Makanan Khas Indonesia

Indonesia adalah negara yang kaya akan rempah–rempah. Banyaknya rempah yang tumbuh di Indonesia ini memengaruhi makanan, sehingga memiliki rasa yang enak dan menggoda lidah, serta memiliki rasa yang khas. Setiap provinsi atau daerah di Indonesia memiliki makanan khas daerah masing–masing.

Makanan Indonesia sangat populer di luar negeri, karena cita rasanya yang khas. Traveler dari manca negara dan domestik, biasanya melakukan wisata kuliner di Indonesia. Berikut adalah 11 makanan tradisional Indonesia yang paling populer, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

1. Sate

gambar makanan khas indonesia sate
unileverfoodsolutions.co.id

Sate yang terkenal di manca negara, dimasak dengan cara dibakar di atas arang, dan terbuat dari daging yang dipotong kecil–kecil kemudian ditusuk. Daging yang digunakan pada sate, dapat berupa daging ayam, sapi, kambing, atau bahkan daging kelinci.

Sebelum dimasak dan dibakar, daging biasanya direndam selama beberapa saat di dalam bumbu yang terdiri dari berbagai macam rempah. Tujuan perendaman daging ini adalah untuk membuat daging memiliki rasa dari dalam dan bumbu meresap. Setelah dibakar di atas arang, biasanya sate disajikan bersamaan dengan saus kacang, sehingga memiliki cita rasa manis dan gurih.

Ada berbagai macam jenis sate di Indonesia, seperti sate Madura, sate padang, sate maranggi, sate lilit, sate kere, sate pencok, dan juga banyak jenis sate lainnya.

2. Rendang

gambar makanan khas indonesia rendang
bobo.grid.id

Rendang merupakan masakan khas Indonesia yang sangat terkenal di manca negara, dan pernah menjadi makanan terenak nomor 1 di dunia. Rendang adalah makanan khas Padang, Sumatra Barat. Rendang merupakan daging sapi yang dimasak dalam saus santan dan rempah-rempah yang dicampurkan secara perlahan selama beberapa jam, sampai bumbunya kering dan meresap.

Proses pemasakkan rendang yang banyak memakan waktu tersebut, dimaksudkan agar bumbu yang berasal dari santan dan rempah–rempah, meresap secara sempurna ke dalam daging, sehingga memunculkan rasa yang gurih dan pedas. Rendang biasa disajikan dengan nasi atau ketupat. Dewasa ini, rendang tidak hanya dibuat dari daging sapi, namun juga dari daging ayam, daging itik, telur, dan hati sapi.

3. Soto

gambar makanan khas indonesia soto
unileverfoodsolutions.co.id

Soto yang terbuat dari sayuran dan juga kaldu ini, sebenarnya memiliki berbagai jenis seperti soto kambing, soto padang, soto ayam, soto daging, soto Banjar, soto Medan, soto mie, dan juga banyak lagi. Biasanya, soto dinamakan dari bahan yang digunakan atau juga daerah asalnya

Jenis soto yang populer di masyarakat Indonesia secara luas adalah soto Betawi, soto Lamongan, soto Padang, soto mie, dan juga coto Makasar. Penyajian dari soto tergantung dengan daerah masing–masing, ada soto yang ditambahkan santan, dan juga tidak ditambahkan santan.

Biasanya, soto sering kali ditambahkan dengan nasi, ketupat, lontong, mie dan bihun. Sebagai variasi juga soto bisa ditambahkan dengan hidangan lainnya seperti kerupuk, telur, sate, koya, sambal, dan berbagai macam lauk lainnya.

4. Nasi Rawon

gambar makanan khas indonesia nasi rawon
unileverfoodsolutions.co.id

Rawon adalah makanan khas Jawa Timur yang berbentuk seperti sup daging. Masakan ini dibuat dari daging dan kuah yang berasal dari rempah bernama kluwak. Penggunaan kluwak membuat kuah rawon menjadi berwarna cokelat pekat, bahkan cenderung berwarna hitam.

Biasanya, rawon disajikan bersama dengan tambahan tauge dan juga bersama dengan nasi. Ini menyebabkan orang sering menyebut dengan nasi rawon. Untuk menambah rasa saat dimakan, biasanya rawon akan ditambahkan dengan sambal pedas, dan disertai dengan perasan jeruk nipis.

5. Gudeg

gambar makanan khas indonesia gudeg
indonesia.go.id

Gudeg merupakan makanan khas dari Daerah Istimewa Yogyakarta yang sangat disukai oleh masyarakat Yogja, karena memiliki cita rasa yang manis seperti rasa masakan Jawa pada umumnya. Gudeg terbuat dari nangka muda, tempe, telur rebus, tahu, dan juga ayam yang dimasak dengan bumbu sampai dengan menyerap.

Biasanya, gudeg disajikan bersamaan dengan sambal goreng krecek. Ada dua jenis gudeg yang dikenal, yaitu gudeg basah dan juga gudeg kering. Perbedaan yang dimiliki oleh kedua jenis gudeg tersebut adalah dari penggunaan santan dalam proses memasaknya. Gudeg basah menggunakan santan lebih banyak, jika dibandingkan dengan gudeg kering

6. Nasi Goreng

gambar makanan khas indonesia nasi goreng
yummy.ph

Selain di Indonesia, sebenarnya nasi goreng dapat dijumpai di negara lain. Hal itu karena asal dari nasi goreng ini tidak bisa dipastikan. Namun, masakan ini sering disebut sebagai makanan tradisional Indonesia, karena dimasak dengan berbagai macam rempah. Hal inilah yang membuat nasi goreng yang berasal dari Indonesia lebih terkenal, jika dibandingkan dengan yang berasal dari negara lain.

Nasi goreng sebenarnya adalah nasi yang dimasak dengan cara digoreng, dan dicampur dengan bumbu juga tambahan kecap. Biasanya, sebagai variasi sering ditambahkan telur dan suwiran ayam. Tambahan topping juga bisa berupa irisan sosis, irisan bakso, kerupuk beserta dengan acar.

7. Pempek

gambar makanank khas indonesia pempek
srivijaya.id

Pempek yang merupakan makanan khas Palembang, yang terbuat dari campuran daging ikan dengan tepung kanji. Selain kedua bahan tersebut, pempek juga menggunakan telur dan bumbu seperti bawang putih dan penyedap rasa. Selain di daerah Palembang, makanan ini juga dapat ditemui di daerah Sumatra Selatan lainnya, seperti Bangka.

Pempek tersedia dalam berbagai bentuk, namun yang paling populer adalah kapal selam, yaitu pempek dengan telur di dalamnya. Biasanya, pempek disajikan bersama dengan kuah atau saus yang dinamakan cuko. Saus ini merupakan campuran dari cuka, gula, dan ditambah dengan cabai untuk menambahkan rasa pedas di dalam cuko.

8. Kerak Telor

gambar makanan khas indonesia kerak telor
sajiansedap.grid.id

Kuliner kerak telor sangat identik sebagai makanan khas dari suku Betawi, di Jakarta, dan menjadi kebanggaan bagi warga Jakarta. Kerak telor sudah terkenal, bahkan semenjak masa kolonial Belanda, pernah menjadi kuliner primadona karena rasanya yang gurih.

Kerak telor ini biasanya dibuat dengan menggunakan telur bebek, namun bisa juga menggunakan telur ayam. Keunikan dari kuliner kerak telor ini terletak pada cara memasaknya. Biasanya, penjual memasak kerak telor dengan anglo dan arang.

9. Gado-Gado

gambar makanan khas indonesia gado gado
thejakartapost.com

Gado-gado juga berasal dari suku Betawi seperti kerak telor. Kebanyakan orang tidak bisa mengenali perbedaan gado-gado dengan pecel atau lotek. Untuk dapat membedakan gado-gado dari kedua jenis makanan yang sebelumnya disebutkan adalah dari bumbunya, karena bumbu gado-gado tidak mengandung kencur di dalamnya.

Gado-gado pada dasarnya adalah campuran dari berbagai jenis sayuran yang disiram dengan saus kacang. Biasanya, makanan ini disajikan dengan irisan telur rebus, taburan bawang goreng dan kerupuk. Orang luar negeri biasa menyebutnya sebagai salad khas Indonesia. Rasa dari gado-gado yang gurih, manis dan pedas menjadi daya tarik dari makanan ini.

10. Pecel

gambar makanan khas indonesia pecel
unileverfoodsolutions.co.id

Pecel merupakan makanan yang terbuat dari campuran berbagai macam sayuran, yang sebelumnya direbus, kemudian disajikan dengan bumbu kacang. Sama halnya seperti gado-gado, pecel juga sering disebut sebagai salad khas yang berasal dari Indonesia.

Sayur yang digunakan di dalam pecel, biasanya adalah bayam, tauge, daun turi, kacang panjang, kemangi, dan berbagai macam sayuran lainnya. Sebenarnya, tidak ada aturan yang mengikat mengenai pecel, karena bisa menggunakan sayuran apapun yang diinginkan. Untuk menambah cita rasanya, pecel disajikan dengan nasi, kerupuk, dan sambal untuk menambahkan rasa pedas.

11. Rujak

gambar makanan khas indonesia rujak
indonesian-medan-food.blogspot.com

Ada beberapa jenis rujak yang terdapat di Indonesia, di antaranya adalah rujak buah, rujak cingur, rujak petis, rujak bebeg dan masih banyak lagi jenis rujak yang lainnya. Jenis rujak yang terkenal adalah rujak buah. Rujak dibuat dari berbagai macam buah–buahan yang dipotong, kemudian disajikan dengan bumbu yang dibuat dari kacang tanah, gula merah, cabai dan garam.

Buah–buahan yang biasanya digunakan dalam rujak buah adalah mangga, bengkuang, nanas, papaya, jambu air, kedondong, dan biasanya juga menggunakan mentimun.

Di daerah Tasikmalaya, Jawa Barat, ada rujak buah yang ditambahkan dengan bunga kecombrang serta pisang batu, yang masih dalam keadaan mentah mentah. Cita rasa unik, dan aroma yang menggoda dari campuran bunga kecombrang dan pisang batu mentah ini, menjadi daya tarik tersendiri dari rujak buah Tasikmalaya.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Indonesia adalah negara yang kaya akan rempah–rempah. Keadaan tersebut memiliki dampak terhadap cita rasa makanan tradisional Indonesia. Banyak sekali makanan khas dari Indonesia yang enak, dan memiliki cita rasa yang unik.

LEAVE A REPLY