Makanan Khas NTT

Nusa Tenggara Timur atau disingkat NTT adalah salah satu provinsi di Indonesia bagian timur yang disebut-sebut sebagai surganya wisata dan kuliner. Ada banyak keindahan alam yang bisa dinikmati kapan saja sepanjang tahun di tempat ini. Selain Pulau Komodo, ada banyak perbukitan dan air terjun alami yang tampilannya eksotis dan instagramable. Dijamin akan membuat kagum siapa pun yang melihatnya.

Dan setelah puas berjalan-jalan, ada banyak hidangan khas yang menarik untuk dicoba. Semuanya unik dan tidak dijual di daerah lain di Indonesia. Dengan bahan, rasa, dan aroma yang berbeda, berikut adalah daftar 25 makanan khas Nusa Tenggara Timur yang paling populer di kalangan para wisatawan.

1. Kolo

gambar makanan khas ntt Kolo
breakingnews.co.id

Nama lengkapnya adalah tapa kolo, yang merupakan bahasa daerah Manggarai, Flores Barat. Jika diterjemahkan secara harfiah, “tapa” berarti dipanggang dan “kolo” berarti nasi dalam bambu. Dalam arti sederhana, tapa kolo adalah beras yang dimasak di atas api terbuka dengan wadah bambu.

Secara tradisi, beras yang digunakan bukan beras putih seperti biasa, tapi beras merah khusus yang disebut “deal aka” oleh penduduk setempat. Bambu yang digunakan juga memiliki ukuran tertentu, panjangnya sekitar 30 cm. Sebelum dibakar, nasi dicampur dengan aneka bumbu dan dibungkus daun pisang dalam bentuk memanjang, baru dimasukkan ke dalam bambu.

Dan jika sudah matang, kolo biasa disajikan dengan lauk daging ayam, babi, atau daging lainnya. Makanan khas Kupang ini tidak dijual di warung-warung makan dan termasuk langka, karena merupakan hidangan khusus yang hanya disajikan untuk ritual dan upacara tradisional, seperti syukuran panen, pesta adat, dan penyambutan pergantian tahun.

2. Catemak Jagung

gambar makanan khas ntt Catemak Jagung
nulis.co.id

Catemak jagung adalah makanan penutup yang menggiurkan khas Flores, Nusa Tenggara Timur. Catemak jagung termasuk makanan spesial yang identik dengan daerah NTT, karena kawasan timur Indonesia ini dikenal memiliki suhu lebih hangat dibanding pulau Jawa, sehingga banyak ditanami jagung.

Catemak jagung merupakan hidangan yang sehat dengan cita rasa unik, karena bahan utama berupa jagung dicampur dengan aneka macam sayuran seperti kacang hijau, labu, kacang tanah, atau sayuran lain sesuai selera. Sekilas, kuliner ini terlihat mirip dengan kolak, karena sama-sama memiliki kuah coklat kental, tapi rasanya tidak manis, melainkan asin dan gurih.

Agar lebih lezat, catemak jagung sering ditambah perasan air jeruk nipis sebelum disantap. Selain sebagai makanan penutup dalam rangkaian makan siang, catemak jagung juga termasuk salah satu menu favorit untuk berbuka puasa. Harga per porsinya sangat murah, hanya Rp7.000-Rp9.000.

3. Jagung Bose

gambar makanan khas ntt Jagung Bose
labuanbajotour.com

Jagung bose adalah salah satu jenis makanan pokok pengganti nasi bagi penduduk NTT. Kata “bose” dalam nama kuliner merupakan bahasa NTT yang dalam Bahasa Indonesia memiliki arti “lunak” atau “dilunakkan”. Hal ini berkaitan dengan cara memasaknya.

Bahan utama berupa jagung direbus dengan santan kental bersama jenis kacang-kacangan (misalnya kacang merah dan kacang tanah) sampai teksturnya lunak seperti bubur, jadi makanan ini tidak berkuah, hanya mengental seperti bubur ayam. Kadang juga ditambahkan bahan lain berupa sayur-sayuran, misalnya labu. Masakan ini didominasi rasa gurih dari santan.

Penduduk setempat biasa menyantap jagung bose dengan lauk berupa olahan daging ayam, sapi, tuna goreng, tumis paria, sambal lu’at, atau tahu bumbu. Selain dijadikan salah satu menu dalam berbagai acara besar di setiap daerah di NTT, bubur jagung unik ini juga masih bisa dijumpai di rumah-rumah penduduk dan sejumlah warung makan. Harganya sekitar Rp15.000-Rp20.000.

4. Se’i Daging Sapi Asap

gambar makanan khas ntt Se’i Daging Sapi Asap
qraved.com

Bagi pecinta daging, se’i adalah suguhan yang sempurna untuk dicoba. Se’i adalah daging asap alias smoked beef khas Kupang yang dimasak dengan metode tradisional, yang rasanya sangat lezat. Nama se’i berasal dari bahasa lokal yang berarti “daging asap”.

Pada awalnya, se’i hanya menggunakan daging buruan seperti babi hutan dan rusa, karena makanan ini dulu dijadikan sebagai persembahan umum. Tapi sekarang sudah banyak yang menggunakan daging sapi dan ikan karena dibuat untuk dikonsumsi.

Untuk membuat se’i, daging diiris tipis memanjang dan ditaburi garam atau lada, lalu dibiarkan beberapa waktu sampai bumbu meresap. Selanjutnya, daging digantung pada ketinggian yang relatif lebih tinggi dari pada api.

Dengan cara ini, bukan nyala api yang memasak daging, tetapi asap panasnya. Namun metode ini membuat daging matang sempurna lebih lama. Kayu yang digunakan pun tidak sembarangan, harus kayu dari pohon kosambi, karena asap yang dihasilkan akan memberikan aroma dan sensasi berbeda.

Di Kupang, orang memakan se’i dengan nasi hangat disertai dengan sambal lu’at dan jagung bose. Tapi ada juga yang memakannya sendiri atau memasaknya kembali dengan dicampur berbagai sayuran. Harga se’i per porsi termasuk mahal, sekitar Rp100.000-Rp200.000.

5. Ikan Kuah Belimbing

gambar makanan khas ntt Ikan Kuah Belimbing
cookpad.com

Ikan kuah belimbing adalah sajian berkuah yang rasanya segar dan gurih, yang cocok dijadikan menu makan siang. Bisa dibilang bahwa hidangan ini adalah sayur asam khas Nusa Tenggara Timur, tapi dibuat dari bahan utama ikan tongkol yang ditambah potongan belimbing wuluh dan beberapa sayuran lain sesuai selera.

Cara memasaknya tidak jauh berbeda dengan sayur asam pada umumnya, dan paling enak disajikan dengan nasi dan sambal. Tapi ada juga yang memasaknya dengan kuah agak kemerahan, yang rasanya pedas asam. Tampilan ini biasanya didapat dengan menambahkan cabai merah keriting dan lada.

6. Rumpu Rampe

gambar makanan khas ntt Rumpu Rampe
99kulinermakan.blogspot.com

Kata rumpu rampe adalah sebuah istilah penduduk NTT yang berarti banyak, ramai, dan beragam. Rumpu rampe adalah makanan lokal sehari-hari khas Maumere, yang dibuat dari banyak bahan, berupa daun singkong, daun pepaya, bunga pepaya, daun kelor, potongan tomat, udang rebon, dan jantung pisang, yang diolah dengan ditumis.

Meskipun memiliki kandungan daun pepaya, tapi rasa masakan ini tidak pahit, karena sebelumnya daun pepaya sudah direndam dengan air garam. Bahan lain yang dicampurkan biasanya berupa potongan cabai merah besar atau cabai rawit, dengan irisan bawang putih dan merah.

Sedangkan bumbu halusnya berupa bawang merah dan putih, cabai merah, tomat, udang kecil, dan terasi. Cita rasa yang dihasilkan masakan ini adalah pedas dan gurih. Saat dihidangkan, rumpu rampe biasa ditemani sambal khas NTT dan ikan goreng.

Rumpu rampe termasuk hidangan yang sangat baik untuk dikonsumsi penderita darah tinggi dan diabetes. Dan karena dibuat dari campuran berbagai daun, masakan ini termasuk tinggi serat dan kaya akan vitamin, jadi sangat baik untuk sistem pencernaan.

7. Lawar Ikan

gambar makanan khas ntt Lawar Ikan
youtube.com

Meskipun halal dan enak untuk sebagian orang, tapi menu ini tidak disarankan untuk orang yang tidak biasa menyantap makanan mentah atau setengah matang. Karena bahan utama yang digunakan adalah ikan segar alias belum dimasak.

Ikan laut yang sudah dibersihkan dipotong tipis-tipis lalu direndam dalam air jeruk nipis dan cuka sampai warna ikan berubah menjadi putih susu. Rendaman ini akan membuat bakteri pada ikan mati, sehingga ikan aman untuk dikonsumsi.

Selanjutnya, ikan dicampur dengan daun kemangi, potongan cabai, tomat, dan daun bawang, semuanya dalam keadaan segar. Bumbu yang digunakan hanya berupa cabai, bawang merah, dan bawang putih yang dihaluskan. Semua bahan dicampur jadi satu dan bisa langsung dimakan.

8. Pelepah Manuk

gambar makanan khas ntt pelepah manuk
id.pinterest.com

Manuk berarti burung, karena makanan ini pada awalnya dibuat dari bahan utama daging burung. Tapi saat ini sudah banyak yang menggunakan daging ayam, terutama ayam kampung. Meski berbeda daging, tapi rasanya tidak jauh berbeda, karena menggunakan bumbu dan diolah dengan cara yang sama.

Daging burung atau ayam dimasak dengan cara dibakar/dipanggang terlebih dulu, baru kemudian dimasukan ke dalam panci yang sudah berisi bumbu halus dan santan. Masakan sudah matang jika santannya menyusut dan bumbu meresap. Cita rasanya pedas dan sedap.

9. Sambal Teri Khas NTT

gambar makanan khas ntt Sambal Teri Khas NTT
nusatenggaradanpapua.wordpress.com

Pecinta pedas dijamin akan tergiur dengan kenikmatan sambal teri khas NTT. Olahan sambal ini tidak sembarangan, karena dicampur dengan berbagai bumbu dapur khas NTT yang membuat sambal memiliki rasa pedas yang mantap dan lezat disantap dengan hidangan apapun. Ada juga sensasi segar dan asam yang didapat dari perasan jeruk nipis.

10. Karmanaci

gambar makanan khas ntt Karmanaci
unileverfoodsolutions.co.id

Karmanaci dibuat dengan merebus daging sapi bersama gula, garam, kecap, jahe, dan pala. Daging yang sudah empuk selanjutnya dicincang dan ditumis dengan bumbu spesial. Hasilnya adalah irisan daging empuk dengan beberapa lapis rasa yang sangat lezat.

Karena mirip dengan semur, masakan ini sering disebut semur khas NTT. Masyarakat NTT suka menyantap karmanaci dengan jagung bose, ketan kukus yang pulen, atau dicocol dengan singkong rebus.

11. Muku Loto

gambar makanan khas ntt Muku Loto
merahputih.com

Kuliner dari tanah Flores ini termasuk makanan unik, karena bahan utamanya adalah pisang muda yang kulitnya masih berwarna hijau. Bagian kulit pisang dikupas, pisangnya dipotong dadu, kemudian direbus. Ada juga yang menggunakan bahan lain berupa batang pohon pisang bagian dalam (yang berwarna putih). Bagian ini memiliki tekstur lembut seperti sayuran.

Dari tempat asalnya, yaitu di Nagekeo yang berada di tengah Flores, muku loto dijadikan masakan sayur dengan tambahan daging babi. Tapi seiring waktu, masakan ini mulai menggunakan daging sapi untuk masyarakat Muslim.

12. Tumis Bunga Pepaya

gambar makanan khas ntt Tumis Bunga Pepaya
indonesian-medan-food.blogspot.com

Cita rasa masakan ini adalah pahit dan gurih. Bahan utamanya sudah tentu bunga pepaya, yang ditambah daun singkong dan ikan teri, dan dimasak dengan ditumis. Terdapat juga potongan cabai merah dan tomat. Paling enak disantap bersama nasi hangat dan sup tuna kuah asam.

13. Jawada

gambar makanan khas ntt Jawada
adira.co.id

Jawada adalah camilan populer di Alor dan Flores, yang berbentuk segitiga dengan warna coklat keemasan yang indah. Memiliki tekstur dan tampilan seperti bihun goreng kering, Jawada terlihat seperti rambut keriting, yang kemudian mendapat julukan sebagai “kue rambut”.

Jawada terbuat dari tepung beras, santan, gula aren, garam, dan air nira. Adonan dimasukkan ke dalam cetakan berlubang dan dikucurkan ke dalam minyak panas untuk digoreng. Camilan bercita rasa manis dan gurih ini dijual dengan harga sangat murah di pasar-pasar tradisional NTT, hanya Rp1.000 per buah.

14. Manggulu

gambar makanan khas ntt Manggulu
abangnji.com

Manggulu adalah dodol khas Sumba Timur yang dibuat dari bahan dasar pisang dan kacang tanah. Camilan ini termasuk cukup sehat, karena bebas pengawet dan gula buatan. Meskipun bentuknya mirip dodol, tapi bungkusnya menggunakan daun pisang kering. Rasanya manis dan legit. Sangat cocok dijadikan oleh-oleh. Harganya juga cukup terjangkau, dengan Rp20.000 sudah bisa membawa tiga buah.

15. Sup Tuna Kuah Asam

gambar makanan khas ntt Sup Tuna Kuah Asam
youtube.com

Sup tuna kuah asam hampir sama dengan ikan kuah belimbing, bedanya hanya terletak pada jenis ikan yang digunakan. Ikan kuah belimbing menggunakan ikan tongkol, sedangkan sup tuna tentu saja menggunakan ikan tuna. Ikan tuna dipotong dalam ukuran besar dan direbus dengan belimbing wuluh, daun bawang, jeruk nipis, cabai rawit halus, dan cabai rawit utuh.

Sedangkan kuahnya dibuat dari campuran air dan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih dan merah, serta kunyit. Sup yang populer di Kupang ini memiliki cita rasa pedas dan asam, sangat cocok disantap dengan nasi dan kerupuk.

16. Daging Belacang

gambar makanan khas ntt Daging Belacang
cookpad.com

Daging belacang pada awalnya dibuat dengan bahan utama daging babi, tapi sekarang lebih banyak yang menggunakan daging sapi, agar bisa dikonsumsi umat Muslim. Tapi, bagian yang digunakan hanya daging has dalam atau tenderloin (daging sapi dari bagian tengah badan), karena lebih banyak daging dan empuk saat digigit.

Daging ini direbus dulu sampai lunak, dipotong kecil-kecil, lalu digoreng kering. Selanjutnya daging ditumis dengan aneka bumbu yang sudah dihaluskan dan diberi kecap manis, daun bawang, dan air asam jawa. Tampilannya sekilas mirip rendang, tapi rasanya berbeda.

17. Ikan Kakap Merah Kuah Asam

gambar makanan khas ntt Ikan Kakap Merah Kuah Asam
bontangpost.id

Menu ini juga tidak jauh berbeda dengan sup tuna dan ikan kuah belimbing. Tapi ada dua jenis kuah yang ditawarkan, yaitu kuah bening dan merah. Namun keduanya sama-sama memiliki cita rasa pedas dan asam.

Dan meski berbahan ikan, tapi masakan ini tidak berbau amis, karena sebelum diolah, ikan diberi perasan jeruk nipis dan didiamkan beberapa saat. Bahan pelengkapnya tergantung selesa, bisa berupa potongan tomat, cabai rawit utuh, daun bawang, atau kacang panjang.

18. Lawar Ikan Kemangi

gambar lawar ikan kemangi
pexels.com

Hidangan ini hampir mirip dengan lawar ikan khas Ternate, tapi bedanya tidak menggunakan kacang. Sesuai namanya, bahan utama masakan ini adalah daun kemangi dan ikan. Jenis ikan yang digunakan adalah cakalang atau tongkol mentah yang sudah dibuang tulang dan durinya.

Sebelum diolah, suwiran ikan diberi air jeruk nipis dan jeruk purut agar tidak amis. Kemudian dicampur daun kemangi, irisan bawang merah, cabai, daun jeruk, gula dan garam. Disajikannya dalam keadaan segar seperti ini alias tidak dimasak. Penduduk setempat biasa menjadikan makanan ini sebagai lauk pembuka.

19. Jagung Titi

gambar makanan khas ntt Jagung Titi
atapunang.com

Jagung titi adalah camilan khas Kupang yang dibuat dari bahan utama jagung. Sekilas, tampilannya mirip dengan emping atau keripik jagung. Jagung yang sudah dilepas dari tongkolnya diolah dengan digoreng tanpa minyak menggunakan penggorengan yang dibuat dari tanah liat, kemudian ditumbuk sampai gepeng.

Agar tidak hambar, jagung diberi lada dan garam. Cita rasanya gurih dan asin. Tapi ada juga yang rasanya manis. Untuk membuatnya, jagung direndam terlebih dulu di dalam air gula sebelum digoreng. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menikmati camilan ini, karena harga per bungkusnya hanya sekitar Rp20.000- Rp30.000.

20. Aka Bilan

gambar makanan khas ntt Aka Bilan
travel.detik.com

Berasal dari Kabupaten Belu, aka bilan adalah salah satu jenis makanan pokok pada zaman dulu. Tapi saat ini lebih dikenal sebagai makanan ringan. Bahan-bahannya cukup sederhana, hanya campuran kacang hijau, sagu, kelapa parut, dan sedikit garam. Adonan ini dimasak dengan dibakar di atas kayu api, dengan wadah babilak (piring ceper yang terbuat dari tanah liat).

Warga Belu sering menyantap hidangan ini dengan minuman hangat, seperti teh atau kopi. Atau, bisa juga dinikmati bersama sayur kuah asam. Makanan ini biasa disajikan dengan alas daun pisang, dengan harga jual sekitar Rp5.000 di beberapa warung makan.

21. Sambal Lu’at

gambar makanan khas ntt sambal lu'at
id.tastemade.com

Nama sambal ini mungkin masih jarang terdengar, dan tidak terlalu terkenal seperti sambal matah dan sambal bawang. Tapi dari segi rasa, sambal ini tidak bisa disepelekan. Sambal khas NTT ini dibuat dari lombok padi (nama cabai khas NTT), daun siba, daun kemangi, dan jeruk nipis.

Cita rasanya sangat pedas dan sedikit asam, tapi juga menyegarkan. Selain disajikan di berbagai rumah makan dengan aneka sayur dan lauk, sambal ini juga banyak dikemas dengan toples sebagai oleh-oleh khas Kupang dan Atambua.

Bisa dibilang bahwa makanan NTT tersedia untuk semua selera, karena dibuat dari berbagai macam bahan. Ada yang dibuat dari sayur-sayuran, daging sapi, ikan, ayam, bahkan ada daging babi dan black moka untuk non Muslim. Ada juga camilan manis dan salad setengah matang. Tak ketinggalan pula sambal lu’at yang cocok untuk pecinta makanan super pedas.

LEAVE A REPLY