Oleh-Oleh Khas Bandung

Bandung menjadi kota wisata terpopuler di Jawa Barat. Bandung punya julukan Paris van Java. Banyak sekali destinasi wisata alam dan hiburan yang layak dikunjungi di Bandung. Mulai dari Kota Bandung sampai ke kawasan pegunungannya, menyimpan keindahan alam yang memanjakan mata. Hawa dingin di Kota Bandung juga bisa membuat wisatawan menjadi lebih nyaman di kota ini.

Bandung juga menjadi surganya pecinta kuliner. Ada banyak sekali kuliner yang bisa dijadikan sebagai buah tangan saat pulang. Selain makanan khas, juga ada oleh-oleh lain berupa item fashion, kerajinan tangan, hingga souvenir yang unik. Wisatawan tinggal menyiapkan uang untuk memborong semua oleh-oleh yang diinginkan.

1. Pisang Bollen Kartika Sari

gambar Pisang Bollen Kartika Sari
kartikasari.com

Layaknya bakpia Jogja, pisang bollen menjadi ikon kuliner kue yang banyak diburu oleh wisatawan. Banyak sekali wisatawan yang pergi meninggalkan Bandung dengan membawa tumpukan kardus pisang bollen. Salah satu olahan pisang bollen yang paling terkenal di Bandung adalah Pisang Bollen Kartika Sari.

Toko kue ini ada di Jl. H. Akbar No.4 Kebon Kawung, Bandung. Toko kue ini sudah ada sejak tahun 1970-an dan masih ramai hingga kini. Pisang bollen ini menjadi kudapan favorit yang diburu karena citarasanya manis, gurih, dan segar di bagian pisangnya. Selain menu pisang bollen, Kartika Sari juga menjual berbagai jenis kue lain seperti pastry dan cake.

Kartika Sari menjadi toko kue legendaris di Kota Bandung. Toko kue ini selalu ramai oleh pengunjung dari pagi hingga malam hari. Tak heran, jika jalanan di sekitar Kartika Sari pun selalu ramai oleh kendaraan roda dua dan empat yang lalu-lalang.

2. Peuyeum Bandung

gambar Peuyeum Bandung
utingunying.blogspot.com

Peuyeum adalah istilah Sunda bagi tape singkong. Peuyeum dieja menjadi peyem dengan dihilangkan huruf U-nya. Masyarakat Sunda memang sangat menggemari peuyeum. Meskipun peuyeum adalah makanan tradisional yang sudah ada sejak zaman dulu, tapi kuliner ini tetap eksis hingga saat ini.

Peuyeum yang disimpan di suhu ruang bisa bertahan hingga beberapa hari. Peuyeum terbuat dari singkong yang dikukus sampai matang, kemudian singkong didinginkan, setelah itu baru dicampur dengan ragi dan gula pasir. Agar proses fermentasinya sempurna, peuyeum harus ditutup rapat dengan daun pisang. Peuyeum bisa terfermentasi pada suhu ruang.

Peuyeum banyak dijual di pusat oleh-oleh khas Bandung. Biasanya, peuyeum dikemas dalamkotak anyaman bambu beralaskan daun pisang. Citarasa peuyeum yang asam manis membuat banyak orang ketagihan. Apalagi kini makin banyak olahan peuyeum kekinian menjadi berbagai cake dan minuman lezat.

3. Brownies Kukus Amanda

gambar Brownies Kukus Amanda
resepmakanan.website

Siapa yang tidak kenal dengan produk brownies kukus Amanda? Kue ini sudah tenar dan jadi oleh-oleh favorit sejak tahun 2000. Brownies Amanda punya banyak varian rasa mulai dari original, keju, choco marbel, tiramisu, banana bizzi, srikaya pandan, dan lain-lain. Berbeda varian, berbeda pula harga jualnya.

Tapi, brownies Amanda dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Varian original hanya dibanderol dengan harga sekitar Rp35.000 saja. Sedangkan varian mix biasanya dibanderol dengan harga yang sedikit lebih mahal. Brownies Amanda punya citarasa cokelat yang sangat pekat. Rasa manisnya cukup sedang, sehingga tidak membuat orang mudah eneg.

4. Brownies Prima Rasa

gambar Brownies Prima Rasa
id.pinterest.com

Ada satu lagi sajian brownies yang sangat terkenal di Bandung yaitu Prima Rasa. Kalau brownies Amanda diolah dengan cara dikukus, berbeda dengan Prima Rasa yang menyuguhkan sajian brownies panggang. Pusat oleh-oleh Prima Rasa ini ada di Jl. Kemuning dan selalu ramai oleh wisatawan yang ingin berbelanja makanan khas Bandung.

Brownies Prima Rasa dibuat dengan citarasa coklat yang sangat menonjol. Brownies ini memang hanya dibuat dalam enam varian yaitu tiramisu, mocca, raisin, blueberry, kacang, dan chocolate chips. Harganya cukup bervariasi antara Rp60.000 – Rp65.000 saja perkotaknya. Brownies ini selalu tersedia dalam jumlah banyak dan siap diborong oleh wisatawan luar daerah.

5. Keripik Maicih

gambar Keripik Maicih
blog.titipku.com

Siapa yang tak kenal dengan keripik satu ini. Keripik Maicih bahkan sudah banyak dijajakan di luar wilayah Bandung sejak tahun 2013. Keripik Maicih adalah olahan tepung kanji yang dicampur dengan bumbu. Adonan ini dibuat keripik seukuran uang koin. Uniknya, keripik ini kemudian dicampur dengan serbuk cabe dan merica yang super pedas.

Ada sebelas level kepedasan Keripik Maicih mulai dari level 0 (tidak pedas sama sekali) sampai ke level yang paling pedas yaitu level 10. Kunci utama bubuk pedas dalam Keripik Maicih adalah serbuk cabai hasil tumbukan bukan gilingan. Keripik Maicih biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 14.000 untuk kemasan 100 gram.

6. Bakso Goreng

gambar Bakso Goreng
ayobandung.com

Bandung menjadi kota cikal bakal makanan berbahan dasar tepung kanji atau tapioka. Salah satunya adalah bakso. Tapi ada satu oleh-oleh yang cukup unik yaitu bakso goreng. Bakso diiris tipis memanjang seperti stik, kemudian digoreng sampai berubah tekstur menjadi kripsi dan gurih. Ada beberapa varian rasa bakso goreng antara lain original, keju, dan juga pedas.

Warna bakso goreng cenderung coklat kemerahan. Warna merah pada basreng ini berasal dari penggunaan cabe untuk varian pedas dan super pedas. Seiring perkembangan zaman, bakso goreng ada level pedasnya sendiri. Bagi pecinta kuliner pedas, bisa mencoba bakso goreng level tertinggi.

7. Picnic Roll

gambar Picnic Roll
bukalapak.com

Picnic roll adalah kue khas Bandung yang berbentuk silinder. Di tengah kue ini diisi dengan daging ayam atau sapi cincang yang sudah dimasak dengan bumbu khusus. Picnic roll punya ukuran yang cukup besar, karena memang awalnya biasa dijadikan sebagai bekal piknik seluruh anggota keluarga.

Kue picnic roll bisa ditemukan di toko kue Primarasa. Harganya cukup terjangkau dan rasanya lezat. Picnic roll paling nikmat disantap bersama dengan saos cabe pedas. Picnic roll juga bisa dijadikan kudapan pendamping minum teh hangat.

8. Cireng

gambar Cireng
pegipegi.com

Cireng berasal dari singkatan kata aci digoreng. Aci adalah adonan yang berasal dari tepung kanji. Untuk membuat cireng, tepung kanji dicampur dengan bumbu berupa bawang putih, merica, dan garam. Setelahitu, semua bahan tersebut diaduk dengan air sampai rata. Adonan ini kemudian dibentuk bulat-bulat dan direbus sampai matang.

Aci matang ini biasa disebut juga degan cilok. Cireng sendiri berasal dari cilok yang harus digoreng lebih dulu sebelum dimakan. Cireng biasanya disajikan bersama dengan saos kacang dan sambal. Ada juga yang menyajikan cireng dengan bumbu bubuk aneka rasa seperti balado, pedas manis, jagung bakar, barbekue, dan lain-lain.

9. Seblak

gambar Seblak
qraved.com

Seblak adalah makanan khas Bandung yang terbuat dari bahan baku kerupuk udang. Seblak mulai populer di Indonesia sejak beberapa tahun lalu. Seblak identik dengan bumbu yang digunakan memasak kerupuk udang. Seblak adalah campuran bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, dan kencur.

Warna kuah seblak identik dengan merah pekat. Kuah ini memang terkenal super pedas, dan menjadi makanan favorit bagi pecinta kuliner pedas. Tekstur kerupuk yang kenyal setelah dimasak dalam kuah, menjadikan menu satu ini semakin unik. Seblak di Bandung sering disajikan bersama dengan pelengkap seperti ceker, daging ayam, sosis, telur, dan sayuran.

Kini, ada juga varian seblak yang tak menggunakan kerupuk udang. Ada varian seblak jamur, sosis, mie, hingga makaroni. Seiring perkembangan zaman, seblak juga ada versi instannya. Seblak instan ini dikemas dalam wadah gelas styrofoam mirip kemasan mie. Cara memasaknya pun juga mirip dengan mie, yang harus diseduh air panas. Seblak instan banyak tersedia di toko oleh-oleh Bandung.

10. Cilok

gambar Cilok
resepmasakan.resepdapurmu.com

Cilok adalah makanan asli dari Jawa Barat. Cilok dibuat dari tepung kanji atau tapioka, yang dibumbui dengan bawang putih dan merica. Sebagian orang juga membuat cilok dengan campuran daging ayam giling atau kaldu ayam. Cilok jadi makanan khas kaki lima yang dijajakan dalam gerobak. Harganya murah meriah dan cukup mengenyangkan.

Cilok biasa disajikan bersama dengan saos cabe, ada juga cilok yang menggunakan saos bumbu kacang. Rasa cilok cukup lezat dan gurih. Saat dicampur dengan saos sambal, rasa pedasnya bisa menambah kenikmatan cilok. Kini, ada oleh-oleh cilok kering yang bisa tahan lama untuk dibawa pulang oleh wisatawan. Cilok ini tentunya lebih praktis, namun kualitas rasanya tetap sama.

11. Oncom Raos

gambar Oncom Raos
obyekwisataterlengkap.blogspot.com

Bagi wisatawan yang belum mengenal oncom, mungkin bentuk dan rasanya sedikit aneh. Oncom adalah hasil fermentasi kacang kedelai. Oncom punya tampilan seperti tahu, tapi teksturnya agak kasar, dan warnanya cenderung kuning kecoklatan. Oncom sangat digemari oleh masyarakat Jawa Barat. Bahkan, oncom dijadikan sebagai bahan baku beberapa olahan makanan rumahan.

Salah satu sajian berbahan dasar oncom yang sanga nikmat adalah oncom goreng. Oncom ini sering pula disebut oncom raos. Bentuknya mirip dengan gorengan pada umumnya. Oncom berwarna kuning terang di bagian luar dan kuning pucat di bagian dalamnya. Oncom raos bisa didapatkan di Jl. Cihampelas No.91B Kota Bandung.

12. Batagor Riri

gambar Batagor Riri
batagorriri.com

Batagor berasal dari singkatan kata bakso tahu goreng. Artinya, makanan ini berasal dari bakso dan tahu yang digoreng. Bakso dan tahu goreng ini disajikan bersama dengan pelengkap seperti kentang, sayuran selada, dan kerupuk udang. Agar lebih enak, batagor kemudian disiram dengan kuah bumbu kacang yang banyak.

Makanan khas Jawa Barat ini sudah sangat populer di Indonesia. Banyak orang yang menjajakan batagor di berbagai kota besar se-Indonesia. Tapi, wisatawan tak boleh melewatkan kesempatan untuk mencicipi batagor khas Bandung di tanah kelahirannya. Batagor di Bandung dijamin jauh lebih nikmat dan punya citarasa yang khas.

13. Kafetaria Pia 170

gambar Kafetaria Pia 170
tesyasblog.com

Kafetaria Pia 170 adalah merek pia paling terkenal di Bandung. Pia yang sudah ada sejak dulu ini dikenal punya citarasa yang lain daripada lain. Rasa yang paling terkenal di kalangan wisatawan adalah butterscotch. Ada juga rasa lain seperti cokelat, kacang hijau, dan keju. Semuanya sama-sama enak dan mengenyangkan.

Jika ingin memborong Kafetaria Pia 170, wisatawan bisa berkunjung ke Jl. HOS Cokroaminoto. Meskipun sangat terkenal, tapi pia ini masih dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Sekotak pia dijual dengan harga sekitar Rp30.000 saja. Kue pia ini bisa jadi oleh-oleh yang cocok untuk keluarga di rumah.

14. Angklung

gambar Angklung
thejakartapost.com

Sudah tahu apa alat musik khas masyarakat Sunda? Alat musik tradisional ini adalah angklung yang terbuat dari batang bambu. Angklung dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan, agar bisa menghasilkan bunyi yang merdu dan khas. Untuk melestarikan alat musik tradisional ini, kini angklung juga dijual sebagai salah satu cinderamata khas Bandung.

Masyarakat bisa membeli angklung untuk dijadikan kenang-kenangan di rumah. Wisatawan juga bisa belajar bermain angklung di Saung Angklung Udjo. Alamatnya ada di Jl. Padasuka Kota Bandung. Disini, para wisatawan juga bisa menikmati pertunjukan angklung yang dimainkan oleh para seniman Bandung.

15. Wayang Golek

gambar Wayang Golek
intisari.grid.id

Wayang adalah kerajinan yangsudah ada sejak zaman kerajaan. Wayang antara daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat ternyata berbeda. Jika di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah wayang dibuat dari bahan kulit sapi atau kerbau, wayang di Jawa Barat dibuat dari kayu.

Wayang di daerah Jawa berbentuk pipih. Tapi, wayang golek ini memiliki dimensi ketebalan yang dibuat semirip mungkin dengan manusia. Contoh paling terkenal dari wayang golek adalah tokoh Si Cepot yang sering mondar-mandir di televisi nasional. Wayang golek lainnya dibuat dengan perwujudan tokoh wayang dari agama Hindu.

Sentra pembuatan wayang golek di Bandung ada di Jl. H. Akbar No.10. Selain wayang, disini juga ada kesenian lain seperti permainan tradisional. Topeng, dan lain-lain. Semua kesenian khas Sunda disajikan di galeri ini.

16. Kerajinan Tangan Lembang

gambar Kerajinan Tangan Lembang
infokotabandung.com

Ingin mencari oleh-oleh dengan unsur tribal? Wisatawan bisa berkunjung ke daerah Lembang Kota Bandung. Lokasi galeri ini berada di tengah kota. Jadi, wisatawan bisa dengan mudah menjangkaunya dengan kendaraan umum atau ojek online. Apa saya yang ada di daerah Lembang ini?

Masyarakat Lembang banyak yang berprofesi sebagai pengrajin anyaman bambu. Anyaman ini dibentuk menjadi beberapa barang perabotan rumah tangga. Ada keranjang, topi, piring, dan lain sebagainya. Selain kerajinan anyaman, daerah Lembang juga terkenal dengan kerajinan keramik. Disini, wisatawan bisa membeli barang-barang yang terbuat dari keramik dengan corak unik.

17. Tempe Gila

gambar Tempe Gila
officialtempegila.blogspot.com

Camilan dengan nama yang cukup unik ini adalah makanan kekinian dengan bahan tradisional. Kata gila dalam menu ini tidak merujuk pada pembuatnya yang mengidap kegilaan. Tempe gila adalah istilah yang digunakan untuk kuliner keripik tempe, dengan tingkat kepedasan tertentu. Keripik tempe ditaburi dengan bubuk cabe dan merica, mulai dari level sedang sampai pedas.

Tempe gila banyak digandrungi oleh kalangan muda. Banyak orang yang merasa tertantang untuk bisa menghabiskan sebungkus tempe gila dengan level paling pedas. Camilan ini terdapat di banyak outlet oleh-oleh Bandung. Pastikan saat memakannya, jangan lupa menyiapkan juga air minum yang banyak. Tapi bagi penderita maag, sebaiknya jangan membeli level terpedasnya.

18. Misro

gambar Misro
parenting.orami.co.id

Misro adalah makanan tradisional khas Jawa Barat. Misro pertama kali hadir di Bandung dan menjadi kudapan yang identik dengan kalangan ekonomi menengah ke bawah. Misro terbuat dari singkong yang diparut. Pada bagian tengah singkong diisi dengan gula merah. Misro dimatangkan dengan cara digoreng.

Misro punya tekstur yang kering di bagian luar dan lembut di dalam. Ketika bagian tengah misro digigit, akan keluar karamel gula merah yang sangat manis. Citarasa manis dari gula ini menyatu dengan parutan singkong yang gurih dan sedikit asin. Di Jawa sendiri, kudapan ini disebut dengan onde-onde.

19. Combro

gambar Combro
youtube.com

Combro menggunakan bahan baku yang sama dengan misro. Combro menggunakan bahan berupa parutan singkong. Hanya saja, pada bagian tengah combro diisi dengan sambal oncom. Citarasa sambal oncom ini pedas gurih. Bumbu yang digunakan untuk membuat sambal oncom antara lain bawang putih, bawang merah, cabe rawit, dan beberapa jenis rempah-rempah.

Combro yang telah diisi dengan ambal oncom kemudian dibentuk bulat memanjang. Combro dimasak dengan cara digoreng dalam minyak panas. Combro yang matang punya warna coklat keemasan. Combro biasa disantap sebagai kudapan pengganti nasi. Jika ada orang yang malas makan nasi atau belum masuk waktunya jam makan, bisa mengonsumsi combro sebagai camilan.

Meskipun combro terbuat dari bahan yang sangat sederhana, tapi combro bisa mengenyangkan. Satu atau dua buah combro bisa membantu seseorang menjalankan program dietnya. Combro juga biasa disantap dengan kudapan lain. Combro juga sering dijadikan camilan sambil minum teh hangat di sore hari.

20. Gepuk

gambar Gepuk
anekatempatwisata.com

Sekilas, gepuk punya tampilan yang mirip dengan dendeng. Bahan utama gepuk adalah daging sapi yang diiris tipis melebar. Daging sapi ini dimasak bersama dengan bumbu halus dan rempah-rempah. Citarasa gepuk cenderung sedikit manis dan gurih. Rasa daging sapi pada gepuk yang berpadu dengan bumbu pilihan membuatnya sangat gurih.

Gepuk kini banyak dikemas dalam wadah plastik kedap udara atau botol. Banyak pusat oleh-oleh di Bandung yang menjajakan gepuk. Bisa dibilang kalau gepuk adalah lauk instan untuk disandingkan dengan nasi dan sambal. Wisatawan bisa memborong gepuk untuk dijadikan bekal perjalanan, piknik, atau lauk saat malas masak.

21. Bandros

gambar Bandros
prasmanan.com

Bandros adalah kue tradisional khas Jawa Barat, yang sudah ada sejak zaman kerajaan Islam berdiri di nusantara. Kue ini terbuat dari bahan utama berupa tepung beras, santan, daun suji, dan kepala parut. Semua bahan tersebut diaduk jadi satu. Sedangkan, daun suji harus diparut dan diperas airnya untuk memberikan warna hijau alami pada kue bandros.

Sekilas, kue bandros punya tampilan yang mirip dengan pukis. Kue bandros memang dicetak menggunakan cetakan yang sama dengan pukis. Hanya saja, kue pukis menggunakan tepung terigu, bukan tepung beras. Bagian atas bandros biasanya ditaburi dengan parutan kelapa muda.

Seiring perkembangan zaman, bandros juga tampil dengan nuansa kekinian. Kini ada bandros dengan berbagai varian taburan rasa. Misalnya ada taburan keju marut, meses, coklat bubuk, greantea, dan lain-lain. Bandros banyak dijual keliling dengan gerobak motor. Harganya cukup bersahabat dengan kantong, dan tentunya mengenyangkan.

22. Colenak

gambar Colenak
goodindonesianfood.com

Colenak konon berasal dari kata dicocol enak. Kudapan ini sudah ada sejak zaman dulu. Banyak yang percaya bahwa colenak diperkenalkan oleh Aki Murdi sekitar tahun 1930-an. Colenak sebenarnya adalah makanan yang sederhana. Bahan bakunya hanya tape singkong atau peuyeum. Tape singkong ini harus dibakar sampai permukaannya sedikit gosong.

Tape bakar kemudian disajikan di piring. Agar lebih nikmat, tape kemudian disiram dengan saos gula merah yang dicampur parutan kepala muda. Cara memakannya cukup unik, tape bakar harus dicocolkan pada saos gula merah. Saat berada di Bandung, pastikan mencoba uniknya rasa colenak ini.

Ada satu spot khusus yang menjajakan colenak di Kota Bandung yaitu di Jl. Ahmad Yani. Tempat ini adalah lokasi turun temurun, tempat Aki Murdi membuat kreasi makanan ini. Tentu saja, saat ini tempat makan colenak ini sudah dikelola oleh anak keturunan Aki Murdi. Sekarang ada juga colenak yang menggunakan variasi rasa saos nangka dan durian.

23. Tahu Bandung

gambar Tahu Bandung
id.openrice.com

Untuk tahu mentahnya sendiri, ada beberapa daerah di Bandung yang terkenal memiliki produksi tahu berkualitas. Tempat produksi tahu mentah yang paling terkenal ada di Cibuntu, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung. Produksi rumahan ini menghasilkan tahu yang tidak asam, tidak berbau, dan gurih.

Tahu Cibuntu banyak dijajakan di pasar tradisional seluruh Bandung. Tahu yang khas dari Bandung diolah menjadi makanan bernama tahu gejrot. Ada juga yang diolah menjadi tahu kupat, tahu sayur, dan lain-lain. Keunikan tahu Bandung ini adalah warna kuning alaminya yang berasal dari kunyit. Tanaman herbal ini digunakan untuk mengawetkan tahu secara alami.

24. Pevo Cake

gambar Pevo Cake
bukalapak.com

Ada satu kue kekinian yang muncul di Kota Bandung yaitu Pevo Cake. Kue kekinian ini milik artis terkenal Pevita Pearce. Toko kue ini mulai buka pada tahun 2017. Sama seperti konsep kue artis lainnya, Pevo Cake menghadirkan inovasi kue kekinian, yang diolah dari kue-kue terdahulu dengan berbaga topping unik.

Pevo Cake memiliki beberapa varian rasa. Ada rasa pisang keju, redvelvet, choco banana, chococheese, dan mintvelvet. Kue kekinian ini diklaim punya rasa yang tidak terlalu manis. Jadi konsumennya tidak akan mudah eneg saat memakan cake dari Pevo. Harga kue kekinian ini dibanderol sekitar Rp65.000 saja.

25. Makuta Cake

gambar Makuta Cake
daftarhargadelivery.blogspot.com

Satu lagi kue kekinian milik artis yang sudah lebih dulu hadir di Kota Bandung. Namanya adalah Makuta Cake. Kue kekinian ini milik artis terkenal Laudya Cintya Bella. Kue Bandung Makuta sempat viral di awal-awal pembukaan gerainya. Bahkan, antrian warga sempat mengular hanya untuk mencicipi kelezatan kue artis ini.

Bandung Makuta Cake menyediakan lima jenis kue. Ada kue rasa cokelat, keju, ekstra keju, bluberi, karamel, dan juga lemon. Harga satu kotak kue Bandung Makuta dibanderol sekitar Rp60.000 ke atas. Wisatawan yang ingin membuktikan kelezatan Bandung Makuta bisa berkunjung ke Jl. Van Deventer No.2, Kebun Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung.

26. Bandung Kunafe

gambar Bandung Kunafe
bandungkunafe.com

Apa itu Bandung Kunafe? Ternyata, Bandung Kunafe adalah gerai pusat jajanan dan oleh-oleh kekinian khas Bandung. Gerai ini dimiliki oleh dua artis tenama yaitu Irfan Hakim dan Ananda Omesh. Bandung Kunafe mulai buka pada tanggal 21 Oktober 2017.

Selain menjadi pusat jajanan kekinian, gerai Bandung Kunafe juga menyediakan cake spesial versi toko ini sendiri. Berbeda dengan konsep kue artis lain yang menggunakan layered cake, dua artis ini menghadirkan nuansa yang berbeda. Mereka menghadirkan Japanese Cheese Cake yang dikreasikan menjadi berbagai rasa.

Ada rasa cokelat, tiramisu, nutella, durian, dan lain-lain. Pengunjung yang datang diharapkan bisa mencicipi kelezatan cheese cake khas Jepang yang lumer dan gurih di mulut, tanpa harus pergi jauh-jauh ke Jepang. Konon, kue ini asal Jepang ini lebih cocok jika dinikmati dalam kondisi dingin. Jadi produk dari Bandung Kunafe selalu ada dalam freezer untuk menjaga citarasa kejunya.

27. Princess Cake

gambar Princess Cake
kaniadachlan.com

Tak mau kalah dari rekan-rekan sesama artis, Syahrini juga meluncurkan outlet kue kekiniannya di Kota Bandung. Outlet kue ini diberi nama Princess Cake. Outlet kue ini menyediakan enam varian rasa mulai dari cokelat, keju, stroberi, moka, matcha, dan juga mangga. Harga kue-kue ini dibanderol sekitar Rp75.000 per kotaknya.

Strategi marketing kue kekinian dari Syahrini ini terbilang cukup unik. Jika kue-kue lain dibuat dalam bentuk segi empat, bulat, atau roll, kue Syahrini berbentuk segitiga. Ada topping rasa di atasnya yang dioleskan merata. Sayangnya, kue kekinian milik Syahrini ini diketahui sudah tidak beroperasi lagi di tahun 2020. Sama seperti nasib kue-kue kekinian artis lainnya, padahal awalnya kue ini cukup ramai.

28. Bandung Kanaya

gambar Bandung Kanaya
pergikuliner.com

Tak bisa dipungkiri, kalau Bandung jadi kota favorit para artis ibukota mencoba peruntungan dalam bidang bisnis kue. Salah satu yang mencoba keberuntungannya adalah Bandung Kanaya. Kue ini ternyata dimiliki oleh keluarga Mama Ani atau yang lebih dikenal sebagai ibunda Raffi Ahmad. Bandung Kanaya menghadirkan kue kekinian yang sempat populer pada tahun 2017 silam.

Bandung Kanaya menghadirkan produk cake dengan rasa cokelat putih, cokelat, choco matcha, dark orange, dan milky peanut. Semua kuenya dibanderol dengan harga Rp50.000. Alamat Bandung Kanaya berada di Jl. Cihampelas No.316, Bandung. Sayangnya, pada tahun 2020 kue ini tidak beroperasi lagi.

29. Madinah Cake

gambar Madinah Cake
yayuarundina.com

Ada satu lagi kue kekinian artis yang dijajakan di Bandung, namanya adalah Madinah Cake. Outlet kue ini milik seorang pengusaha muda dan selebritis Medina Zein. Madinah Cake punya slogan menikmati cake dengan rasa yang menggelitik. Dari segi tampilan, cake disini sangat unik dan kekinian karena dilapisi dengan full topping dan cap stempel outlet.

Semua varian kue disini dibanderol dengan harga Rp65.000. Ada lima jenis kue yang dijual yaitu mango cheese, lemon cheese, chococheese, dan blueberry cheese. Dahulu, outlet Madinah Cake ada di Jl. Banda No.21 Bandung. Tapi, Madinah Cake sudah tidak beroperasi lagi di tahun 2020, karena sepinya minat pembeli.

30. Kopi Aroma

gambar Kopi Aroma
desainggris.com

Bagi wisatawan yang juga pecinta kopi, wajib hukumnya mampir ke Kopi Aroma saat berada di Kota Bandung. Kedai ini sudah berdiri sejak tahun 1930, dulu namanya adalah Koffie Fabriek. Lantaran merupakan pabrik kopi, maka tidak ada kafe seperti yang dibayangkan oleh wisatawan. Tempat ini sepenuhnya adalah kedai yang menjual berbagai macam produk kopi bubuk ataupun bijian.

Proses pengolahan kopi disini benar-benar diawasi kualitasnya. Contohnya adalah aroma kopi yang bisa keluar, karena proses pemeraman selama bertahun-tahun lamanya. Pemilik Kopi Aroma mengaku bahwa dalam menjalankan bisnisnya, ada prinsip 7M yang harus terus dijaga. Prinsip itu antara lain man, money, machine, material, market, method, dan management.

Kopi Aroma tetap menjaga citarasa kopi produksinya, dengan mempertahankan proses pengolahan tradisional. Pabrik pengolahan kopi ini bahkan masih menggunakan alat-alat kuno yang dipertahankan hingga kini. Proses sangrai kopi pun masih menggunakan kayu bakar.

31. Tas dan Sepatu Cibaduyut

gambar Tas dan Sepatu Cibaduyut
dowisata.com

Siapa yang tak kenal dengan wilayah Cibaduyut di Bandung? Daerah ini dikenal dengan kerajinan tas dan sepatu kulitnya yang sudah mendunia. Tas dan sepatu disini dibuat dari kulit asli. Kerajinan khas Cibaduyut bahkan sudah diekspor ke berbagai negara. Konsumen pun bisa memesan tas atau sepatu sesuai desain yang mereka inginkan.

Ada banyak oleh-oleh khas Bandung yang siap untuk diborong. Kebanyakan oleh-oleh dari Kota Kembang ini memang berupa makanan atau minuman. Tapi ada juga oleh-oleh yang awet berupa cinderamata kerajinan tangan, tas, sepatu kulit, hingga kerajinan angklung yang dijamin tak ada di tempat lain.


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/travmin/apps/wstpro/public/wp-content/themes/Newsmag/includes/wp_booster/td_block.php on line 352

LEAVE A REPLY