Makanan Khas Riau

Indonesia memang kaya akan cita rasa kulinernya. Tak hanya di Pulau Jawa saja, seluruh antero nusantara memiliki kekayaan kuliner yang tak ada habisnya. Salah satu daerah yang memiliki banyak makanan khas adalah Riau. Daerah yang berada di Sumatera ini punya banyak rahasia kuliner yang mungkin tak banyak diketahui orang, berikut ulasannya:

1. Asam Pedas Ikan Baung

gambar makanan khas riau asam pedas ikan baung
recipeamak.blogspot.com

Makanan dengan olahan asam pedas memang cukup terkenal di Pulau Sumatera. Di Minangkabau terdapat hidangan yang diberi nama asam padeh, sementara di Aceh dikenal dengan asam keueng. Tentu saja Riau juga memiliki makanan asam pedas yang khas.

Menu asam pedas ikan baung menjadi salah satu yang favorit di Riau. Makanan ini juga selalu tersaji pada acara adat seperti saat pernikahan hingga saat hari raya. Ikan baung sendiri memiliki daging warna putih. Teksturnya yang lembut dan padat membuat banyak orang menyukainya.

Kenikmatan daging ikan baung akan semakin mantap ketika dicampur dengan bumbu asam pedas khas Riau. Daging ikan baung yang tebal dan jarang ada duri membuat ikan ini jadi andalan untuk dimasak dengan cara asam pedas.

2. Nasi Lemak

gambar makanan khas riau nasi lemak
doyanresep.com

Nasi lemak merupakan olahan nasi yang cukup terkenal. Nasi dengan proses memasak dengan santan ini sangat enak dan gurih. Mengapa disebut nasi lemak ya? Ternyata proses memasak dengan santan membuat minyak dari santan jadi tercampur. Maka nasi tersebut terlihat berlemak.

Namun dalam Bahasa Minang, lemak sendiri diambil dari kata lamak yang artinya gurih dan berminyak. Untuk membuatnya semakin gurih, nasi lemak juga bisa dimasak dengan memakai daun pandan. Rasanya yang sangat gurih membuat nasi lemak sangat enak dikonsumsi meski tanpa memakai lauk apapun.

Meski begitu, banyak sajian nasi lemak khususnya Riau yang memakai tambahan lauk. Beberapa lauk yang sering disajikan bersama nasi lemak antara lain telur rebus, ikan teri, tahu dan tempe. Bahkan ada yang menambahkan ayam goreng dan rendang agar rasanya semakin mantap.

3. Gulai Ikan Patin 

gambar makanan khas riau gulai ikan patin
resepmasakandapurindonesia.blogspot.com

Pastinya semua orang akrab dengan masakan gulai. Olahan dengan santan dan rempah-rempah ini sangat menggugah selera. Riau sendiri memiliki makanan andalan dengan gulai ikan patin. Dalam proses memasaknya, makanan ini memakai tempoyak yakni daging yang sudah difermentasi.

Untuk mengurangi rasa tempoyak yang menyengat, maka masakan ini memakai santan. Akhirnya rasa gulai ini pun menjadi gurih yang bercampur dengan asam. Makanan ini termasuk makanan utama bagi warga sekitar karena patin yang mudah dicari dan cara membuatnya yang mudah.

4. Roti Jala

gambar makanan khas riau roti jala
lintasusaha.com

Makanan berikutnya adalah makanan selingan. Kuliner yang asalnya dari India ini merupakan salah satu makanan yang masuk ke Indonesia dan sedikit dimodifikasi. Roti jala ini termasuk kuliner spesial saat Ramadhan karena banyak dijual sebagai menu buka puasa.

Roti jala khas Riau ini memiliki banyak isian mulai dari buah-buahan seperti nanas hingga kari kambing. Makanan ringan ini disukai banyak orang karena teksturnya yang renyah dan pastinya sangat enak jika dikonsumsi saat bersantai.

5. Mie Sagu

gambar makanan khas riau mie sagu
kelanariau.blogspot.com

Kuliner satu ini juga sering disebut dengan kuliner selingan. Mie sagu akan banyak ditemukan di Pulau Tebing Tinggi serta Kabupaten Kepulauan Meranti. Kuliner satu ini termasuk legendaris karena sudah banyak dikonsumsi sejak zaman dahulu.

Sesuai namanya, makanan ini terbuat dari tepung sagu. Ada hal yang spesial dari menu satu ini karena ada ikan teri atau ikan bilis yang dicampur dalam masakan ini. Tak sampai situ saja, makanan ini juga sering ditambahkan daun kucai dan tauge.

Banyak orang yang menyukai mie sagu ini karena memiliki kekenyalan yang berbeda. Jika mie pada umumnya terbuat dari terigu biasa, maka mie satu ini menjadi spesial karena terbuat dari sagu. Pastinya bisa menjadi pengalaman makan yang tidak terlupakan.

6. Sup Tunjang

gambar makanan khas riau sup tunjang
riauberbagi.blogspot.com

Tunjang merupakan tulang muda yang dicampur dengan iga sapi. Biasanya makanan ini ditemukan di restoran padang dengan olahan gulai. Namun kuliner khas Riau ini memiliki perbedaan karena dimasak dengan kuah bening.

Sup dengan rasa segar ini juga memiliki kuah agak kuning. Rasa sup semakin mantap dengan tambahan tomat, wortel, kentang dan irisan daun bawang. Kuahnya memang sangat kuat karena bumbunya terdiri dari kayu manis, bawang putih, cengkeh, jahe dan bawang merah.

Percampuran kuah dengan cita rasa yang lezat ditambah daging yang lembut membuat sup ini memiliki banyak penggemar. Apalagi jika tunjang yang dipilih juga kenyal dan kualitas terbaik yang membuat sup ini semakin nikmat.

7. Miso

gambar makanan khas riau miso
asiknyaberbagipku.blogspot.com

Namanya memang mirip makanan Jepang tapi makanan ini merupakan kuliner Riau yang bisa ditemui di Kota Madani. Sebenarnya seperti apa bentuk miso? Nah, makanan kuah ini mencampur beberapa bahan seperti ayam yang sudah disuwir, tahu kering, mie putih dan mie kuning.

Makanan khas Riau ini semakin nikmat dengan tambahan renyahnya kulit ayam dan juga beberapa potong tulang ayam. Pastinya akan sangat segar dan enak ketika mengonsumsi makanan yang cocok dikonsumsi saat cuaca dingin ini.

8. Sop dan Sate Rusa

gambar makanan khas riau sop dan sate rusa
foodnesia.net

Sop serta sate dengan daging sapi maupun kambing memang umum dijual dan dikonsumsi banyak orang. Tapi bagaimana dengan daging rusa? Nah, kuliner Riau ternyata menawarkan hal yang tak biasa yakni sop dan juga sate rusa.

Daging rusa yang empuk ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi pecintanya. Tak sampai situ saja, olahan daging rusa ini juga dicampur bumbu rempah yang menggugah selera. Sop dan sate rusa menjadi kesatuan makanan yang tak bisa dipisahkan. Apalagi ditambah sayuran seperti wortel dan kentang yang dimasukkan ke sop.

9. Ikan Asap Selais

gambar makanan khas riau ikan asap selais
lifestyle.okezone.com

Ikan selais mungkin kurang akrab di telinga banyak orang. Tapi ikan ini mudah ditemukan di Riau. Bentuk ikan ini pipih dan memanjang. Bentuk kepalanya seperti kerucut. Uniknya ikan yang punya dua kumis ini tidak mempunyai sisik. Selain hidup di sungai, ikan selais juga bisa ditemukan di danau.

Olahan ikan selais pun beragam. Ada yang lebih senang digoreng, dipindang, atau digulai. Namun salah satu olahan yang unik dan menarik adalah dengan cara diasap. Waktu pengasapan juga tidak main-main, yaitu sekitar 8 jam.

Proses ini merupakan salah satu budaya yang diturunkan dari nenek moyang. Tak hanya bisa memunculkan aroma yang sedap, ternyata ikan asap selais bisa awet hingga 1 tahun. Ikan ini semakin nikmat karena dikonsumsi dengan sambal yang pedas. Pastinya ikan asap selais jadi menu andalan para pecinta pedas.

10. Lopek Bugi

gambar makanan khas riau lopek bugi
kelanariau.blogspot.com

Kuliner satu ini termasuk kuliner manis yang terkenal asal Riau. Nama lopek bugi sendiri diambil dari kata lepat dan bugi. Kata lepat memiliki arti makanan yang diolah dari bahan ketan. Kemudian olahan ketan tersebut dibungkus memakai daun pisang. Sementara kata bugi merupakan sebutan bagi beras ketan yang sudah ditumbuk halus memakai lesung.

Selain ketan, bahan dasar untuk membuat lopek bugi adalah kelapa, gula pasir dan kelapa. Cara membuatnya juga mudah. Pertama, cukup campurkan santan dengan tepung ketan. Jangan lupa tambahkan garam dan air. Campur aduk adonan hingga kalis. Untuk isinya, gunakan kelapa parut dan gula pasir yang disangrai.

Terakhir, adonan dibentuk bulat dan diisi dengan parutan kelapa yang sudah disangrai. Setelah dibungkus daun pisang, kukus hingga 30 menit. Makanan satu ini punya rasa yang gurih dan manis. Tak hanya itu, teksturnya yang lembut bikin orang ketagihan untuk mengkonsumsinya.

11. Lakse Kuah

gambar makanan khas riau lakse kuah
flickr.com

Kuliner dengan sajian kuah ini memiliki bahan dasar sagu. Bentuk isiannya sebenarnya mirip seperti mie dan berwarna putih. Untuk kuahnya, lakse ini dicampur dengan kuah kari yang warnanya merah. Cita rasa gurih yang dirasakan dari makanan ini muncul dari bumbu rempah seperti bawang merah, bawang bombay, cabai, ketumbar dan santan.

Untuk menambah cita rasa, makanan ini juga sering ditambahkan ikan teri atau tambal. Biasanya makanan ini dijadikan menu untuk makan siang maupun makan malam. Wah, menu khas Riau satu ini memang patut dicoba!

12. Mie Tarempa

gambar makanan khas riau mie tarempa
kompasiana.com

Mie satu ini awalnya adalah mie dengan tekstur kering. Namun seiring perkembangan zaman, mie satu ini diberi tambahan kuah. Hal ini untuk membuat variasi pada tekstur dan juga warna. Topping di atasnya juga semakin bervariasi. Dulunya lauk yang dicampur ke mie tarempa adalah ikan tongkol.

Sekarang banyak menu mie tarempa yang  memakai daging sapi dan seafood. Jika ingin membayangkan, mie tarempa ini sebenarnya mirip dengan mie Aceh. Dari tampilannya, mie ini memiliki warna merah. Potongan mie nya juga lebar seperti mie Aceh.

Namun, mie tarempa memiliki perbedaan. Mie satu ini rasanya asam manis dan memiliki sedikit rasa pedas. Kuahnya tidak terlalu berminyak. Rasa asam manis itu juga bercampur dengan tekstur renyah yang didapat dari tauge. Mie satu ini semakin mantap dengan tambahan olahan makanan laut seperti udang, cumi, dan bakso ikan.

13. Mie Lendir

gambar makanan khas riau mie lendir
ksmtour.com

Olahan mie satu ini punya ciri khas yang jadi daya tariknya. Mie dengan kuah kental cokelat ini rasanya gurih. Disebut mie lendir karena tekstur kuahnya yang dibuat dari ubi jalar dan kacang tanah. Untuk mie yang dipakai adalah mie kuning biasa. Makanan ini bisa dengan mudah ditemukan di berbagai warung makan.

Ada hal unik lain di balik makanan khas Riau ini. Siapa sangka ternyata orang yang pertama kali membuatnya adalah orang Jawa. Namun karena dibuat di tanah Riau tentu makanan ini lebih terkenal di Riau dan juga di daerah Tanjung Balai Karimun serta Batam.

14. Gulai Siput

gambar makanan khas riau gulai siput
traveltodayindonesia.com

Siput mungkin bukan bahan yang bisa diolah menjadi makanan karena sering dianggap sebagai hama tanaman. Tapi makanan khas Riau ini justru berbahan dasar siput. Untuk membuat olahan siput ini, cukup mencampur berbagai bumbu rempah dan santan guna mengeluarkan rasa gurih siput.

Siput yang biasa dipakai untuk makanan ini adalah siput sedut. Bahan makanan ini juga mudah ditemukan di berbagai pasar Riau. Jadi saat membuatnya tak perlu repot-repot berburu di sawah. Sesuai dengan namanya, untuk memasaknya tentu hanya membutuhkan bumbu gulai.

15. Ikan Cuka

gambar makanan khas riau ikan cuka
resepikan88.blogspot.com

Jenis makanan ini juga sering disebut ikan cuko dalam masakan padang. Jenis ikan yang biasa dipakai adalah ikan tuna kecil. Untuk memasaknya, ikan ini digoreng terlebih dahulu dan dicampur dengan bawang  dan cabai. Setelah itu, campurkan pula dengan cuka asam. Dengan begitu hidangan ini menjadi segar dan gurih.

Untuk membuatnya memang membutuhkan kesabaran karena proses menggorengnya harus tepat. Jika salah ikan akan menjadi keras dan cenderung amis. Padahal daging tuna yang empuk menjadi salah satu incaran orang yang ingin mengkonsumsi ikan cuka. Segarnya santapan ini sangat cocok bila ingin dikonsumsi dengan nasi panas di siang hari.

16. Bacah Daging

gambar makanan khas riau bacah daging
cookpad.com

Makanan ini sebenarnya mirip dengan dendeng. Namun ada beberapa hal yang membedakan. Sama seperti dendeng, bacah daging dibuat dengan daging sapi. Tentu saja bahannya sangat mirip dengan dendeng ataupun rendang yang biasa dikonsumsi banyak orang.

Memang dari tampilan maupun bahan untuk membuatnya, bacah daging sangat mirip dengan rendang. Tapi ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok yaitu cara memakannya. Bacah daging dikonsumsi dengan ketupat. Maka dari itu, makanan ini sebenarnya akan ditemukan pada saat hari raya saja.

17. Gulai Belacan

gambar makanan khas riau gulai belacan
ringkaskata.com

Kuliner khas Riau ini mencampurkan gulai dengan bahan dasar udang. Gulai ini sendiri dicampur dengan berbagai rempah khas Riau. Pastinya olahan udang satu ini akan disukai oleh banyak orang karena rasanya yang pedas dan gurih.

Pertama-tama udang segar akan dicampur dengan berbagai bahan rempah pilihan seperti asam jawa, kemiri dan lada. Tak lupa udang yang sudah berbumbu dicampur dengan santan. Setelah itu dimasak sampai matang. Beberapa jenis gulai belacan menggunakan udang sungai dan ada pula yang memakai udang laut. Agar lebih mantap bisa dicampur petai.

18. Kue Asidah

gambar makanan khas riau kue asidah
pariwisata.riau.go.id

Camilan asal Riau ini ternyata terinspirasi dari makanan Timur Tengah. Meskipun memang berasal dari luar negeri, rasanya sudah disesuaikan dengan selera masyarakat sekitar. Camilan satu ini terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan rempah. Rasanya pun menjadi sangat lezat. Apalagi dengan tekstur yang lembut.

Saat dimakan, kue asidah seperti meleleh di mulut. Uniknya lagi, makanan ini dicampur dengan rasa gurih yang muncul dari bawang goreng. Kue ini sendiri sangat enak jika dikonsumsi bersama teh dan kopi. Rasa rempah yang begitu terasa membuat kue asidah mencerminkan sebuah rasa melayu.

Rasa rempah yang akan dirasakan begitu mengkonsumsi makanan ini antara lain kayu manis, cengkeh, dan pandan. Tak hanya terasa manis, kue asidah akan memberikan tekstur lembut. Biasanya kue ini dihidangkan dengan bawang goreng. Pastinya bisa terbayangkan betapa enaknya campuran kue manis dengan renyahnya bawang goreng.

19. Cincalok

gambar makanan khas riau cincalok
id.wikipedia.org

Kuliner khas Riau ini terbuat dari udang kecil. Metode fermentasi yang dipakai membuat udang kecil ini memiliki aroma yang khas karena prosesnya dibantu dengan kelompok bakteri asam laktat. Dengan bakteri tersebut dapat menciptakan aroma serta rasa yang khas.

Udang yang dipakai untuk makanan ini adalah gudang jenis genus Acutes. Pertama-tama udang yang akan dipakai perlu disiram air agar bersih dari air laut. Setelah benar-benar bersih, udang kemudian dicampur dengan garam. Untuk mencampurnya, udang dan garam harus didiamkan pada wadah yang ditutup selama kurang lebih 20 sampai 30 hari.

Cincalok sendiri tidak langsung dikonsumsi sebab biasanya cincalok dipakai untuk melengkapi menu makanan lainnya.Yaitu makanan yang enak jika dicampur cincalok seperti sambal dan juga ikan asin. Makanan khas Riau ini memang jadi penambah rasa yang nikmat bagi setiap makanan.

20. Sop Tunjang

gambar makanan khas riau sop tunjang
picbabun.com

Kuliner ini termasuk yang banyak penggemarnya. Hampir setiap orang Riau merekomendasikan makanan ini untuk dikonsumsi oleh para pendatang. Apalagi makanan ini sangat mudah ditemui di berbagai restoran. Rasanya yang gurih dan pedas membuat sop ini menjadi makanan yang sangat istimewa.

Tak sampai situ saja, cara makannya juga bisa dibilang seru karena banyak bagian tulang daging yang bisa diseruput dengan kuahnya. Bagian sapi yang dipakai untuk memasak sop tunjang adalah bagian kaki. Meski ada beberapa orang yang mengira bahwa sop tunjang ini memakai bagian iga.

Makanan ini akan semakin istimewa  karena bumbu yang dipakai. Bumbu yang dimasukkan dalam sop tunjang juga mirip layaknya sup biasa yaitu dengan bawang putihdan bawang merah. Namun sup tunjang juga ditambah cengkeh dan kayu manis. Sayuran yang dipakai juga sama yaitu kentang, wortel dan seledri. 

Tak hanya sampai situ saja, sop tunjang juga memiliki proses memasak yang unik. Biasanya restoran yang menyediakan menu sop tunjang akan memasaknya dengan kayu bakar. Pastinya akan membuat rasa daging menjadi lebih terasa dan bumbu jadi lebih meresap. 

21. Gulai Cipuik

gambar makanan khas riau gulai cipuik
review.bukalapak.com

Dalam bahasa Indonesia, cipuik sebenarnya memiliki arti siput. Memang rasanya aneh jika mengkonsumsi siput padahal hewan ini merupakan hewan hama tanaman. Tapi gulai cipuik termasuk salah satu kuliner khas Riau yang banyak dicari.

Dengan proses memasak yang baik membuat rasa gulai cipuik menjadi enak. Tekstur dan kombinasi rasanya juga pas. Tekstur kenyal pada siput dicampur bumbu gulai yang gurih membuat makanan ini jadi idola di Riau. Rasa gurih yang dihasilkan tidak hanya muncul dari bumbu gulai saja tetapi juga muncul dari daging siput itu sendiri. Tertarik mencobanya?

Meski beberapa makanan terbuat dari bahan rempah pada umumnya di Indonesia, namun kekayaan rempah pada masakan Riau membuat siapa saja jadi tergoda mencicipinya. Apalagi ada kudapan manis yang rasanya tak kalah enak dan menggoyang lidah.

LEAVE A REPLY