Makanan Khas Manado

Membahas kuliner khas Indonesia ibarat perdebatan panjang yang tidak ada habisnya. Sebagai negara kepulauan yang luas, Indonesia memiliki keanekaragaman budaya dan tentu diberkati dengan fitur makanan yang sangat banyak. Salah satunya adalah makanan-makanan lezat khas Manado, Sulawesi Utara.

Kehidupan bawah laut Bunaken yang menakjubkan adalah salah satu daya tarik Manado dan Sulawesi Utara. Tapi tidak hanya sebagai kota yang memiliki beragam wisata alam, Manado juga dikenal sebagai surga kuliner. Ada banyak pilihan makanan tradisional Manado unik yang membuat banyak orang heran dan penasaran untuk mencoba.

1. Tinutuan (Bubur Manado)

gambar makanan khas manado Tinutuan (Bubur Manado)
tribunnewswiki.com

Tinutuan adalah bubur beras Indonesia yang berasal dari Sumatera Utara, tepatnya di Kota Manado. Anekdot tentang penemuan tinutuan mengatakan bahwa ketika Sumatera Utara dijajah, kondisi kehidupan penduduk menjadi sulit, dan untuk memberi makan keluarga, orang-orang harus berkreasi dengan bahan makanan yang tersedia pada saat itu, yaitu sayuran dan beras.

Akhirnya tinutuan menjadi makanan pokok tradisional di wilayah Manado dan masih eksis hingga sekarang. Sayuran yang paling umum digunakan dalam tinutuan adalah kangkung, bayam, selada air, daun singkong, dan daun gedi (hanya ada di Manado), bersama dengan ubi merah, jagung, dan labu.

Karena konsistensinya yang cair, tinutuan disajikan dalam mangkuk, bersama dengan ikan asin, kerupuk, dan sesendok sambal pedas khas Manado. Rasa serai dan aroma daun kemangi adalah yang paling menonjol dari hidangan ini.

Bubur gurih ini awalnya vegetarian, tapi pada acara-acara khusus, daging terkadang ditambahkan ke hidangan. Dan saat hari-hari biasa, tinutuan paling sering disajikan sebagai menu sarapan. Penduduk setempat biasanya berduyun-duyun ke warung di pagi hari untuk mendapatkan sarapan bergizi ini.

2. Cakalang Fufu

gambar makanan khas manado Cakalang Fufu Saos
katalogwisata.com

Cakalang adalah ikan sejenis tuna yang banyak hidup di perairan Manado. Jadi tak mengherankan ada banyak makanan lokal yang dibuat dari ikan cakalang, salah satunya adalah cakalang fufu. Ikan cakalang tidak hanya dikenal enak, tapi juga bermanfaat untuk tubuh.

Kabarnya, ikan cakalang dapat membantu pemulihan depresi, serta meningkatkan kecerdasan dan daya ingat otak. Ikan cakalang dalam menu ini dibagi menjadi dua bagian lalu diasapi dengan bumbu spesial, yang kemudian disajikan dengan siraman saus yang mirip bumbu balado. Cita rasanya pedas dan kaya akan bumbu.

3. Sambal Roa

gambar makanan khas manado Sambal Roa
idntimes.com

Sama dengan namanya, sambal roa dibuat dari bahan utama ikan roa, bentuknya seperti ikan julung-julung, yang banyak ditemukan di perairan Sulawesi. Untuk membuatnya menjadi sambal, ikan roa dijemur terlebih dahulu selama beberapa hari sampai kering, kemudian diasap dan disuwir halus.

Selanjutnya, ikan disangrai bersama dengan bumbu racikan khas Manado yang terdiri dari cabai merah keriting, cabai rawit merah besar, tomat merah, bawang merah, bawang putih, gula dan garam. Di Manado, sambal ini bisa dipasangkan dengan berbagai jenis masakan, mulai dari tumis, sayur, daging, gorengan, makanan laut, atau bahkan dengan nasi hangat saja.

Selain disajikan langsung di rumah-rumah warga dan warung makan, sambal roa juga ada yang sudah dikemas dalam plastik atau toples kecil dan dijajakan di toko oleh-oleh khas Manado. Sambal ini bisa bertahan beberapa hari sampai wisatawan tiba di rumah.

4. Klapertart

gambar makanan khas manado Klapertart
resepmamakusuka.com

Tak hanya hidangan utama, Manado juga memiliki hidangan penutup lezat bernama klapertart. Namanya berasal dari Bahasa Belanda, yang berarti kue kelapa. Kue manis ini memang dibawa langsung oleh para pedagang Belanda saat berada di Indonesia, tapi penyebarannya hanya sampai di Manado, sehingga banyak yang mengira bahwa kue ini adalah resep asli orang Manado.

Bahan utama klapertart adalah kelapa muda, yang dicampur dengan susu, mentega, telur, dan terigu. Aromanya sangat menggugah selera, tapi juga termasuk kue yang tinggi kalori. Namun seiring perkembangannya, mulai banyak pedagang yang membuat klapertart dengan pemanis dan lemak yang rendah kalori.

Sedangkan toppingnya bisa berupa keju, kismis, blueberry, coklat, atau kacang kenari. Ada juga yang diberi tambahan kayu manis dan rhum. Ada dua jenis klappertaart yang bisa dipilih sesuai selera. Pertama, klappertaart yang menggunakan roti dan dipanggang, yang menghasilkan tekstur padat dan bisa dipotong seperti kue tart.

Jenis kedua adalah klappertaart yang tidak dipanggang, teksturnya sangat lembut dan terasa meleleh saat masuk mulut. Keduanya sama-sama enak disantap saat masih dingin. Klapertart yang yang banyak dijual sebagai oleh-oleh biasanya dikemas dalam tiga ukuran wadah, yakni kecil, sedang, dan besar.

5. Gohu

gambar makanan khas manado Gohu
idntimes.com

Kuliner tradisional bernama gohu ada dua macam, pertama dari Manado dan kedua dari Maluku Utara. Meskipun namanya sama, tapi bahan yang digunakan sangat berbeda. Gohu khas Maluku berbahan dasar ikan mentah, mirip seperti sashimi Jepang.

Sedangkan gohu dari Manado adalah asinan buah khas orang-orang Minahasa yang dibuat dari timun, pepaya setengah matang, atau nanas. Buah yang dipilih diiris tipis dalam bentuk memanjang atau diserut kasar. Kuahnya dibuat dari cuka atau perasan air lemon, cabai rawit, jahe, terasi Manado, gula merah, garam, dan sedikit air, lalu direbus sampai mendidih.

Selanjutnya irisan buah dimasukkan ke dalam kuah dan diamkan di dalam lemari es minimal dua jam atau semalaman, agar bumbu meresap ke dalam buah. Warna kuahnya merah keunguan, encer, dan cita rasanya segar. Sedangkan tekstur buahnya renyah dengan rasa sedikit manis.

6. Nasi Kuning Saroja

gambar makanan khas manado Nasi Kuning Saroja
qraved.com

Nasi kuning saroja adalah resep turun temurun yang sudah ada sejak tahun 70-an. Penciptanya adalah pasangan suami istri asli Minahasa bernama Abubakar dan Salma Simen. Sedangkan kata “saroja” merupakan singkatan dari nama keempat anaknya. Nasi kuning warisan keluarga ini bahkan dikenal sebagai salah satu nasi kuning terenak yang ada di Manado.

Nasi kuning saroja dibuat dari bahan dasar yang sama dengan nasi kuning pada umumnya. Bedanya hanya pada lauk pauk yang dihidangkan. Lauk nasi kuning saroja adalah abon ikan cakalang atau irisan ikan cakalang, semur daging sapi, perkedel jagung, sambal, keripik ubi, dan taburan bawang merah goreng. Kadang juga diberi tambahan telur rebus.

7. Tuturuga

gambar makanan khas manado Tuturuga
pinterest.com

Tuturuga adalah bahasa daerah yang berarti kura-kura. Pada awalnya, makanan ini memang dibuat dari bahan dasar daging kura-kura, tapi sejak pemerintah Indonesia mengeluarkan larangan untuk menangkap dan mengolah kura-kura, daging kura-kura diganti dengan ikan atau ayam.

Ciri khas hidangan ini adalah memiliki kuah kental yang mirip dengan opor ayam, tapi bumbu yang digunakan adalah khas Manado, yang rasanya lumayan pedas. Biasanya disajikan dengan nasi hangat dan beberapa potong daun kemangi.

8. Sambal Dabu-Dabu

gambar makanan khas manado Sambal Dabu
masakanmama.com

Sambal dabu-dabu adalah spesialisasi lain dari Manado yang tidak ada di daerah lain di Indonesia. Sama seperti sambal matah dari Bali, sambal dabu terbuat dari bahan irisan mentah, disiram jeruk nipis, dan ditambahkan daun kemangi. Sambal ini memiliki rasa istimewa dan cocok dengan makanan apapun, terutama makanan berbasis ikan.

9. Pisang Goreng Sambal

gambar makanan khas manado Pisang Goreng Sambal
gotravelly.com

Pisang goreng dimakan dengan sambal? Namanya saja sudah berhasil membuat penasaran ya. Dari zaman dulu, orang Minahasa memang terkenal suka makan pedas, itu sebabnya camilan manis pun bisa dimakan dengan sambal.

Sebenarnya tidak banyak perbedaan antara pisang goreng khas Manado dengan yang lainnya, termasuk dalam hal pembuatan. Pisang dikupas lalu dibelah menjadi dua dalam bentuk melebar, kemudian dicelupkan ke dalam adonan tepung terigu dan digoreng. Jenis pisang yang paling sering digunakan adalah pisang kepok. Namun saat disajikan, camilan ini dihidangkan bersama sambal ikan roa sebagai cocolan.

10. Woku Blanga

gambar makanan khas manado Woku Blanga
cookpad.com

Sebenarnya, woku adalah olahan bumbu sejenis kari khas Manado yang biasa digunakan untuk memasak beberapa menu berbahan daging, seperti ayam, sapi, atau ikan. Sedangkan pada menu woku blanga, bahan yang digunakan adalah ikan. Dan menggunakan kata blanga, karena hidangan ini diolah dalam belanga (panci tradisional yang dibuat dari tanah liat).

Woku blanga sangat kaya dengan bumbu dan rempah, seperti kunyit, jahe, serai, tomat, bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, kemangi, daun lemon, lada, garam, MSG, dan gula. Cita rasanya wangi, pedas, manis, dan gurih.

Selain itu, ikannya digoreng sebelum dimasukkan ke dalam bumbu, jadi rasanya juga renyah. Ikan yang digunakan bisa apa saja sesuai dengan selera, tapi yang paling sering dipakai adalah cakalang, tuna, dan mujair.

11. Sambal Bakasang

gambar makanan khas manado Sambal Bakasang
kuliner.ilmci.com

Sambal bakasang adalah sambal unik yang dibuat dari fermentasi telur atau perut ikan, yang banyak dikonsumsi di Manado. Isi perut ikan dibersihkan terlebih dahulu, kemudian diberi bumbu halus khas Manado, ditaburi garam, lalu dijemur di bawah sinar matahari dalam wadah toples. Penjemuran bisa memakan waktu sekitar satu minggu.

Jika bahan yang digunakan adalah telur ikan, proses penjemuran tidak perlu dilakukan. Telur ikan bisa langsung dihaluskan bersama aneka bumbu, rempah, dan suwiran ikan cakalang asap. Dan terakhir, beri air perasan jeruk limau. Orang-orang Manado biasa menyantap sambal ini dengan nasi putih hangat dan ikan tuna asap, tapi bisa juga digunakan sebagai cocolan buah-buahan (seperti rujak buah).

12. Ayam Woku Woku

gambar makanan khas manado Ayam Woku Woku
genpi.co

Hampir semua jenis daging, makanan laut, dan unggas bisa diolah dengan bumbu woku. Namun yang paling umum dan terkenal adalah ayam woku woku. Hidangan ini memiliki aroma rempah yang kuat dan rasa yang pedas, tapi juga terasa segar karena menggunakan daun lemon atau jeruk, daun kemangi, dan perasan air jeruk nipis.

Jenis ayam yang digunakan biasanya adalah ayam kampung, yang memungkinkan bumbu meresap lebih baik dan dagingnya tidak hancur ketika dimasak untuk waktu yang lama. Sedangkan kata “woku” sendiri berasal dari nama daun yang sering digunakan masyarakat Minahasa untuk membungkus nasi, namanya daun woka (sejenis daun lontar).

13. Rica Rodo

gambar makanan khas manado Rica Rodo
zomato.com

Pedas dan gurih adalah dua kata yang pas untuk menggambarkan cita rasa rica rodo. Beberapa orang menyebutkan bahwa masakan ini adalah sayur lodeh ala orang Manado, tapi tidak pakai santan. Namun, tampilannya malah lebih mirip dengan tumis sayuran. Jenis sayuran yang digunakan adalah jagung yang sudah dipipil, terong, melinjo, dan kacang panjang. Saat matang, biasanya dihidangkan dengan taburan daun kemangi.

14. Pisang Goroho

gambar makanan khas manado Pisang Goroho
craftlog.com

Pisang goroho adalah menu makanan ringan unik dari Manado, karena pisang yang digunakan masih belum matang dan rasanya masam. Pisang ini dikupas dan diiris tipis, dicelupkan ke dalam adonan tepung, lalu digoreng hingga garing. Pisang goroho bisa dimakan langsung atau dicelupkan ke dalam sambal roa atau dabu-dabu. Lebih nikmat lagi jika ditemani minuman hangat berupa teh atau kopi.

15. Lalampa

gambar makanan khas manado Lalampa
ksmtour.com

Lalampa sering disebut dengan lemper khas Minahasa. Bahan utamanya adalah beras ketan dan dibuat dengan cara yang persis sama dengan lemper. Juga sama-sama dibungkus dengan daun pisang. Bedanya, lemper diisi dengan suwiran daging ayam gurih, sedangkan lalampa diisi dengan daging ikan tongkol cincang pedas.

Daging ikan cincang ini dimasak dengan ditumis bersama santan, gula, garam, cabai, dan beberapa sayuran. Lemper tidak perlu dimasak lagi setelah dibungkus, tapi lalampa perlu dibakar hingga harum untuk kemudian disajikan. Sebelum dibakar, lalampa biasanya diolesi dulu dengan minyak sayur agar aromanya lebih kuat.

16. Halua Kenari

gambar makanan khas manado Halua Kenari
bukalapak.com

Kudapan manis khas tanah Minahasa ini dibuat dari bahan utama kacang kenari panggang yang dibalut dengan lelehan gula merah yang sudah dicampur gula pasir, sedikit garam, dan air. Camilan ini memiliki warna coklat, cita rasanya gurih, dan bentuknya bisa beraneka macam tergantung yang membuat.

Ada yang berbentuk bulat kecil dan dimasukkan ke dalam toples (biasanya untuk oleh-oleh), ada yang bentuknya tidak beraturan, ada juga yang dibentuk seperti coklat batangan. Bisa dibilang bahwa halua kenari adalah coklat tradisional khas Manado.

17. Panada

gambar makanan khas manado Panada
pancaronailmu.blogspot.com

Panada adalah makanan yang terlihat sangat mirip dengan pastel. Namun setelah dicicipi, kedua makanan ini ternyata merupakan jenis yang sangat berbeda, baik dari isian maupun bahan. Pastel dibuat dari kulit pastry dengan isian sayuran, sementara panada terbuat dari adonan roti yang diisi dengan ikan cakalang, bawang, santan, dan cabai, lalu dimatangkan dengan digoreng.

Kue-kue goreng yang berbentuk bulan sabit ini sangat mirip dengan kue empanada khas Spanyol (pie kecil yang berasal dari Galicia), yang kemudian dikatakan bahwa kue ini juga termasuk makanan pokok di negara-negara Amerika Latin.

Namun, beberapa sumber lain malah menyebutkan bahwa asal-usul panada adalah dari Portugis. Terlepas dari sejarah dan asal usul yang masih dipertanyakan, camilan enak ini yang jelas telah menjadi makanan ringan tradisional Nusantara yang sebagian besar terkait dengan Sulawesi Utara terutama Kota Manado.

18. Pala Manis

gambar makanan khas manado Pala Manis
masakandapurku.com

Pala manis alias manisan pala adalah camilan hits Manado yang banyak dijadikan sebagai oleh-oleh. Biasanya dikemas dalam toples bundar atau plastik makanan biasa. Manisan ini dibuat dari bahan utama buah pala yang dicampur dengan cairan gula putih agar rasanya manis.

Di Manado, pala manis bisa dengan mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh dan minimarket atau supermarket. Selain dijual di Tanah Air, camilan ini juga rutin diekspor ke Malaysia.

19. Kacang Goyang

gambar makanan khas manado Kacang Goyang
merahputih.com

Camilan yang satu ini terlihat begitu menarik mata karena dibuat berwarna-warni dan dalam bentuk bulat yang sedikit tidak beraturan. Aneka ragam warnanya termasuk putih, merah, dan merah muda. Warna-warna cantik ini dibuat dari lelehan gula yang telah dicampur pewarna makanan.

Sedangkan kata “goyang” dalam namanya berhubungan dengan proses pembuatannya. Orang Minahasa membuatnya dari kacang tanah yang belum dikupas, yang dimasak dengan disangrai bersama pasir menggunakan wajan berbahan tanah liat.

Agar tidak gosong, wajan tersebut digoyang-goyangkan. Setelah matang, kulit kacang dibuang, kemudian kacang disiram dengan cairan gula warna-warni yang sudah dicampur dengan coklat bubuk. Makanan manis ini selalu ada di setiap hajatan warga nyiur melambai, yang juga banyak dijual di supermarket dan toko oleh-oleh.

20. Dodol Amurang

gambar makanan khas manado Dodol Amurang
ksmtour.com

Sama seperti dodol dari daerah lain di Nusantara, dodo khas Manado ini bercita rasa manis, kenyal, dan legit, dengan warna coklat tua. Makanan ini paling sering disajikan pada acara syukuran Minahasa, yaitu acara yang digelar setelah panen. Dodol ini bersama dengan makanan lain dibawa oleh warga ke gereja-gereja.

Ada juga yang melakukan open house dan menyajikannya bersama dengan makanan dan minuman tradisional lainnya. Disebut dodol Amurang karena asal makanan ini adalah Kota Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara.

Dodol ini dibuat dari beras ketan yang dihaluskan, gula aren, kayu manis, dan minyak kelapa murni, yang dimasak di atas tungku tradisional dengan panas yang tidak kurang dari 120 derajat celcius. Dalam pembuatannya, adonan dodol kadang diberi taburan kacang kenari atau jenis kacang lainnya, sehingga disebut juga dengan dodo kenari. Setelah matang, dodol dibungkus dengan daun kelapa atau janur.

21. Perkedel Nike

gambar makanan khas manado Perkedel Nike
rifan-financindo-berjangka.blogspot.com

Meskipun hanya perkedel, tapi makanan yang identik dengan lauk pauk ini merupakan salah satu favorit para wisatawan saat berkunjung ke Manado. Kata “nike” di sini bukanlah sebuah merk sepatu populer, tapi sebuah nama ikan yang banyak hidup di perairan Sulawesi. Ikan ini berukuran kecil dan mirip seperti teri.

Bahan-bahan perkedel ini adalah jagung muda yang sudah dipisahkan dari tongkolnya, ikan nike mentah yang sudah dihancurkan/disuwir, telur ayam, dan bumbu rahasia ala Manado. Adonan kemudian digoreng hingga matang. Di Manado, perkedel ini kerap disajikan sebagai hidangan pembuka atau dimakan dengan bubur Manado.

22. Ikan Tude

gambar makanan khas manado Ikan Tude
sylviarhodia.wordpress.com

Jenis ikan lain yang juga hidup di perairan Manado adalah ikan tude. Tidak diketahui dengan pasti apa nama asli ikan ini, tapi kabarnya, kata “tude” sebenarnya adalah singkatan Bahasa Inggris dari “today” (hari ini).

Disebut demikian karena ikan ini dikonsumsi hampir setiap hari. Sekilas, tampilan ikan ini mirip dengan tongkol. Ikan tude sendiri bisa diolah dengan banyak cara, tapi yang paling umum adalah dibakar dan digoreng, yang kemudian disajikan dengan sambal dabu-dabu.

23. Babi Putar

gambar makanan khas manado Babi Putar
suratkabar.id

Makanan bernama babi putar sudah ada di Manado sejak 70-an tahun yang lalu, dan masih menjadi salah satu menu favorit non Muslim di kota tersebut. Namun bukan dalam bentuk potongan daging, babi putar dibuat dari babi utuh yang sudah dikeluarkan semua isi perutnya dan diganti dengan bumbu-bumbu.

Selanjutnya, babi ditusuk dengan sebuah besi panjang dari mulut sampai ke bagian belakang, hingga menyerupai bentuk sate. Dan persis seperti namanya, babi dimasak dengan cara dipanggang di atas bara api dan diputar-putar sampai matang.

Proses ini cukup lama, bisa memakan waktu tiga sampai empat jam atau bahkan lebih, dengan tujuan agar bumbu bisa meresap ke dalam daging. Teksturnya dagingnya empuk tapi kulitnya tetap renyah. Setelah matang, penjual akan memotong/mengiris daging babi untuk disajikan dengan sayur campur, kuah babi, dan sambal dabu-dabu.

Ada dua jenis dabu-dabu yang disajikan, dabu cuka dan dabu bakasang. Karena dibuat dari babi utuh, harga makanan ini relatif mahal, sekitar Rp950.000 untuk babi berbobot 15 kg, Rp1.100.000 untuk bobot 20 kg, dan Rp1.400.000 untuk berat 25 kg.

Manado jelas merupakan rumah dari hidangan pedas, mulai dari dabu-dabu, tuturuga, panada, woku, hingga pisang goreng sambal, tapi kepedasannya selalu diimbangi dengan kesegaran, baik dengan menggunakan jeruk nipis, limau, serai, tomat, atau daun kemangi. Beberapa menu bahkan merupakan perpaduan lokal, Belanda, dan Cina, contohnya panada dan klapertart.


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/travmin/apps/wstpro/public/wp-content/themes/Newsmag/includes/wp_booster/td_block.php on line 352

LEAVE A REPLY