Makanan Khas Kalimantan Tengah

Pernah berkunjung ke Provinsi Kalimantan Tengah? Provinsi ini adalah daerah administrasi terluas di Pulau Borneo. Kalimantan Tengah menjadi tempat tinggal bagi tiga suku yaitu Dayak, Banjar, dan Jawa. Secara tidak langsung, interaksi ketiga suku ini menyebabkan terjadinya asimilasi budaya dan kuliner.

Kalimantan Tengah dikelilingi oleh hutan tumbuh, seiring dengan kemajuan sektor perkebunan dan pariwisatanya. Para wisatawan pun mulai melirik destinasi wisata di provinsi ini. Ketika berwisata ke Kalimantan Tengah, pastikan juga untuk mencicipi berbagai hidangan kuliner lezat asli dari daerah tersebut.

1. Juhu Umbut Rotan

gambar makanan khas kalimantan tengah juhu umbut rotan
resepmasakannusantaraoriginal.blogspot.com

Rotan adalah hasil alam yang sangat banyak tumbuh di hutan Kalimantan. Rotan biasa dimanfaatkan oleh masyarakat Kalimantan sebagai tali dan anyaman yang bernilai jual tinggi. Ternyata, ada juga makanan khas Kalimantan tengah yang berbahan dasar bagian dari rotan. Namanya adalah juhu umbut rotan.

Bagian rotan yang dipakai untuk bahan masakan adalah rotan muda. Tampilannya mirip rebung pohon bambu. Warnanya kuning pucat, berbentuk lembaran, dan punya tekstur yang lembek serta cukup lunak. Awalnya umbut rotan harus dibersihkan dulu dari duri-duri, kemudian baru bisa dibumbui dengan rempah-rempah.

Umbut rotan bisa dimasak dengan santan dan kunyit menjadi gulai. Ada juga yang lebih senang memasaknya tanpa santan atau ditumis. Biasanya, masyarakat Kalimantan Tengah suka mengonsumsi umbut rotan yang dimasak super pedas. Tapi karena proses pencarian umbut dan proses memasaknya cukup sulit, kuliner ini jadi langka.

Keripik Kalakai

gambar makanan khas kalimantan tengah keripik kalakai
daerahkita.com

Keripik yang satu ini asli berasal dari Suku Dayak di Kalimantan Tengah, yang terkenal hidup menyatu dengan alam. Mereka suka memanfaatkan tumbuhan dan hewan yang ada di alam, sebagai sumber makanan dan pemenuh kebutuhan sehari-hari. Salah satunya adalah daun kalakai.

Daun kalakai tumbuh subur di hutan Kalimantan. Daun ini sudah lama dimanfaatkan oleh masyarakat Dayak untuk mengobati diare, menjaga elastisitas kulit, hingga menambah darah. Seiring perkembangan zaman, daun kalakai diolah menjadi berbagai jenis makanan lezat. Salah satunya adalah keripik kelakai.

Lemang

gambar makanan khas kalimantan tengah lemang
seringjalan.com

Lemang adalah lontong yang sebenarnya berasal dari dataran Melayu. Seiring dengan perkembangan zaman, penduduk Melayu melakukan migrasi sampai ke dataran Sumatera dan juga Kalimantan. Tak heran, di Kalimantan Tengah pun banyak dijumpai masyarakat dari Suku Melayu.

Lemang terbuat dari ketan. Proses pemasakannya cukup unik, karena beras ketan yang sudah dicuci bersih harus dibungkus dengan daun pisang. Lemang yang sudah dibungkus ini dimasukkan dalam seruas bambu, kemudian bambu ini harus dibakar di atas bara api sampai matang. Lemang biasa disajikan pada saat hari raya dan juga pesta adat di Kalimantan Tengah.

Hintalu Karuang

gambar makanan khas kalimantan tengah hintalu karuang
dherdian.wordpress.com

Pernah memakan bubur biji salak? Rasanya manis dan legit, dengan cita rasa kenyal pada biji salaknya. Ternyata, di Kalimantan Tengah juga ada makanan yang sangat mirip dengan bubur biji salak, namanya adalah hintalu karuang. Sebenarnya, hintalu karuang berasal dari daerah Kalimantan Selatan. Tapi, makanan ini menyebar sampai ke Kalimantan Tengah.

Karuang artinya adalah kelelawar dalam bahasa Banjar. Pemberian nama ini karena biji salak yang terdapat dalam hintalu terlihat seperti telur kelelawar. Bahan utama untuk membuat bola-bola ini adalah tepung ketan. Hintalu biasa disajikan dalam kondisi hangat dengan kuah yang manis dan kental.

Ikan Bakar

gambar makanan khas kalimantan tengah ikan bakar
pondokrungan.myolsera.com

Lantaran Kalimantan Tengah dilintasi oleh sungai besar, maka masyarakat terbiasa mengonsumsi hasil tangkapan dari sungai. Salah satunya adalah ikan air tawar yang dijadikan olahan ikan bakar. Kalimantan Tengah menawarkan menu ikan bakar dengan porsi jumbo. Ternyata, tangkapan ikan air tawar dari daerah ini memang berukuran cukup besar, bahkan satu porsi bisa untuk sekeluarga.

Wisatawan yang sedang ada di Kota Palangkaraya bisa berkunjung ke warung makan untuk mencicipi ikan bakar ini. Ada banyak jenis ikan yang bisa disajikan, ada ikan saluang, lais, patin, baung, dan lain sebagainya. Rasanya juga dijamin nikmat. Biasanya ikan bakar akan disajikan bersama dengan lalapan, nasi hangat, dan juga sambal.

Wadi

gambar makanan khas kalimantan tengah wadi
kooliner.com

Kehidupan Suku Dayak dan Banjar memang tidak bisa dipungkiri sangat dekat dengan alam. Kegiatan utama mereka adalah bercocok tanam dan menjaring ikan. Tapi, ketika sedang masuk musim jarang ikan, maka masyarakat harus putar otak untuk tetap memiliki lauk makan. Salah satu kreativitas mereka adalah mengolah wadi, yaitu ikan fermentasi khas Kalimantan Tengah.

Wadi harus melalui proses yang lumayan panjang, sampai akhirnya bisa dimakan. Semua jenis ikan air tawar bisa diolah menjadi wadi. Ikan air tawar yang sudah dibersihkan direndam dalam larutan garam, dan dibiarkan selama 2 malam. Setelah sukses terfermentasi, ikan wadi bisa disimpan sampai tahunan.

Wadi punya bau yang cukup menyengat. Masyarakat asli Kalimantan Tengah yang sudah biasa menyantapnya sangat menyukai fermentasi ikan ini. Tapi, tak jarang para pendatang enggan dan merasa aneh dengan cita rasa ikan fermentasi ini.

Bangamat

gambar makanan khas kalimantan tengah bangamat
keluyuran.com

Bangamat adalah salah satu makanan khas Kalimantan Tengah yang tergolong ekstrim. Mengapa? Hal itu karena makanan ini menggunakan bahan dasar berupa daging kelelawar. Hewan satu ini diolah menjadi hidangan yang serupa soto di Jawa, dengan kuah bening kekuningan. Hidangan ini juga dilengkapi dengan wortel, jantung pisang, daun kelari, dan lain sebagainya.

Hidangan ekstrim bangamat lumayan sulit untuk dicari. Hanya ada sedikit penjual makanan yang menjajakan menu ini. Wisatawan yang benar-benar ingin mencoba bisa mencari rumah makan kuliner ekstrim di Kota Palangkaraya dan sekitarnya.

Kalumpe

gambar makanan khas kalimantan tengah kalumpe
pegipegi.com

Dilihat dari tampilannya, kalumpe sangat mirip dengan sayur daun singkong dari Jawa. Bahan dasar untuk membuat kalumpe juga dari daun singkong. Hanya saja, daun singkong ini harus ditumbuk halus dulu sebelum dimasak. Kalumpe dimasak bersama dengan kuah santan yang kental dan berbagai bumbu dasar.

Bumbu yang digunakan biasanya adalah bawang merah, bawang putih, lengkuas, serai, cabe rawit, dan kayu manis. Agar lebih gurih, kalumpe biasa dimasak dengan kuah santan yang encer. Kalumpe disajikan dengan taburan kacang tanah sangrai dan ikan teri goreng. Kalumpe bisa dijadikan sebagai lauk makan nasi hangat serta dilengkapi sambal terasi.

Terong Mapui

gambar makanan khas kalimantan tengah terong mapui
travelingyuk.com

Ada satu lagi kuliner lezat yang dibuat oleh Suku Dayak Kalimantan Selatan. Namanya adalah terong mapui. Bahan dasar menu satu ini adalah terong besar yang berwarna ungu. Cara memasak terong mapui ini cukup unik. Terong utuh dibakar dulu di atas bara api sampai kulit luarnya melepuh, kemudian terong dibumbui dengan cabe rawit, garam, serai, dan terasi yang dihaluskan.

Terong mapui biasa disajikan bersama dengan nasi hangat. Menu ini juga bisa dijadikan pelengkap menu utama seperti ayam bakar atau ikan bakar. Cita rasa terong mapui cenderung asam, manis, pedas. Paduan tiga rasa ini bisa membuat nasi hangat dan ikan bakar terasa lebih nikmat.

Ikan Jelawat Bakar

gambar makanan khas kalimantan tengah ikan jelawat bakar
memasaku.blogspot.com

Ikan jelawat hanya bisa ditemui di perairan Pulau Kalimantan. Ikan ini bisa tumbuh sangat besar dan panjangnya sampai 25 cm. Ikan ini biasa disantap dengan cara dibakar. Ikan jelawat sebelum dibakar harus dibumbui dulu dengan bawang putih, jahe, serai, dan juga garam. Semua bahan ini dihaluskan dan digunakan untuk marinasi ikan jelawat.

Ikan jelawat kemudian dibakar sampai matang. Biasanya, masyarakat Kalimantan Tengah menyantap ikan jelawat ini dengan sup berkuah segar, sambal, dan nasi hangat. Menu ikan jelawat bakar ini bisa ditemukan di restoran Kota Palangkaraya. Meskipun agak mahal, tapi sajian ini pantas dinikmati oleh traveller yang sedang berkunjung ke Kalimantan Tengah karena kenikmatannya.

Juhu Kujang

gambar makanan khas kalimantan tengah juhu kujang
wisatakalimantanku.blogspot.com

Juhu kujang juga jadi salah satu makanan tradisional khas Kalimantan Tengah. Masakan ini berasal dari Suku Dayak yang ahli mengolah tanaman hutan sebagai bahan masakan enak. Juhu kujang menggunakan bahan baku berupa batang keladi. Di Jawa, tanaman ini biasa dikenal dengan sebutan talas.

Bagian yang digunakan adalah batang yang sudah mulai menguning. Batang ini dipotong, dibersihkan, kemudian diiris ukuran 1 cm. Batang keladi ini kemudian akan direbus lama lebih dulu. Tujuannya agar sifat gatal dalam batang keladi hilang. Setelah itu, barulah batang keladi dimasak bersama dengan kuah santan kuning yang bercita rasa pedas gurih.

Kenta

gambar makanan khas kalimantan tengah kenta
keluyuran.com

Kenta adalah makanan khas Kalimantan Tengah yang sudah ada sejak zaman dulu. Kenta berasal dari tradisi magenta yang biasa dilakukan oleh leluhur Suku Dayak. Kenta adalah kudapan yang diolah dari ketan. Awalnya, beras ketan harus direndam lebih dulu selama satu jam. Beras ketan kemudian baru bisa disangrai dengan periuk tanah di atas tungku kayu bakar.

Kenta yang sudah matang biasa disajikan saat pesta adat magenta, sebelum hama padi berkembang biak. Jadi, beras ketan yang digunakan dipanen lebih dulu, sebelum diserang oleh hama. Kenta dihidangkan bersama dengan gula merah, air kelapa muda, dan juga potongan daging kelapa muda.

Kini, keberadaan kenta sangat sulit dicari. Setidaknya, tradisi magenta memang masih ada sampai tahun 1980-an. Tapi seiring dengan perkembangan zaman, tradisi ini sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat asli Kalimantan Tengah.

Kue Gagatas

gambar makanan khas kalimantan tengah kue gagatas
cookpad.com

Jawa Timur punya kue yang bercita rasa kenyal dan manis bernama getas. Ternyata, kue ini juga ada di tanah Kalimantan dan namanya berubah menjadi kue gagatas. Makanan satu ini ternyata sudah ada sejak zaman dulu, dan masih bertahan hingga saat ini. Kue gagatas zaman dulu dimakan ketika musim paceklik. Masyarakat Kalimantan Tengah tidak bisa panen dan tidak punya bahan makanan.

Sekilas, tampilan kue gagatas sangat mirip dengan getas khas Surabaya. Kue ini terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan gula. Adonan kemudian digoreng sampai berubah warna jadi kuning kecoklatan. Setelah matang, kue gagatas kemudian diguling-gulingkan pada gula halus, agar permukaannya bisa terselimuti gula sampai rata.

Juhu Umbut Sawit

gambar makanan khas kalimantan tengah juhu umbut sawit
backpackerjakarta.com

Kalau tadi ada juhu umbut rotan, ada juga menu lain yang tak kalah unik yaitu juhu umbut sawit. Seperti namanya, menu unik ini menggunakan umbut sawit sebagai bahannya. Umbut sawit adalah bagian pelepah sawit yang masih muda. Letaknya biasa diujung bagian atas tengah pohon sawit.

Makanan ini biasa dihidangkan ketika dilangsungkan pesta perayaan, misalnya saat ada pesta adat atau pesta pernikahan. Umbut sawit jadi makanan khas yang harus dihidangkan untuk menghormati tamu yang datang. Uniknya, umbut sawit ini disantap mentah. Masyarakat biasa mencocolkan umbut sawit mentah ke sambal pedas.

Meskipun proses pembuatannya lumayan sulit. Tapi, kini ada beberapa restoran yang bisa menyajikan menu umbut sawit. Bagi para traveller yang ingin mencoba sensasi rasa manis, pedas, asam, dan sedikit pahit dari juhu umbut sawit, bisa memesan seporsi dengan harga yang sangat terjangkau. Biasanya, restoran hanya mematok harga antara Rp10.000–Rp15.000 saja.

Hampap Intalu

gambar makanan khas kalimantan tengah hampap intalu
cookpad.com

Hampap intalu sebenarnya berasal dari Kalimantan Selatan. Tapi, masyarakat Kalimantan Tengah pun ternyata sangat menggemari kuliner satu ini. Hampap intalu terbuat dari telur bebek. Bumbu yang dibutuhkan untuk membuat menu ini seperti bawang merah, bawang putih, santan, air kunyit, lengkuas, serai, garam, dan juga air.

Semua bumbu di atas direbus sampai mendidih. Barulah kemudian telur diceplok dan dimasukkan dalam panci. Bumbu dalam kuah santan bisa meresap sempurna dalam telur ceplok. Menu praktis ini biasa dimakan saat sarapan.

Sasangan Patin

gambar makanan khas kalimantan tengah sasangan patin
cookpad.com

Menu yang satu ini menggunakan bahan dasar ikan patin. Ikan ini bisa dengan mudah ditangkap di perairan sungai Kalimantan Tengah. Ikan patin diolah dengan kuah kuning yang lezat. Bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, kemiri, kaldu jamur, air asam jawa, serai, dan terasi.

Pertama, semua bumbu dihaluskan dan ditumis dengan sedikit minyak, kemudian masukkan air dan ikan patin, setelah itu masak sampai ikan patin matang. Masakan ini paling cocok dinikmati bersama dengan nasi hangat. Jika traveller suka pedas, bisa coba menambahkan sambal terasi pada sasangan patin.

Sulur Keladi Katuk Telur

gambar makanan khas kalimantan tengah sulur keladi katuk telur
cookpad.com

Makanan satu ini memang punya nama yang cukup panjang. Tapi, nama makanan ini mencerminkan bahan apa yang digunakan. Menu khas ini terbuat dari bahan utama berupa sulur keladi atau batang pohon talas. Sayuran bisa dilengkapi dengan daun katuk sebagai sumber serat lainnya.

Sulur keladi tampilannya mirip dengan capjay, hanya saja menggunakan bahan yang ada di alam Kalimantan. Bumbu yang digunakan untuk membuat sajian ini antara lain adalah bawang merah, bawang putih, terasi, cabe merah, dan garam. Semua bumbu terlebih dulu dihaluskan, kemudian ditumis bersama dengan dua bahan utamanya, kemudian tinggal ditambah dengan telur orak-arik.

Berkunjung ke Kalimantan Tengah, tak lengkap rasanya jika tak mencicipi kulinernya yang khas. Traveller bisa meluangkan waktu sehari untuk berkeliling Kota Palangkaraya dan berburu makanan khas Kalimantan Tengah yang lezat dan unik.

BERBAGI
Artikel sebelumyaOleh-Oleh Khas Jogja
Artikel berikutnyaOleh-Oleh Khas Solo

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/travmin/apps/wstpro/public/wp-content/themes/Newsmag/includes/wp_booster/td_block.php on line 352

LEAVE A REPLY