Makanan Khas Kalimantan Barat

Kalimantan Barat adalah provinsi yang unik, karena di sinilah tempat meleburnya beberapa budaya besar.  Empat suku utama adalah Dayak, Tionghoa, Melayu, dan Jawa. Sedangkan, sisanya termasuk suku Bugis, Madura, Batak, Sunda, dan Banjar. Di sini terdiri dari banyak etnis, membuat provinsi yang dilintasi garis khatulistiwa ini kaya akan budaya dan juga kuliner. Berikut adalah 27 di antaranya.

1. Bubur Pedas

gambar makanan khas kalimantan barat Bubur Pedas
beritakuliner.com

Apa yang dibayangkan oleh kebanyakan orang ketika mendengar kata bubur, tentunya adalah beras yang dimasak menjadi lembut dan disajikan dengan kerupuk, bawang goreng, dan kacang goreng. Tapi, Kalimantan Barat punya bubur dengan isian dan cita rasa yang berbeda, yaitu dominan pedas.

Bubur ini menjadi menu sarapan tradisional suku Melayu yang berada di Sambas, Kalimantan Barat. Nama aslinya adalah bubbor paddas. Selain bahan utama yang berasal dari nasi yang dimasak halus, hidangan ini berisi campuran sayuran seperti jagung yang telah dipipil, pakis, kangkung, kesum, ubi, dan wortel.

Untuk menghasilkan rasa pedas, bubur diberikan rempah-rempah berupa lada hitam, jahe, daun salam, bawang merah dan putih, serta ditambahkan tulang dan tetelan sapi. Toppingnya berupa ikan teri, kacang tanah goreng, dan perasan jeruk nipis. Bubur ini biasanya disajikan sebagai salah satu hidangan utama pada pertemuan keluarga.

2. Mie Sagu

gambar makanan khas kalimantan barat Mie Sagu
sitimustiani.com

Mie sagu adalah makanan populer khas Melayu Pontianak. Ada dua cara dalam menyajikan mie sagu, yaitu dengan digoreng atau direbus. Keberadaan mie sagu di Kalimantan Barat sendiri, disebabkan karena ada banyak pohon sagu yang tumbuh sejak bertahun-tahun yang lalu.

Penduduk desa kemudian berusaha membuat pohon ini berguna, dengan membuatnya menjadi bahan makanan. Oleh penduduk setempat, hidangan ini kerap dijadikan sebagai makanan selingan atau menu sarapan.

Proses memasaknya cukup sederhana, adonan mie yang telah dipotong-potong kemudian direbus dan dicampur dengan beberapa bahan tambahan, seperti daun kucai, potongan daging, dan bumbu. Sedangkan, toppingnya berupa kacang tanah goreng, tauge, dan ikan teri. Tekstur mie sagu ini mudah dikunyah dan rasanya akan tetap lezat ketika dimakan dengan atau tanpa kuah.

3. Kwe Tiaw Goreng

gambar makanan khas kalimantan barat Kwe Tiaw Goreng
piknikdong.com

Kwe tiaw adalah salah satu makanan yang hampir semua orang pasti mengetahuinya. Ternyata, menu populer ini merupakan makanan tradisional khas Pontianak yang berasal dari suku Tionghoa. Bahan dasar kwetiau adalah mie putih yang dibuat dari tepung beras, jadi sumber karbohidrat cukup tinggi.

Bahan ini pulalah yang membedakan kwe tiaw khas Pontianak dengan kwetiaw lain, karena biasanya di daerah lain menambahkan tepung kanji sebagai bahan mie. Bahan pelengkap lainnya berupa potongan daging ayam dan sayur, seperti timun atau sawi.

Semua bahan ini ditumis atau digoreng secara bersamaan dan diberi bumbu. Biasanya, mie disajikan dengan topping bawang goreng. Di Kalimantan Barat terutama Pontianak, kwetiau goreng banyak dijadikan menu makan siang. Pusat Kota Pontianak seperti di Jalan Setia Budi dan Gajah Mada adalah tempat yang paling banyak menjajakan menu ini.

4. Kwe Tiaw Rebus

gambar makanan khas kalimantan barat Kwe Tiaw Rebus
sukaboga.blogspot.com

Selain kwe tiaw goreng, Pontianak juga memiliki makanan berkuah alias rebus. Bahan-bahan yang digunakan hampir sama, hanya ditambahkan kuah. Jika kwetiau goreng dimasak bersamaan dengan bahan lain, mie pada kwetiau dimasak sendiri. Bahan pelengkap seperti potongan daging dan sayuran pun dimasak bersama kuah.

Ciri khas kuahnya adalah kental, rahasianya terletak pada campuran air dan tepung sagu atau maizena yang sebelumnya sudah diencerkan. Untuk penyajian, mie diletakkan terlebih dulu di atas piring, baru kemudian disiram dengan kuah. Itu sebabnya varian ini disebut juga dengan kwetiau siram.

5. Asam Pedas Tempoyak

gambar makanan khas kalimantan barat Asam Pedas Tempoyak
backpackerjakarta.com

Asam pedas tempoyak adalah salah satu contoh makanan tradisional Ketapang yang berasal dari etnis Melayu, dan dikenal luas di Kalimantan Barat. Kuliner asam pedas memang sudah sangat umum di Tanah Air, tapi asam pedas dari Ketapang menawarkan sensasi rasa berbeda, karena adanya bahan pelengkap berupa tempoyak.

Tempoyak adalah hasil fermentasi durian selama 3-7 hari, dengan menambahkan garam ke dalam buah. Fermentasi durian membuat tempoyak memiliki rasa unik, yang merupakan perpaduan asam dari proses fermentasi dan rasa manis dari buah durian.

Namun, rasa tempoyak yang dijual sangat bervariasi, bisa agak manis dan asam atau sangat pedas. Penambahan durian yang difermentasi ke dalam asam pedas, bertujuan untuk menambah aroma dan rasa gurih yang berbeda pada hidangan. Sedangkan, bahan utama asam pedas khas Ketapang adalah ikan patin atau ikan angsam.

Dua jenis ikan tersebut dikenal memiliki tekstur daging yang lembut, tebal, tulangnya tidak banyak, dan memiliki rasa yang khas. Ikan ini sangat cocok dipadukan dengan buah durian yang memiliki aroma menyengat. Asam pedas tempoyak biasa disajikan dengan potongan asam jawa, tomat, dan jeruk nipis.

6. Kerupuk Basah

gambar makanan khas kalimantan barat Kerupuk Basah
ksmtour.com

Saat mendengar kata kerupuk, yang pertama terlintas di pikiran tentu saja adalah kering, renyah, gurih, dan cocok menjadi pendamping makanan apapun. Namun, ada yang berbeda dengan kerupuk basah khas Kalimantan.

Makanan yang berasal dari Kota Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu ini tidak berbentuk kerupuk seperti yang dibayangkan, tapi lebih mirip dengan empek-empek Palembang. Hanya saja, ukurannya lebih panjang dan tidak digoreng, tapi dikukus. Bentuknya lonjong dengan panjang sekitar 5-25 cm, dan dengan diameter sekitar 2-3 cm. Bahan dasarnya adalah ikan dan tepung sagu.

Ada tiga variasi rasa yang ditawarkan, yaitu ikan belida, ikan tenggiri, dan ikan toman. Teksturnya sendiri kenyal, dengan rasa pedas manis, dan aroma khas ikan. Rasa pedas didapat dari sambal cabai atau saus kacang pedas yang disediakan sebagai cocolan.

Selain enak, camilan ini juga menyehatkan, karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Meskipun berasal dari wilayah Kapuas Hulu, tapi sejumlah kabupaten lain di Kalbar, seperti di Sanggau, Sekadau, Sintang, Pontianak juga banyak yang menjual kerupuk basah.

7. Ale-Ale

gambar makanan khas kalimantan barat Ale-Ale
monga.id

Ale-ale adalah makanan tradisional Khas Ketapang yang bahan utamanya adalah kerang-kerang berukuran kecil. Masyarakat Ketapang dan sekitarnya menyebut kerang jenis ini dengan nama ale-ale. Kulitnya mengkilap dan halus, dengan daging berwarna putih susu.

Pengolahannya sendiri berbagai macam, bisa dibuat menjadi sambal ale-ale, serundeng ale-ale (dengan kelapa parut), ale-ale asam manis, atau hidangan lain yang sesuai dengan selera. Pastinya, proses untuk memasaknya lumayan sederhana, karena tidak banyak bumbu yang digunakan. Artinya, orang yang makan masih bisa menikmati rasa asli daging kerang.

8. Mie Kepiting

gambar makanan khas kalimantan barat Mie Kepiting
food.detik.com

Menu yang satu ini sangat populer di Pontianak. Sekilas, tampilannya hampir sama dengan mie Aceh kering. Namun, mie kepiting Pontianak disajikan dengan banyak lauk lezat, seperti bakso, udang, kecambah, ikan, pangsit goreng, atau daging.

Tapi, tentu saja topping utamanya adalah kepiting. Rasanya sangat lezat dan pastinya memberikan sensasi berbeda bagi pecinta mie ayam maupun kepiting. Kuliner ini bisa dengan mudah dijumpai di Jalan Setia Budi atau Jalan Gajah Mada.

9. Botok Daun Mengkudu

gambar makanan khas kalimantan barat Botok Daun Mengkudu
foodmomentum.blogspot.com

Awalnya, botok daun mengkudu adalah lauk sehari-hari bagi masyarakat Dayak di Kalimantan Barat dan Tengah. Tapi karena kelezatannya, botok ini tidak hanya menjadi makanan favorit orang Dayak, namun juga masyarakat melayu dan etnis lain yang hidup saling berdampingan di Kalimantan.

Bahan dasarnya adalah ikan tongkol yang dicampur dengan beragam rempah dapur dan santan kental, kemudian dimasak dengan cara dikukus dalam balutan daun mengkudu.

Daun mengkudu yang digunakan sebelumnya harus dibersihkan tulang daunnya, dicuci bersih, dan direbus sebanyak dua kali untuk menghilangkan rasa pahit, agar tidak memengaruhi rasa masakan. Aroma yang dihasilkan hidangan ini sangat khas, yang merupakan perpaduan rempah-rempah dengan daun mengkudu.

10. Kue Dange

gambar makanan khas kalimantan barat Kue Dange
gayahidup.co.id

Dange adalah kue khas suku Dayak yang hidup di Kalimantan Barat. Tapi karena rasanya yang enak, kue ini juga terkenal di kalangan wisatawan dalam dan luar negeri, bahkan sering dijadikan buah tangan dari Kalimantan.

Di daerah asalnya, kue dange merupakan camilan ringan yang sering dijadikan pelengkap makanan utama atau makanan pencuci mulut pada saat acara-acara tertentu, seperti pesta atau acara kekeluargaan dan upacara adat.

Kudapan ini dibuat dari bahan yang sederhana, yaitu olahan parutan kelapa, gula putih, dan tepung. Adonan kue dimasukkan ke dalam cetakan khusus kue dange dan kemudian dipanggang sampai warnanya kecoklatan. Cita rasa kue ini adalah gurih dan manis.

11. Kue Lapis Belacan

gambar makanan khas kalimantan barat Kue Lapis Belacan
infokuliner.com

Lapis belacan adalah kue tradisional dari daerah Sambas yang sangat terkenal saat lebaran. Dalam bahasa setempat, kata “belacan” berarti terasi. Kata ini digunakan sebagai nama ku,e karena warna dan bentuk kue hampir mirip seperti terasi, tapi sama sekali tidak menggunakan terasi sebagai bahan campurannya.

Warna kue ini adalah coklat kehitaman, yang biasa dipotong dalam bentuk kotak atau persegi panjang. Bahan dasarnya sendiri adalah coklat, berupa coklat bubuk dan batang yang dicampur dengan tepung terigu, gula halus, margarin, dan telur. Adonan coklat dibuat berlapis-lapis, sehingga dinamakan kue lapis. Teksturnya sendiri kenyal, padat, dan lembut. Sangat nikmat ketika disantap.

12. Burung Punai

gambar makanan khas kalimantan barat Burung Punai
tanbery.blogspot.com

Tampilan burung punai mirip seperti burung merpati, tapi dengan warna bulu hijau dan paruh kemerahan. Spesies burung ini banyak hidup berkelompok di kawasan Kalimantan Barat, terutama di Pontianak dan Mempawah.

Burung-burung ini mudah ditangkap dengan menggunakan perekat, sehingga masyarakat setempat memanfaatkannya sebagai makanan. Tekstur dagingnya empuk dan gurih. Cara memasaknya beraneka macam, tapi paling banyak adalah digoreng dan dibakar. Menu ini biasa disajikan bersama sambal, lalapan, dan nasi hangat.

13. Lek Tau Suan

gambar makanan khas kalimantan barat Lek Tau Suan
straitstimes.com

Lek tau suan adalah makanan khas Tionghoa yang populer di Pontianak dan menjadi khas Kalimantan Barat. Bahan utama dari makanan ini adalah kacang hijau tanpa kulit alias sudah dikupas. Dalam dialek Cina, lek tau suan bernama “Tio ciu”, yang berarti butiran mutiara kacang hijau. Lek tau suan dimasak dengan kuah kental yang terbuat dari campuran gula merah, tepung tapioka, dan daun pandan.

Biasanya, orang Pontianak menyajikannya dengan cakwe goreng. Rasanya manis seperti bubur kacang hijau, dan paling enak disantap dalam keadaan hangat saat musim hujan. Jajanan ini paling mudah ditemukan di sepanjang Jalan Gajah Mada, Pontianak, terutama saat sore dan malam hari.

14. Bakmi Keriting

gambar makanan khas kalimantan barat Bakmi Keriting
pergikuliner.com

Bakmi keriting pada umumnya, dibuat dari bahan utama mie telur (mie kuning) dan diberi campuran potongan daging ayam dan sawi, lalu disiram kuah. Bakmi keriting khas Kalbar tidak jauh berbeda dengan bakim pada umumnya, hanya saja toppingnya diberi tambahan kepiting, taburan bawang goreng, dan potongan daun bawang.

Itu sebabnya, makanan ini dikenal juga dengan nama mie kepiting Pontianak. Topping berupa potongan daging juga ada, pembeli bisa memilih antara daging ayam, sapi, atau babi. Ada juga topping tambahan berupa tauge, ikan, pangsit goreng, udang, dan bakso.

Tampilan bakmi yang bernuansa seafood ini disajikan dengan kuah terpisah dan dilengkapi dengan saus. Mie yang digunakan biasanya berukuran lebih kecil, dengan tekstur yang lebih kenyal, dan cita rasanya lebih gurih.

15. Sagu Gunting

gambar makanan khas kalimantan barat Sagu Gunting
id.pinterest.com

Berbeda dari menu-menu sebelumnya yang merupakan makanan, sagu gunting adalah minuman es khas Pontianak. Namanya yang unik bukan berarti ada gunting di dalamnya, tapi disebabkan karena adanya topping berupa cakwe goreng yang dipotong kecil menggunakan gunting.

Minuman ini berasal dari etnis Tionghoa, yang memiliki nama dalam bahasa Cina “Ce Hun Tiao” atau “Su Fun Tiao”. Bahan utamanya adalah sagu, yang dicampur dengan kacang merah, mutiara jeli, ketan hitam, dan bongko. Sedangkan, kuahnya dibuat dari campuran santan, daun pandan, dan gula merah yang direbus.

16. Sotong Pangkong

gambar makanan khas kalimantan barat Sotong Pangkong
delikkalbar.com

Menu ini sangat spesial, karena hanya ada selama bulan Ramadan. Nama makanan ini berasal dari bahasa Melayu, “sotong” berarti cumi dan “pangkong” berarti dipukul. Cumi yang menjadi bahan utama dikeringkan dan dimasak dengan cara dipanggang. Setelah dipanggang, sotong harus dipukul-pukul menggunakan palu, agar dagingnya lebih empuk.

Disajikannya dengan saus kacang atau saus asam pedas manis. Rasa gurih cumi yang berpadu dengan aneka bumbu terasa lezat di mulut, perpaduan rasanya adalah gurih asin, manis, dan pedas. Bagi beberapa orang akan suka mengeluh betapa alot dan kerasnya daging cumi, tidak akan mengatakannya saat mencicipi sotong pangkong. Lantaran, tekstur cumi dalam masakan ini terasa lembut dan tidak amis.

17. Pengkang

gambar makanan khas kalimantan barat Pengkang
pengkangpontianak.blogspot.com

Pengkang adalah makanan ringan yang mirip seperti lemper jika di Pulau Jawa. Hal itu karena, makanan ini sering disebut juga dengan lemper khas Kalimantan. Pengkang terbuat dari beras ketan dengan ebi atau udang kering di dalamnya, yang kemudian dibungkus dengan daun pisang dalam bentuk kerucut dan diikat dengan bambu.

Cara memasaknya adalah dengan dibakar. Pengkang biasa disajikan dengan saus cabai atau sambal kepah yang ditaburi bawang hijau dan seledri. Hidangan ini banyak dijajakan di Jalan Raya Pontianak tepatnya di Peniti, yaitu daerah yang jaraknya sekitar satu jam, setelah Kota Pontianak.

18. Kwe Kia Teng

gambar makanan khas kalimantan barat Kwe Kia Teng
zomato.com

Kwe kia teng adalah kuliner berkuah khas Pontianak, yang berasal dari etnis Tionghoa. Bentuk makanan ini mirip dengan bakso, tapi terdapat beberapa bagian dari binatang babi, jadi sangat tidak disarankan bagi umat Muslim.

Kwe kia teng menggunakan mie yang sama dengan hidangan kwetiau, tapi dengan ukuran lebih lebar, sekitar 10 cm dan dibentuk gulungan. Lembaran yang digulung inilah yang disebut dengan “kwe”. Rasanya lembut dan enak.

Topping hidangan ini berupa telur puyuh bumbu kecap, potongan daging babi, lidah babi, dan jeroannya (usus, jantung, dan hati). Sedangkan, kuahnya berwarna coklat pekat hampir hitam dengan aroma rempah yang cukup kuat. Menu ini biasa disajikan dengan sambal dan perasan jeruk nipis.

19. Kue Kantung Semar

gambar makanan khas kalimantan barat Kue Kantung Semar
kpffuturesyogya.wordpress.com

Kuliner unik ini menggunakan kantung semar sebagai pembungkusnya. Tanaman karnivora ini memang banyak hidup di Kalimantan dan Sumatera. Meskipun kantung semar sebenarnya sudah langka, dan termasuk tanaman dilindungi, tapi pemerintah setempat sepertinya membiarkan penduduk Kalimantan menggunakannya untuk hidangan begitu saja.

Hal itu mungkin, untuk menjaga dan melestarikan budaya adat serta budaya setempat. Kue ini sendiri berasal dari daerah pesisir dan pedalaman Kota Singkawang. Adonan kuenya dibuat dari campuran kacang merah, beras ketan, santan kelapa tua, garam, dan bawang putih, lalu dimasak dengan dikukus.

20. Bubur Ikan

gambar makanan khas kalimantan barat Bubur Ikan
garnesia.com

Hidangan yang satu ini berasal dari etnis Tionghoa yang bermukim di Pontianak. Kuliner khas ini menggunakan nasi yang sudah matang sebagai bahan dasar bubur, jadi teksturnya tidak terlalu lembut seperti bubur pada umumnya.

Biasanya, nasi diambil dari rice cooker, dicampur dengan kuah kaldu dan irisan ikan lalu direbus kembali sampai lunak. Kemudian, disajikan dengan topping daun bawang, irisan jahe goreng, dan kubis. Sedangkan, jenis ikan yang digunakan adalah ikan kakap putih yang memiliki daging tebal.

21. Bingka

gambar makanan khas kalimantan barat Bingka
cookpad.com

Bingka adalah jenis kue beras panggang dari etnis Banjar di Kalimantan. Kue ini merupakan salah satu dari 41 jenis kue yang digunakan dalam tradisi Banjar, untuk acara khusus seperti pernikahan. Sementara dalam keseharian, bingka biasa dimakan untuk sarapan atau teman minum kopi/teh.

Selain menjadi kue khas Banjar, bingka juga cukup populer di provinsi tetangga, seperti di Kalimantan Tengah dan Timur, bahkan dikenal di negara sebelah, seperti Brunei Darussalam dan Malaysia. Bingka terbuat dari tepung, telur, susu, gula, dan garam yang dibuat menjadi adonan lalu dicetak dalam cetakan berbentuk bunga.

Sebelum disajikan, bingka harus di panggang dua kali. Pertama, di atas kompor dan kemudian di dalam oven, agar matang sempurna. Ada berbagai rasa bingka, seperti kentang bingka, tapai bingka, pandanus bingka, dan labu bingka. Ada juga varian yang menjadi favorit orang Banjar saat Ramadan, yaitu bingka barandam.

22. Chai Kwe

gambar makanan khas kalimantan barat Chai Kwe
nl.pinterest.com

Chai kwe, atau dikenal juga dengan nama choi pan, sebenarnya adalah masakan yang berasal dari etnis Cina, yang juga sangat populer di Pontianak. Sepintas, makanan ini terlihat mirip dengan kroket atau pastel, tapi pengolahannya berbeda. Jika kroket dan pastel dimasak dengan cara digoreng, chai kwe diolah dengan cara dikukus.

Kulit chai kwe yang berwarna putih dan tipis dibuat dari tepung beras, dan disajikan dengan taburan bawang goreng. Sedangkan di bagian dalam, chai kwe diisi dengan potongan talas dan bengkoang yang dicampur dengan daun bawang dan udang kecil (ebi).

Seperti yang sudah dibayangkan, chai kwe terasa lezat saat hangat. Dan merupakan lauk yang enak untuk hidangan utama apapun. Medan juga memiliki hidangan ini, tapi dengan nama chai pao, yang dibuat dengan cara digoreng.

23. Bubur Gunting

gambar makanan khas kalimantan barat Bubur Gunting
phinemo.com

Bubur gunting adalah makanan Khas Banjar yang memiliki cita rasa manis dan gurih. Hidangan ini banyak dijual saat bulan puasa. Bahan utamanya adalah sagu yang digunting kecil, hampir sama seperti cendol.

Tapi ada juga yang menggunakan tepung ketan, saat sagu sedang susah didapatkan. Bubur ini dihidangkan dengan disiram kuah yang terbuat dari campuran santan, gula merah, dan garam, dengan hiasan potongan daun pandan di atasnya.

24. Lempok Durian

gambar makanan khas kalimantan barat Lempok Durian
ksmtour.com

Lempok, atau disebut juga dengan lempuk adalah makanan yang mirip dengan dodol. Jadi, bisa dibilang bahwa lempok durian adalah dodol rasa durian khas Kalimantan Barat. Jajanan ini adalah salah satu oleh-oleh populer di berbagai kota di Kalbar, terutama di Pontianak.

Bahan utama dodol ini adalah buah durian yang dicampur dengan sedikit garam dan gula halus. Lalu, dimasak seperti proses membuat dodol. Warnanya juga coklat tua mirip dodol. Teksturnya legit dan rasanya manis, dengan aroma durian yang kuat.

25. Sate Melayu

gambar makanan khas kalimantan barat Sate Melayu
merahputih.com

Perlu diketahui bahwa di Kota Pontianak ada sate berkuah yang disebut sate Melayu. Bahan utamanya adalah daging ayam atau sapi, yang disajikan dengan disiram kuah kaldu, kemudian dicampur bunga pekak dan kayu manis.

Sate ini biasa disajikan dengan potongan timun, ketupat, dan songkit (jeruk kit kia yang hanya tumbuh di Kalimantan Barat). Tapi, kadang juga digantikan dengan jeruk sambal atau jeruk nipis. Sate ini memiliki cita rasa manis dan aroma rempah-rempah yang didominasi kunyit.

26. Sungkui

gambar makanan khas kalimantan barat Sungkui
travel.detik.com

Hidangan ini juga merupakan khas Melayu yang akhirnya terkenal di Kalimantan Barat. Menu ini awalnya hanya digunakan di hari-hari istimewa, seperti acara pernikahan, lebaran, atau khitanan. Tapi, saat ini sudah mulai langkah, karena tidak banyak orang yang menjualnya.

Bahan makanan ini hanya beras dan daun sungkui (tanaman yang tumbuh di hutan Kalimantan). Tapi, proses memasaknya cukup lama, yaitu direbus sekitar 5-6 jam. Sungkui seringkali disantap dengan opor ayam, sambal goreng ati, kerupuk ikan, dan sambal nanas.

27. Mie Tiaw Asu

gambar makanan khas kalimantan barat Mie Tiaw Asu
youtube.com

Makanan ini berasal dari Singkawang, mie tiaw asu adalah olahan mie berbentuk pipih lebar dan dipotong pendek-pendek. Dalam bahasa Jawa, kata “asu” berarti anjing, tapi kata ini sebenarnya adalah bahasa Mandarin yang berarti “paman”.

Hidangan ini dimasak dengan cara ditumis bersama dengan potongan daging, tauge, bakso sapi, bakso ikan, telur, dan sawi. Daging yang digunakan bermacam-macam, mulai dari daging ayam, seafood, sapi, bahkan kuda atau unta. Dihidangkannya dengan perasan jeruk dan daun bawang.

Makanan khas Kalimantan Barat banyak yang berasal dari etnis Tionghoa, dan berbasis makanan laut, mulai dari olahan mie, kerupuk, sampai bubur dan tumis. Camilannya juga unik dan lezat, karena bahan yang digunakan cukup berbeda, misalnya saja lempok durian.

LEAVE A REPLY