Makanan Khas Thailand

Thailand menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang begitu populer di kalangan wisatawan Indonesia. Thailand juga menjadi salah satu negara dengan biaya liburan yang cukup terjangkau. Tak heran, tiap tahun banyak sekali wisatawan dari Indonesia yang berkunjung ke negeri gajah putih ini. 

Selain menyuguhkan keindahan alam dan budayanya, Thailand juga punya segudang makanan yang khas dan bercita rasa unik. Para traveller dari seluruh dunia, bahkan rela meluangkan waktunya untuk mencoba semua makanan khas Thailand ini. Ada makanan yang cukup familiar dengan keseharian wisatawan, tapi ada juga makanan yang cukup ekstrim dan unik. 

1. Tom Yam

makanan khas thailand gambar Tom Yam
pituluik.com

Tom yam adalah makanan khas Thailand yang paling terkenal dan mudah sekali ditemukan. Kelezatan makanan ini bahkan sudah mendunia, dan banyak juga dijajakan di luar negeri. Tom yam adalah kuliner sejenis sup yang berisi aneka hidangan laut. Biasanya, masyarakat Thailand menggunakan bahan berupa ikan, udang, kerang, dan lain sebagainya. 

Kuah tom yam biasanya berwarna kuning segar. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kuah tom yam antara lain ada bawang putih, cabe merah besar, lengkuas, serai, daun jeruk, jahe, kecap asin, dan jeruk nipis. Kuah tom yam terasa begitu unik, karena ada tiga perpaduan yaitu pedas, gurih, dan asam. Kuahnya jadi terasa segar dan membuat seafood di dalamnya jadi tidak amis lagi. 

Tom yam banyak sekali dijajakan di Thailand. Mulai dari warung kaki lima pinggir jalanan Thailand, hingga di restoran mewah sudah ada menu ini. Bahkan, jika belum sempat pergi berkunjung ke Thailand, pecinta kuliner bisa mencicipi tom yam di beberapa restoran Thailand di Indonesia. 

2. Pad Thai

gambar makanan khas thailand Pad Thai
thammachartseafood.com

Satu-satunya makanan yang menyelipkan kata “Thai” adalah pad thai atau bisa juga dieja pat tthai. Makanan ini memang diciptakan untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap makanan lokal mereka. Selain itu, pad thai juga diciptakan untuk menekan konsumsi beras sebagai makanan pokok masyarakat Thailand. 

Tapi sebenarnya, pad thai juga terbuat dari beras. Hanya saja, beras diolah menjadi mie yang bentuknya seperti kwetiau. Mie ini berbentuk pipih, agak tebal, dan warnanya putih pucat. Tapi proporsi penggunaan mie pipih cukup sedikit. Pad thai masih diberi dengan tambahan bahan lain seperti tauge, kucai, daging sapi, udang, atau ikan. 

3. Som Tam

gambar makanan khas thailand Som Tam
kuliner.ilmci.com

Ternyata, Thailand punya salad khasnya sendiri. Salad ini bernama som tam dan berasal dari Provinsi Isaan di tepi timur Thailand. Som tam terbuat dari bahan utama berupa pepaya. Cara pembuatan som tam ini sebenarnya cukup mudah. Bumbunya pun sangat mudah didapatkan. 

Awalnya, buah pepaya diiris tipis, kemudian ditambah dengan bawang putih, cabe merah, dan juga tomat. Semua bahan itu kemudian dihaluskan. Biasanya, masyarakat Thailand menggunakan penumbuk atau biasa disebut dengan lumpang, untuk menghaluskan semua bahan tersebut. Saat sudah halus, bahan ini dicampur dengan sayuran segar. 

4. Mango Sticky Rice

gambar makanan khas thailand Mango Sticky Rice
heytheresia.com

Mango sticky rice adalah makanan yang terkenal dan banyak sekali diminati oleh kalangan muda. Mango sticky rice atau sebenarnya adalah ketan mangga adalah sajian penutup yang kekinian dan modern. Biasanya, menu ini bisa didapatkan di restoran mewah yang menyajikan menu fine dining. Tapi ada juga restoran yang menjual menu ini dengan harga terjangkau. 

Sebenarnya, ketan mangga sangat mudah dibuat sendiri di rumah. Bahan yang diperlukan hanya beras ketan, air, garam, daun pandan, santal, gula, dan mangga masak. Beras ketan dimasak bersama dengan air, garam, dan daun pandan sampai matang. Ketan kemudian disajikan dengan topping mangga masak dan disiram kuah santan manis. 

5. Khao Tom

gambar makanan khas thailand khao tom
commons.wikimedia.org

Ternyata, Thailand juga punya bubur versi mereka sendiri. Bubur ini diberi nama khao tom. Bubur terbuat dari beras yang direbus dengan banyak sekali air. Untuk menambah gizi, masyarakat biasa menambahkan aneka protein seperti daging, ayam, atau seafood. 

Salah satu hal penting bagi traveller yang ingin mencoba khao tom adalah daging yang dicampurkan. Hal itu karena tidak semua isian dagingnya halal. Penyebutannya pun berbeda, tergantung dengan jenis daging yang dimasukkan. Contohnya khao tom moo yang menggunakan daging babi. Khao tom pla adalah bubur bercampur ikan/seafood. 

6. Gai Yang

gambar makanan khas thailand Gai Yang
eatingthaifood.com

Bagi para traveller yang ingin makan besar dalam porsi banyak, bisa mencoba gai yang. Makanan ini terbuat dari ayam utuh yang dibakar. Sebenarnya, ada makanan yang mirip dengan gai yang di Indonesia. Masyarakat Jawa biasa menyebutnya dengan ayam ingkung. Tapi tentu saja, komposisi bahan yang dipakai berbeda. 

Gai yang adalah menu khas dari daerah Chiang Mai. Ayam utuh yang sudah dibersihkan kemudian dilumuri dengan bumbu. Ayam kemudian dibakar di atas bara api sampai matang. Gai yang biasa disajikan di piring lebar dan dipotong kasar agar lebih mudah diambil. Gai yang biasanya juga disajikan bersama dengan salad khas Thailand yang segar dan bercita rasa asam. 

7. Kaeng Phet

gambar makanan khas thailand Khaeng Phet
id.wikipedia.org

Ternyata, Thailand juga punya menu kari sendiri. Masyarakat biasa menyebut menu kari ini dengan sebutan kaeng phet. Menu ini juga bisa disebut dengan kari pedas dengan kuah merah. Bahan utama untuk membuat kari pedas ini adalah daging ayam, sapi, atau babi. Bumbu yang digunakan seperti terasi, ketumbar, lengkuas, jintan, merica, bawang merah, bawang putih, dan kulit jeruk purut. 

Semua bumbu tadi harus dihaluskan lebih dulu, kemudian semua bumbu dimasak bersama dengan kuah santan. Kaeng phet selain memakai daging juga dilengkapi dengan aneka sayuran. Masyarakat Thailand biasanya menggunakan terong, rebung, labu, blewah, sosis, atau tahu sebagai bahan pelengkapnya. 

8. Kalamae

gambar makanan khas thailand Kalamae
redwoodbethesda.com

Kalamae adalah salah satu camilan sehat yang berasal dari Thailand. Kalamae hampir mirip dengan dodol di Indonesia. Bahannya yang digunakan pun sangat mirip. Masyarakat Thailand menggunakan tepung ketan, gula, dan juga santan. Ketiga bahan tersebut dimasak sambil terus diaduk sampai berubah tekstur jadi kenyal. Teksturnya sangat lengket dan tidak mudah putus seperti dodol. 

Kalamae kemudian dicetak dan didinginkan. Setelah dingin, adonan ini kemudian dipotong kecil-kecil, digulingkan dalam wijen sangrai, kemudian dikemas dengan plastik dan kertas aneka warna. Kalamae bisa dengan mudah ditemukan di Samui yang jadi daerah penghasil utama komoditas kelapa. Industri rumahan di daerah tersebut fokus mengolah kelapa menjadi makanan yang lezat. 

9. Khao Phad

gambar makanan khas thailand Khao Phad
samuiholiday.com

Khao pad adalah nasi goreng berwarna kuning kecoklatan yang penuh dengan topping. Masyarakat Thailand biasanya memadukan nasi goreng ini dengan berbagai jenis seafood  yang bergizi seperti udang, kepiting, cumi-cumi, atau ikan. Berbeda dengan nasi goreng khas Indonesia, khao phad khas Thailand ini tidak pedas sama sekali. 

Citarasanya cenderung gurih, manis, dan sedikit asam. Khao pad biasanya juga ditambah dengan isian sayuran seperti mentimun, daun selada, jeruk nipis, dan juga tomat. Sayuran segar ini berfungsi untuk menyeimbangkan rasa gurih dari nasi goreng dan daging yang ditambahkan. Khao pad adalah makanan yang bisa dinikmati traveller dengan mudah karena banyak sekali dijajakan. 

10. Tom Kha Kai

gambar makanan khas thailand tom Kha Kai
loveandoliveoil.com

Tom khai kai ini punya rasa dan tampilan yang mirip seperti tom yam. Banyak traveller yang menyukai makanan ini, karena cita rasanya yang enak dan tidak terlalu aneh. Tom khai kai adalah olahan sup santan berkuah putih yang punya cita rasa pedas. Tom khai kai cenderung lebih pedas dibandingkan tom yam. 

Bahan yang dimasak dalam tom khai kai adalah daging ayam. Irisan tipis daging ayam dimasukkan dalam kuah santan yang super pedas. Makanan ini cukup jadi primadona bagi traveller yang mencintai pedas. Tapi bagi yang tidak bisa makan makanan pedas, sebaiknya menghindari tom khai tai. 

Cita rasa tom khai kai cukup pedas dan asam. Bumbu utama untuk membuat menu ini adalah lengkuas, air perasan jeruk purut, ketumbar, serai, jamur merang, dan cabe. Untuk menambah kesegaran kuah, biasanya tom khai kai disajikan dengan irisan daun seledri dan daun bawang. 

11. Massaman Curry

gambar makanan khas thailand Massaman Curry
bbc.co.uk

Kari massaman atau massaman curry adalah makanan yang sudah ada sejak abad ketujuh belas. Makanan ini cukup mewah karena menggunakan bahan irisan daging sapi. Tapi, massaman curry juga bisa dimasak dengan memakai daging ayam. Kuah massaman berwarna kuning tua dan terbuat dari santan. 

Bahan lain yang biasa ditambahkan dalam kari massaman antara lain kentang, kembang lawang, wortel, dan sayuran lainnya. Bumbu yang digunakan untuk membuat massaman curry seperti kayu manis, daun salam, pala, kunyit, lengkuas, jintan putih, bawang merah, dan juga bawang putih. Kari massaman ini bisa disantap bersama dengan nasi hangat saat makan malam. 

12. Gaeng Daeng

gambar makanan khas thailand Gaeng Daeng
worldfood.guide

Ada satu lagi hidangan kari yang sangat diminati di Thailand, namanya adalah gaeng daeng. Kuah kari ini berwarna merah pekat, karena menggunakan bumbu cabe merah yang cukup banyak. Gaeng daeng punya citarasa sedikit manis, gurih, dan asin. Bahan yang dimasak untuk membuat kari gaeng daeng ini adalah potongan daging ayam yang diiris cukup tebal. 

Bumbu untuk membuat gaeng daeng antara lain adalah bawang merah, bawang putih, gula aren, potongan nanas, dan rebung. Ada beberapa restoran di Thailand yang menawarkan makanan halal satu ini. Porsinya cukup untuk mengenyangkan perut dan cocok dimakan bersama nasi hangat. 

13. Kai Phad Med Ma Muang

gambar makanan khas thailand Kai Phad Med Ma Muang
asianinspirations.com.au

Nama menu khas Thailand satu ini cukup panjang dan sulit diingat. Khai phad med ma muang adalah salah satu olahan yang mirip dengan tumis ayam di Indonesia. Tampilannya mirip dengan capjay yang memadukan daging ayam dan sayuran. Tapi tentu saja, bumbu yang digunakan sedikit berbeda. 

Menu khai phad med ma muang dibuat dengan bumbu cabe kering, paprika, bawang merah, bawang putih, dan daun bawang. Makanan ini juga menggunakan beberapa rempah-rempah seperti lengkuas, serai, dan daun jeruk. 

Selain menggunakan daging ayam, menu ini juga ditambah bahan lain seperti kucai dan jamur kuping. Rasanya cukup familiar bagi lidah orang Indonesia. Perpaduan rasa pedas, manis, dan gurih bisa dirasakan dalam kai phad med ma muang ini. 

14. Tod Man Pla

gambar makanan khas thailand Tod Man Pla
youtube.com

Tod man pla adalah salah satu olahan kari merah yang sangat mudah ditemukan di Thailand. Hidangan ini menggunakan bahan dasar daging ikan atau ayam. Tapi, masyarakat Thailand lebih suka menggunakan ikan daripada ayam untuk membuat kari ini. Daging ikan yang digunakan pun tidak bisa sembarangan. 

Untuk memasak tod man pla digunakan ikan yang punya daging berwarna putih. Kalau ingin memasaknya sendiri, masyarakat Indonesia bisa menggunakan ikan tuna, tenggiri, kakap, atau ikan gindara. Daging ikan ini dimasak dalam kuah santan yang kental. Warna merahnya berasal dari perpaduan bumbu berupa cabe merah, bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah. 

Tak sulit menemukan tod man pla di Thailand. Banyak sekali warung tenda yang menjajakan menu ini. Apalagi saat sore hingga malam hari. Banyak pedagang yang menjual menu ini untuk menghangatkan tubuh. 

15. Khanom Chin Nam Ya

gambar makanan khas thailand Khanom Chin Nam Ya
messyvegancook.com

Khanom chin nam ya sangat panjang untuk diucapkan, bahkan oleh masyarakat lokal Thailand. Sehingga, banyak orang yang hanya menyebutnya khanom saja. Khanom adalah menu makanan yang sangat disukai masyarakat lokal Thailand. Khanom adalah mie basah yang disiram dengan kuah kaldu ikan. 

Mie khanom biasanya terbuat dari tepung beras. Kuah kaldu yang digunakan untuk menyiram biasanya dibumbui sangat pedas. Kuah ini juga ditambah dengan santan kental, agar cita rasa gurihnya semakin menonjol. Khanon banyak dijajakan di warung tenda pada sore sampai malam hari. Khanom bisa dengan mudah ditemukan di Kota Bangkok. 

16. Khao Soi

gambar makanan khas thailand Khao Soi
pinterest.ch

Khao soi bisa ditemukan dengan mudah di Bangkok. Banyak restoran yang menyajikan menu ini untuk para traveller. Tapi, khao soi lebih banyak ditemukan di daerah Thailand utara hingga Laos. Sebenarnya, khao soi tidak asli berasal dari Thailand. Ternyata, khao soi ini justru berasal dari Myanmar dan menyebar ke dua negara tetangganya. 

Khao soi adalah menu mie kuning yang dipadukan dengan kuah santan gurih. Kuah santan memang dibuat tidak terlalu kental layaknya kari. Kekentalannya hampir mirip dengan kuah soto Betawi yang encer namun sedap. Khao soi biasa disajikan dengan berbagai macam topping. Banyak pedagang yang menambahkan irisan bawang merah, acar, cabe, perasan jeruk nipis, dan daging. 

17. Sai Oua

gambar makanan khas thailand Sai Oua
youtube.com

Sai oua sebenarnya adalah makanan yang cukup sederhana dan mudah dibuat. Bahan utama untuk membuat sai oua adalah sosis daging babi. Lantaran menggunakan daging babi, maka tampilan sosis jadi lebih gelap dan ukurannya lumayan panjang. Sosis ini kemudian dipotong-potong menyerong sebelum dibumbui. 

Bumbu yang digunakan dalam sai oua antara lain ada serai, cabe rawit, lengkuas, ketumbar, bawang merah, bawang putih, minyak ikan, dan garam. Sosis ditumis bersama dengan bumbu tersebut. Agar lebih nikmat, masyarakat biasa menambahkan sedikit air kaldu. 

Makanan sai oua ini hanya bisa ditemukan di Thailand bagian utara. Sedangkan di Thailand bagian selatan, menu ini sulit sekali ditemukan. Lantaran menggunakan sosis babi, maka kalangan Muslim tidak bisa mengonsumsi sai oua. Kecuali jika ada restoran yang menyajikan modifikasi menu ini dengan menggunakan daging sapi atau ayam. 

18. Moo Ping

gambar makanan khas thailand Moo Ping
seriouseats.com

Sudah tahu kalau Thailand ternyata juga punya sate seperti Indonesia? Sate di sana diberi nama moo ping. Kuliner yang satu ini biasanya menggunakan daging babi yang murah dan banyak tersedia. Daging babi dipotong tipis memanjang, kemudian ditusuk dengan tusukan sate. Daging dilumuri dengan bumbu, kemudian dipanggang di atas bara api. 

Kalau mau mencari moo ping yang versi halal, traveller harus mencari restoran Thailand dengan sertifikat halal. Biasanya, ada warga muslim Thailand yang menjalankan restoran halal. Moo ping biasanya diganti dengan daging sapi atau ayam, tapi tetap menggunakan bumbu yang sama yaitu saos ikan, ketumbar, dan santan. 

19. Kaeng Khiao Wan

gambar makanan khas thailand Kaeng Khiao Wan
id.wikipedia.org

Kaeng artinya adalah kari, khiao artinya cabe hijau, wan artinya adalah manis. Kari ini memang beda karena berwarna putih kehijauan. Warna hijaunya berasal dari penggunaan cabe hijau sebagai bumbu. Meskipun kari ini cenderung manis, tapi ada juga yang membuat kari ini dengan cita rasa pedas melebihi kari merah. 

Kari kaeng khiao wan berbahan dasar daging sapi, ayam, atau ikan. Selain daging kari ini, juga dilengkapi dengan irisan terong kecil. Agar semakin kaya rasa, ada juga yang menambahkan aneka buah-buahan dalam masakan. Biasanya masyarakat Thailand memasukkan nanas, pepaya, hingga blewah agar kaeng khiao wan semakin segar. 

20. Kaeng Matsaman

gambar makanan khas thailand Kaeng Matsaman

Traveller yang mencari menu halal di Thailand bisa mencoba kaeng matsaman. Bahasa matsaman sendiri memang bukan bahasa Thailand. Matsaman berasal dari bahasa Arab, dan merujuk pada masyarakat Muslim yang tinggal di Thailand. Kari ini memang biasa disajikan pada bangsa Persia, Timur Tengah. Hal itu karena makanan ini pasti halal dan bisa dijadikan santapan traveller Muslim. 

Bahan utama untuk membuat kaeng matsaman adalah daging ayam dan beberapa sayuran seperti kentang, tahu, atau ikan. Kuahnya dibuat dari campuran bumbu berupa bawang merah, bawang putih, kapulaga, kayu manis, cengkeh, pala, jintan, bunga lawang, dan juga daun salam. Perpaduan rempah-rempah yang kompleks membuat kuah kaeng matsaman terasa begitu gurih. 

Konon, kaeng matsaman sudah ada sejak abad ketujuh belas masehi. Makanan ini berasal dari daerah Ayutthaya. Kaeng matsaman bahkan sudah masuk dalam salah satu dari lima puluh makanan paling lezat di dunia versi CNN. 

21. Larb

gambar makanan khas thailand Larb
epicurious.com

Larb adalah makanan sejenis salad yang diberi topping daging cincang. Larb sebenarnya berasal dari Laos. Hal itu karena makanan ini mudah sekali ditemukan di Isan yang banyak dihuni suku Laos. Ternyata, ada juga larb yang berasal dari Thailand Utara dan biasa disebut larb lanna. Keduanya punya cita rasa yang berbeda.

Larb lana tidak menggunakan jeruk nipis dan kecap asin, sehingga rasanya tidak asam. Sedangkan, larb Laos menggunakan dua bahan tersebut, sehingga makanan ini cenderung terasa asam. Tapi kedua jenis larb ini menggunakan bumbu lain yang sama. Larb biasa menggunakan daging babi atau sapi sebagai daging cincangnya. 

22. Guay Teow Rhua

gambar makanan khas thailand Guay Teow Rhua
pinterest.ch

Guay teow rhua adalah makanan yang cukup unik dan secara harfiah berarti mie perahu. Konon, pada zaman dulu, mie ini dijajakan di atas perahu yang ada di sepanjang perairan sungai Thailand. Kini, menu mie ini bisa dengan mudah ditemukan di Kota Bangkok. Banyak sekali restoran yang menjual mie ini. 

Guay teow rhua biasa disajikan dengan kuah kental berwarna orange. Sebagai pelengkap, biasa makanan ini ditambah dengan daging babi, ayam, sapi, tauge, dan daun bawang. Mie ini paling cocok disantap saat suasana dingin. 

23. Nai Mong Hoy Tod

gambar makanan khas thailand Nai Mong Hoy Tod
timeout.com

Sekilas makanan ini mirip dengan telur dadar. Tapi, di Thailand telur dadar ini disiram dengan kerang atau tiram yang sudah dibumbui dengan rempah-rempah. Nai mong hoy tod adalah snack khas Thailand yang biasa disantap sambil bercengkerama dengan keluarga. Makanan ini cocok disantap dengan saos sambal pedas. 

Ada banyak spot wisata yang ditawarkan di Thailand. Para traveller pun harus sempat mencoba berbagai kuliner khasnya, selama ada di negeri gajah putih ini. Para traveller Muslim juga harus memerhatikan terlebih dahulu sebelum membeli makanan khas Thailand ini, karena tidak semua menu di atas halal untuk traveller Muslim.


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/travmin/apps/wstpro/public/wp-content/themes/Newsmag/includes/wp_booster/td_block.php on line 352

LEAVE A REPLY