Makanan Khas Gorontalo

Provinsi Gorontalo yang terletak di ujung utara Pulau Sulawesi memang unik. Sejak zaman penjajahan Belanda, Gorontalo sudah terkenal sebagai daerah penghasil komoditas palawija dan rempah-rempah. Hasil komoditasnya bahkan diperjual-belikan ke seluruh Eropa, misalnya saja jagung dan kopi.

Gorontalo juga menjadi penghasil rempah-rempah di nusantara selama masa penjajahan. Ada banyak sekali rempah-rempah yang dihasilkan. Karena itu pula, cita rasa makanan khasnya juga kaya akan bumbu rempah-rempah yang kuat. Selain bercita rasa rempah, makanan khas Gorontalo juga terkenal pedas. Makanan ini pasti cocok di lidah sebagian besar masyarakat Indonesia.

1. Binte Biluhuta

gambar makanan khas gorontalo Binte Biluhuta
makanangorontalo.wordpress.com

Nama makanan ini masih terdengar asing bagi sebagian pecinta kuliner. Traveller belum sah menjajaki Gorontalo, jika belum mencoba makanan khasnya yang satu ini. Binte biluha punya nama lain, yaitu milu siram atau bisa diartikan juga sebagai jagung yang disiram kuah.

Lantaran Gorontalo menjadi salah satu daerah penghasil komoditas jagung yang melimpah, secara tak langsung jagung menjadi bahan makanan utama di sana. Bedanya, jagung bukan sebagai pengganti nasi, tapi dimasak sebagai sayuran yang menyehatkan.

Binte biluha sendiri dibuat dari olahan jagung yang dipadukan dengan berbagai macam sayuran. Kuahnya dibuat banyak dan segar dengan citarasa pedas, asin, dan juga manis. Kini seiring perkembangan zaman, binte biluha juga dibuat dengan perpaduan ikan cakalang maupun udang. Jadi, nutrisinya pun semakin komplit. Ada karbohidrat, serat, protein, dan juga vitamin.

2. Es Brenebon

gambar makanan khas gorontalo Es Brenebon
daerahkita.com

Setelah puas merasakan sensasi pedas dari masakan Gorontalo, kini para traveller bisa mencicipi salah satu minuman khasnya yaitu es brenebon. Es yang satu ini terbuat dari kacang merah. Kata brenebon adalah sebutan lokal untuk kacang merah. Di Gorontalo, kacang merah kerap dijadikan sebagai bahan makanan dan minuman.

Es brenebon bisa dengan mudah ditemui saat bulan Ramadan. Ada banyak penjual takjil di pinggir jalan maupun restoran terkenal yang menyajikan menu satu ini. Tapi, di luar bulan Ramadan pun, es ini bisa ditemukan oleh traveller.

Es brenebon punya cita rasa yang manis dan gurih. Biasanya, para pemesan es brenebon akan memesan dengan tambahan topping berupa alpukat atau durian. Perpaduan ini sangat disukai oleh masyarakat Gorontalo, karena citarasa manisnya yang menonjol.

3. Sate Tuna

gambar makanan khas gorontalo Sate Tuna
wisata.harianjogja.com

Gorontalo yang dikelilingi oleh laut juga menjadi sebab, mengapa di daerah ini banyak sekali olahan makanan berbahan dasar ikan atau seafood. Salah satu makanan khas yang terkenal adalah sate tuna. Seperti namanya, sate ini memang terbuat dari ikan tuna dan biasa dijajakan di pinggir pantai. Para traveller bisa berkunjung ke Pantai Lahilote untuk mendapatkan makanan satu ini.

Sate tuna dibuat mirip dengan sate ayam atau kambing. Daging ikan tuna dipotong dadu, kemudian dirangkai pada tusukan sate dan dibakar. Aroma tuna bakarnya begitu khas dan menggoda lidah untuk mencobanya. Ada satu tips untuk para traveller saat makan sate tuna ini, yaitu keluarkan potongan daging tuna yang lembut lebih dulu ke piring.

Lantaran daging tuna begitu lunak dan lembut, maka biasanya daging tuna akan putus ketika digigit langsung dari tusukannya. Para traveller bisa menyantap sate tuna ini bersama dengan nasi hangat dan sambal pedas. Kalau suka kecap, para traveller juga bisa memadukannya.

4. Tili Aya

gambar makanan khas gorontalo Tili Aya
masakandapurku.com

Tili aya adalah kue khas Gorontalo yang pada zaman dulu hanya bisa ditemui saat bulan Ramadan saja. Masyarakat Gorontalo terbiasa mengonsumsi kue ini saat sahur pertama di bulan puasa. Tili aya terbuat dari campuran telur, santan, dan gula merah. Adonan ini kemudian dicetak dengan daun pandan dan dikukus. Tapi tili aya kini sudah mulai langka dan tergantikan oleh kue-kue modern.

5. Ayam Iloni

gambar makanan khas gorontalo Ayam Iloni
cookpad.com

Kuliner ayam bakar memang ada di seluruh penjuru Indonesia. Tapi, beda daerah beda juga versi ayam bakarnya. Tak terkecuali Gorontalo yang punya makanan khas berbahan dasar daging ayam, yaitu ayam iloni. Ayam iloni ini adalah ayam bakar yang dibumbui dengan banyak rempah-rempah dan bercita rasa gurih, manis, dan pedas.

Berbeda dengan ayam bakar di tempat lain, ayam iloni harus melalui proses pemasakan sebelum dibakar. Daging ayam harus dibumbui rempah-rempah dan santan lebih dulu, kemudian dimasak sampai bumbu meresap. Baru kemudian daging ayam dibakar sampai berubah warna dan aromanya tercium. Ayam iloni bisa disantap bersama nasi hangat, sayuran mentah, dan juga sambal pedas.

6. Ilabulo

gambar makanan khas gorontalo Ilabulo
minews.id

Para traveller ingin makanan yang sangat bersejarah? Gorontalo punya makanan yang dipercaya sudah ada sejak abad kelima belas Masehi. Nama makanan ini adalah ilabulo yang berbahan dasar tepung sagu, ayam, hati, dan juga telur. Konon pada zaman dulu, ilabulo sering disantap oleh para Raja Gorontalo ketika terjadi proses perdamaian antar kerajaan.

Sebenarnya, tampilan ilabulo cukup sederhana. Berbagai bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabe rawit, merica, dan juga jeruk nipis dimasukkan dalam bahan utama. Adonan ini kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dibakar sampai matang. Makanan ini, kini sudah langka dan hanya dimasak pada saat-saat tertentu saja.

7. Kue Karawo

gambar makanan khas gorontalo Kue Karawo
youtube.com

Kue karawo juga biasa disebut dengan kue kerawang. Jangan salah, kue ini bukan berasal dari Kabupaten Karawang Jawa Barat. Tapi, kue ini adalah makanan khas Gorontalo. Kue karawo adalah sejenis kue kering biasa, tapi tampilannya begitu unik dengan dihias lukisan bunga yang cantik.

Kue karawo terdiri dari 2 keping. Bagian atas kue dihias dengan lukisan tangan menggunakan aneka coklat cair warna-warni membentuk untaian bunga. Kemudian, di bagian tengahnya sering diberikan selai, coklat leleh, maupun karamel. Biasanya, kue karawo akan mudah ditemukan saat menjelang Hari Raya Idhulfitri.

8. Kue Sabongi

gambar makanan khas gorontalo Kue Sabongi
gotravelly.com

Kue sabongi berbahan dasar singkong parut. Dahulu kala, kue ini adalah makanan kesukaan para raja di Gorontalo. Kini kue sabongi banyak dijajakan di warung kaki lima, hingga restoran. Bahannya cukup sederhana, yaitu parutan singkong dicampur dengan gula. Pada bagian tengahnya diisi dengan potongan pisang lalu digoreng sampai kecoklatan.

9. Bilenthango

gambar makanan khas gorontalo Bilenthango
ksmtour.com

Bilenthango memang masih terdengar asing bagi masyarakat luar Gorontalo. Bilenthango sebenarnya adalah hidangan berbahan dasar ikan mujair. Bumbu yang diperlukan untuk marinasi ikan ini antara lain adalah bawang merah, kemiri, tomat, dan cabe merah. Semua bumbu di-uleg sampai halus, baru kemudian dilumurkan pada ikan mujair.

Setelah itu, ikan kemudian digoreng. Tapi dalam proses penggorengan ini, sang koki akan memasukkan daun pisang sebagai alasnya. Tujuannya, agar ikan mujair tidak cepat gosong, meskipun digoreng dalam waktu lama. Masakan bilenthango paling cocok dimakan bersama dengan nasi hangat dan juga sambal bawang.

10. Sayur Putungo

gambar makanan khas gorontalo Sayur Putungo
putratravel.net

Sudah pernah makan jantung pisang? Biasanya, bahan makanan ini sering dimasak bersama santan menjadi gulai. Tapi di Gorontalo, jantung pisang bisa diolah menjadi makanan rakyat yang bernama sayur putungo. Bumbunya cukup sederhana yaitu jantung pisang, ikan, kelapa, dan juga cabe rawit.

Jantung pisang diolah menjadi sayur berkuah yang sangat pedas. Biasanya, sayur putungo ini dimakan bersama dengan jagung rebus. Bagi traveller yang tak suka makanan pedas harus ekstra hati-hati, karena makanan ini sangat pedas. Sediakan minum saat memesan makanan ini.

11. Duduli

gambar makanan khas gorontalo Duduli
qupas.id

Duduli adalah makanan khas Gorontalo yang paling cocok dijadikan sebagai oleh-oleh para traveller. Duduli terbuat dari ketan, gula merah, dan juga santan. Ketiga bahan ini dicampur rata dan dibungkus daun lontar. Adonan yang sudah siap ini kemudian dikukus sampai matang. Lantaran terbuat dari gula merah yang cukup banyak, duduli bisa bertahan berhari-hari dengan sistem pengawetan alami.

Duduli yang bertekstur lengket ternyata punya makna filosofis yang mendalam. Konon katanya, ketan yang digunakan oleh masyarakat adalah perlambang sambutan dan juga salam perpisahan bagi orang-orang yang berkunjung ke Provinsi Gorontalo. Ketan yang lengket, dianggap layaknya kehangatan dan kedekatan masyarakat lokal dengan para wisatawan yang tak mudah dilupakan.

12. Lalampa

gambar makanan khas gorontalo Lalampa
ramahtraveler.com

Ada satu kue di Gorontalo yang menggunakan bahan dasar ikan dan bercita rasa gurih yaitu kue lalampa. Bahannya sebenarnya cukup sederhana yaitu ketan, garam, santan, dan potongan ikan tongkol. Semua bahan dicampur jadi satu dan dibungkus dengan daun pisang.

Lalampa kemudian dimasak dengan cara dikukus sampai matang. Seiring dengan perkembangan zaman, lalampa juga ada yang dibakar dan menimbulkan aroma yang khas. Kue lalampa paling lezat dinikmati bersama sambal pedas. Para traveller bisa menjadikan kue ini sebagai camilan sehat nan mengenyangkan sambil minum teh atau kopi.

13. Saraba

gambar makanan khas gorontalo Saraba
style.tribunnews.com

Kalau di wilayah lain di Indonesia ada penjual STMJ, di Gorontalo lebih terkenal dengan minuman sarabanya. Saraba sekilas memang mirip dengan STMJ. Tapi, saraba tidak dibuat dari susu cair. Saraba dibuat dari santan, jahe, dan gula merah yang dimasak bersamaan. Minuman ini sering dijajakan dengan gerobak pada malam hari.

Saraba punya khasiat yang tidak main-main. Kandungan jahenya bisa membuat badan hangat, menyembuhkan masuk angin, mengobati sakit perut, dan juga menambah kekebalan tubuh saat musim pancaroba. Saraba banyak diburu oleh masyarakat lokal sebagai minuman herbal favorit mereka.

14. Sashimi Tuna

gambar makanan khas gorontalo Sashimi Tuna
thespruceeats.com

Sashimi adalah makanan khas Jepang yang terbuat dari ikan laut. Di negara asalnya, sashimi disajikan dari ikan mentah yang dicelupkan dalam washabi atau kecap shoyu. Tapi di Gorontalo, ada sashimi berbahan dasar daging ikan tuna yang sudah tersentuh oleh citarasa lokal.

Sashimi tuna bisa dengan mudah ditemukan di warung seafood pinggir pantai. Lantaran sudah dimodifikasi dengan kearifan lokal, daging tuna biasanya sudah dimasak setengah matang. Alih-alih dicelup washabi super pedas, sashimi tuna biasanya disantap bersama sambal dabu-dabu khas Gorontalo.

15. Kue Popolulu

gambar makanan khas gorontalo Kue Popolulu
twitter.com

Popolulu adalah bahasa Gorontalo untuk ubi jalar. Kue popolulu memang terbuat dari bahan utama yaitu ubi jalar manis. Untuk membuat kue popolulu cukup gampang. Caranya tinggal campurkan ubi yang telah dikukus sampai matang dengan gula merah. Dua bahan ini kemudian harus diaduk sampai ubi benar-benar lumat.

Ubi yang sudah lumat, kemudian dicetak bulat-bulat dengan tangan, lalu digulingkan pada tepung pisang. Ubi selanjutnya digoreng sampai berubah warna jadi kecoklatan. Camilan ini bisa ditemukan dengan mudah di warung kaki lima di Kota Gorontalo. Biasanya, para pedagang menjajakan makanan ini saat sore hingga malam hari.

16. Kue Tobu’u

gambar makanan khas gorontalo Kue Tobu’u
youtube.com

Kue tobu’u terbuat dari bahan dasar tepung beras, gula, beras pulo, santan, susu cair, irisan nangka, pasta daun pkamun, dan perasa vanilla. Semua bahan diaduk jadi satu, kemudian dituangkan dalam cetakan yang terbuat dari daun pkamun. Setelah siap, adonan kemudian dikukus sebentar, lalu dituangkan lagi adonan kedua yang berisi potongan nangka.

Uniknya, kue tobu’u ini tetap menggunakan daun pkamun sebagai cetakan dan juga pewangi kuenya. Daun pkamun sendiri hanya bisa ditemui di daerah Gorontalo. Daun pkamun punya fungsi yang mirip dengan daun pandan pada masakan Jawa, yaitu sebagai penambah aroma. Meskipun kini zaman sudah modern, tapi kue ini tetap mempertahankan cara pengolahan dan juga bentuknya.

17. Brenebon

gambar makanan khas gorontalo Brenebon
booksbikesbeyond.wordpress.com

Jika tadi sudah dibahas es brenebon, maka ada satu lagi makanan yang juga terbuat dari bahan kacang merah. Masyarakat Gorontalo biasa menyebutnya dengan brenebon saja. Bedanya, brenebon ini dihidangkan layaknya bubur hangat, bukan es yang segar. Brenebon terbuat dari kacang merah yang diolah dengan daun pkamun, sebagai penambah aroma, gula merah, santan, dan kental manis.

Masyarakat Gorontalo biasa mengonsumsi brenebon sebagai menu buka puasa di bulan Ramadan. Hal itulah yang membuat para traveller biasa menjumpai banyak sekali penjual takjil dadakan, yang menjajakan brenebon saat bulan puasa.

18. Perkedel Nike

gambar makanan khas gorontalo perkedel nike
makanangorontalo.wordpress.com

Kalau di Padang ada perkedel yang sedap, di Gorontalo juga ada. Hanya saja, di Gorontalo perkedel dibuat dari campuran kentang, ikan nike, dan telur. Ikan nike ini bentuknya kecil-kecil mirip teri. Tiga bahan utama tersebut dicampur bersama dengan bumbu dan rempah-rempah, kemudian digoreng sampai matang.

Makanan ini biasa dijadikan sebagai lauk oleh masyarakat setempat. Para traveller bisa dengan mudah menemukan perkedel nike di warung makan Kota Gorontalo. Perkedel nike paling pas disantap dengan nasi hangat dan juga sambal. Perkedel ini juga cocok dijadikan kudapan saat minum teh, atau kopi di pagi dan sore hari.

19. Kue Pia Saronde

gambar makanan khas gorontalo Kue Pia Saronde
twitter.com

Kalau di Jogja ada bakpia yang khas, ternyata di Gorontalo juga ada kue yang mirip. Namanya adalah pie saronde. Uniknya, nama saronde ini diambil dari salah satu pulau yang ada di Provinsi Gorontalo. Mungkin dari pulau tersebut, pia ini berasal. Saronde juga menjadi sebutan bagi tarian penyambutan tamu yang datang ke Gorontalo.

Pia saronde terbuat dari kulit yang renyah berlapis. Di tengahnya, biasa diisi dengan coklat leleh. Teksturnya yang renyah di luar dan lumer serta lembut di dalam, banyak digandrungi oleh masyarakat setempat. Bahkan, para wisatawan juga sering membeli pia saronde ini sebagai oleh-oleh yang awet dan mewah.

20. Kue Cara Isi

gambar makanan khas gorontalo Kue Cara Isi
craftlog.com

Ada satu lagi kue tradisional yang masih eksis hingga saat ini di Gorontalo. Namanya adalah kue cara isi. Uniknya, kue ini menggunakan bahan ikan sebagai isiannya. Sedangkan, adonannya dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan telur, gula, dan santan.

Ikan yang biasa digunakan sebagai isian kue adalah ikan tongkol. Sebelum dimasukkan dalam adonan, ikan tongkol harus dimasak dulu dengan bumbu bawang merah, bawang putih, garam, lada, dan juga margarin. Kue ini paling cocok disantap saat sore hari bersama teh atau kopi hangat. Bagi yang suka pedas, kue cara isi juga bisa dicocolkan ke sambal dabu-dabu.

21. Kue Apang Colo

gambar makanan khas gorontalo Kue Apang Colo
sulawesion.com

Sekilas, kue apang colo ini mirip dengan martabak mini di daerah lain. Tapi, tentunya ada cita rasa khas yang tetap berbeda dari kue khas Gorontalo ini. Apang colo ini terbuat dari tepung terigu, gula, garam, dan ragi instan. Semua bahan tersebut dicampur dan diaduk rata dengan air, kemudian didiamkan sebentar hingga mengembang.

Setelah adonan mengembang, kemudian adonan siap untuk dipanggang. Caranya, siapkan cetakan teflon yang biasa digunakan untuk membuat martabak mini dan olesi dengan margarin. Jika cetakan sudah panas, tuang adonan dan tutup sampai matang. Jika sudah terdapat rongga-rongga pada permukaan kue, berarti kue sudah matang sempurna.

Jika sudah matang, kue siap dihidangkan. Masyarakat Gorontalo biasa memakan apang colo dengan saus daun pkamun dan gula merah. Kudapan manis nan lezat ini biasa disajikan sore hari. Jika bulan puasa, kue apang colo banyak dijual oleh pedagang takjil sebagai menu berbuka puasa. Kandungan manisnya bisa mengembalikan energi yang terkuras setelah seharian berpuasa.

22. Sate Kambing Balanga

gambar makanan khas gorontalo Sate Kambing Balanga
viva.co.id

Ada banyak jenis sate di Indonesia. Tapi di Gorontalo, ada satu sate yang sangat unik yaitu sate balanga. Meskipun namanya adalah sate, tapi ternyata makanan khas ini tidak menggunakan tusuk sate sama sekali. Bahkan, tidak ada proses pemanggangan dengan menggunakan arang dan kipas sama sekali.

Lalu, bagaimana cara membuat sate balanga ini? Sate ini terbuat dari daging kambing pilihan yang dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah, garam, merica, dan juga kecap manis. Daging ditumis bersama bumbu dan juga kecap manis yang banyak sampai matang.

Uniknya, sate ini dimasak pada media balanga atau belanga. Alat masak ini berupa wadah menyerupai wajan yang terbuat dari tanah liat. Belanga sudah ada sejak zaman dulu, dan kini keberadaannya sebagai alat masak mulai langka.

Daging kambing biasa dimasak di belanga sampai kuahnya mengering, dan bumbu meresap sempurna. Sate balanga biasa disajikan bersama dengan nasi hangat dan acara mentimun. Para traveller bisa menemukan menu sate balanga ini di Rumah Makan Diva, Kota Gorontalo.

23. Kue Kerawang

gambar makanan khas gorontalo Kue Kerawang
debagpacker.com

Ada sebagian masyarakat yang menyebut kue kerawang berbeda dengan kue karawo. Tapi, sebagian yang lain menganggap bahwa dua kue ini sama saja. Namun, kue kerawang cenderung lebih modern dan bervariasi dibandingkan kue karawo. Seiring perkembangan zaman, kue kerawang ini dibuat dengan berbagai varian rasa dan juga isian.

Intinya, kue kerawang adalah kue kering aneka rasa khas Gorontalo. Kue ini terbuat dari adonan tepung terigu, gula, mentega, dan telur. Kue kemudian dicetak dalam berbagai bentuk. Kue karawang paling banyak dicetak berbentuk bulat atau pola hati. Kue kerawang bisa dibuat dengan rasa keju, coklat, kopi, bahkan stroberi.

Pada bagian tengahnya diisi dengan selai coklat, nanas, keju, dan lain sebagainya. Berbeda dengan kue karawo yang dihias dengan lukisan tangan pada bagian permukaan atasnya, kue kerawang lebih sering dibiarkan polos. Kue ini bisa disajikan pada saat Idhulfitri untuk menjamu tamu. Para traveller bisa dengan mudah menemukan kue ini saat akhir bulan Ramadan.

25 makanan khas Provinsi Gorontalo ini tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan yang sedang berkunjung. Tak ada salahnya menyempatkan waktu sehari saja untuk menjelajah kekayaan kuliner Gorontalo. Selain harganya yang cukup terjangkau, para wisatawan bisa merasakan nikmatnya makanan bercita rasa pedas, manis, gurih, dan kaya rempah-rempah dari daerah ini.

LEAVE A REPLY