Makanan Khas Malang

Sebagai kota terbesar kedua di Jawa Timur, Malang tak hanya menawarkan kesejukan dan keindahan alamnya, tapi juga berbagai suguhan kuliner yang lezat, spesialisasi lokal, dan tentu saja dengan rasa yang unik khas Indonesia. Berikut adalah daftar hidangan khas Malang paling populer dan favorit di kalangan traveller dan pecinta kuliner.

1. Bakso Malang

gambar makanan khas malang bakso malang
nikmatcatering.id

Bakso di kota apel ini adalah menu utama di seluruh Malang yang cocok disantap oleh berbagai kalangan dan usia, karena rasanya yang enak dan harganya juga bersahabat, yaitu diantara Rp30.000-Rp50.000. Para pecinta bakso dijamin akan puas bahkan mungkin ketagihan setelah mencicipinya. Rasa dasar bakso Malang adalah gurih dan asin, yang cocok dikonsumsi di segala cuaca, baik musim dingin atau kemarau.

Makanan berkuah hangat ini dibuat dari bahan utama daging sapi atau ayam, dengan tekstur baksonya yang kenyal dan berpadu sempurna dengan kuah kaldu sapi gurih, kemudian dicampur dengan bihun, mie, taoge, dan tahu.

Salah satu kedai terkenal yang menyediakan bakso ini adalah Bakso President, yang sudah ada sejak tahun 1977. Lokasinya persis di sebelah rel kereta api aktif jurusan Malang-Surabaya. Selain bakso biasa, tempat ini juga menawarkan varian lain seperti bakso bakar dan bakso goreng.

2. Rawon

gambar makanan khas malang rawon
masakanmama.com

Rawon adalah hidangan khas Indonesia dengan asal-usul dari Jawa Timur. Dan salah satu kota yang populer dengan makanan ini adalah Malang. Sup beraroma ini dibuat dari daging sapi yang direbus lama dan dibumbui rempah-rempah tradisional, seperti daun jeruk nipis, bawang merah, bawang putih, serai, jahe, kemiri, cabai, dan buah kluwek.

Sup berwarna hitam ini biasanya disajikan bersama nasi putih, telur asin, tauge, kerupuk, perkedel, dan sambal. Salah satu tempat legendaris yang menyajikan hidangan ini adalah Rawon Nguling Malang, yang terletak di Jalan Zainul Arifin No.62. Kedai rawon yang sudah eksis sejak tahun 1983 ini mematok harga sekitar Rp35.000-Rp50.000 per porsi, tergantung lauk pelengkap yang dipilih pembeli.

3. Nasi Pecel

gambar makanan khas malang nasi pecel
arlisajati.blogspot.com

Hidangan khas Indonesia ini adalah perpaduan antara nasi dengan berbagai sayuran dan saus kacang pedas manis. Sayuran yang digunakan biasanya berupa tauge, kacang panjang, kangkung, daun pepaya, dan sedikit daun kemangi. Sering juga ditambahkan peyek dan perkedel atau tahu tempe sebagai pelengkap.

Hidangan tradisional ini sangat cocok disantap saat pagi hari, tapi juga banyak yang menikmatinya saat siang atau malam hari. Secara umum, harganya cukup terjangkau, kisaran Rp10.000-Rp13.000. Untuk lauk pauk harganya bervariasi, tapi kisarannya adalah Rp2.000-Rp10.000.

Salah satu tempat yang direkomendasikan untuk menikmati makanan ini adalah Pecel Kawi 1975, yang berlokasi di Jalan Kawi Atas No 43B. Untuk jam buka adalah pukul 06.00 – 19.00 WIB setiap hari.

4. Sate Kelinci

gambar makanan khas malang sate kelinci
warungkhasbatu.com

Sate kelinci adalah satu sajian kuliner yang banyak diincar oleh para wisatawan yang datang ke Malang, terutama saat singgah di Kota Batu. Hampir di sepanjang jalan yang menghubungkan Malang dan Batu ada banyak restoran dan warung yang menjual menu ini, dengan harga rata-rata Rp30.000 per 10 tusuk sate.

Dari tampilannya memang tidak ada yang berbeda antara sate kelinci dengan sate daging hewan lainnya. Dari segi bumbu, sate kelinci juga hanya menggunakan saus kacang, sama seperti sate ayam. Tetapi yang membuatnya istimewa adalah rasa dari daging kelincinya.

Selain rasanya yang lezat, daging hewan lucu ini kabarnya juga bisa menyembuhkan penyakit asma. Rasa paling enak konon saat kelinci berusia 4-6 bulan, karena kelinci usia ini memiliki daging yang empuk seperti ayam. Sate ini biasanya disajikan dengan lontong atau nasi hangat dan irisan bawang merah mentah.

5. Sate Landak

gambar makanan khas malang sate landak
tatitujiani.com

Tak kalah ekstrim dengan menu sebelumnya, sate landak merupakan salah satu makanan wajib yang harus dicoba saat berkunjung ke Malang. Hidangan tak biasa ini memiliki tekstur daging yang empuk dengan cita rasa gurih dan kaya protein. Sate landak disiram dengan bumbu kacang dan disajikan dengan nasi putih hangat serta potongan bawang merah mentah. Harga per porsinya sekitar Rp20.000-Rp30.000.

6. Orem-Orem

gambar makanan khas malang orem orem
faktualnews.co

Masakan tradisional yang satu ini terdiri dari potongan tempe goreng dan ayam yang diguyur dengan kuah kaldu ayam yang sangat kental. Makanan ini disajikan dengan irisan ketupat, tauge, telur, taburan bawang goreng, dan potongan cabe.

Orem-orem berasal dari era 80-an dan cukup unik karena dimasak dengan menggunakan bahan bakar arang. Salah satu waung yang memiliki menu ini adalah Warung Orem-Orem Pak Tik yang beralamat di Jl. Irian Jaya No.1, Sukoharjo.

7. Tempe Mendol

gambar makanan khas malang tempe mendol
selerasa.com

Seperti namanya, tempe mendol terbuat dari bahan dasar tempe kedelai yang sudah dihaluskan, berbentuk seperti perkedel, dan dimasak dengan cara digoreng. Tempe jenis ini disajikan sebagai camilan dan lauk, yang bisa dengan mudah ditemukan di berbagai warung makan di Malang. Penjual nasi pecel juga banyak yang menyuguhkannya sebagai pelengkap, dengan kisaran harga Rp8.000-Rp10.000.

8. Cwie Mie

gambar makanan khas malang cwie mie
nahwatravel.co.id

Selain bakso, Malang juga terkenal dengan mie ayam special bernama cwie mie. Hidangan ini berasal dari etnis Tionghoa yang kemudian dikenal sebagai makanan khas Kota Malang. Sekilas memang sangat mirip dengan mie ayam, tapi kenyataanya sangatlah berbeda.

Taburan daging ayam pada cwie mie memiliki tekstur yang lebih halus dan rasa kuahnya juga lebih lezat. Sebagai pelengkap, cwie mie dicampur dengan selada, acar, taburan bawang goreng, cabai rawit, dan pangsit goreng. Beberapa tempat bahkan menawarkan topping lain seperti bakso, jeroan ayam, tahu, udang pedas, dan ayam lada hitam.

Hampir di setiap sudut Kota Malang banyak yang menjual cwie mie, mulai dari pedagang keliling, pinggir jalan, sampai tempat makan di ruko-ruko. Harganya mulai dari Rp15.000 sampai Rp40.000 per porsi tergantung topping yang dipilih dan dimana membelinya.

9. Bakso Bakar

gambar makanan khas malang bakso bakar
youtube.com

Jajanan sederhana ini juga menjadi menu khas Malang karena hampir setiap sudut Malang menjualnya. Baksonya dibuat dari daging ayam atau sapi yang sudah dibumbui berbagai macam rempah. Dimasaknya dengan cara dibakar di atas arang dan dilumuri saus kecap pedas manis. Tapi ada juga varian saus kacang dan tomat.

Beberapa tempat bahkan menyajikan bakso bakar dengan isian keju dan cabai. Mengingat rasanya yang lezat, hidangan ini ternyata dijual dengan harga yang cukup ramah di kantong, yaitu Rp10.000-Rp15.000, tergantung berapa banyak isinya dalam satu tusuk.

10. Nasi Goreng Mawut

gambar makanan khas malang nasi goreng mawut
pekanbaru.tribunnews.com

Nasi goreng mawut khas Malang terdiri dari campuran nasi goreng, mie goreng, daun sawi, acar mentimun, cabai, tomat, dan taburan bawang goreng. Di Malang, hidangan ini sering disebut dengan sego goreng mawut, dan banyak dijual di warung-warung pinggir jalan yang buka mulai dari senja hingga malam. Harganya bervariatif tergantung dimana membelinya, tapi kisarannya adalah Rp13.000 sampai Rp18.000.

11. Tahu Lontong Lonceng

gambar makanan khas malang tahu lontong lonceng
ksmtour.com

Nama unik dari makanan ini diambil dari tempat berjualan yang dulunya ada di dekat tugu lonceng, yang merupakan hadiah dari gubernur Karesidenan Belanda. Namun tempat tersebut sekarang telah berganti dengan tugu kecil yang ada jam dinding di atasnya. Sudah ada sejak sekitar 1935, makanan khas Malang ini menjadi salah satu kuliner legendaris.

Kerupuk dan tauge adalah topping khas dari makanan ini. Isian lainnya adalah lontong, potongan tahu/tempe goreng, potongan mentimun/acar, sayur kangkung, dan siraman bumbu kacang yang memiliki kandungan rasa gurih kacang, manis kecap, dan sedikit sambal petis. Harga per porsinya sekitar Rp8.000 untuk yang biasa, dan Rp12.000 yang menggunakan telur.

12. Rujak Cingur

gambar makanan khas malang rujak cingur
aremafood.com

Rujak cingur adalah salah satu dari banyak versi rujak Indonesia yang bisa ditemukan saat berwisata ke Kota Malang. Wisatawan mancanegara sering menyebut rujak cingur sebagai salad tradisional khas Indonesia. Hidangan lokal ini terdiri dari bahan-bahan utama berupa potongan lontong, tempe/tahu goreng, tauge, timun, kangkung, dan biasanya disajikan dengan saus kacang petis yang rasanya pedas manis.

Beberapa pedagang juga ada yang menambahkan potongan buah-buahan, seperti kedondong, mangga muda, bengkuang, atau nanas. Rujak cingur memiliki tampilan khas berwarna hitam. Dan yang membuatnya berbeda adalah adanya potongan cingur (mulut/moncong sapi) di dalam hidangan, yang sebelumnya telah direbus dan diberi bumbu tradisional.

Rujak cingur biasanya disajikan di atas alas daun pisang dan dihiasi dengan kerupuk udang. Hidangan yang tidak biasa ini bisa dengan mudah ditemukan di seluruh wilayah Malang, terutama di pinggir jalan. Harganya tidak terlalu mahal, sekitar Rp10.000-Rp20.000.

13. Putu Lanang Celakat

gambar makanan khas malang putu lanang celakat
candi.id

Kali ini bukanlah makanan berat atau lauk, tapi jajanan. Kue tradisional ini berbentuk silinder dan berwarna putih, dengan bahan dasar tepung beras dan isian gula merah. Cara memasaknya adalah dengan dikukus bersama dengan daun pandan dan disajikan di atas daun pisang bersama dengan parutan kelapa yang gurih.

Di Malang, ada satu toko bernama Putu Lanang Celakat, yang telah berdiri sejak 1935 dan terletak di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Malang. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 17.30 – 22.00 WIB. Istilah ‘lanang’ (laki-laki dalam Bahasa Indonesia) sengaja digunakan untuk membedakan putu ini dengan putu ayu yang memiliki bentuk sangat berbeda.

Biasa disajikan dalam keadaan hangat, pemilik Putu Lanang Celakat mengatakan bahwa camilan ini bisa disimpan selama empat hari di lemari es. Makanan ringan ini memiliki tekstur sangat lembut dan cita rasa yang lezat, serta harganya sangat murah, hanya Rp10.000 per porsi (berisi sembilan potong).

14. Soto Geprak

gambar makanan khas malang soto geprak
ksmtour.com

Kota Malang memiliki banyak sekali penjual soto, tapi salah satu yang paling terkenal adalah Soto Geprak Mbah Djo yang terletak di Jalan Letjen S. Parman, Malang. Warung makan ini terletak tepat di jalan utama dari Malang ke Lawang, di sepanjang jalan yang sama dengan Hotel Solaris. Tempat ini sudah ada sejak tahun 1935. Tak heran jika kelezatan sotonya sudah terkenal di seluruh Malang.

Nama soto ini ternyata merujuk pada resep dan cara masak dari Mbah Djo. Sebelum daging dimasak, Si Mbah selalu menggeprak (memukul) daging sampai halus dan empuk, jadi serat dagingnya terpisah sendiri tanpa harus memotong serat seperti cara pada umumnya.

15. Nasi Pecel Kawi

gambar makanan khas malang nasi pecel kawi
myeatandtravelstory.wordpress.com

Kuliner lokal ini terdiri dari nasi putih, tauge, daun kemangi, kangkung, timun, diguyur saus kacang yang lezat, serta dihidangkan bersama kripik tempe atau peyek kacang. Pilihan lauknya beraneka macam, mulai dari tahu dan tempe goreng, telur mata sapi, bakwan jagung, perkedel, sate-satean, sampai jeroan.

Sesuai dengan namanya, makanan ini dijual di sepanjang Jalan Kawi, Kota Malang. Salah satu warung yang sudah menjadi legenda dan katanya paling terkenal adalah Pecel Kawi Hj. Musilah yang konon sudah ada sejak 1975. Lokasi tepatnya ada di Jalan Kawi Atas No. 43B Malang.

16. Rawon Nguling

gambar makanan khas malang rawon nguling
amazingindonesia.id

Makanan ini sudah sangat terkenal di Kota Malang dan tentunya mudah didapat di berbagai tempat. Disebut rawon Nguling karena makanan ini awalnya terletak di Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, pada tahun 1942.

Karena makin eksis, pemilik warung makan tersebut kemudian membuka beberapa cabang, satu di Jakarta, lima tersebar di Surabaya, dan satu di Malang. Di Malang, rawon ini terletak di Jl. Zainul Arifin No.62, Kiduldalem, Kec. Klojen sejak 1983.

Rawon ini diolah dengan berbagai bumbu tradisional, seperti kunyit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, serai, cabe, minyak nabati, dan ketumbar. Seporsi rawon Nguling dijual dengan harga Rp35.000, terdiri dari nasi, potongan daging, sambal, taoge, dan kuah rawon.

Warna kuahnya tidak terlalu hitam dan pekat, juga tidak banyak lemak. Potongan dagingnya juga besar dan empuk. Cita rasanya gurih dan lezat. Untuk menambah kelezatan, bisa juga disantap dengan lauk pelengkap seperti tempe mendol, empal, paru, babat, perkedel, otak, atau limpa. Bisa juga dengan kerupuk udang atau kerupuk ikan.

17. Mie Gajah Mada

gambar makanan khas malang mie gajah mada
jokjaku.wordpress.com

Pamor dari Mie Gajah Mada sudah ada sejak zaman dulu dan tetap cemerlang hingga saat ini. Makanan ini bisa ditemukan di kawasan pecinan Malang. Hidangan ini terdiri dari sepiring mie dengan campuran suwiran daging ayam, siomay basah (wonton), daun selada segar, topping jamur kancing, dan taburan daun bawang serta bawang goreng. Harganya mulai dari Rp27.000 sampai Rp32.000.

18. Nasi Bakmoy

gambar makanan khas malang nasi bakmoy
masakapahariini.com

Nasi bakmoy adalah hidangan antar budaya antara Cina dan Jawa. Kata bakmoy sendiri sebenarnya adalah Bahasa Cina, yang arti mudahnya adalah babi. Tapi karena di Indonesia banyak yang beragama Islam, maka daging babi diganti dengan ayam.

Nasi bakmoy khas Malang terdiri dari nasi putih hangat, potongan tahu goreng, daging ayam, timun, taburan daun bawang dan bawang goreng, yang kemudian disiram dengan kuah coklat dari kaldu ayam. Ada juga penjual yang terkadang menambahkan potongan setengah telur rebus atau udang goreng. Waktu ideal untuk menikmatinya adalah pagi hari sebagai menu sarapan. Harga makanan ini sekitar Rp30.000.

19. Nasi Jagung

gambar makanan khas malang nasi jagung
sambalkriuk.blogspot.com

Nasi jagung tersebar di seluruh pelosok Kota Malang, dari pedesaan sampai perkotaan, tapi paling banyak dijual di pasar-pasar tradisional saat pagi hari. Harganya sangat merakyat, hanya sekitar Rp5.000-Rp10.000.

Hidangan ini adalah campuran beras dan jagung giling yang dimasak bersama, lalu disajikan dengan ikan asin, sambal goreng tahu, bakwan jagung atau perkedel, dan urap-urap yang terdiri dari potongan timun, tauge, kangkung, dan parutan kelapa yang sudah dibumbui. Ada juga yang menyajikannya dengan sayur lodeh, tempe mendol atau tahu goreng, dan rempeyek ikan teri.

20. Tahu Campur

gambar makanan khas malang tahu campur
dimanaja.com

Salah satu kuliner malam Kota Malang adalah tahu campur, yang banyak dijual oleh pedagang keliling. Biasanya, makanan ini mulai dijajakan mulai pukul 6 atau 7 malam sampai tengah malam. Satu porsi tahu campur terdiri dari mie, irisan daging ayam lembut, perkedel, tahu goreng, tauge, yang kemudian disiram dengan kuah petis dan disempurnakan dengan kerupuk.

Bisa juga ditambahkan sambal untuk yang suka makanan pedas. Jika ingin lebih kenyang, bisa juga ditambahkan nasi atau lontong. Harganya cukup bervariasi tergantung yang menjual, tapi kisarannya adalah Rp15.000-Rp22.000.

21. Angsle

gambar makanan khas malang angsle
kooliner.com

Menu terakhir bukanlah makanan, melainkan minuman. Cita rasa minuman ini adalah manis, yang bisa disajikan hangat atau dengan es, tapi lebih banyak yang hangat dan biasa disebut wedang angsle. Minuman yang menyerupai kolak ini terdiri dari campuran kacang tanah, potongan roti tawar, kacang hijau, mutiara jeli/agar-agar, petulo dan ketan.

Kuahnya terdiri dari rebusan santan, daun pandan, gula putih, dan sedikit garam. Angsle sangat cocok dinikmati saat malam hari sebagai penutup kuliner di Kota Malang. Ada banyak tempat yang menjual angsle, mulai dari pedagang keliling, kaki lima, warung makan sederhana, sampai restoran dan kafe. Harga satu porsinya sangat terjangkau, hanya Rp5.000-Rp10.000.

Mirip dengan Jakarta dan kota-kota lain di Nusantara, Kota Malang Jawa Timur menawarkan konsep makan yang unik karena ada berbagai menu lokal yang lezat untuk disantap. Mulai dari pinggir jalan sampai warung-warung makan, Malang memiliki banyak pilihan kuliner dengan harga yang super ramah anggaran.

LEAVE A REPLY