Oleh-Oleh Khas Bali

Bali adalah pulau dengan sejuta pesona. Keindahan alam, pantai, dan budaya masyarakat Bali menjadi magnet utama pariwisata di pulau ini. Tak heran, keunikan dan keindahan alam Bali tersohor sampai ke mancanegara. Pulau yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa ini juga dianugerahi dengan kekayaan alam yang melimpah.

Saat berkunjung ke Bali, sebagian wisatawan akan mencari oleh-oleh yang khas. Salah satu yang paling terkenal adalah kaos Joger. Tapi Bali bukan hanya rumah bagi kaos Joger saja, ada bermacam-macam buah tangan lain, mulai dari makanan, minuman, hingga kerajinan seni yang layak untuk dibawa pulang.

1. Pia Kukus Madea

gambar Pia Kukus Madea
bukalapak.com

Sekilas tampilan pia kukus ini mirip dengan bakpao, tapi tekstur dan juga isiannya dijamin berbeda. Pia Kukus Made adalah pioner oleh-oleh pia di Bali. Pia kukus ini ada tiga jenis rasa yaitu kacang hijau, coklat, dan juga keju. Pabriknya berada di Jl. Kapten Agung 2, Dangin Putri, Kota Denpasar. Pia ini juga tersedia di berbagai macam sentra oleh-oleh di seluruh penjuru Bali.

Pia kukus dari Made ini punya ciri khas kulit yang terdiri dari dua warna. Wisatawan bisa membeli pia dengan warna kulit original yaitu putih kekuningan. Ada juga variasi warna coklat kehitaman. Tapi, masing-masing kulit memiliki tiga jenis isian yang bisa dipilih. Harga pia kukus lumayan terjangkau. Makanan ini bisa diborong sebagai oleh-oleh untuk anggota keluarga di rumah.

2. Pie Susu

gambar Pie Susu
productnation.co

Pie susu adalah kudapan manis yang sudah sangat terkenal. Setiap kali ada yang menyebutkan olahan pie susu, pasti akan langsung teringat dengan Pulau Bali. Pie susu menjadi oleh-oleh terlaris di Bali pada tahun 2019. Ada dua merek pie susu yang disarankan, yaitu Pie Susu Enaaak dan Dhian Milk Pie. Keduanya punya cita rasa yang nikmat, gurih, manis, dan lembut.

Pie terbuat dari kulit pastry yang berbentuk mangkok. Kulitnya punya tekstur yang renyah dan gurih. Pada bagian tengah kulit pia diisi dengan adonan yang terbuat dari susu kental manis dan krim. Pia susu pasti jadi oleh-oleh yang banyak disukai oleh anak-anak dan kalangan muda.

Rasa pie susu khas Bali memang sudah sangat digemari oleh kalangan wisatawan. Meskipun harga pie susu ini terbilang lumayan mahal, tapi tidak akan ada satu orangpun yang kecewa dengan cita rasanya. Wisatawan yang ingin memborong pie susu juga harus hati-hati saat membawanya, karena kulit pastry terlalu renyah dan gampang patah kalau terbentur benda keras.

3. Kacang Disco Bali

gambar Kacang Disco Bali
ksmtour.com

Di Pulau Jawa ada camilan yang bernama kacang atom. Kacang tanah diselimuti dengan adonan tepung dan telur, kemudian digoreng dan dibentuknya bulat sempurna. Di Bali ada camilan yang mirip, hanya saja yang membedakan adalah bentuknya yang tidak beraturan. Itulah mengapa kacang ini disebut dengan istilah disko.

Kacang disko dibuat dari kacang tanah yang dicampur dengan tepung, telur, dan bumbu. Ada beberapa varian rasa seperti pedas manis, keju, ayam betutu, rendang, super pedas, dan lain-lain. Kacang disko dikemas dalam plastik ukuran 250 gram. Kacang ini sangat cocok dijadikan teman lembur dan juga bekerja.

4. Kacang Koro Bali

gambar Kacang Koro Bali
dolandolen.com

Kacang koro punya  bentuk pipih besar berwarna putih. Kacang koro yang belum dikupas punya kulit yang sangat besar berwarna cokelat gelap. Namun, kacang koro Bali hadir dengan tampilan yang sudah bersih, hanya tinggal isinya saja. Kacang koro digoreng kering sampai kriuk dengan dibumbui garam saja. Ada juga kacang koro dengan varian rasa balado, pedas manis, dan lain-lain.

Sebenarnya, kacang koro juga jadi camilan di beberapa daerah di Indonesia. Tapi, camilan kacang koro dari Bali punya tampilan dan rasa yang dijamin membuat ketagihan. Wisatawan tidak boleh hanya membeli satu bungkus kacang saja, karena rasanya dijamin membuat ketagihan. Apalagi, jika ada banyak anggota keluarga di rumah.

5. Pia Legong

gambar Pia Legong
bukalapak.com

Pia legong adalah pia yang eksklusif di Bali. Pia legong terus menjaga kualitas dengan menjual kue yang jumlahnya terbatas. Penjual hanya akan menjual kue pia yang diproduksi hari itu juga. Ciri khas pia legong adalah kotak kardusnya, yang dihiasi dengan gambar wanita Bali sedang menari tarian tradisional Legong.

Pia Legong terkenal dengan cita rasanya yang manis, gurih, dan legit. Pia Legong punya varian rasa kacang hijau, cokelat, dan juga keju. Lantaran diproduksi dalam jumlah yang terbatas, tak heran banyak wisatawan yang rela antre demi mendapatkan pia ini. Wisatawan bisa mencicipi dan membawa Pia Legong menjadi kebanggaan tersendiri.

6. Brem dan Arak Bali Dewi Sri

gambar Brem dan Arak Bali Dewi Sri
tokopedia.com

Madiun punya brem yang berasal dari tape beras dibentuk menjadi lempengan-lempengan tipis. Tapi, di Bali brem memiliki bentuk yang sangat berbeda dengan brem Madiun. Brem adalah minuman beralkohol khas Bali, yang berasal dari fermentasi beras ketan putih dan ketan hitam. Kadar alkohol dalam brem dan arak bali cukup tinggi dan bersifat memabukkan.

Minuman alkohol tradisional ini digunakan oleh masyarakat dalam ritual keagamaan Hindu Bali. Tempat yang paling tepat untuk membeli oleh-oleh ini ada di The Keranjang di Jl. Raya Kuta No.70-72. Produk ini juga ada di Krisna Bali dan Dewi Sri. Tapi, oleh-oleh satu ini tidak boleh dibeli oleh masyarakat Muslim, karena memang merupakan minuman beralkohol yang haram hukumnya.

7. Kacang Asin Rahayu

gambar Kacang Asin Rahayu
m.bukalapak.com

Kacang asin memang menjadi salah satu camilan yang disukai masyarakat Indonesia. Salah satu yang paling terkenal di Bali adalah Kacang Asin Rahayu. Berbeda dengan di tempat lain dimana kacang dikupas dan dibumbui dengan bawang dan garam, kacang asin ini masih lengkap dengan kulit arinya.

Kacang ini dibuat dengan proses pengovenan, sehingga membuat tampilannya sedikti keriput. Kacang asin punya cita rasa yang gurih. Wisatawan harus membeli kacang asin dalam jumlah banyak. Ha itu karena dijamin keluarga di rumah akan terus ketagihan untuk menyantap camilan ini.

8. Kerupuk Kulit Babi

gambar Kerupuk Kulit Babi
kintamani.id

Kerupuk kulit di Jawa sering disebut rambak dan berbahan dasar kulit sapi atau kerbau. Tapi di Bali ada kerupuk kulit, yang bahan bakunya adalah kulit babi. Warna kerupuk ini cokelat cerah, lebih cerah dibanding dengan kulit sapi. Kerupuk ini cocok dijadikan camilan keluarga sambil menonton TV. Ada juga yang suka menjadikan kerupuk kulit babi sebagai teman makan nasi dan lauk.

Tapi, bagi wisatawan Muslim tidak diperkenankan untuk membeli kerupuk kulit babi, karena memang segala hal yang mengandung babi dalam Islam diharamkan. Jadi, jangan sampai wisatawan Muslim lengah dan tidak membaca label makanan yang akan dibelinya sebagai buah tangan.

9. Keripik Ceker

gambar Keripik Ceker
cocoonline.co.id

Lantaran kerupuk kulit babi tidak bisa dibeli oleh umat Muslim, sebaiknya wisatawan menggantinya dengan camilan lain yang juga bertekstur krispi, salah satu opsinya adalah keripik ceker. Bahan dasarnya adalah ceker ayam yang dibumbui dengan tepung dan rempah-rempah. Camilan ini kaya akan kandungan protein, serat, kalsium, dan juga mineral yang  baik untuk tubuh.

Bagi sebagian orang yang tidak suka dengan ceker, mungkin keripik ini terasa sedikit aneh. Bagian ceker yang digunakan adalah jari-jarinya. Meskipun begitu, keripik ceker ini punya penggemar sendiri yang rela mencarinya ke pelosok Bali. Keripik ceker paling pas dinikmati bersama dengan sambal cabe rawit pedas dan es teh yang menyegarkan.

10. Kopi Kintamani

gambar Kopi Kintamani
kintamani.id

Dataran tinggi Kintamani sangat terkenal dengan keindahan alam dan juga kesuburan tanahnya. Di daerah ini, terdapat komoditas unggulan yaitu kopi. Pecinta kopi dalam dan luar negeri selalu mencari buah tangan berupa kopi Kintamani yang berjenis arabica. Kopi dijual dalam bentuk bijian sangrai dan juga bubuk.

Kopi Kintamani dikemas dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran kecil sampai ukuran satu kilogram. Kopi Kintamani sangat digemari oleh wisatawan luar negeri. Mereka banyak memborong kopi Kintamani, karena akan dikoleksi di negerinya sendiri. Pecinta kopi memang punya ketertarikan besar untuk mengoleksi berbagai jenis kopi dari seluruh dunia yang mereka kumpulkan sambil travelling.

11. Kaos Barong

gambar Kaos Barong
bukalapak.com

Masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan tari barong yang sering dipentaskan di Bali. Para pria penari barong biasa menggunakan topeng saat pertunjukan. Tapi, rasanya membawa pulang topeng barong sedikit menakutkan, karena itu, sebaiknya wisatawan membeli kaos barong saja sebagai oleh-oleh.

Kaos barong punya corak yang khas. Dahulu kaos ini punya corak stripes merah-putih dengan gambar topeng barong di bagian depannya. Kini, kaos barong sudah semakin bervariasi, ada yang dibuat dari kaos polos warna hitam dengan sablon ukiran, atau batik khas Bali berwarna emas.

12. Kebaya Bali

gambar Kebaya Bali
waynekakashi.blogspot.com

Berkunjung ke Bali pasti akrab dengan pemandangan wanita Bali mengenakan kebaya. Mereka memang terbiasa mengenakan kebaya tradisional saat akan beribadah di pura, sekolah, sampai bekerja. Kebaya Bali terus lestari sampai kini, karena masyarakatnya cinta pada pakaian tradisional ini. Kebaya Bali identik terbuat dari bahan kain tile beraneka warna cerah.

Kebaya Bali banyak dijual di pasar-pasar tradisional. Harganya juga cukup bersahabat. Kebaya Bali punya ciri khas terbuka di bagian pundak, lengan pendek atau panjang, dan harus dipadukan dengan selendang bercorak kontras dengan kebaya. Kebaya ini bisa dipadukan dengan rok batik.

13. Udeng

gambar Udeng
helloindonesia.id

Wisatawan pria di Bali bisa membeli kenang-kenangan berupa udeng. Ikat kepala tradisional khas Bali ini sering digunakan oleh masyarakat lokal, saat akan beribadah sampai berkegiatan sehari-hari. Udeng terbuat dari kain batik Bali. Biasanya, udeng untuk masyarakat biasa dibuat dengan warna gelap seperti cokelat tua.

Udeng bisa ditemukan di pasar tradisional Bali. Udeng bisa didapatkan pada pedagang pakaian tradisional bersama dengan kebaya, jarit bali, dan juga perlengkapan lainnya. Harga udeng lumayan terjangkau. Udeng juga bisa dihadiahkan kepada ayah atau saudara laki-laki di rumah.

14. Tas Rotan

gambar Tas Rotan
prelo.co.id

Jangan melulu menyukai item fashion luar negeri. Ada item fashion dalam negeri yang juga tak kalah berkualitas, contohnya adalah tas rotan dari Bali. Tas ini dibuat dari anyaman rotan dan dihiasi dengan ornamen-ornamen unik. Gaya vintage pada tas rotan ini menjadi daya pikat utama para turis mancanegara untuk membelinya sebagai kenang-kenangan.

Tas rotan bisa ditemukan di Pasar Ubud Bali. Harganya memang lumayan mahal, karena proses pembuatannya sangat rumit. Bahannya juga harus dicari dari dalam hutan dalam jumlah yang terbatas. Tapi mengenakan tas rotan Bali, bisa memberikan kebanggaan sendiri dan wujud rasa cinta terhadap produk dalam negeri.

15. Mukena Bali

gambar Mukena Bali
shopee.co.id

Ada satu pakaian ibadah yang sangat dibutuhkan oleh Muslimah, yaitu mukena. Sayangnya, banyak mukena yang dibuat dari bahan panas dan tidak mudah menyerap keringat. Jika ingin beribadah lebih nyaman, wisatawan bisa mengenakan mukena Bali. Mukena ini dibuat dari bahan katun bali yang terkenal dingin dan menyerap keringat.

Bahannya sama dengan sarung Bali. Mukena Bali tersedia berbagai macam warna dan juga corak. Harganya pun cukup terjangkau. Mukena Bali bisa ditemukan di banyak pasar tradisional. Kalau tidak ingin berbelanja di pasar, wisatawan bisa berkunjung ke Sentra Mukena Bali. Banyak juga wisawatan yang memborong mukena Bali untuk dijual kembali.

Bahkan, mukena Bali sudah banyak dipasarkan secara online. Ketenaran mukena Bali semakin meningkat saat musim bulan Ramadan, karena banyak umat Muslim yang membeli mukena baru untuk digunakan saat sholat taraweh.

16. Kain Pantai Bali

gambar Kain Pantai Bali
dolandolen.com

Oleh-oleh yang paling ikonik dan banyak diminati adalah kain pantai Bali. Ada juga yang menyebutnya sebagai sarung Bali. Kain ini berukuran 10 x 110 cm. Bahannya terbuat dari kain katun dingin dan nyaman. Kain pantai Bali dibuat dengan corak yang unik. Banyak yang dibuat dalam corak bunga, hewan, dan abstrak. Warna kain mencolok seperti warna merah, hijau, biru, kuning, dan lain-lain.

17. Joger

gambar Joger
baligatesofheaven.blogspot.com

Joger adalah sentra industri kaos yang paling terkenal di Bali. Siapa yang tak kenal dengan Joger yang punya slogan sebagai pabrik kata-kata? Memang, kaos Joger cukup unik, karena selalu menyuguhkan sablonan kata-kata. Kadang kala, kalimat yang dituliskan sulit dimengerti oleh sang pembeli.

Selain kaos, Joger juga sudah merambah ke berbagai item fashion dan pernak-pernik lainnya. Misalnya ada sandal, topi, tas, jaket, gantungan kunci, kalung, dan lain-lain. Pabrik Joger ada di daerah Kuta Bali. Tapi produk Joger bisa didapatkan dengan mudah di berbagai sentra oleh-oleh khas Bali.

18. Batik Bali

gambar Batik Bali
bsd.city

Bukan hanya Pulau Jawa yang punya batik, Pulau Bali ternyata juga punya batik khusus yang unik. Batik Bali punya corak khas seperti barong, hiasan ukiran di pura, dan lain-lain. Para wisatawan bisa membeli kain batik utuh. Wisatawan juga bisa membeli baju batik, rok, celana, selendang, dan sebagainya.

Harga batik Bali cukup beragam, kalau mau batik dengan harga yang lebih murah, wisatawan bisa mencarinya di pasar tradisional. Jika ingin batik yang lebih eksklusif, wisatawan bisa mengunjungi sentra batik tulis khas Bali, tapi harus mengeluarkan uang yang lebih banyak.

19. Kerajinan Pahat Kayu

gambar Kerajinan Pahat Kayu
prelo.co.id

Tanah Bali dikenal dengan orang-orangnya yang punya jiwa seni tinggi. Apapun yang ada di tangan seniman Bali bisa berubah menjadi karya seni nan eksotis. Salah satu seni yang tekenal adalah pahat kayu. Seniman pahat di Bali punya kemampuan memahat di atas rata-rata. Produk mereka terdiri dari patung makhluk hidup, dewa-dewi Hindu, dan lain-lain.

Hasil pahatan seniman Bali ini terlihat sangat nyata. Hasil finishing kayu yang dipahat juga sangat detail dan halus. Tak heran, jika kerajinan pahat kayu dari Bali sudah diekspor ke berbagai belahan dunia. Jika ingin mencari oleh-oleh pahatan, pastikan membeli barang yang ukurannya kecil dan muat dalam koper. Jika tidak, wisatawan bisa kesulitan saat di Bandara.

20. Gamelan Mini

gambar Gamelan Mini
pinterest.com

Gamelan adalah alat musik pengiring yang digunakan untuk mengiringi tarian tradisional hingga upacara adat Bali. Sebenarnya, gamelan juga ada di Jawa dan memang sudah diakui sebagai alat musik asli Indonesia. Seniman Bali kemudian berkreasi membuat gamelan mini yang bisa dibeli oleh wisatawan.

Ukuran gamelan ini sekitar 10 x 30 cm saja panjangnya. Tapi, gamelan mini ini dibuat dengan detail yang sangat mengagumkan. Jangan salah sangka, gamelan mini bukan hanya bisa dijadikan pajangan rumah, tapi gamelan mini juga bisa dimainkan dan mampu menghasilkan nada yang merdu dan indah.

21. Kerajinan Batok Kelapa

gambar Kerajinan Batok Kelapa
kerajinanindonesia.id

Sebagai negara dengan iklim tropis, Indonesia memang kaya akan tanaman kelapa. Tak terkecuali di Bali yang menjadi rumah bagi sejuta pohon kelapa. Masyarakat Bali kemudian memanfaatkan batok kelapanya sebagai karya seni yang bernilai jual tinggi.

Di Pulau Bali, batok kelapa dihias dengan cara dilukis tangan. Batok kelapa kemudian dilapisi dengan cat pernis. Batok kelapa berubah menjadi vas yang sangat unik. Banyak wisatawan mancanegara yang menyukai kerajinan batok kelapa asal Bali. Jika ingin mendapatkan kerajinan ukiran batok kelapa yang bagus, bisa berkunjung ke Gianyar Bali.

21. Kotak Pandora & Mainan Puzzle

gambar Kotak Pandora & Mainan Puzzle
shopee.co.id

Kerajinan ini cocok dijadikan oleh-oleh untuk keponakan atau saudara yang masih kecil. Kotak pandora bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam barang. Sedangkan, puzzle kayunya bisa digunakan sebaga permainan yang mengasah kecerdasan otak anak. Dua jenis benda ini dibuat dari kayu pinus dengan karakter yang unik dan lucu.

22. Topeng Ukir Bali

gambar Topeng Ukir Bali
kompasiana.com

Bali memang dikenal dengan tarian yang menggunakan topeng. Selain topeng barong, ada banyak jenis karakter lainnya yang dijadikan sebagai topeng. Berkunjung ke Bali tanpa membeli topeng khasnya terasa kurang menarik. Topeng yang terbuat dari kayu diukir ini bisa dijadikan pajangan dinding di rumah.

Topeng Bali dibuat oleh seniman yang punya jam terbang tinggi. Awalnya, kayu gelondongan dibelah jadi dua bagian, kemudian kayu dipotong dengan ukuran yang pas sesuai besar topeng yang diinginkan. Setelah itu, topeng masih harus menjalani proses penghalusan dengan manual, kemudian kayu akan diukir sesuai dengan karakter yang diinginkan oleh seniman.

Bagi masyarakat yang tidak dekat dengan dunia seni, memang karakter yang ada di topeng Bali terlihat menyeramkan. Banyak karakter topeng yang menggambarkan sosok antagonis, seperti calonarang yang punya mata menonjol, buruk rupa, dan bertaring. Tapi, semua karakter dalam topeng Bali punya nilai filosofisnya sendiri.

23. Gelang Handmade

gambar Gelang Handmade
id.carousell.com

Ada satu kerajinan unik yang cocok dikenakan baik kaum pria atau wanita yaitu gelang. Uniknya, gelang ini dibuat dengan tangan pengrajin. Gelang handmade banyak diminati oleh wisatawan untuk dikenakan setelah pulang dari Bali. Ada beberapa macam gelang khas Bali seperti:

1. Gelang Tridatu

Gelang ini yang terdiri dari tiga warna berbeda yaitu hitam, merah, dan putih. Warna pada gelang ini diambil dari tiga dewa, yang dipercaya oleh umat Hindu Bali, yaitu merah untuk Brahma, hitam untuk Wisnu, dan putih untuk Siwa. Dahulu, gelang ini dipakai penduduk lokal agar mereka selalu ingat dengan Tuhan Sang Pencipta. Kini, gelang tridatu bisa dipakai oleh siapapun.

2. Gelang Manik-Manik

Gelnag ini yang terbuat dari kombinasi manik kayu dan karet. Gelang ini paling cocok dijadikan aksesoris kaum hawa karena bentuk dan warnanya yang cantik.

3. Gelang Rasta

Gelang yang satu ini terbuat dari lilitan kain warna hitam, merah, hijau, dan kuning. Gelang ini banyak dijual di pusat oleh-oleh dan diminati oleh kaum rastafari.

4. Gelang Kayu

Jenis yang satu ini berasal dari limbah kayu yang dibentuk menjadi bulatan atau silinder. Ada kayu pinus, jati, hingga bambu yang digunakan sebagai bahannya. Gelang ini biasanya berwarna hitam atau kuning kecoklatan. Gelang ini cocok dibeli oleh wisatawan yang suka nuansa vintage atau tribal.

5. Gelang Tulang

Gelang ini biasanya terbuat dari tulang sapi. Sebelumnya, tulang sapi dibentuk menjadi manik-manik bulat. Manik-manik tulang ini kemudian diwarnai dan dirangkai pada tali gelang. Lantaran terbuat dari tulang sapi, gelang ini bisa juga dipakai oleh kaum Muslim.

24. Salak Bali

gambar Salak Bali
faktaluarbiasa.blogspot.com

Pulau Bali juga menjadi surganya bagi pertumbuhan buah salak. Para petani di Bali membudidayakan salak Bali yang punya rasa unik. Salak Bali ada dua jenis yaitu salak biasa dan salak gula pasir. Salak biasa cenderung punya rasa yang asam, daging buah tebal, dan ukurannya kecil.

Salak gula pasir punya tekstur yang lebih lembut, rasanya manis, daging buah yang lebih tipis, dan ukurannya lumayan besar. Salak Bali bisa didapatkan di pasar tradisional. Apalagi saat musim panen, salak bisa didapatkan dengan harga yang murah sekitar Rp20.000 saja. Tapi saat tidak musim salak, harganya bisa melonjak tajam sampai angka Rp90.000.

25. Kerajinan Manik-Manik

gambar Kerajinan Manik-Manik
cimotdev.wordpress.com

Manik-manik di Bali bisa dibuat dari berbagai bahan. Ada yang menggunakan limbah kayu, bambu, tulang, hingga plastik. manik-manik dibuat dengan aneka macam bentuk. Biasanya, manik-manik ini kemudian dirangkai menjadi perhiasan dan juga kerajinan tangan. Ada kalung, gelang, cincin, tas, topi, bros, dan lain-lain.

26. Kerajinan Perak Celuk Bali

gambar Kerajinan Perak Celuk Bali
bisnisukm.com

Jika wisatawan ingin memiliki cinderamata yang terlihat mewah, bisa berkunjung ke sentra industri perak di Bali. Wisatawan bisa berkunjung ke Desa Celuk yang sudah menjadi pusat kerajinan perak sejak tahun 1976. Ada banyak kesenian perak yang dijual di Desa Celuk, misalnya kalung, bros, anting-anting, cincin, dan lain sebagainya.

Jika ingin membuat perhiasan perak yang tak ada duanya, wisawatan bisa memesan di Chez Monique Jewelry. Sentra pembuatan perhiasan perak ini, bisa melayani pesanan konsumen dengan membuat kalung, gelang, atau cincin sesuai desain yang mereka inginkan. Meskipun harganya lebih murah daripada emas, tapi perhiasan perak tidak akan berkarat dan bisa dijual kembali.

27. Bali Home Spa

gambar Bali Home Spa
titispa.blogspot.com

Wisatawan wanita pasti sangat senang dan merasa dimanjakan, saat berkunjung ke Bali Home Spa. Tempat ini menyediakan produk lulur spa khas Bali yang terkenal memiliki aroma unik dan menenangkan. Bali Home Spa menawarkan produk mulai dari lulur, minyak pijat, body scrub, body butter, sampai shampo dengan nuansa alam Bali.

Semua produknya menggunakan bahan-bahan herbal rempah yang ada di Bali. Misalnya lulur mandi dengan aroma cengkeh, kayu manis, kamboja, boreh, dan lain sebagainya. Produk Bali Spa bisa diborong untuk dijadikan bekal memanjakan diri di rumah, setelah lelah berkeliling dan berwisata di Bali. Semua produknya juga dikenal bagus untuk menjaga kelembaban dan elastisitas kulit.

28. Kacang Matahari

gambar Kacang Matahari
shopee.co.id

Kacang matahari disebut dengan kacang bawang di Jawa. Kacang yang sudah dikupas kulit arinya ini digoreng dalam minyak panas bersama bumbu bawang putih, ketumbar, dan garam. Kacang matahari punya cita rasa yang renyah dan gurih. Kacang Matahari banyak dijual di sentra oleh-oleh Bali. Harganya pun cukup terjangkau dan isinya banyak.

29. Kaos Jangkrik Bali

gambar Kaos Jangkrik Bali
bukalapak.com

Selain kaos joger dan kaos barong, Pulau Bali juga punya kaos yang cukup unik, namanya adalah kaos Jangkrik. Kaos ini didesain dengan gambar dan tulisan yang lucu-lucu. Ada banyak tulisan di kaos Jangkrik yang lucu dan mengandung pesan moral. Terlebih, bahan kaos yang digunakan berkualitas tinggi dan terbuat dari kain katun yang adem dan mudah menyerap keringat.

30. Sandal Etnik Bali

gambar Sandal Etnik Bali
suvenirbali-cantik.blogspot.com

Mau oleh-oleh tahan lama lainnya? Mengapa tak coba membeli sandal etnik khas Bali? Sandal ini dijamin awet karena dibuat oleh seniman manual dengan tangan. Alas sandal  ini terbuat dari sol kayu atau karet. Satu ciri khas sandal etnik Pulau Dewata ini adalah adanya payet manik-manik aneka warna dan corak di bagian tali sandalnya.

Sandal etnik kini bukan hanya dibuat dalam model flat. Kini, sudah ada sandal etnik yang dibuat model wedges hingga high-heels. Harga sandal etnik Bali terbilang cukup murah. Wisatawan pun bisa dengan mudah menemukannya di pasar tradisional Bali.

31. Lukisan

gambar Lukisan
tokopedia.com

Dunai seni Bali memang seakan tak ada matinya. Seniman bukan hanya menuangkan ide-ide briliannya dalam patung, pahatan, dan ukiran saja. Ada juga seniman yang berkecimpung dalam dunia seni lukis. Bahkan, lukisan para seniman Bali sangat diminati di luar negeri.

Ada banyak aliran lukisan yang dijual di Bali. Ada seniman yang menjual karya seni realistis, abstrak, hingga surealisme, semuanya punya pasar potensialnya sendiri. Karya seni ini biasa dijual dengan harga mahal, apalagi jika lukisan dibuat oleh seniman terkenal.

Kalau ingin mendapatkan lukisan yang bagus tapi harganya lumayan murah, wisatawan bisa berkunjung ke pusat oleh-oleh khas Bali. Di tempat tersebut, biasanya ada lukisan yang dipajang untuk dijual dengan kisaran harga mulai dari Rp200.0000-Rp300.000 saja. Tapi, wisatawan juga harus sadar bahwa lukisan dengan harga terjangkau pasti diproduksi dalam jumlah yang banyak.

32. Sarung Bali

gambar Sarung Bali
bukalapak.com

Sarung Bali bisa juga disebut dengan kain pantai. Tapi, ada juga yang menyebut sarung Bali benar-benar sarung yang dikenakan oleh kaum pria asli Bali. Bagi masyarakat luar Bali, memang pakaian bawahan yang dipakai oleh kaum pria untuk upacara keagamaan, terlihat seperti sarung, walaupun sebenarnya namanya beda.

Sarung Bali bisa dengan mudah didapatkan di pasar tradisional dan pusat oleh-oleh. Jika wisatawan punya kemampuan menawar yang bagus, tak ada salahnya membeli sarung Bali di pasar tradisional, agar bisa mendapatkan harga yang lebh murah. Apalagi, jika mereka ingin membeli sarung Bali dalam jumlah banyak untuk teman dan kerabat di rumah.

Buah tangan dari Pulau Dewata memang sangat banyak, mulai dari kuliner sampai dengan cendera mata. Bagi wisatawan yang punya budget terbatas, maka harus membuat daftar belanjaan dulu sebelum berkunjung ke pusat oleh-oleh, agar jangan sampai khilaf mata dan akhirnya kehabisan uang, hanya untuk membeli semua oleh-oleh yang kelihatan menarik.

LEAVE A REPLY