Makanan Khas Palembang

Palembang menjadi salah satu kota yang menarik untuk dijelajahi. Tak hanya terkenal dengan Sungai Musi, Palembang juga terkenal dengan kulinernya yang kaya. Salah satu makanan yang sangat terkenal adalah pempek.

Tak hanya pempek, makanan khas Palembang ternyata beragam bentuknya. Berikut rekomendasi makanan khas Palembang yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke sini. Banyak keunikan rasa yang akan ditemukan saat mencicipi kuliner di Palembang.

1. Pempek

gambar makanan khas palembang Pempek
wartawisata.id

Makanan satu ini sangat terkenal. Bahkan, bisa dengan mudah menemukan pedagang pempek di seluruh daerah di Indonesia. Makanan khas satu ini dibuat dari daging ikan yang dicampur dengan sagu. Namun, ada pula modifikasi yang mencampurnya dengan tepung kanji.

Isiannya juga beragam mulai dari telur, kulit telur, tahu hingga udang. Makanan kudapan ini akan semakin nikmat dengan saus cuka. Orang Palembang menyebutnya dengan cuko pempek, yang dibuat dari cabai rawit, ebi, gula merah dan juga garam. Pastinya, makanan satu ini jadi kesukaan semua orang.

2. Tekwan

gambar makanan khas palembang Tekwan
diadona.id

Makanan berkuah ini berbahan dasar ikan yang ditambah dengan tepung tapioka. Setelah dicampur, adonan tersebut dibuat bulatan dan direbus. Makanan satu ini semakin nikmat dengan tambahan kuah udang. Jika dilihat sekilas, tekwan mirip dengan makanan khas Palembang yang disebut model.

Namun, ada yang membedakan antara keduanya yakni isiannya. Tekwan biasanya disajikan dengan soun, bawang goreng dan daun bawang. Namun, ada yang membuat tekwan menjadi istimewa, karena biasanya ditambah jamur kuping yang sudah diiris tipis. Uniknya lagi, tekwan juga disajikan dengan irisan bengkoang.

Ada hal unik lain dari makanan berkuah ini. Ternyata, ada sebuah prinsip yang ada di dalam makanan ini. Ternyata nama tekwan diambil dari kata berkotek samo takwan, yang artinya mengobrol bersama teman. Dengan kata lain, makanan ini cocok dikonsumsi saat berkumpul bersama teman-teman.

3. Laksan

gambar makanan khas palembang Laksan
wisatapalembangblog.wordpress.com

Makanan satu ini dibuat dengan tepung sagu yang dicampur dengan ikan. Memang, sekilas rasanya akan mirip dengan pempek. Namun, uniknya makanan ini ada pada kuahnya. Biasanya, laksan dinikmati dengan kuah santan. Jadi, bisa dibayangkan makan laksan sama seperti makan lontong sayur.

Kuahnya begitu gurih dengan berwarna kemerahan. Untuk menambah gurih, makanan ini biasanya ditambahkan udang kering, bawang putih, merica dan tak lupa bawang putih. Paduan rasa membuat kuahnya semakin unik dan disukai banyak orang. Biasanya, makanan ini dikonsumsi sebagai pengganjal perut, karena memang porsinya yang tidak terlalu banyak.

4. Celimpungan

gambar makanan khas palembang Celimpungan
indozone.id

Lagi-lagi makanan Palembang ini mirip dengan pempek. Mengapa bisa dibilang mirip? Ternyata, celimpungan dibuat dari tepung sagu dan ikan. Namun, penyajian kuahnya membuat celimpungan menjadi berbeda dengan pempek maupun laksan.

Celimpungan ternyata memiliki kuah bersantan, sama seperti laksan. Hanya saja, celimpungan memiliki kuah kuning. Tidak seperti laksan yang punya warna kuah kemerahan. Bentuk isiannya pun pipih dan lebar. Diameternya bahkan mencapai 10 cm.

Makanan ini sangat cocok bagi orang yang tidak suka pedas, sebab rasanya hanya gurih saja. Celimpungan juga biasanya disajikan dengan lontong dan juga kerupuk udang. Tentu saja, sajian ini akan menjadi kuliner yang gurih, dan pastinya bikin perut kenyang.

5. Burgo

gambar makanan khas palembang burgo
commons.wikimedia.org

Kuliner satu ini bisa dibilang makanan yang sederhana. Hal tersebut dilihat dari bahan yang dipakai, serta cara membuatnya. Burgo hanya memakai tepung beras dan sagu, yang kemudian disiram dengan kuah santan. Seiring berkembangnya zaman, makanan ini pun diberi tambahan seperti telur rebus dan ayam yang sudah disuwir.

Untuk membuatnya, bisa dibilang cukup mudah. Pertama, masak adonan tepung beras dan sagu seperti saat membuat telur dadar. Setelah matang, adonan ini kemudian digulung dan diiris kecil-kecil. Tak lupa ditambahkan kuah, agar semakin nikmat.

Kuah yang dipakai merupakan kuah udang. Bahan yang dipakai untuk membuat kuah antara lain ketumbar, kunyit, lengkuas, bawang putih dan santan. Tentu saja, rasa gurih akan semakin terasa, apalagi dengan menu tambahan seperti telur dan ayam yang disuwir.

6. Lakso

gambar makanan khas palembang Lakso
pinterest.co.uk

Lakso menjadi salah satu makanan unik, karena tak mudah ditemui di daerah lain. Makanan yang terbuat dari tepung beras dan sagu ini, bentuknya sebenarnya mirip mie. Hanya saja, makanan ini dibiarkan menempel dan menggulung satu sama lain. Rasa akan semakin enak dengan memakai kaldu ikan.

Ikan yang dipakai dalam makanan ini, biasanya ikan gabus. Jenis ikan satu ini dipercaya tinggi protein, dan pastinya mudah didapat oleh masyarakat setempat. Jika ingin dibayangkan, lakso sendiri memiliki bentuk layaknya pempek keriting. Biasanya, cetakan yang digunakan untuk lakso dan mie keriting sama.

Untuk urusan kuah, rasa dari kuah ini tentu gurih, apalagi ditambah dengan ikan gabus. Warna kuahnya sedikit kehijau-hijauan, namun rasanya tak perlu diragukan. Makanan ini juga mudah ditemui, karena memang harganya yang terjangkau.

7. Martabak Palembang

gambar makanan khas palembang Martabak Palembang
ksmtour.com

Palembang juga punya martabak andalan yang unik. Dari segi isian, martabak ini mirip dengan martabak umumnya, yakni telur bebek atau telur ayam yang dicampur daging dan sayuran. Hanya saja, kuah untuk menemani martabak ini cukup berbeda. Martabak bisa dikonsumsi dengan kari yang diisi dengan kentang.

Proses memasaknya juga sama dengan martabak pada umumnya. Adonan digoreng dengan membentuk bulatan. Setelah sudah setengah matang, baru akan digulung dengan kulit martabak sampai matang, dan kulit martabak menjadi kering.

Martabak satu ini juga biasa dikenal dengan martabak HAR. Ternyata, asal usulnya martabak ini dibuat oleh seseorang yang bernama Haji Abdul Rozak. Penciptanya merupakan keturunan India, sehingga tak heran jika kuah kari dipilih untuk menemani martabak ini, sebab kari memang makanan asli India.

8. Mie Celor

gambar makanan khas palembang Mie Celor
merahputih.com

Mie celor mirip dengan mie khas Aceh, mie ini memang memiliki kuah kental dengan campuran santan dan ebi. Selain kuahnya yang khas, mie celor juga semakin nikmat dengan tambahan kucai, telur, daging udang dan tak lupa tauge. Rasa mie celor juga semakin unik, dengan olahan mie telur dengan tekstur kenyal.

Olahan mie satu ini ternyata tidak digemari oleh orang Palembang saja. Orang-orang di Sumatera Selatan juga sangat menyukai mie celor. Biasanya, kuliner ini dikonsumsi saat pagi hari. Untuk menemukan pedagang mie celor, silaan berkunjung ke Jalan KH Ahmad Dahlan.

9. Pindang Ikan Patin

gambar makanan khas palembang Pindang Ikan Patin
faktualnews.co

Ikan patin termasuk jenis ikan yang banyak ditemukan di Palembang. Maka tak heran, jika banyak olahan dengan ikan yang memiliki penampilan hitam ini. Tak hanya rasanya yang enak, ikan ini juga punya tekstur daging yang lembut. Hal ini membuat pindang ikan pating banyak penggemarnya.

Olahan pindang juga membuat ikan jadi semakin gurih dan segar, apalagi ketika dikonsumsi dalam kondisi hangat. Untuk membuat sajian pindang yang segar, bumbu yang digunakan sangat lengkap. Mulai dari belimbing sayur, bawang merah, kunyit, jahe hingga serai. Rasa asam dari belimbing, membuat makanan berkuah ini semakin banyak penggemarnya.

10. Pindang Tulang

gambar makanan khas palembang Pindang Tulang
pinterest.com

Mirip dengan sajian pindang patin, bumbu dari pindang menjadi pasangan yang pas dengan tulang. Dari segi bumbu, makanan ini sama seperti pindang biasa. Tapi rasanya jadi unik, karena ditambah cita rasa tulang. Biasanya, tulang yang dipakai merupakan tulang yang memiliki sedikit daging dan memakai bagian sumsum, agar rasa semakin enak.

Untuk membuatnya, tulang sapi terbaik akan dicampur dengan bumbu seperti lengkuas, bawang merah, kunyit dan juga cabai, setelah itu langsung dimasukkan tulang. Hasilnya pun menjadi pindang dengan kuah bening dan memiliki warna sedikit kecoklatan. Makanan ini semakin enak dengan tambahan tomat dan sayuran.

Tak hanya rasa asam manis yang membuat pindang tulang menjadi primadona. Rasa segar saat dimakan hangat-hangat, menjadi penyebab mengapa banyak orang sangat menyukai hidangan satu ini. Maka, jangan sampai melewatkan pindang tulang saat berkunjung ke Palembang.

11. Sate Sapi Cucuk Manis

gambar makanan khas palembang Sate Sapi Cucuk Manis
medium.com

Sate menjadi kuliner nusantara yang mudah ditemui di mana saja. Makanan dengan bahan dasar daging ini ditusuk ke lidi, yang disebut tusuk sate. Setelah itu, daging dibakar dengan menggunakan bumbu kecap. Nah, Palembang juga punya makanan khas sate.

Sate yang diberi nama sate cucuk manis ini banyak dijual di daerah Kapten Anwar Sastro. Makanan khas ini memang seperti sate pada umumnya, yakni memiliki bahan dasar daging. Tapi yang membedakan adalah bumbu yang dipakai.

Bumbu yang dipakai antara lain cuko yang dicampur dengan kuah pondah dan tauco. Bumbu cuko yang biasa dikonsumsi dengan pempek ini disiram ke tusuk sate. Rasanya pun menjadi asam dan juga manis. Wah, makanan ini semakin menjadi primadona, karena perpaduan rasa dan bumbu yang unik.

12. Kemplang

gambar makanan khas palembang Kemplang
helloindonesia.id

Kerupuk menjadi makanan yang tak terpisahkan dari orang Indonesia. Kurang lengkap rasanya jika makan tanpa kerupuk. Palembang juga memiliki kerupuk yang sering dijadikan kudapan, yaitu kemplang. Makanan ringan ini biasanya dibuat dengan ikan gabus dan tenggiri.

Bentuknya pun berbagai macam. Ada yang besar, kecil, pipih dan lain sebagainya. Bahkan, ada pula yang berbentuk bulat dan sering disebut kemplang getas. Rasanya yang gurih membuat siapa saja pasti senang mengonsumsi kemplang di saat santai. Ada satu jenis kemplang yang juga unik dan banyak penggemarnya,

Kemplang bakar menjadi varian kemplang yang kerap dijadikan oleh-oleh. Cara memasaknya dengan dibakar, membuat rasa kemplang menjadi unik. Belum lagi ditambah dengan sambal yang dicampur dengan ebi. Pastinya, kemplang menjadi salah satu primadona kuliner asal Palembang.

13. Godo-Godo

gambar makanan khas palembang Godo-Godo
cookpad.com

Jangan bayangkan godo-godo memiliki bentuk gado-gado seperti yang banyak dijual di Pulau Jawa. Lagi-lagi, makanan satu ini akan semakin nikmat, jika ditemani cuko alias kuah yang biasa dipakai untuk makan pempek.

Makanan ini memang mirip dengan pempek. Bahan yang dipakai untuk membuatnya antara lain telur ayam, terigu dan garam. Agar rasanya semakin mantap, olahan godo-godo ditambahkan potongan daun bawang. Setelah diaduk merata, barulah adonan digoreng. Wah, membayangkannya saja sudah bikin ngiler.

14. Gulo Puan

gambar makanan khas palembang Gulo Puan
indonesia.go.id

Dalam bahasa Indonesia, gulo puan memiliki arti gula susu. Makanan satu ini memang menjadi makanan manis yang terkenal dari palembang. Untuk membuatnya, gulo puan membutuhkan susu dan gula. Uniknya, susu yang dipakai adalah susu kerbau jenis rawa.

Sebelum dipanaskan selama lima jam, susu ini akan dicampur dengan gula pasir terlebih dahulu.  Setelah matang, makanan ini akan memiliki tekstur pasir, dan pastinya rasanya juga manis. Gulo puan sendiri biasanya dipakai untuk menjadi selai. Biasanya, makanan ini dioleskan ke pisang maupun roti. Pastinya, hal itu akan menjadi teman yang pas saat ngopi.

Tapi, kuliner ini ternyata termasuk makanan yang cukup mahal, karena bahannya memakai susu kerbau. Makanan ini juga ternyata merupakan makanan bagi bangsawan dan istana. Tapi jika ingin mencobanya, makanan ini masih dijual di pasar, kok.

15. Roti Koing

gambar makanan khas palembang Roti Koing
ngidangbuko.wordpress.com

Camilan satu ini ternyata termasuk makanan khas yang ditemukan saat bulan Ramadan. Roti dengan rasa mirip roti tawar ini, biasanya dikonsumsi bersama minuman hangat seperti susu, teh atau kopi. Roti ini memang memiliki tekstur keras tapi justru menjadi nikmat ketika dicelupkan ke minuman hangat.

Makanan ini mungkin kurang dikenal seperti pempek atau mie celor. Tapi, makanan sederhana satu ini jadi kesukaan warga Palembang. Selain rasanya yang enak, harganya juga terbilang murah. Satu bungkus roti, bisa dibeli dengan harga Rp2.000 sampai Rp3.000 saja.

16. Sambal Tempoyak

gambar makanan khas palembang Sambal Tempoyak
twitter.com

Keunikan kuliner Palembang memang menjadi daya tarik tersendiri. Salah satu yang unik adalah sambal tempoyak. Siapa sangka sambal satu ini berbahan dasar buah durian? Meski dikenal sebagai buah manis, olahan durian ini justru menjadi teman makan warga Palembang.

Menurut warga sekitar, sambal ini akan semakin mantap, jika dimakan dengan aneka olahan pindang, seperti pindang patin dan pindang tulang. Sekarang, ternyata sudah sulit untuk menemukan penjual makanan satu ini.

17. Nasi Minyak

gambar makanan khas palembang Nasi Minyak
nyonyacooking.com

Olahan nasi ini sering disebut minyak, karena memang diolah dengan minyak. Hanya saja, minyak yang dipakai adalah minyak samin. Namun semakin ke sini, banyak orang yang menggantinya dengan mentega, karena sama-sama membuat nasi menjadi berminyak.

Nasi ini termasuk yang memiliki sejarah panjang di Palembang. Ternyata, nasi minyak awalnya disajikan hanya setiap Jumat. Kala itu, Sultan Palembang mengonsumsi nasi minyak setelah salat Jumat. Selain itu, hidangan ini akan muncul hanya pada acara penting, seperti pesta atau hajatan.

Kala itu, tak semua orang bisa mengonsumsi nasi minyak. Hanya tamu dan keluarga sultan saja yang bisa mencoba nasi minyak. Biasanya, nasi ini disajikan dengan malbi yang merupakan olahan daging sapi. Malbi bisa disebut mirip rendang, karena diolah dengan banyak rempah-rempah. Rasanya penasaran dengan makanan sultan yang satu ini.

18. Kue Mento

gambar makanan khas palembang Kue Mento
masakapaya.com

Kue satu ini juga banyak ditemukan pada saat bulan Ramadan. Banyak orang yang memilih mento sebagai pilihan menu berbuka. Bahan dasar untuk membuat kue ini cukup mudah yaitu tepung beras, telur, santan yang diberi garam. Isiannya juga cukup menarik, yaitu daging ayam yang sudah disuwir ditambah larutan kelapa.

Setelah adonan diisi, kue kemudian dibungkus dengan daun pisang. Setelah itu, kue dikukus hingga matang. Tak hanya cocok untuk menu berbuka, banyak orang juga menjadikan kue mento sebagai menu oleh-oleh yang pastinya disukai oleh semua kalangan.

19. Ragit

gambar makanan khas palembang Ragit
lifestyle.okezone.com

Jika mendengar kata ragit mungkin yang terpikirkan adalah kue ragit asal Indramayu. Namun, kue ini memang berbeda, karena kue ragit asal Palembang, sebenarnya mirip dengan roti jala. Ragit ini mirip dengan makanan khas India, yang rasanya manis dan cocok disajikan dengan kuah kari.

Rasa manis, asin dan pedas membuat ragit banyak penggemarnya. Keunikan rasanya, membuat banyak orang ingin mencobanya terus menerus. Hanya saja, ragit mulai sulit didapatkan, sebab hanya dimasak pada saat acara tertentu, misalnya hajatan

20. Model

gambar makanan khas palembang Model
lifestyle.okezone.com

Memang kuliner Palembang punya rasa yang hampir mirip-mirip, termasuk makanan satu ini. Model dibuat dari campuran ikan tenggiri, tepung sagu, telur dan ditambah dengan tahu cina. Makanan ini biasanya disajikan dengan kuah udang yang memiliki rasa gurih. Rasa udang akan sangat terasa, begitu makan kuliner khas Palembang satu ini.

Untuk membuatnya, ikan tenggiri yang sudah bersih dicampur dengan telur, garam dan sedikit air dingin. Campur bahan tersebut sampai kental. Adonan ini kemudian dibentuk dan diisi dengan tahu cina. Setelah jadi, adonan ini kemudian digoreng.

Rasa renyah akan semakin nikmat dengan sajian timun yang dicampur dengan bawang goreng dan soun. Jangan lupa untuk menuangkan kuah udang, hal itu membuat model menjadi makanan gurih dan segar yang jadi incaran banyak orang. Makanan ini juga mudah ditemui saat berkunjung ke Palembang.

21. Otak-Otak Kuah Cuko

gambar makanan khas palembang Otak-Otak Kuah Cuko
helloindonesia.id

Otak-otak termasuk makanan yang dikenal banyak orang. Nah, Palembang ternyata juga memiliki makanan khas dengan olahan otak-otak. Sesuai dengan namanya, otak-otak ini tidak disajikan bersama bumbu kacang. Tapi, tentu saja ditemani dengan kuah cuko yang biasa dikonsumsi dengan pempek.

Cara membuatnya pun mirip dengan pembuatan otak-otak. Ikan tenggiri yang dicampur dengan santan, tepung sagu, garam dan daun bawang kemudian dimasukkan ke daun pisang. Setelah itu, dibakar sampai matang.

Tekstur kenyal otak-otak dan juga rasa ikannya yang sangat berasa, membuat makanan ini banyak penggemarnya. Apalagi disajikan bersama kuah cuko yang asam manis. Pastinya, saat datang ke Palembang tak boleh terlewat mencicipi cita rasanya yang unik ini.

22. Lempok

gambar makanan khas palembang Lempok
bukalapak.com

Kuliner khas Palembang ini sebenarnya mirip dengan dodol. Secara tampilan luar benar-benar mirip, karena berwarna coklat dan teksturnya kenyal. Hal yang membuatnya unik adalah lempok dibuat dari durian asli. Wah, bisa terbayang rasa manis dari gula dan tekstur kenyal dari tepung beras, bercampur jadi satu menjadi lempok.

Cara memasaknya juga ternyata mirip dengan dodol. Semua bahan dicampur pada kuali besar, kemudian diaduk sampai teksturnya kenyal. Pembuatannya cukup memakan waktu lama, loh. Untuk mengolah satu kuali saja membutuhkan waktu 4 jam. Setelah sudah matang, biasanya lempok akan dimasukkan ke dalam plastik sesuai dengan ukurannya masing-masing.

23. Brengkes Tempoyak

gambar makanan khas palembang Brengkes Tempoyak
helloindonesia.id

Apa jadinya jika ikan patin dicampur dengan durian? Wah, pastinya jadi kuliner yang sangat unik. Brengkes tempoyak menjadi salah satu daya tarik kuliner Palembang, karena cita rasanya yang sangat unik. Makanan ini menggunakan fermentasi durian yang membuat rasanya menjadi kaya, mulai dari manis, asam hingga pedas gurih.

Brengkes tempoyak juga kaya akan bumbu dan rempah-rempah, loh. Di dalamnya terdapat cabai merah, kunyit, serai hingga gula jawa. Ikan patin dengan tekstur lembut menambah sedapnya kuliner satu lagi. Gizi dari brengkes tempoyak juga sangat tinggi, karena kandungan proteinnya.

24. Lenggang

gambar makanan khas palembang Lenggang
id.tastemade.com

Jika bosan dengan pempek, dapat mencoba makanan satu ini. Lenggang dan pempek memang memiliki kesamaan dalam bahan dasarnya, yakni ikan dan juga tepung. Tapi, biasanya lenggang akan ditambahkan dengan penyedap rasa. Cara memasaknya juga unik, yaitu dengan daun pisang yang dibentuk kotak.

Proses pemanggangan lenggang menjadi unik, karena adanya daun pisang. Aroma dan cita rasanya jadi semakin membuat banyak orang senang dengan kuliner satu ini. Jika dicoba, tekstur lenggang memang lebih padat ketimbang empek-empek. Untuk menyantapnya, lenggang juga dipasangkan dengan saus cuko yang menyegarkan itu.

25. Malbi

gambar makanan khas palembang Malbi
youtube.com

Olahan daging sapi ini bisa dibilang mirip dengan masakan rendang. Bumbu yang dipakai juga sangat beragam mulai lada, air asam jawa, hingga bawang merah dan bawang putih. Cara memasaknya juga cukup mudah, yaitu mencampur bumbu yang sudah ditumis dengan daging sapi.

Memasaknya memang cukup lama, karena menunggu daging benar-benar kering. Malbi sangat enak jika dikonsumsi bersama ketupat atau nasi. Dagingnya yang empuk membuat siapa saja pasti jatuh hati pada makanan ini.

Ternyata, makanan khas Palembang punya banyak macamnya, ya. Meskipun memang olahannya tak jauh-jauh dari ikan dan saus cuka, tapi ternyata bisa menghasilkan masakan beragam. Pastinya, seluruh makanan itu wajib dicoba saat berkunjung ke Palembang.

LEAVE A REPLY