Makanan Khas Sumatera Selatan

Sumatera Selatan dengan Ibukota Palembang, punya ikon yang cukup terkenal yaitu Jembatan Ampera. Provinsi yang dibelah oleh Sungai Musi ini memang cukup menarik. Selain bisa dibilang sebagai metropolitannya Pulau Sumatera, ternyata provinsi ini juga menyimpan warisan kuliner dari leluhur yang cukup beragam.

Masyarakat Indonesia mungkin hanya mengenal pempek sebagai ikon kuliner Palembang. Padahal ternyata, provinsi Sumatera Selatan memiliki banyak sekali masakan tradisional, yang hingga kini keberadaannya masih lestari dan dicintai masyarakatnya. Ada menu utama sampai kudapan lezat dan manis yang menunggu untuk dicicipi oleh para wisatawan yang berkunjung ke Palembang.

1. Pempek

gambar makanan khas sumatera selatan pempek
vokasi.co.id

Siapa yang tidak kenal dengan pempek? Meskipun pempek juga ada di beberapa daerah lain di Sumatera, tapi pempek Palembang adalah yang paling terkenal. Bahkan, Palembang sering juga mendapat julukan sebagai kota pempek.

Pempek dibuat dari daging ikan yang dicampur dengan sagu. Ikan yang digunakan adalah ikan laut seperti tenggiri dan kakap. Cita rasa pempek biasanya asin, gurih, dan kenyal. Pempek disantap dengan kuah sambal khusus bernama cuko. Kuah ini dibuat dari bawang putih, gula merah, ebi kering, garam, dan cuka.

Seiring perkembangan zaman, ada berbagai jenis pempek yang dibuat oleh masyarakat Palembang. Ada pempek yang berisi udang, telur, tahu, kentang, dan lain sebagainya. Salah satu kreasi pempek yang paling terkenal adalah pempek kapal selam. Pempek ini menggunakan isian telur di bagian dalamnya dan digoreng sampai kulit luarnya krispi.

2. Mie Celor

gambar makanan khas sumatera selatan mie celor
indomoto.com

Ada satu menu sarapan yang jadi primadona masyarakat lokal Palembang. Hidangan itu adalah mie celor. Banyak warga lokal yang merekomendasikan Mie Celor 26 Ilir milik H. Syafe’i bagi kalangan wisatawan yang ingin mencicipi kelezatannya. Mie celor sebenarnya adalah mie celup yang disajikan dalam kuah kaldu. Uniknya, kaldu mie ini dibuat dari paduan santan dan daging.

Mie yang digunakan dalam menu ini cukup spesial, karena teksturnya tebal. Mie jenis ini mirip dengan tekstur mie udon asal Jepang. Semangkok mie celor biasanya disajikan bersama dengan topping tauge, telur rebus, dan bawang goreng. Untuk makanan yang disantap saat sarapan, mie celor termasuk menu yang murah meriah.

3. Pindang

gambar makanan khas sumatera selatan pindang
ur-ban.id

Pindang adalah sebutan untuk masakan berkuah santan kuning. Cita rasa pindang umumnya pedas, gurih, manis, dan asam. Bahan yang digunakan untuk membuat pindang biasanya adalah ikan patin. Ikan ini memang banyak tersedia di Sungai Musi, sehingga masyarakat pun mengolahnya menjadi makanan utama yang lezat.

Pindang patin banyak dijual di rumah makan Palembang. Masakan ini punya rasa yang lezat dan bisa diterima oleh masyarakat Indonesia. Tak heran, jika banyak wisatawan yang mencari pindang patin saat mereka ada di Sumatera Selatan. Selain patin, memang ada beberapa orang yang menyukai mengolah pindang dengan ikan jenis lain. Terutama ikan sungai yang banyak dijumpai di Musi.

4. Burgo

gambar makanan khas sumatera selatan burgo
ksmtour.com

Burgo adalah sajian yang mirip dengan kwetiau basah. Mie burgo dibuat dari adonan tepung tapioka dan tepung beras. Adonan ini kemudian dimasak di atas teflon yang membentuk dadar tipis. Jika sudah matang, maka dadar akan digulung dan diiris tipis-tipis memanjang. Tampilan akhirnya seperti mie gepeng.

Burgo biasa dihidangkan dengan kuah santan yang gurih. Untuk membuat kuah gurih ini, diperlukan bumbu seperti bawang putih, kemiri, ketumbar, lengkuas, kencur, dan juga kunyit. Burgo disajikan bersama dengan irisan daging ikan dan juga taburan bawang goreng.

5. Tempoyak

gambar makanan khas sumatera selatan tempoyak
backpackerjakarta.com

Tempoyak cukup terkenal di kalangan masyarakat Sumatera. Ketenaran makanan unik satu ini juga sampai ke beberapa masyarakat Indonesia, terutama mereka kalangan pecinta buah durian. Tempoyak adalah sambal yang dibuat dari hasil fermentasi durian. Rasanya bisa dibilang cukup unik, dan tidak jarang ada sebagian orang yang tak tahan dengan bau fermentasi ini.

Pertama, daging durian yang sudah benar-benar matang dikeluarkan dan dibersihkan. Setelah itu, daging ini difermentasikan dengan garam sampai aromanya tercium lebih kuat. Daging durian hasil fermentasi kemudian dicampur dengan bawang putih dan cabe. Semua bahan ini dihaluskan dan ditumis sebentar.

Tempoyak begitu populer di Palembang dan sekitarnya. Hampir di semua restoran Palembang menyediakan menu satu ini, terlebih jika musim durian tiba. Banyak juga masyarakat yang membuat stok sambal tempoyak dalam jumlah banyak dan diawetkan. Tempoyak sendiri biasa dihidangkan bersama dengan pindang, ayam goreng, ikan bakar, atau ikan goreng.

6. Gulo Puan

gambar makanan khas sumatera selatan gulo puan
goodnewsfromindonesia.id

Puan artinya adalah tuan atau nyonya. Puan biasa dipakai untuk menyebut kalangan atas atau bangsawan pada masa kerajaan dan penjajahan dulu. Tak heran, jika gulo puan adalah salah satu makanan yang dulunya diperuntukkan bagi kalangan bangsawan. Tapi, kini gulo puan sudah bisa disantap oleh semua lapisan masyarakat.

Gulo puan adalah makanan yang cukup unik, karena berbahan dasar susu kerbau dan gula. Dua bahan ini dimasak sampai kandungan air dalam susunya menurun, dan teksturnya berubah jadi kental menggumpal. Gulo puan bisa dibilang jadi permen susunya masyarakat Palembang. Tapi, kini makanan ini jarang ditemukan, karena sudah tergerus perkembangan zaman.

7. Model

makanan khas sumatera selatan model
travelnatic.com

Jangan salah sangka, model di sini bukanlah berarti orang yang menjadi peraga busana atau melakukan pemotretan. Model adalah nama kuliner Sumatera Selatan yang cukup unik. Model dibuat dari adonan tepung tapioka dan daging ikan. Biasanya, masyarakat Palembang suka menggunakan daging ikan tenggiri atau kakap sebagai bahan model.

Adonan ini kemudian digoreng seperti pempek dan setelah matang baru dipotong kecil-kecil. Model kemudian disiram dengan kuah udang. Untuk menambah cita rasa, model disajikan bersama dengan mie bihun dan ditaburi daun bawang. Kalau suka pedas, traveller bisa menambahkan sambal atau irisan cabe pada kuah udangnya.

8. Tekwan

gambar makanan khas sumatera selatan tekwan
doyanresep.com

Sebenarnya, tekwan punya bahan yang sama dengan model. Makanan ini juga terbuat dari tepung tapioka dan daging ikan. Hanya saja pada tekwan, adonan dibentuk bulat-bulat kecil seperti bakso. Selebihnya, penyajian tekwan juga sama dengan model. Bola-bola tekwan ditaruh dalam mangkok, kemudian disiram dengan kuah kaldu udang yang gurih dan lezat.

Tekwan juga dilengkapi dengan mie bihun sebagai sumber karbohidrat. Tekwan disajikan selagi hangat bersama dengan sambal pedas. Para traveller bisa mencoba tekwan di beberapa tempat yang menyediakan pempek, misalnya di Pempek Lince, Kota Palembang. Harganya hanya sekitar Rp18.000 saja.

9. Martabak Palembang

gambar makanan khas sumatera selatan martabak palembang
genpi.co

Martabak khas Palembang ini adalah martabak asin, atau sebagian orang biasanya menyebutnya sebagai martabak telur. Martabak Palembang sangat populer, bahkan di kalangan luar daerah. Martabak Palembang bahkan banyak dijumpai di berbagai kota besar di Indonesia.

Seperti martabak asin pada umumnya, bahan dasar untuk membuat kulit martabak adalah tepung terigu dan telur. Kulit dadar ini kemudian diisi dengan adonan telur, suwiran daging ayam, dan juga irisan daun bawang. Ciri khas martabak Palembang adalah cara memakannya bersama dengan kuah santan kental.

10. Laksan

gambar makanan khas sumatera selatan laksan
palembang-tourism.com

Masyarakat Indonesia sudah cukup tahu dengan kuliner pempek lenjer. Tapi ternyata di tanah kelahirannya, pempek lenjer justru tidak disebut dengan nama yang sama. Masyarakat lokal justru menyebutnya dengan nama laksan. Makanan kreasi pempek ini disajikan dengan kuah santan yang berwarna kuning cerah.

Sekilas, tampilan laksan mirip dengan lontong sayur di daerah Jawa. Tapi, tentu saja rasa laksan jauh berbeda. Masyarakat Palembang suka sekali menyantap laksan sebagai menu sarapan. Ada satu restoran yang menjual laksan dan pantas untuk dijajal oleh traveller yaitu Laksan Kaito. Restoran ini berada di Jl. Kapten Anwar Arsyad Palembang.

11. Kue Lapan Jam

gambar makanan khas sumatera selatan kue lapan jam
cantik.tempo.co

Kue lapan jam begitu terkenal dan digemari oleh para wisatawa yang berkunjung ke Palembang. Kudapan manis dan gurih satu ini terbuat dari campuran tepung terigu, bubuk vanili, telur, margarin, gula pasir, dan juga susu kental manis. Kue ini dulunya hanya bisa dinikmati oleh kalangan bangsawan di Sumatera Selatan. Tapi kini, semua orang bisa menikmati kudapan lezat ini.

Nama kue lapan jam diambil dari proses pembuatannya yang memang membutuhkan waktu lama. Kue ini setidaknya harus dikukus selama 8 jam penuh. Citarasa kue lapan jam cenderung manis. Legit, gurih, dan mengenyangkan. Kue lapan jam banyak dibuat saat akan memasuki hari raya seperti natal, imlek, atau lebaran.

Kue lapan jam memiliki tampilan yang menggoda lidah. Bahan gula merah yang ditambahkan membuat tampilan kue ini jadi berwarna coklat karamel. Kue kemudian dipotong-potong degan ketebalan sekitar 2 cm. Kue lapan jam paling cocok dijadikan sebagai teman minum teh atau kopi di sore hari sambil bercengkerama dengan keluarga.

12. Kemplang

gambar makanan khas sumatera selatan kemplang
helloindonesia.id

Kemplang di Palembang sudah jadi oleh-oleh khas yang sangat terkenal. Kemplang adalah kerupuk ikan yang dipanggang dengan cara dijapit di atas bara api. Ukuran kemplang biasanya mengembang cukup besar. Bahkan ada kemplang yang seukuran piring saat sudah dibakar. Kemplang biasanya dimakan bersama dengan sambal.

Kemplang Palembang ini bisa dengan mudah didapatkan di toko oleh-oleh. Kemplang biasanya dijual dengan harga Rp15.000 perkilogram. Harga tersebut untuk kemplang mentah yang belum dibakar. Jika berminat, traveller bisa berkunjung ke pasar tradisional Cinde untuk mendapatkan kemplang mentah ini. Tapi jika ingin lebih mudah, traveller bisa membeli kerupuk kemplang matang saja.

13. Celimpungan

gambar makanan khas sumatera selatan celimpungan
ksmtour.com

Celimpungan adalah makanan khas Palembang yang munculnya musiman. Celimpungan bisa dengan mudah ditemui saat hari raya Idhul Fitri. Celimpungan adalah makanan yang mirip dengan pempek dan laksan. Hanya saja bentuknya berbeda. Celimpungan berbahan dasar daging ikan dan tapioka. Celimpungan dibentuk bulat pipih. Ukurannya lebih besar daripada tekwan.

Celimpungan biasa dihidangkan bersama dengan kuah kari kental. Kuah ini dibuat dari kaldu ikan atau udang yang direbus bersama santan. Celimpungan biasa disajikan dalam kondisi hangat bersama kerupuk dan juga sambal. Celimpungan paling nikmat disantap saat sarapan. Ada satu restoran yang sangat terkenal dengan menu celimpungannya yaitu Warung Aba di Ilir Timur II Palembang.

14. Bakmi Ayam

gambar makanan khas sumatera selatan bakmi ayam
cupcakerinamutz.blogspot.com

Bakmi memang sudah menjadi makanan yang akrab dengan lidah orang Indonesia. Hampir di semua kota besar Indonesia bisa ditemukan warung yang menjual bakmi. Salah satunya adalah bakmi asal Palembang yang punya citarasa khas. Bakmi ini menggunakan daging ayam sebagai topping.

Bakmi Palembang biasa disantap saat sore hari. Biasanya bakmi dibuat dari mie kuning yang kenyal. Bakmi Palembang selain disajikan bersama dengan topping ayam juga ditambah dengan acar mentimun dan taburan bawang goreng. Bakmi biasa dihidangkan dengan kuah yang terpisah. Kuahnya berasal dari air rebusan kaldu ayam dengan bumbu bawang putih dan merica.

15. Godo Godo

gambar makanan khas sumatera selatan godo godo
pempekbicik.wordpress.com

Ingat, godo-godo tidak sama dengan gado-gado. Makanan ini jauh berbeda dari segi rasa, bahan, dan tampilannya. Godo-godo berasal dari kelompok pempek Palembang. Adonan yang digunakan berasal dari tepung tapioka dan udang. Berbeda dengan pempek, godo-godo punya bentuk yang tidak beraturan.

Godo-godo biasanya digoreng sampai berubah warna jadi kuning kecoklatan. Godo-godo biasanya dipadukan dengan kuah cuko yang pedas asam. Godo-godo kini jadi makanan kaki lima yang banyak dijual oleh pedagang gorengan di pinggir jalan. Harganya cukup terjangkau dan mengenyangkan. Godo-godo bisa dinikmati sebagai teman bersantai sambil minum teh atau kopi hangat. ‘

16. Lempok Durian

gambar makanan khas sumsel lempok durian
bukalapak.com

Lempok adalah nama lain dari dodol di Kota Palembang. Jika di Jawa dodol biasanya dimasak dari tepung ketan saja, di Palembang dodol ini dibuat dengan rasa durian. Namanya adalah lempok durian. Kekayaan alam Sumatera Selatan yang berlimpah membuat durian bisa mudah tumbuh dan saat musim panen, stoknya jadi melimpah.

Stok durian yang melimpah inilah yang membuat masyarakat mengolahnya menjadi lempok durian. Bahan lain yang diperlukan adalah tepung ketan, santan, gula merah, dan garam. Lempok durian kini banyak diolah oleh industri rumah tangga di sekitar Palembang. Lempok durian paling cocok dijadikan sebagai oleh-oleh karena bisa awet dan tahan lama.

17. Lenggang

gambar makanan khas sumsel lenggang
pempeklince.com

Lenggang adalah salah satu jenis pempek. Masyarakat Palembang ternyata banyak sekali membuat varian pempek. Lenggang ini sebenarnya punya bahan dasar yang sama dengan pempek lainnya. Lenggang dibuat dari campuran ikan dan tapioka yang dibumbui dengan berbagai macam rempah-rempah.

Tapi bedanya, lenggang dimasak dengan cara dibakar di atas bara api. Setelah matang, pempek lenggang akan disajikan bersama dengan kuah cuko. Tak ketinggalan, agar pempek lenggang semakin segar, biasanya acar mentimun ditambahkan sebagai pelengkap. Pempek lenggang juga banyak dijual di toko oleh-oleh khas Palembang dengan harga yang cukup terjangkau.

Mengunjungi Kota Palembang dan sekitarnya tidak lengkap rasanya, jika tidak mencoba mencicipi salah satu dari 17 makanan khas daerah tersebut. Jangan lupa juga untuk menikmati keindahan Sungai Musi sambil menikmati kudapan lezatnya.

LEAVE A REPLY