20 Makanan Khas Jawa Timur yang Bikin Kamu Ngiler, Awas Ketagihan !

restoran di harapan indah
Foto : @diatr1

Bagi kalian pecinta makanan dan yang suka makan rugi jika tidak membaca artikel ini sampai selesai, karena pada kesempatan kali ini saya akan sharing kepada kalian mengenai makanan khas dari daerah Jawa Timur yang terkenal dan dicari oleh banyak orang.

Jawa Timur merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang terletak di bagian Timur Pulau Jawa. Jawa Timur memiliki luas wilayah 47.922 km² dan Jawa Timur merupakan wilayah terluas dari 6 Provinsi yang ada di Pulau Jawa. Jawa Timur beribukota di Kota Surabaya yang memiliki banyak tradisi yang pastinya unik dan menarik. Dan untuk sahabat yang berkunjung ke Jawa Timur, tidak boleh melewatkan wisata kuliner yang ada di Jawa Timur khususnya makanan khas Jawa Timur. Berikut ini adalah daftar makanan khas Jawa Timur yang menggugah selera dan yang harus sahabat coba :

1. Rujak Cingur

Rujak Cingur
Makanan Khas Jawa Timur Rujak Cingur / 500px.com

Pertama yang kita bahas adalah Rujak Cingur. Rujak Cingur merupakan makanan khas Kota Surabaya. Cingur diartikan sebagai hidung dan bibir atas pada kerbau atau sapi. Cingur merupakan irisan mulut kerbau atau sapi yang direbus dan dicampur dengan rujak khas Surabaya.

Dalam penyajiannya, Rujak cingur bisa dihidangkan biasa maupun matengan. Dalam penyajiannya yang biasa maksudnya sayuran yang di sajikan masih mentah, sedangkan matengan artinya sayuran yang dibuat rujak cingur sudah di rebus matang terlebih dahulu.

2. Pecel Semanggi

Pecel Semanggi
Makanan Khas Jawa Timur Pecel Semanggi / 500px.com

Selanjutnya yaitu pecel semanggi makanan yang berasal dari Surabaya. Semanggi adalah tumbuhan sekelompok paku air yang mudah ditemukan di pematang sawah atau tepi saluran irigasi. Tumbuhan ini juga berpotensi sebagai tumbuhan bioremediasi, karena mampu untuk menyerap logam berat cd dan pb. Tumbuhan ini banyak dimanfaatkan oleh penduduk asli Australia sebagai bahan makanan.

Pecel semanggi ini dibuat dari daun semanggi yang dikukus lalu dinikmati bersama sambal pedas yang nikmat dan menggugah selera. Pecel semanggi juga dapat dihidangkan dengan kecambah, kangkung, kerupuk uli yang terbuat dari beras, dan serta bumbu yang terbuat dari ketela rambat. Bumbu yang di pakai dalam makanan khas Surabaya ini memiliki bahan baku serta rasa yang menarik dan berbeda.

3. Lontong Balap 

Lontong Balap 
Makanan Khas Jawa Timur Lontong Balap / 500px.com

Lontong Balap merupakan makanan tradisional khas Surabaya. Lontong balap berisikan lontong yang diiris-iris dan di atas irisan lontong tersebut di tumpangi irisan tahu dan remasan beberapa lentho, kemudian di atasnya dituangin kecambah setengah matang, Makanan ini dihidangkan dengan pasangannya yaitu sate kerang.

Dibilang “Balap” karena cerita yang pernah ada bahwa pada zaman dahulu para penjual lontong berebut pembeli yang berada dijalan maupun yang berada di pasar.Sehingga para penjual lontong ini terkesan balapan untuk mencapai tujuannya yaitu pos terakhir (pasar Wonokromo), maka dengan kejadian inilah terkenal dengan istilah lontong balap.

4. Sate Kerang Khas Jawa Timur

Sate Kerang Khas Jawa Timur
Sate Kerang Khas Jawa Timur / 500px.com

Pada umunya yang kita ketahui bahwa sate kebanyakan dimatangkan dengan dipanggang diatas bara api. Tetapi berbeda dengan sate khas Jawa Timur ini, sate ini dimatangkan dengan cara direbus, lalu ditumis dengan menggunakan rempah-rempah khas jawa Timur. Sate kerang biasanya disajikan bersama dengan lontong balap.

5. Lontong Balap

Lontong Kupang
Makanan Khas Jawa Timur Lontong Kupang / 500px.com

Lontong kupang adalah makanan yang berasal dari Jawa Timur yang sangat terkenal khsusnya di daerah Surabaya, Sidoarjo dan wilayah sekitarnya. Di daerah pesisir Jawa Timur, lontong kupang dikenal dengan nama kupang keraton.

Bahan utama yang digunakan adalah kupang putih, kupang putih adalah hewan laut seperti kerang bentunya ada yang kecil sebesar biji beras dan biji kedelai. Lontong Kupang biasanya dihidangkan dengan dipadukan bersama sate kerang dan minuman air kelapa muda yang segar.

6. Nasi Pecel Madiun

Nasi Pecel Madiun
Nasi Pecel Madiun / 500px.com

Selanjutnya makanan khas Jawa Timur yang kita bahas adalah Pecel Madiun. dari namanya tentu sahabat sudah tahu dooong makanan ini berasal dari mana ? yap! Betul. Makanan ini berasal dari Madiun Jawa Timur. Pecel merupakan makanan tradisional yang terbuat dari berbagai macam sayuran yang direbus kemudian dilumuri bumbu sambel kacang. Sayuran yang biasa dihidangkan antara lain kacang panjang, toge , mentimun dan daun singkong. Pecel biasanya juga disajikan dalam pincuk atau piring lidi yang disebut ingke.

7. Soto Lamongan

Soto Lamongan
Makanan Khas Jawa Timur Soto Lamongan / 500px.com

Soto adalah makanan yang banyak dikenal oleh masyarakat luas khususnya masyarakat Indonesia. Tetapi soto lamongan adalah soto khas dari daerah Lamongan. Walaupun soto ini sudah banyak dijual di berbagai daerah di Indonesia, namun soto lamongan memiliki ke khasan tersendiri, yaitu pada rasa dan penampilan yang bervariasi serta memperkaya keanekaragaman soto di Indonesia.

8. Nasi Krawu

Nasi Krawu
Makanan Khas Jawa Timur Nasi Krawu / 500px.com

Nasi Krawu adalah makanan yang berasal dari Gresik. Makanan ini disajikan dengan daun pisang. Lauknya identik dengan daging sapi, yaitu berupa sayatan daging sapi, semur daging,jeraoan sapi , sambal terasi dan Serundeng.

9. Rawon, Makanan Khas Jawa Timur

Rawon
Makanan Khas Jawa Timur Rawon

Rawon adalah makanan yang cukup populer di kalangan masyarakat. Makanan ini berupa sup daging yang berkuah hitam sebagai campuran bumbu khas yang mengandung luwek. Rawon merupakan olahan dari Jawa Timur yang terbuat dari bahan daging sapi yang dipotong kecil – kecil biasanya berbentuk segi empat dengan bumbu berupa campuran bawang merah dan putih, laos, ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, dan garam.

Semua bumbu tersebut dicampurkan dan kemudian dimasukkan kedalam kaldu rebusan daging bersamaan dengan daging. Warna gelap yang hampir menyerupai warna hitam pada rawon yaitu berasal dari kluwek. Dan rawon biasanya disajikan bersama dengan nasi dan dilengkapi dengan toge, daun bawang, daging sapi goreng dan sambal.

10. Nasi Tempong

Nasi Tempong
Masakan Khas Jawa Timur Nasi Tempong / 500px.com

Nasi Tempong adalah makanan khas Jawa Timur khususnya daerah Banyuwangi. Nasi tepong terdiri dari, sayuran rebus, tahu goreng, nasi panas, tempe goreng, ikan asin, dadar jagung, dan dilengkapi bersama sambal mentah yang super pedas. Sambal inilah yang menjadi ciri khas dari sego tepong ini. Karena sambalnya yang super pedas, orang yang makan nasi tempong terasa di “tempong” atau di tampar.

11. Rujak Soto, Masakan Khas Jawa Timur

Rujak Soto
Masakan Khas Jawa Timur Rujak Soto

Tetap di Banyuwangi, ada makanan yang banyak dikenal dengan nama Rujak Soto. Makanan khas Jawa Timur ini merupakan paduan unik antara rujak sayur dengan soto. Biasanya rujak disajikan terlebih dahulu dan kemudian disiram dengan kuah soto beserta dagingnya. Rasanya juga memiliki kekhasan tersendiri, yaitu perpaduan antara rasa rujak dan soto dengan aroma terasi. Rujak soto ini biasa disajikan dengan es temulawak.

12. Pecel Rawon

Pecel Rawon
Masakan Khas Jawa Timur Pecel Rawon

Masih tetap di Banyuwangi, makanan khas Jawa Timur ini tidak kalah populernya dengan makanan khas Jawa Timur yang lainnya , yaitu Pecel Rawon . Sesuai dengan namanya, makanan asal Banyuwangi ini merupakan perpaduan antara nasi pecel dan rawon yang sebelumnya sudah kita bahas diatas.

Pecel Rawon adalah nasi pecel yang diberi kuah rawon. Perpaduan makanan ini membuat rasa khas pecel dan rawon menghilang, tetapi membuat rasa yang nikmat ketika bersatu.

13. Nasi Becek, Kuliner Khas Jawa Timur

Nasi Becek
Makanan Khas Jawa Timur Nasi Becek

Setelah dari Banyuwangi kita beralih ke daerah Nganjuk. Daerah ini memiliki makanan khas yaitu Nasi Becek atau dalam bahasa jawanya disebut Sego Becek. Makanan khas Nganjuk ini mirip dengan gulai, kare kambing khas wilayah Mataraman. Isi yang ada di nasi Becek ini hampir serupa dengan soto babat, namun diberi potongan sate kambing yang sudah dilucuti dari tusuk satenya.

14. Kare Ranjungan

Kare Ranjungan
Kuliner Khas Jawa Timur Kare Ranjungan / 500px.com

Kare Ranjungan adalah makanan khas Tuban. Ranjungan merupakan hewan laut yang menyerupai kepiting. Ranjungan ini diolah menjadi kare ranjungan yang merupakan makanan besantan dan tentunya sebagai bahan utamanya yaitu ranjungan.

15. Tahu Campur Lamongan

Tahu Campur Lamongan
Tahu Campur Lamongan / 500px.com

Kembali ke Lamongan, makanan khas Jawa Timur ini merupakan makanan khas daerah Lamongan. Tahu campur ini berisi berupa sop daging sapi , tahu goreng, perkedel singkong, toge segar, selada air segar, mi kuning dan sebagai pelengkapnya kerupuk udang. Semua ini kemudian dicampurkan dengan bumbu petis, bawang goreng, dan sambal.

16. Gethuk Pisang

 Gethuk Pisang
Kuliner Khas Jawa Timur Gethuk Pisang

Pada umumnya gethuk dibuat dari Singkong, tetapi berbeda dengan makanan khas Kediri ini yang terbuat dari Pisang. Pisang yang digunakan adalah pisang raja nangka. Pisang raja nangka dipilih karena mempunyai citarasa yang khas dibandingkan dengan pisang yang lainnya. Rasa manis-asam yang khas , dan teksturnya yang keras membuat jenis pisang ini tidak lembek ketika dikukus.

17. Brem, Cemilan Khas Jawa Timur

Brem
Cemilan Khas Jawa Timur Brem / 500px.com

Bagi kalian yang ngakunya suka nyemil, kalian harus mencoba makanan khas Madiun ini, yaitu brem. Brem merupakan cemilan yang cocok dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Madiun. Brem merupakan makanan hasil fermentasi ketan hitam yang diambil sarinya, yang kemudian diendapkan dalam waktu sekitar sehari semalam.

18. Wingko Babat

Makanan Khas Jawa Timur
Cemilan Khas Jawa Timur Wingko Babat / 500px.com

Masih di Madiun, Wingko Babat adalah makanan yang berasal dari Madiun. Makanan khas Jawa Timur yang satu ini adalah sejenis kue yang terbuat dari kelapa muda, gula, dan tepung beras ketan. Wingko biasanya berbentuk bundar dan disajikan dalam keadaan hangat lalu dipotong kecil-kecil. Kombinasi gula dan kelapa menjadikan kue ini menjadi terasa nikmat.

19. Suwar-Suwir

Suwar-Suwir
Cemilan Khas Jawa Timur Suwar-Suwir / 500px.com

Suwar-Suwir merupakan makanan ringan atau yang biasa kita sebut sebagai camilan. Makanan ini berasal dari Kabupaten Jember. Suwar-suwir adalah makanan yang terbuat dari tape, tape merupakan makanan hasil fermentasi dari singkong. Bentuk suwar-suwir persegi panjang yang berukuran 3-4 cm.

Awal mulanya suwar-suwir hanya ada rasa cokelat, namun sejak tahun 2000-an, maknan khas Jember ini mulai dikreasikan dengan bermacam-macam rasa buah dan warnanya dibuat berwarna-warni. Bentuk makanan khas Jawa Timur ini mirip seperti dengan dodol, tetapi makanan ini lebih manis dan memiliki tekstur yang lebih keras dan padat.

20. Menjes Malang

Menjes Malang
Menjes Malang / 500px.com

Makanan terakhir ini merupakan makanan khas Malang. Menjes ini merupakan makanan dari ampas tahu yang difermentasikan seperti membuat tempe, bentuk menjes ini bentuknya balok dan mempunyai tekstur yang lembut dan empuk. Menjes dimasak dalam balutan tepung berbumbu rempeyek yang terbuat dari kunyit, bawang putih, daun jeruk, kemiri dan ketumbar. menjes ini juga bisa digoreng berbalut tepung berbumbu mendoan yang terbuat daribawang putih, kencur dan ketumbar.

Nah, itulah beberapa makanan khas Jawa Timur. Sahabat harus cobain semuanya ya, agar tau bagaimana lezatnya makanan Indonesia. Demikian Sahabat yang bisa saya sharing mengenai 20 makanan khas Jawa Timur ini, semoga yang saya bagikan ini bisa bermanfaat bagi sahabat semua.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY