Makanan Khas Kalimantan Timur

Kalimantan adalah sebuah pulau yang terletak di tengah-tengah Indonesia, yang memiliki hutan tropis, kaya akan sumber daya alam, dan menyimpan flora fauna yang eksotis. Salah satu provinsi di pulau ini adalah Kalimantan Timur, yang menawarkan aneka makanan unik dan lezat penggugah selera. Berikut adalah dua puluh di antaranya.

1. Nasi Bekepor

gambar makanan khas kalimantan timur Nasi Bekepor
simomot.com

Nasi bekepor adalah kuliner khas Kutai yang merupakan makanan warisan dari Raja Kutai Kartanegara. Pada zaman dulu, nasi bekepor dimasak dengan cara diputar di atas bara api. Proses inilah yang akhirnya dikenal dengan bekepor.

Disebut juga dengan nasi liwet khas Kaltim, nasi bekepor adalah beras yang diolah bersama dengan minyak sayur, rempah-rempah, dan potongan ikan asin, lalu dimasak dengan alat khusus bernama ketel. Saat setengah masak, olahan ini akan ditambahkan kemangi, cabai, dan jeruk nipis sebagai penambah aroma.

Nasi bekepor sering disajikan dengan sayur gangan asam Kutai dan daging masak bumi hangus, sebagai lauk tambahan. Kadang-kadang, juga ditambah potongan telur rebus sebagai pelengkap. Untuk pecinta pedas, tersedia juga tambahan sambal super pedas bernama sambal raja atau sambal sayur, yaitu sambal yang dibuat dari campuran cabai dan beberapa jenis sayur.

Nasi bekepor tidak langsung disajikan di atas piring, tapi diberikan alas daun pisang. Hidangan ini bisa dengan mudah ditemukan di warung-warung makan, di seluruh Kalimantan Timur, dengan harga sekitar Rp30.000. Sedangkan, satu porsi sambal sayur harganya sekitar Rp35.000.

2. Ayam Cincane

gambar makanan khas kalimantan timur Ayam Cincane

Ayam cincane adalah salah satu kuliner andalan di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, yang oleh masyarakat setempat kerap dijadikan menu utama dalam acara-acara besar seperti kelahiran bayi, pesta pernikahan, dan upacara adat. Ciri khas ayam cincane adalah bumbunya berwarna kemerahan, rasanya pedas, dengan rasa jahe, lengkuas, dan kemiri yang langsung terasa di lidah. 

Ayam yang telah dioles bumbu dan dilumuri air asam jawa, selanjutnya dimasak dengan cara dibakar. Tekstur dagingnya gurih dan lembut, karena yang digunakan hanya ayam kampung. Menu ini biasa disajikan dengan lalapan, seperti daun selada, kemangi, potongan timun dan tomat. Ayam cincane dapat ditemukan di beberapa restoran atau kedai makan Kota Samarinda, dengan harga mulai dari Rp20.000.

3. Gence Ruan

gambar makanan khas kalimantan timur Gence Ruan
sajiansedap.grid.id

Gence ruan adalah makanan khas rica-rica dari Kutai Kartanegara, yang berbahan dasar ikan gabus atau disebut juga ikan haruan, oleh penduduk setempat. Kata ruan merupakan empat huruf terakhir dari nama ikan tersebut. Sedangkan, gence adalah nama sambal yang disajikan bersama dengan ikan ruan. Ikan yang sudah dibersihkan, akan dilumuri garam dan dimasak dengan cara digoreng kering atau dibakar. 

Saat disajikan, ikan akan dilumuri bumbu gence yang bercita rasa manis dan pedas. Bahan bumbu gence cukup sederhana, terdiri dari bawang putih, cabai merah, bawang merah, dan air asam jawa, yang kemudian ditumis menjadi satu. Secara keseluruhan, tampilan gence ruan adalah merah menggoda, yang kontras dengan makanan pelengkap berupa nasi putih hangat dan lalapan.

4. Sayur Gangan Asam Kutai

gambar makanan kalimantan timur Sayur Gangan Asam Kutai
bigsta.net

Sayur asam adalah makanan umum di Tanah Air. Hampir setiap daerah memiliki varian sayur asam sendiri-sendiri. Begitu juga Kalimantan Timur yang memiliki sayur asam berbahan dasar kepala ikan gabus. Kepala ikan, biasanya dibelah menjadi dua bagian, kemudian dilumuri air perasan jeruk nipis, garam, dan terung dayak agar baunya tidak amis. 

Baru selanjutnya, dimasak bersama kuah yang dibuat dari campuran asam sunti dan bumbu khas sayur asam. Bahan pelengkap sayuran ini adalah kangkung, potongan talas/ubi, dan jantung pisang batu. Di Kutai, sayur ini biasa disajikan bersama sambal gence dan kerupuk.

5. Rabo Ruan

gambar makanan khas kalimantan timur Rabo Ruan
sajiansedap.grid.id

Masih sama dengan dua menu sebelumnya, rabo ruan juga berbahan dasar ikan gabus. Kali ini ikan tidak dimasak dengan digoreng atau berkuah, tapi dijadikan seperti abon. Ikan gabus sebelumnya dikukus dan disuwir-suwir, lalu dicampur dengan aneka bumbu, seperti ketumbar, cabai, bawang merah, bawang putih, gula merah, dan garam.  

Selanjutnya, adonan disiram santan dan dimasak dengan api kecil, hingga santan menyusut. Rasanya yang gurih sangat cocok disajikan bersama dengan nasi hangat. Penduduk Kalimantan Timur sering menyantap menu ini sebagai lauk saat makan siang.

6. Daging Masak Bumi Hangus

gambar makanan khas kalimantan timur Daging Masak Bumi Hangus
resepibonda.my

Makanan khas Samarinda ini memang sedikit berbeda dari hidangan kebanyakan, karena sengaja dimasak hingga gosong dan berwarna kehitaman. Meskipun begitu, rasanya tetap enak. Menu ini dibuat dari daging sapi, dengan bumbu utama yang terdiri dari pala bubuk, merica, bawang bombay, saus tomat, dan kecap Inggris. Seperti yang telah disebutkan, menu ini kerap menjadi teman makan nasi bekepor.

7. Gangan Manok

gambar makanan khas kalimantan timur Gangan Manok
merdeka.com

Gangan manok adalah makanan khas Balikpapan, sehingga disebut juga gangan manok Balikpapan. Ada juga yang menjulukinya bakso khas Kalimantan, karena tampilannya memang mirip seperti bakso. Namun sebenarnya, gangan manok adalah sayur bening yang terdiri dari daun bayam, bola-bola ayam, dan buah oyong yang kaya serat.

Dalam bahasa daerah setempat, gangan memiliki arti sayur, sedangkan manok berarti ayam. Di Kalimantan, bola-bola ayam memiliki tekstur yang sangat lembut, bahkan lebih enak dari bakso sapi. Dibuatnya dari daging ayam giling yang dicampur aneka bumbu, lalu dimasukkan ke dalam air kaldu hingga matang. 

Rasa sayur ini adalah perpaduan gurih, segar, dan rasa kaldunya begitu kuat. Sebagai pelengkap, gangan manok biasa disajikan bersama potongan tomat ceri (tomat kecil), potongan daging ayam, dan diberi perasan jeruk nipis. Bisa juga ditambahkan saus atau sambal cabai sesuai selera. Di warung-warung makan, masakan ini ditawarkan dengan harga yang cukup murah, hanya Rp10.000.

8. Ayam Suwir Cabai Hijau

gambar makanan khas kalimantan timur Ayam Suwir Cabai Hijau
cookpad.com

Secara tampilan, sekilas masakan ini mirip dengan oseng-oseng, tapi di dalamnya terdapat suwiran ayam. Ayam yang disuwir-suwir ini ditumis bersama potongan tomat, cabai merah dan hijau, lengkuas geprek, jahe, bawang bombay, daun salam, daun bawang, dan beberapa jenis rempah pilihan lainnya. Persis seperti namanya, cita rasa masakan ini adalah pedas yang berpadu dengan gurih yang menggugah selera.

9. Pepes Kepiting

gambar makanan khas kalimantan timur pepes kepiting
minapoli.com

Banyak yang mengatakan bahwa pepes adalah makanan khas orang Sunda. Tapi jangan salah, Kalimantan Timur juga punya pepes special, lho. Jika pepes di daerah Jawa, biasa dibuat dari daging ikan atau ayam, di Kalimantan Timur tepatnya di Kota Tepian, pepesnya terbuat daging kepiting murni. Jenis kepiting yang digunakan adalah kepiting lemburi atau soka. 

Jenis kepiting ini adalah favorit para pecinta boga bahari, karena badannya penuh berisi daging. Kepiting yang telah dibersihkan akan direbus terlebih dahulu, dipisahkan dari cangkang, kemudian dicacah/dihancurkan, lalu dilumuri bumbu halus yang terdiri dari cabai merah, serai, cabai rawit, kemangi, tomat, garam, dan jahe parut. 

Kepiting kemudian dimasak dengan dikukus dalam balutan daun pisang, baru kemudian dibakar. Rasa paling dominan dari masakan ini adalah pedas. Wisatawan yang ingin menikmati kelezatannya, cukup siapkan uang sekitar Rp45.000 per satu paket, isi empat.

10. Sate Payau

gambar makanan khas kalimantan timur Sate Payau
dictio.id

Sate pada umumnya, terbuat dari daging kambing, ayam, atau yang sedikit berbeda adalah bekicot. Namun di Kalimantan Timur, ada sate antimainstream yang dibuat dari hewan buruan, yaitu daging rusa. Masyarakat setempat menyebut hewan ini dengan nama payau, sehingga nama masakannya adalah sate payau. 

Namun dalam beberapa tahun terakhir, masakan ini sudah jarang dijumpai alias sangat langka, karena saat ini rusa telah menjadi salah satu hewan yang dilindungi oleh negara. Namun menurut beberapa sumber, sate rusa memiliki tekstur daging yang lembut dengan rasa manis dan gurih. 

Bahkan kabarnya, tingkat keempukan daging ini lebih dari daging sapi dan kambing. Tapi, bumbu sate payau sama dengan sate kambing, yaitu dengan saus kecap, potongan cabai, dan irisan bawang merah mentah. Saat disajikan, kadang juga ditambahkan potongan tomat segar dan perasan jeruk nipis.

11. Sambal Raja

gambar makanan khas kalimantan timur Sambal Raja
atapermana.blogspot.com

Dinamakan sambal raja, karena pada masa kerajaan, sambal ini hanya bisa dinikmati oleh para Raja Kutai. Masakan pendamping ini dulunya paling sering dihidangkan bersama dengan nasi bekepor. Tapi setelah beberapa lama, sambal ini mulai bisa dinikmati oleh anggota kerajaan dan masyarakat biasa, dan akhirnya menjadi sambal khas Kutai. 

Hal yang membuat sambal ini unik adalah tidak hanya dibuat dari cabai, tapi juga dicampur dengan terong ungu, kacang panjang, dan juga telur rebus yang disiram dengan bumbu pedas, dan irisan bawang merah yang menambah kelezatan. 

Pembuatannya cukup sederhana, terong ungu dan kacang panjang dipotong lebih dulu menjadi bagian-bagian kecil, kemudian digoreng bersama cabai rawit, terasi, cabai merah, gula dan garam dengan perasan jeruk cina. Selain nasi bekepor, sambal ini sekarang telah banyak disantap bersama nasi hangat saja, pepes kepiting, atau sate payau.

12. Kue Bingka Kentang

gambar makanan khas kalimantan timur Kue Bingka Kentang
belanga.id

Kue bingka kentang adalah salah satu camilan favorit orang-orang di Kalimantan Timur dan Selatan, terutama Banjarmasin, dengan bahan utama adalah kentang. Kentang mentah yang telah dibersihkan akan dihaluskan atau ditumbuk, kemudian dicampur dengan tepung terigu, telur ayam, perisa makanan, dan santan kental. 

Selanjutnya, adonan dicetak pada loyang dan didiamkan sampai keras seperti agar-agar. Baru nantinya, disajikan dalam potongan-potongan kecil. Bisa juga dimasukkan ke dalam cetakan beraneka bentuk, sesuai selera. 

Kue ini memiliki tekstur padat di bagian tepi dan sedikit basah di bagian tengah, rasanya manis, legit, dan berwarna kekuningan. Sangat cocok dijadikan teman minum kopi atau teh saat sore hari. Di pasar-pasar tradisional, kue ini biasanya dijual dengan harga Rp2.000 saja per buah.

13. Pulut Nasi

gambar makanan khas kalimantan timur Pulut Nasi
copdblogp.blogspot.com

Pulut nasi adalah menu sarapan khas Kutai yang bercita rasa gurih dan pedas. Meskipun menyandang nama nasi, tapi makanan ini masuk dalam kelompok jajanan pasar, dan sebenarnya dibuat dari beras ketan. Sedangkan, kata “pulut” memiliki arti “lengket” dalam bahasa Indonesia. Hal ini karena nasi ketan memang memiliki tekstur yang lebih lunak dan lengket, tidak seperi nasi putih biasa. 

Pulut nasi memiliki porsi yang sedang (tidak banyak, tapi juga tidak sedikit). Sebelum dikukus, beras ketan dicampur dengan santan kental dan sedikit garam, agar menghasilkan rasa gurih, lalu dimasukkan ke dalam daun pisang, dengan bentuk seperti arem-arem, yaitu dilipat ke tengah dari kedua sisinya. 

Saat dihidangkan, nasi pulut biasa ditemani sambal khas yang dibuat dari campuran cabai rawit, cabai merah, sedikit garam, dan kacang tanah sangrai yang sudah dihaluskan. Di Kabupaten Kutai, pulut nasi biasa dijajakan di sekitar jembatan dekat Pasar Seni Tenggarong selepas subuh.

14. Kue Gegicak

gambar makanan khas kalimantan timur Kue Gegicak
idntimes.com

Jajanan lain khas Kalimantan yang tak kalah enak dengan menu sebelumnya adalah gegicak. Kue tradisional berwarna hijau ini termasuk dalam kelompok kue basah, dengan tekstur lembut dan kenyal. Bahan utamanya adalah campuran tepung ketan putih, vanili, dan air perasan daun pandan.

Kue ini sekilas mirip dengan klepon dari Jawa, tapi jika klepon berbentuk bulat seperti kelereng, kue gegicak memiliki bentuk seperti donat, tapi bagian tengahnya cekung, tidak berlubang. Kue klepon biasa dimasak dengan direbus dan ada gula merah di bagian dalamnya, sedangkan gegicak dimatangkan dengan dikukus dan saus gula merah disiramkan di atasnya. 

Agar rasanya lebih gurih, kue ini sering diberi taburan kelapa parut, dan disajikan dengan alas daun pisang. Harga kue ini sama murahnya dengan klepon dan bingka kentang, yaitu sekitar Rp3.000. Tapi hanya pasar-pasar tradisional yang menjualnya.

15. Amplang

gambar makanan khas kalimantan timur Amplang
jualamplangkukumacan.blogspot.com

Amplang adalah salah satu nama kerupuk khas Kalimantan Timur, yang sering dijadikan oleh-oleh. Nama lain camilan ini adalah kerupuk kuku macan. Kerupuk ini biasanya terbuat dari ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung dan beberapa bumbu, lalu digoreng. 

Bentuk dan ukuran amplang cukup bervariasi, mulai dari bentuk memanjang seperti kuku macan, bentuk dadu, hingga bulat seperti bola ping-pong. Warnanya bisa berkisar dari kuning hingga coklat muda. Harga per bungkusnya mulai dari Rp5.000 sampai Rp50.000, tergantung ukuran.

16. Lempok Durian

gambar makanan khas kalimantan timur Lempok Durian
ksmtour.com

Lempok adalah cara lain menikmati durian khas Kalimantan. Tekstur dan warna dari kue ini mirip seperti dodol di Garut, tapi bahan utama dan proses pembuatannya berbeda. Bahan utama dodol Garut adalah tepung beras, dan durian hanya sebagai pelengkap rasa. Tapi, lempok Kaltim dibuat dari bahan 100% durian, yang diberi sedikit garam dan gula. Kue legit ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp30.000 sampai Rp50.000, tergantung ukuran.

17. Pisang Gapit

gambar makanan khas kalimantan timur Pisang Gapit
lifestyle.okezone.com

Sesuai namanya, makanan ini dibuat dari bahan dasar pisang. Namun, tidak semua jenis pisang bisa digunakan, hanya pisang sanggar, pisang kepok, atau pisang tanduk yang setengah matang. Sedangkan, “gapit” adalah bahasa Kutai dan Banjar yang kurang lebih artinya adalah “dijepit”. 

Pisang yang sudah dikupas akan dijepit hingga berbentuk pipih melebar, baru kemudian dibakar. Jika sudah, pisang disiram dengan saus durian atau saus karamel, jadi bentuknya berkuah. Di Samarinda, makanan ini banyak dijajakan di pinggir jalan saat sore dan malam hari, terutama di daerah Tepian, Sungai Mahakam. Tapi juga kerap dijadikan suguhan khas daerah di beberapa hotel Balikpapan dan Samarinda.

18. Bobongko

gambar makanan khas kalimantan timur Bobongko
cookpad.com

Bobongko, atau disebut juga babangko adalah kue basah yang kadang dijadikan sebagai menu sarapan ringan oleh masyarakat Kutai. Sering juga disuguhkan pada acara-acara besar, seperti beseprah (sarapan bersama), pernikahan, atau upacara adat. 

Hidangan ini terbuat dari adonan tepung yang dibungkus dengan daun pisang, dimasak dengan dikukus, memiliki tekstur lembut serta kenyal, dan berwarna kehijauan. Rasa dasar kue ini adalah gurih, tapi karena ada kuah kental yang dibuat dari gula merah cair dan santan kental, rasanya juga menjadi manis.

19. Bubur Pedas

gambar makanan khas kalimantan timur Bubur Pedas
nyero.id

Menengok ke belakang dalam sejarah, bubur pedas dulunya adalah makanan yang sering disajikan di kerajaan. Bubur ini awalnya adalah makanan melayu yang menjadi hidangan khas suku Sambas, Kalimantan Barat. Tapi, akhirnya diadopsi oleh Kalimantan Timur dan menjadi menu favorit masyarakat Samarinda. 

Masakan ini sebenarnya tidak menggunakan cabai yang banyak, tapi diberi campuran jahe, lengkuas, lada hitam, dan ketumbar, sehingga rasa pedas lebih dominan dan aroma dari rempah-rempah cukup menusuk hidung. Cara memasaknya adalah dengan mencampurkan nasi bakar halus dan kelapa bakar.

Bahannya juga ditambah dengan bumbu-bumbu lain seperti kunyit, daun salam, bawang putih, adas, ketumbar, jinten, serai, lada hitam, jahe, cabai, dan berbagai sayuran sesuai selera. Bubur ini sering diberi topping berupa kerupuk, kacang goreng garing, ikan asin, jeruk nipis, dan bawang goreng.

20. Sambal Gami Udang

gambar makanan khas kalimantan timur Sambal Gami Udang
manhaj.home.blog

Sambal gami udang berasal dari Bontang, yaitu kota di pesisir Kaltim yang jaraknya sekitar 120 kilometer dari Samarinda. Dari namanya, sudah pasti bahan utama sambal ini adalah udang. Sambal ini dimasak dengan digoreng, dalam bentuk ulekan kasar. Sambal ini bisa dinikmati dengan beragam jenis ikan laut, baik yang dibakar maupun digoreng.

Ciri khas masakan Kalimantan Timur adalah pedas yang menusuk lidah, mulai dari olahan ikan, daging, sayur, hingga makanan laut lainnya. Pilihan sambalnya juga beraneka macam. Sedangkan, camilan tradisionalnya lebih banyak yang berupa kue basah, dengan rasa manis dan gurih.

LEAVE A REPLY