Patung Loro Blonyo

gambar Patung Loro Blonyo
indonesia.go.id

Karya seni khas nusantara yang patut dijadikan sebagai kenang-kenangan asli dari Yogyakarta adalah patung Loro Blonyo. Ukurannya tidak begitu besar seperti patung yang terdapat di candi atau bangunan bersejarah lainnya. Patung tersebut berukuran mini, praktis dan mudah dibawa kemanapun sehingga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh setelah pulang dari Kota Yogyakarta.

Patung Loro Blonyo dikenal sebagai sepasang patung pengantin yang dianggap pembawa keberuntungan perihal jodoh menurut adat masyarakat Jawa. Bagi pecinta seni, patung tersebut juga menarik dijadikan sebagai pajangan atau hiasan di rumah. Harganya cukup beragam tergantung pada ukuran dan kualitas bahan yang digunakan untuk membuat patung pasangan.

24. Miniatur Becak / Sepeda Onthel

gambar Miniatur Becak
bigsta.net

Variasi miniatur yang didesain sebagai suvenir atau oleh-oleh di Yogya sangat digemari oleh para wisatawan. Ragamnya sangat banyak, beberapa di antaranya berupa alat transportasi tradisional seperti becak atau sepeda onthel. Hingga kini wisatawan masih bisa menemukan beberapa model miniatur tersebut dalam beragam ukuran dan bahan.

Ada miniatur yang terbuat dari kayu, kawat, perak, atau bahan lainnya dengan tingkat estetika cukup tinggi. Keindahan karya seni miniatur alat transportasi tersebut bisa didapatkan dengan harga murah terutama jika para pembelinya termasuk wisatawan lokal dan sesama Jawa. Jika tambahan hiasan pada miniatur dilapisi kaca atau botol maka harganya lebih mahal.

 25. Mainan Tradisional

gambar Mainan Tradisional
flickr.com

Mainan tradisional khas Yogya juga dijual di beberapa tempat oleh para penjual keliling yang mayoritas adalah lansia. Peminat suvenir unik berupa mainan ini lebih banyak di kalangan anak-anak, namun sebagian wisatawan dewasa yang membelinya tertarik untuk dijadikan hiasan. Hal tersebut tidak akan menghilangkan fungsi aslinya dan tetap dapat dimainkan.

Beberapa jenis mainan yang dijual di sepanjang Jalan Malioboro antara lain berupa ketapel, miniatur boneka kayu, dan lainnya. Semua jenis mainan masa kecil khas adat masyarakat Jawa bisa ditemukan di Yogyakarta. Cocok bagi para wisatawan yang ingin bernostalgia dengan masa kecilnya atau dengan tujuan untuk mengedukasi anak-anak mereka terhadap budaya bangsa.

26. Sandal Jepit Jogja

gambar Sandal Jepit Jogja
souvenirmurah-jogja.blogspot.com

Fashion unik yang dapat dijadikan sebagai kenangan setelah pulang dari Yogyakarta adalah sandal jepit. Produk ini bisa ditemukan setiap tahun dengan bentuk, desain, dan model yang tetap dengan sedikit perubahan. Ciri khas sandal jepit Yogya dibuat dengan tulisan sepadan namun dengan warna yang berbeda tiap pasangan sandal jepitnya.

Beberapa desain sandal jepit juga dibuat manis dengan gaya feminin yang anggun dengan campuran tali rajut. Sandal khas tersebut masih diminati hingga kini karena sangat nyaman saat dikenakan, tahan lama serta harganya pun terjangkau. Jika para wisatawan beruntung, mereka bisa mendapatkan sandal jepit Yogya dengan harga 10 hingga 15 ribu sepasangnya.

27. Miniatur Gamelan

gambar Miniatur Gamelan
pojokseni.com

Gamelan merupakan alat musik tradisional Jawa yang sangat terkenal, bahkan hingga saat ini keberadaannya pun dilestarikan. Alat musik tersebut mampu menarik minat dan rasa penasaran para wisatawan untuk melihat atau memainkannya. Tetapi jika membawanya pulang tentu cukup berat sehingga dibuatlah miniatur gamelan yang lebih ringan cocok sebagai oleh-oleh.

Ada berbagai macam bentuk dan ukuran miniatur gamelan tergantung pada fungsi yang diinginkan para wisatawan. Jika hendak memilih miniatur gamelan yang dapat dimainkan tentu bisa dibeli dengan harga jauh lebih murah dibandingkan peralatan aslinya. Bentuknya memang dibuat mirip dan lebih praktis namun nada yang dihasilkan tidak sekeras gamelan asli.

28. Keripik Tempe Sagu

gambar Keripik Tempe Sagu
oleholehmaktratap.blogspot.com

Olahan makanan ringan berupa keripik tempe di Yogyakarta juga cukup bervariasi, seperti keripik tempe sagu. Keripik ini sangat nikmat jika disantap saat sarapan atau hanya digunakan sebagai cemilan. Selain gurih dan lezat, makanan khas tersebut memiliki kandungan gizi yang sehat karena terbuat dari bahan dasar tempe yang dipotong dan dikeringkan.

Keripik tempe sagu menjadi unggulan sebagai makanan khas yang diproduksi di Kota Bantul, Yogyakarta. Berbeda dengan keripik tempe pada umumnya yang berbentuk persegi mirip seperti tempe asli hanya dipotong tipis saja. Keripik ini memiliki bentuk bulat dengan sedikit campuran sagu, berwarna agak putih, harganya pun murah yakni sekitar 15 hingga 20 ribu tiap kemasan.

29. Brownies Ubi Ungu

gambar Brownies Ubi Ungu
jnokitchen.blogspot.com

Makanan modern satu ini memang tidak asing di telinga para kaum millenial yang menyukai produk makanan manis. Brownies pada dasarnya dibuat dari perpaduan adonan roti dan coklat lezat sehingga rasanya cukup khas. Namun bagaimana jadinya jika brownies dibuat dari bahan dasar ubi ungu yang dapat menghasilkan rasa manis serta pewarna alami berbeda dari lainnya.

Kandungannya tidak berbahaya bagi tubuh karena tidak menghasilkan lemak atau kolesterol secara berlebihan. Warna brownies yang umumnya hitam kini juga berubah menjadi ungu sesuai bahan dasar pembuatnya. Hasilnya pun makanan lezat dengan tampilan menarik ditambah taburan keju sehingga rasanya sangat gurih membuat semua pencicipnya ketagihan.

30. Jogja Scrummy

gambar Jogja Scrummy
dismonimo.com

Produk makanan yang kini dipasarkan di Yogyakarta sebagai oleh-oleh menarik yang perlu dicoba adalah Jogja Scrummy. Makanan olahan terbuat dari roti ini memiliki bentuk seperti gaya makanan ala Eropa. Tersusun dua lapis, bagian bawah yakni kue brownies kukus coklat dan atasnya lapisan roti dengan isian coklat lumer atau variasi rasa lain yang dapat dipesan.

Ciri khasnya berupa dua lapisan yang bentuk dan letak susunannya tetap, di atas kue berupa puff pastry gurih. Oleh-oleh kekinian dari Yogya ini bisa didapatkan tanpa perlu mengunjungi Kota Yogyakarta secara langsung. Kini telah tersedia di berbagai toko online sehingga semua orang meski bukan wisatawan dapat mencobanya secara praktis, serta tahan cukup lama.

31. Kerajinan Kulit

gambar Kerajinan Kulit
jogja.tribunnews.com

Hasil produk kerajinan di Kota Yogyakarta seolah tidak ada habisnya dan sangat banyak variasi jenisnya. Semuanya menarik untuk dijadikan sebagai suvenir atau oleh-oleh seperti kerajinan kulit dalam berbagai bentuk yakni tas, sepatu, hiasan dinding dan masih banyak lagi. Kerajinan kulit khas Jogja memiliki simbol tersendiri seolah tidak menghilangkan unsur budaya Jawa.

Aneka produk kerajinan kulit yang dapat dibeli oleh para wisatawan di Jogja dan sekitarnya antara lain sepatu, tas kulit, wayang, jaket kulit dan lain-lain. Harga produk tersebut dijual miring dari batas rata-rata dibandingkan kota atau daerah wisata lainnya. Para wisatawan juga dapat menawar harga pada beberapa produk sesuai dengan kualitas. Tawaran biasanya diberikan kepada wisatawan dengan kriteria tertentu.

32. Tas Dowa

gambar Tas Dowa
tasrajutdowa.com

Aksesoris unik yang menjadi ciri khas suvenir dari Kota Yogyakarta lainnya adalah tas dowa. Berbeda dari tas pada umumnya, tas dowa memiliki bentuk yang unik dan hanya bisa dijinjing tidak untuk ditempatkan di punggung seperti tas ransel. Desainnya pun sangat bervariasi, mulai dari corak yang tradisional hingga dibuat dengan motif dan bahan lebih kekinian.

Tas dowa dengan bentuk dan motif unik biasanya dibuat dengan kain yang dirajut atau ditambahkan hiasan beragam di permukaannnya. Mode kekinian dari tas dowa dibuat dengan bahan premium yang memiliki tampilan mengkilap sehingga terkesan cukup mewah. Tas ini menyediakan mode dan motif yang cocok digunakan sesuai kalangan usia tertentu.

33. Bakpia Kukus Tugu Jogja

gambar Bakpia Kukus Tugu Jogja
tokopedia.com

Selain bakpia pathok, cemilan yang tak kalah lezat dan populer satu ini juga tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan. Bakpia kukus memiliki ciri khas dari teknik memasaknya yakni dengan cara dikukus. Lapisan luarnya tidak kalah lembut dengan bakpia pathok dan isiannya pun dapat dibuat dengan beragam varian rasa yang nikmat.

Bakpia kukus tugu Jogja sudah sangat terkenal di berbagai kalangan wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta untuk memburu oleh-oleh. Makanan ini kini tersedia di berbagai tempat di Yogyakarta. Wisatawan saat ini bisa mendapatkannya dengan mudah tanpa harus mengunjungi kota tersebut, karena produknya disediakan dan dapat dipesan secara online

34. Salak Pondoh

gambar Salak Pondoh
jogja.tribunnews.com

Jawa terkenal akan hasil perkebunan berupa aneka jenis buah yang unik dan menarik salah satunya yakni salak pondoh. Buah ini juga terdapat di Kota Yogyakarta serta dapat dijadikan sebagai buah pilihan khas dari daerah tersebut. Harganya sangat terjangkau dengan kualitas buah yang cukup baik.

Daerah yang terkenal sebagai lokasi asal salak pondoh adalah Gunung Merapi, jika wisatawan mengunjunginya tentu dapat menikmati keindahan alamnya sekaligus. Serta ikut memanen atau sekedar mengunjungi kebun buah salak bersama para petani.

35. Pathilo

gambar Pathilo
ksmtour.com

Makanan khas Gunung Kidul yang memiliki rasa gurih dan nikmat adalah pathilo. Makanan ringan yang dapat dijadikan cemilan atau pendamping hidangan saat makan hanya terbuat dari singkong. Berasal dari pathi yang berarti sari dalam Bahasa Jawa, dan ‘’lo’’ merupakan singkatan dari telo yang berarti singkong.

Pathilo yang memiliki bentuk mirip dengan rengginang ini menjadi buruan para wisatawan karena cita rasa gurih yang khas. Biasanya pathilo dijual dalam keadaan mentah dan pembeli hanya perlu menggoreng sebelum menyantapnya. Harga pathilo sangat terjangkau dan beragam yakni dibandrol sekitar 6 hingga 8 ribu rupiah saja per kilonya.

Pilih salah satu atau beberapa variasi jenis oleh-oleh paling menarik seperti yang tertera dalam list di atas. Lengkapi seluruhnya mulai dari makanan khas, cemilan, karya seni, hingga fashion unik asli dari hasil karya budaya Kota Yogyakarta. Menyusun list sederhana tentang daftar oleh-oleh juga tidak boleh dilewatkan sebagai rencana kunjungan ke Jogja.

LEAVE A REPLY