Makanan Khas Solo

Kuliner menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang senang travelling khususnya keliling Indonesia. Negeri ini memiliki kekayaan makanan yang pastinya menggugah selera. Salah satu daerah memiliki kekayaan kuliner adalah Solo.

Sebelum menjelajah Solo dan berniat untuk melakukan wisata kuliner, ada baiknya mengetahui ragam kuliner khas Solo ini. Daftar makanan ini wajib menjadi agenda perjalanan ketika berkunjung ke kota kelahiran Presiden Jokowi ini.

1. Timlo

gambar makanan khas solo timlo
id.tastemade.com

Makanan ini termasuk legendaris di Solo sebab sudah mulai terkenal sejak tahun 1960-an. Bahkan, makanan ini sudah terkenal di berbagai kota di Jawa Tengah seperti Semarang. Timlo termasuk makanan dengan kuah yang hangat dan juga segar.

Isi dari timlo sendiri adalah ati ampela ayam, sosis yang dipotong kecil, telur pindah, bihun, dan dadar gulung yang telah diiris. Timlo akan semakin lengkap dengan suwiran ayam goreng. Kuahnya yang encer dan bening membuat makanan ini banyak penggemarnya.

2. Tengkleng

gambar makanan khas solo tengkleng
wajibbaca.com

Kuliner satu ini sebenarnya mirip dengan masakan gulai. Hanya saja kuahnya lebih encer. Untuk isian, Tengkleng sendiri berisi tulang yang memiliki daging sedikit menempel. Siapa sangka tengkleng merupakan salah satu makanan rakyat karena tak mampu makan daging.

Akhirnya masakan tengkleng pun tercipta dengan mengolah sisa tulang dengan bumbu seperti gulai. Salah satu sensasi makan tengkleng yang disukai banyak orang adalah menyeruput kuah dengan sisa daging yang menempel.

3. Nasi Liwet

gambar makanan khas solo nasi liwet
travelingyuk.com

Nasi Liwet ini merupakan kuliner khas Solo yang berasal dari daerah Baki yang terletak di Kabupaten Sukoharjo. Nasi ini diolah dengan kelapa sehingga menimbulkan rasa gurih. Jika dilihat dan dirasa sekilas rasanya memang mirip dengan nasi uduk.

Kemudian nasi liwet biasanya disajikan dengan sayur labu siam. Makan nasi liwet akan semakin mantap dengan daging ayam yang disuwir dan areh yaitu bubur terbuat dari kelapa dengan rasa gurih.

Pedagang nasi liwet akan mudah ditemui di Kota Solo. Mulai dari waktu sarapan dan makan malam, banyak pedagang nasi liwet yang menjajakan dagangannya. Tempat penjual nasi liwet terkenal di daerah Keprabon. Di daerah ini penjual nasi liwet ramai pada malam hari.

4. Serabi

gambar makanan khas solo serabi
resepimasakan.net

Serabi yang ada di Solo cukup berbeda dengan serabi yang biasa ditemui di Bandung. Namun, serabi Solo memiliki bahan dasar yang sama yaitu tepung beras yang dicampur dengan santan. Selain itu, serabi khas Solo juga dimasak di atas arang.

Hanya saja serabi solo biasanya memiliki pinggiran yang garing dan tipis. Bagian tengahnya biasanya lebih padat. Berbeda dengan serabi Bandung, serabi asal Solo biasanya tidak memiliki topping khusus. Namun terkadang ditambahkan potongan pisang dan nangka.

Salah satu serabi Solo yang cukup terkenal adalah Serabi Notosuman. Serabi ini cukup legendaris karena sudah ada sejak 1923. Ada keunikan lain dari serabi ini yaitu pengemasannya dengan cara digulung dengan daun pisang.

5. Selat Solo

gambar makanan khas solo selat solo
indonesia.go.id

Siapa sangka ternyata ada kuliner Indonesia yang terpengaruh dengan makanan khas Barat. Saat masa penjajahan Belanda, orang Eropa ternyata mengajarkan cara memasak makanan Eropa pada golongan keraton.

Sayangnya, makanan khas Eropa itu justru tidak cocok dengan selera Indonesia. Akhirnya dengan beberapa penyesuaian, selat Solo pun tercipta. Kata selat sebenarnya dari kata ‘salad’. Kemudian daging bistik yang ada di makanan ini sebenarnya dari kata ‘biefstuk’

Beberapa modifikasi yang dilakukan antara lain mengubah daging setengah matang menjadi empal. Kemudian penggunaan mayonais diganti dengan kecap manis. Seiring perkembangannya, selat Solo juga disajikan dengan sayuran rebus, telur rebus dan kentang goreng.

6. Sate Buntel

gambar makanan khas solo sate buntel
pergikuliner.com

Sate satu ini berbeda dengan jenis sate lainnya. Dalam prosesnya, daging kambing dipotong atau bisa dibilang jadi cincang kecil. Setelah itu dibungkus dengan lemak daging. Seperti layaknya sate, daging yang sudah dibentuk kemudian ditusuk menjadi sate.

Makanan khas Solo ini juga memiliki keunikan rasa sehingga sangat disukai oleh masyarakat serta wisatawan. Selain itu tusuk sate yang dipakai juga biasanya lebih besar. Hal ini bertujuan agar daging yang sudah dibentuk bisa lebih menempel pada tusuk sate. Lemak yang dibungkus membuat rasa daging lebih gurih.

Sate buntel semakin mantap dengan saus kecap yang ditambah dengan cabai, bawang merah, tomat dan kol. Tambahan merica di atas saus kecap juga membuat rasa bumbunya semakin enak. Apalagi jika dimakan dalam kondisi panas. Mantap!

7. Brambang Asem

gambar makanan khas solo brambang asem
pariwisatasolo.surakarta.go.id

Makanan satu ini mungkin cukup asing di telinga. Tapi makanan ini termasuk makanan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Solo. Kuliner ini terdiri dari daun ubi yang dimasak dan dicampur dengan sambal asam Jawa. Rasanya pun menjadi pedas dan manis.

Brambang asem semakin enak jika dimakan dengan tempe gembos. Tempe yang terbuat dari ampas kedelai dimasak dengan cara bacem menjadi daya tarik lain dari kuliner satu ini. Sayangnya brambang asem memang sulit untuk didapatkan karena daun ubi yang semakin sulit didapat.

8. Lenjongan

gambar makanan khas solo lenjongan
ksmtour.com

Solo juga terkenal dengan jajanan atau kudapan yang beragam. Kuliner yang cukup terkenal sering disebut lenjongan. Makanan ini merupakan kumpulan dari jajanan pasar yang umumnya terbuat dari singkong. Beberapa makanan yang ada di lenjongan antara lain cenil, tiwul, gendar, klepon hingga grontol.

Lenjongan semakin mantap dengan taburan kelapa dan gula merah cair di atasnya. Harganya pun sangat terjangkau. Satu porsi lenjongan hanya seharga Rp 3.000. Cara penyajiannya juga unik karena akan disajikan sesuai dengan pilihan sang pembeli.

Untuk rasanya, semua jenis lenjongan memiliki kemiripan. Hampir semuanya kenyal dan memiliki rasa manis. Selain itu, akan ada rasa gurih yang muncul dari kelapa parut. Semua itu menjadi satu dan membuat cita rasa yang sungguh nikmat.

9. Bubur Tumpang

gambar makanan khas solo bubur tumpang
kuliner.ilmci.com

Bubur satu ini memiliki rasa gurih dan pastinya sangat terkenal di Solo. Bubur tumpang menjadi salah satu menu yang cocok untuk dikonsumsi saat sarapan. Nama tumpang sendiri diambil karena di atasnya ‘ditumpangi’ sambal spesial yang sering disebut sambal lethok.

Sambal tersebut dibuat dari santan dan tempe bosok. Kemudian keduanya diberi bumbu cabai, daun salam, serai, daun jeruk, kencur, bawang putih dan bawang merah. Teksturnya memang tidak seperti sambal karena lebih cenderung berkuah.

Kuahnya juga sering diberi tambahan bahan seperti daging sapi, tahu dan daging ayam. Biasanya semua itu direbus bersamaan dan ditambah petai. Namun ini juga sesuai selera masing-masing.

Sementara untuk buburnya biasanya dimasak dengan campuran sayuran rebus seperti kacang panjang, kecambah dan bayam. Rasa bubur tumpang ini sangat lezat karena campuran tempe di atasnya. Maka dari itu, kualitas tempe sangat menentukan kelezatan bubur tumpang.

Sensasi makan bubur tumpang akan semakin lengkap dengan rempeyek teri. Selain itu, banyak orang yang juga mengkonsumsi bubur tumpang dengan kerupuk gendar dan kerupuk jenis lainnya. Hal ini akan menambah rasa gurih pada makanan.

10. Kupat Tahu

gambar makanan khas solo kupat tahu
gilpras30.blogspot.com

Sesuai namanya kupat tahu merupakan makanan dengan campuran kupat dan tahu. Nama kupat tahu atau yang sering disebut tahu kupat ini juga bisa dijumpai di beberapa daerah lain seperti Magelang dan Bandung.

Kupat tahu asal Solo disajikan juga tidak jauh berbeda dengan daerah lain. Tahu goreng yang dicampur dengan ketupat ini akan semakin nikmat dengan bumbu kacang di atasnya. Tak sampai situ saja, taburan kerupuk juga membuat kuliner satu ini banyak pecintanya. Untuk menambah rasa biasanya dimasukkan sayuran tauge dan mentimun.

11. Cabuk Rambak

gambar makanan khas solo cabuk rambak
harianinhuaonline.com

Makanan khas Solo ini sering disebut dengan makanan sela. Artinya makanan ini tidak memiliki porsi yang besar sehingga tidak bisa membuat kenyang. Cara membuatnya cukup mudah yaitu ketupat nasi yang dipotong tipis. Setelah itu dicampurkan dengan saus wijen yang sebelumnya sudah dicampur dengan kemiri serta kelapa parut.

Makanan ini semakin mantap dengan potongan kerupuk karak yang terbuat dari nasi kering. Lalu mengapa disebut cabuk rambak? Ternyata kata cabuk ternyata sebutan untuk olahan saus wijen. Sementara kata rambak berasal dari kerupuk rambak yang dipakai.

Sayangnya makanan ini sudah sulit ditemui di Kota Solo. Tapi tenang saja karena masih ada beberapa pedagang yang menjual makanan ini. Uniknya lagi penjualnya tidak menjajakan makanannya dengan wadah piring tetapi dengan daun pisang yang dilipat. Kalau orang Jawa menyebutnya sebagai pincuk.

12. Soto Gading

gambar makanan khas solo soto gading
doyanliburan.blogspot.com

Kuliner satu ini termasuk yang baru terkenal karena jadi makanan favorit Presiden Jokowi. Berbeda dengan soto betawi dengan kuah santan, soto gading memiliki kuah bening yang pastinya menyegarkan.

Untuk isiannya, soto gading terdiri dari suwiran ayam, bihun, tomat dan nasi. Soto ini semakin nikmat dengan daun bawang dan jeruk nipis. Soto gading akan semakin enak jika dimakan dengan berbagai varian gorengan seperti tahu dan tempe. Tak lupa beberapa varian sate seperti sate daging hingga usus.

13. Bakso Solo

gambar makanan khas solo bakso solo
masakapahariini.com

Bakso memang menjadi makanan yang cukup terkenal di berbagai daerah di Indonesia. Lantas apa yang membedakan bakso Solo dengan bakso lainnya? Ternyata bakso Solo sebenarnya mirip dengan bakso Wonogiri karena memang resepnya dibawa oleh orang Wonogiri yang merantau ke Solo.

Bakso yang berisi campuran daging sapi dan tepung disajikan dengan kuah panas. Kuah tersebut dibuat dari kaldu sapi bening. Bakso Solo akan semakin menggugah selera dengan tambahan mi atau bihun. Salah satu khas bakso Solo adalah tambahan tauge dan tahu di dalamnya. Satu porsi bakso akan semakin lengkap dengan taburan bawang goreng dan seledri,

14. Soto Kwali

gambar makanan khas solo soto kwali
kulinermasakannusantaraku.blogspot.com

Solo memang terkenal dengan makanan berkuah. Kali ini adalah soto kwali yang merupakan kuliner khas Solo. Kwali sendiri merupakan alat masak dengan bahan logam atau baja. Memang soto ini mirip dengan soto lainnya, tapi keunikan soto yang segar dan daging melimpah akan membuat pencintanya tergila-gila.

Kuliner soto kwali sendiri sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu. Kala itu, soto kwali sering dijadikan menu sarapan karena dianggap ringan. Soto kwali sendiri biasanya berisi daging sapi, tauge, bawang goreng dan seledri. Makan soto semakin mantap dengan jeruk nipis dan sambal.

Saat penyajian, soto kwali disajikan dalam satu mangkuk. Kuahnya juga memiliki bumbu tersendiri yaitu tumisan bumbu halus dengan ditambah jahe, lengkuas, serai, daun salam dan daun jeruk. Nah, jenis soto ini juga termasuk soto yang bebas kolesterol karena tidak memakai santan maupun susu.

15. Gudeg Ceker

gambar makanan khas solo gudeg ceker
usaharumahan.id

Gudeg yang merupakan olahan nangka memang asalnya dari Kota Jogja. Namun, Solo juga punya varian gudeg yang terkenal yaitu gudeg ceker. Varian gudeg ini memiliki rasa yang konsisten terutama cekernya. Direbus dengan bumbu spesial, ceker yang disajikan akan terasa empuk dan bumbunya meresap.

Ceker akan semakin spesial karena ayam digunakan adalah ayam kampung. Jika ingin mencicipinya memang harus sabar mengantri karena beberapa gudeg ceker terkenal sangat ramai dikunjungi pelanggan setia. Salah satu yang cukup terkenal adalah milik Bu Kasno.

Jangan sampai melewatkan cita rasa kuliner khas Solo di atas, apalagi jika punya banyak waktu untuk berwisata kuliner di Solo. Keragaman makanan khas Solo dari mulai timlo hingga gudeg ceker ini tentu cocok di lidah para wisatawan kuliner.

LEAVE A REPLY