Makanan Khas Bangka Belitung

Kepulauan Bangka Belitung sangat terkenal di Indonesia sejak ditayangkannya film Laskar Pelangi yang fenomenal. Masyarakat Indonesia jadi mengenal provinsi yang ada di Selat Karimata ini dengan baik. Banyak juga para wisatawan yang jadi tertarik untuk berkunjung ke Bangka Belitung, karena keindahan alam dengan pantainya yang eksotis nan unik.

Berkunjung ke Bangka Belitung bukan hanya tentang keindahan alam, nyatanya Bangka Belitung juga menyuguhkan wisata budaya. Salah satunya adalah kekayaan kuliner khasnya. Bangka Belitung punya segudang kuliner lezat yang wajib dicoba oleh para wisatawan. Kuliner di provinsi ini adalah perpaduan budaya dari Melayu, China, hingga Belanda.

1. Lempah Kuning

gambar makanan khas bangka belitung Lempah Kuning
lifestyle.okezone.com

Daerah kepulauan memang dikenal kaya akan hasil lautnya. Tak terkecuali Provinsi Bangka Belitung yang dikelilingi oleh perairan laut yang tenang. Hasil tangkapan nelayan di provinsi ini sangat berlimpah. Salah satu makanan yang dimasak dari hasil laut adalah lempah kuning. Makanan ini sangat terkenal dan biasa disantap oleh masyarakat lokal Bangka Belitung.

Lempah kuning adalah istilah yang biasa digunakan oleh masyarakat di Pulau Belitung. Sedangkan di Pulau Bangka, makanan ini biasa disebut dengan gangan. Lempah kuning biasanya dibuat dari ikan kakap merah atau tenggiri. Dua jenis ikan ini memang tersedia melimpah dan jadi tangkapan utama nelayan di Bangka Belitung.

Ikan yang sudah dibersihkan, kemudian dimasak dengan kuah kuning. Kuah ini dibumbui dengan berbagai macam rempah-rempah seperti lengkuas dan kunyit. Bumbu dasar yang digunakan dalam lempah kuning adalah bawang merah, bawang putih, cabe rawit, dan juga terasi. Bisa dibilang di daerah Jawa, masakan ini mirip dengan gulai ikan, tapi kuahnya sedikit lebih encer.

2. Mie Belitung

gambar makanan khas bangka belitung Mie Belitung
pergikuliner.com

Jika wisatawan sedang berkunjung ke Pulau Belitung, jangan lupa untuk mencicipi hidangan mie Belitung. Menu makanan ini sangat terkenal dan bisa dengan mudah ditemukan di berbagai sudut Kota Belitung. Mulai dari warung tenda kaki lima, sampai restoran terkenal pun menjajakan menu satu ini.

Mie Belitung terbuat dari mie kuning yang disiram dengan kaldu udang. Bumbu yang digunakan sebenarnya cukup sederhana yaitu bawang merah, bawang putih, jahe, dan lada bubuk. Semua bahan tersebut direbus bersama dengan udang dalam waktu yang lama, agar citarasanya keluar. Setelah matang, kuah udang ini berubah warna jadi kekuningan.

Mie Belitung biasa disajikan dalam mangkok. Mie ditambah dengan berbagai topping seperti udang, acar mentimun, kentang rebus, emping melinjo, dan kuah udang panas. Para wisatawan bisa mencoba mie Belitung yang paling legendaris di Warung Mie Belitung Nyonya Atep, Jalan Sriwijaya, Tanjungpandan, Kota Belitung.

3. Sup Gangan

gambar makanan khas bangka belitung Sup Gangan
travel.dream.co.id

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, sup gangan adalah nama lain dari lempah kuning. Sup gangan di Pulau Bangka terbuat dari ikan tenggiri atau kakap. Ada masyarakat yang lebih suka menggunakan bagian kepala ikan, tapi ada juga yang lebih suka menggunakan daging ikannya.

Sup gangan diolah dengan bumbu kuning yang terdiri dari kunyit, lengkuas, jahe, bawang merah, bawang putih, merica, dan lain-lain. Citarasa kuah sup gangan ini biasanya pedas, gurih, dan asam. Perpaduan kuah yang asam membuat olahan ikan jadi tidak amis dan justru terasa segar. Biasanya, sup gangan dimakan bersama dengan nasi hangat dan juga sambal.

4. Berego

gambar makanan khas bangka belitung Berego
idntimes.com

Masyarakat di Pulau Jawa memang sudah cukup familiar dengan lontong. Makanan ini biasa disantap dengan kuah kari, soto, bakso, pecel, dan lain sebagainya. Babel punya lontong dengan versinya sendiri yang diberi nama berego. Bedanya, berego tidak diolah dari beras. Tapi, makanan ini dibuat dari tepung beras dan tapioka.

Berego juga dibalut dengan daun pisang, saat akan dimasak. Bentuknya bulat memanjang dan harus dipotong-potong dulu sebelum dihidangkan. Berego biasanya disajikan bersama dengan mie Belitung, sop sangan, lempah kuning, atau lakse. Berego bisa dengan mudah ditemukan di warung tenda kaki lima sepanjang jalanan Bangka Belitung.

5. Lakse

gambar makanan khas bangka belitung Lakse
wisatago.com

Lakse memang memiliki nama yang sangat mirip dengan laksa. Tapi, ternyata lakse sangat berbeda dengan laksa khas Sumatera. Jadi, para wisatawan harus ekstra hati-hati saat memesan makanan. Bisa jadi, jika salah mengucapkan kata, para wisatawan akan mendapatkan menu makanan di luar ekspektasinya sendiri.

Lakse adalah kuliner yang berbahan dasar mie. Konon katanya, lakse adalah makanan yang terinspirasi dari spagheti. Mungkin kata lakse ini berasal dari lasagna. Lantaran terinspirasi dari spagheti, maka mie lakse punya bentuk yang lurus dan berwarna putih pucat.

Lakse awalnya dibuat oleh masyarakat suku Melayu yang mendiami Pulau Belitung. Tapi, seiring perkembangan zaman, lakse banyak dimasak oleh kalangan Tionghoa Belitung. Lakse biasanya disantap bersama dengan makanan berkuah, misalnya sop gangan atau lempah kuning.

6. Mie Ayam Bangka

gambar makanan khas bangka belitung Mie Ayam Bangka
qraved.com

Makanan yang satu ini sudah tidak diragukan lagi kenikmatannya. Bahkan, makanan ini sudah menyebar di berbagai wilayah lain di Indonesia. Mie ayam Bangka, bahkan sudah menjelma menjadi kuliner khas Bangka yang banyak diburu masyarakat. Mie ayam Bangka dibuat dari mie kuning yang kenyal dan tebal.

Kuah mie ayam Bangka, biasanya dibuat dari kaldu yang kental. Perbedaan dari mie ayam di daerah lain adalah penggunaan tauge dalam penyajian mienya. Selain itu, mie ayam ini tetap menggunakan beberapa bahan khas lainnya seperti suwiran daging ayam, bakso, dan juga pangsit basah. Tetapi, keunggulan mie ayam ini terletak pada bumbu kuah yang penuh dengan rempah-rempahnya.

Mie ayam Bangka bisa dengan mudah ditemukan di daerah Bangka Belitung. Para wisawatan bisa mencoba makanan satu ini di warung kaki lima hingga restoran terkenal. Mie ayam Bangka biasanya dijajakan pada sore sampai malam hari.

7. Martabak Bangka

gambar makanan khas bangka belitung Martabak Bangka
tukangreview.com

Ada satu lagi kuliner khas Bangka yang sangat melegenda yaitu martabak. Kudapan manis ini bahkan sudah bisa dengan mudah ditemui di berbagai kota besar di Indonesia. Jadi, masyarakat yang belum punya kesempatan pergi berkunjung ke Bangka Belitung pun bisa mencicipi manisnya martabak ini.

Apa keistimewaan martabak Bangka sampai makanan ini begitu populer? Martabak ini punya citarasa yang sangat manis. Martabak dibuat dari adonan tepung terigu, mentega, dan telur. Adonan dibuat dalam bentuk bulat seperti mangkok dan dipanggang diatas pan panas. Martabak Bangka punya berbagai topping  seperti coklat, keju, kacang tanah, mete, wijen, atau meses.

Awalnya, martabak ini disebut dengan Hok Lo Pan. Istilah ini konon berasal dari penyebutan orang Hakka. Martabak ini dulunya banyak dijajakan oleh masyarakat Tionghoa yang mendiami Pulau Bangka. Tapi kini, siapapun bisa mengolah dan menjual martabak ini dengan berbagai kreasi dan variasi topping mereka sendiri.

8. Sambal Rusip

gambar makanan khas bangka belitung Sambal Rusip
helloindonesia.id

Indonesia memang jadi salah satu negara dengan kekayaan kuliner yang melimpah. Hampir di setiap wilayah di Indonesia memiliki makanan khasnya sendiri. Salah satu yang sangat erat dengan lidah orang Indonesia adalah sambal. Banyak daerah di Indonesia yang punya sambal versinya sendiri, seperti Bali dengan sambal matah, Lombok dengan sambal plecingnya, dan lain-lain.

Begitu juga dengan daerah Bangka Belitung, yang juga punya olahan sambal sendiri. Namanya adalah sambal rusip. Uniknya, bahan untuk membuat sambal rusip adalah fermentasi ikan. Bagaimana caranya? Pertama, ikan yang sudah dibersihkan kemudian direndam dalam larutan gula merah dan garam. Kemudian, rendaman ini dibiarkan selama 7 hari sampai ikan terfermentasi alami.

Jika bau asam yang sangat kuat sudah tercium, maka proses fermentasi berhasil. Fermentasi ikan ini kemudian dicampur dengan cabe rawit, bawang merah, dan jeruk kunci. Sambal rusip punya bau yang sangat tajam dan bercita rasa asam pedas. Biasanya, sambal ini disajikan bersama dengan olahan ikan dan lalapan.

9. Belacan Belitung

gambar makanan khas bangka belitung Belacan Belitung
indonesiakaya.com

Belacan sebenarnya hampir mirip dengan terasi di Jawa. Hanya saja, belacan dibuat dari olahan fermentasi udang segar yang baru saja ditangkap oleh nelayan Belitung. Sentral pengolahan belacan di Pulau Belitung terletak di Desa Sijok atau biasa dikenal juga dengan Desa Sijuk.

Jika terasi biasanya dikemas dalam kondisi kering, maka berbeda dengan belacan. Lantaran masih terbuat dari udang rebon segar, maka tekstur belacan mirip dengan pasta. Jika udang sudah terfermentasi sempurna, maka belacan siap dikemas dalam plastik-plastik kecil. Belacan banyak dijadikan sebagai buah tangan para wisatawan yang berkunjung ke Belitung.

10. Mie Koba

gambar makanan khas bangka Mie Koba
backpackerjakarta.com

Satu lagi olahan mie dari Pulau Bangka yang tak boleh dilewatkan oleh wisatawan. Namanya adalah mie koba. Sajian ini terbuat dari mie kuning yang kenyal dan padat. Mie disiram dengan kuah kaldu ikan tenggiri. Agar semakin nikmat, kaldu tenggiri dimasak bersama dengan berbagai macam rempah-rempah, bawang merah, bawang putih, merica, dan lain-lain.

Selain mie dan kuah, mie koba juga dilengkapi dengan topping lain seperti daging ikan tenggiri, telur rebus, bawang goreng, dan irisan daun seledri segar. Agar sajian ini tetap terasa gurih dan segar, para penjual biasanya akan menambahkan air perasan jeruk nipis pada kuahnya. Mie koba biasa dijajakan di warung tenda. Sajian ini banyak ditemukan di daerah Bangka Tengah.

11. Pletek

gambar makanan khas bangka belitung Pletek
helloindonesia.id

Wisatawan yang ingin membawa makanan ringan dan tahan lama dari Bangka Belitung, bisa memborong pletek. Sebenarnya, pletek adalah istilah jajanan kerupuk khas Pulau Belitung. Teksturnya renyah, berwarna putih pucat, dan rasanya gurih. Pletek adalah kerupuk yang dibuat dari ikan tenggiri, tepung, dan juga bumbu-bumbuan.

Pletek banyak dijual di toko oleh-oleh di Pulau Belitung. Wisatawan bisa dengan mudah menemukannya di dekat lokasi wisata seperti pantai. Pletek paling cocok dijadikan sebagai camilan teman minum teh atau kopi hangat. Pletek juga bisa dijadikan sebagai lauk makan bersama dengan nasi hangat dan sayur berkuah.

12. Getas

gambar makanan khas bangka belitung Getas
cookpad.com

Istilah getas ada di dua tempat yaitu Jawa dan Bangka. Getas di Pulau Jawa identik dengan camilan dari tepung ketan yang bercita rasa manis gurih. Sedangkan getas dari Pulau Bangka justru sebaliknya. Getas dari Bangka hampir mirip dengan pletek.

Getas terbuat dari daging tenggiri, tepung, dan juga bumbu-bumbu yang diolah menjadi kerupuk renyah. Masyarakat Bangka biasa menyebut getas dengan istilah kretek gurih. Tekstur getas sangat renyah dengan rongga-rongga di bagian dalamnya. Citarasanya sangat gurih dan bisa dijadikan sebagai lauk makan nasi hangat dan sayur kuah.

Ada satu daerah di Bangka yang sangat terkenal dengan olahan getas berkualitasnya. Para wisatawan bisa berkunjung ke sentra pengolahan getas di daerah Belinyu. Menurut masyarakat dan wisatawan, getas dari Belinyu cenderung lebih enak, gurih, renyah, dan tahan lama. Getas bisa dijadikan sebagai buah tangan saat pulang berwisata dari Bangka.

13. Kue Rintak

gambar makanan khas bangka belitung Kue Rintak
tfamanasek.com

Kue rintak adalah jajanan kue kering yang berbahan dasar sagu. Kue rintak biasanya dicetak dalam bentuk bunga bermahkota lima. Lantaran terbuat dari bahan dasar tepung sagu, kue rintak punya tampilan yang cenderung putih pucat. Kue rintak punya tekstur yang lembut dan rasa yang manis gurih.

Kue rintak biasa muncul saat bulan puasa, apalagi menjelang hari raya Idhulfitri, banyak sekali pedagang kue yang menjajakan olahan satu ini. Masyarakat biasa membeli kue rintak sebagai hidangan untuk menyambut tamu saat Idhulfitri. Tapi jangan khawatir, wisatawan tetap bisa mendapatkan kue ini di pusat jajanan/oleh-oleh khas Bangka Belitung.

14. Teri Krispi

gambar makanan khas bangka belitung Teri Krispi
helloindonesia.id

Menu yang satu ini memang cukup sederhana, tapi banyak sekali orang yang meminatinya. Teri krispi berasal dari Desa Sijuk yang memang ada di pinggir pantai utara Pulau Belitung. Teri segar yang baru ditangkap nelayan Sijuk diolah bersama dengan tepung dan bumbu. Masyarakat Sijuk gemar mengonsumsi teri krispi ini sebagai lauk yang kaya protein dan kalsium.

Teri sijuk kini sudah menjelma menjadi buah tangan khas Belitung. Banyak toko oleh-oleh yang menyediakan produk ini. Bahkan, kini teri sijuk sudah tersedia berbagai macam varian rasa. Ada rasa original, balado, keju, dan lain sebagainya.

15. Kemplang

gambar makanan khas banga belitung Kemplang
kerupukbangka7starfirmansyah.blogspot.com

Makanan khas Bangka Belitung lainnya yang terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri adalah kemplang. Makanan ini punya tekstur layaknya kerupuk, tetapi punya aroma ikan yang sangat kuat. Kemplang banyak dijual di pusat oleh-oleh Bangka Belitung. Kini seiring perkembangan zaman, sudah ada varian rasa kemplang dari udang dan juga cumi-cumi.

Uniknya, kemplang dari daerah Bangka Belitung ini tidak begitu lebar ukurannya. Berbeda dengan kerupuk kemplang dari Palembang yang punya ukuran lebar seperti piring. Tapi proses pengolahan kemplang memang hampir sama. Satu persatu kerupuk dipanggang di atas bara api panas sampai mengembang dan krispi.

16. Kecalo

gambar makanan khas bangka belitung Kecalo
ceroboh.com

Namanya cukup unik, bukan? Kecalo adalah salah satu makanan khas Bangka Belitung dari hasil fermentasi seafood. Bahan utama kecalo adalah udang rebon yang baru ditangkap. Bentuknya hampir mirip dengan terasi, dan biasa digunakan sebagai bumbu tambahan dalam masakan Bangka Belitung.

Awalnya, udang rebon segar dicuci bersih. Kemudian, udang dilumuri dengan garam dan dibiarkan selama beberapa hari sampai terjadi proses fermentasi. Berbeda dengan belacan yang cenderung bertekstur mirip karamel hitam, kecalo punya warna yang lebih cerah dan teksturnya lebih padat.

Kecalo bisa dijumpai di toko oleh-oleh khas Bangka Belitung. Harganya pun terbilang cukup murah. Jadi, para wisatawan bisa memborong kecalo ini sebagai oleh-oleh yang murah meriah. Meskipun begitu, karena aromanya yang begitu menyengat, banyak orang yang enggan menggunakan kecalo sebagai bahan bumbu masakan.

17. Siput Gong Gong

gambar makanan khas bangka belitung Siput Gong Gong
bobo.grid.id

Bangka Belitung memang tak henti-hentinya menghadirkan sajian kuliner yang berbahan dasar seafood. Salah satunya adalah siput gong gong. Jangan salah, siput ini sama sekali tidak menjijikkan seperti jenis siput lainnya. Lantaran siput ini berasal dari laut dan diolah dalam kondisi yang masih segar.

Masyarakat Bangka Belitung sangat menyukai hidangan satu ini. Mereka biasa menyantap siput gong gong dengan nasi hangat dan juga sambal. Proses pengolahannya juga cukup mudah. Siput yang sudah dibersihkan dari kotoran kemudian direbus sampai matang, kemudian siput gong gong dihidangkan bersama dengan sambal khas Bangka Belitung.

18. Kericu

gambar makanan khas bangka belitung Kericu
idntimes.com

Makanan ini termasuk salah satu jenis snack yang biasa dibuat camilan oleh masyarakat Bangka Belitung. Kericu bentuknya mirip dengan telur gabus, bertekstur renyah, dan berwarna putih terang. Masyarakat setempat biasa menyebut kericu dengan istilah telur cumi-cumi.

Kericu memang terbuat dari bahan dasar telur cumi-cumi atau sotong. Telur ini diolah bersama dengan tepung dan bumbu-bumbu untuk menghasilkan keric bertekstur renyah. Banyak sekali industri rumahan yang mengolah kericu di Bangka Belitung. Wisatawan yang ingin memborong kericu sebagai buah tangan bisa datang ke pusat oleh-oleh di Pangkalpinang, Belinyu, dan Sungailiat.

19. Otak-Otak Bangka

gambar makanan khas bangka belitung Otak-Otak Bangka
eatinguntildiee.blogspot.com

Otak-otak adalah salah satu bentuk kuliner di Bangka Belitung yang memanfaatkan hasil laut. Otak-otak dibuat dari campuran daging ikan, tepung, dan bumbu-bumbu. Campuran semua bahan ini kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikaitkan dengan tusuk lidi pada kedua ujungnya. Otak-otak kemudian dibakar di atas bara api sampai matang.

Nyatanya, banyak sekali pecinta kuliner ringan yang satu ini. Masyarakat Bangka Belitung bahkan sudah biasa membeli otak-otak dalam jumlah banyak untuk dikonsumsi ramai-ramai. Banyak juga wisatawan yang membeli otak-otak sebagai oleh-oleh khas. Otak-otak paling cocok disantap bersama dengan sambal terasi, saos tomat, maupun saos cabe pedas.

20. Lempah Darat

gambar makanan khas bangka belitung Lempah Darat
youtube.com

Selain lempah kuning, ada makanan lain yang sangat populer di Pulau Bangka. Namanya adalah lempah darat. Seperti namanya, sayur lempah ini tidak terbuat dari bahan dasar seafood. Lempah darat dibuat dari berbagai macam sayuran hasil perkebunan masyarakat. Uniknya, mereka memasak lempah dari sayuran yang tidak terlalu dibutuhkan dan diperhatikan.

Bahan utama untuk membuat sayur ini, biasanya adalah daun pepaya muda, akar keladi, pucuk idat, dan lain-lain. Sayuran ini dimasak dalam kuah yang kaya akan rempah-rempah. Berbeda dengan lempah kuning, di masakan lempah darat ini tidak dibumbui dengan kunyit. Jadi, kuahnya tidak berwarna kuning terang. Kuahnya justru berwarna kecoklatan dan lumayan bening.

Sayur lempah darat sudah menjadi makanan sehari-hari masyarakat Bangka. Mereka memadukan berbagai macam sayur yang ada untuk dibuat jadi lempah. Biasanya, sayur ini dimakan bersama nasi hangat. Bagi yang suka pedas, biasanya mereka menambahkan sambal terasi. Sebagai penyedap, mereka juga biasa memakannya dengan lauk ikan asin.

21. Sambelingkung

gambar makanan khas bangka belitung Sambelingkung
cookpad.com

Ada satu lagi sambal khas yang berasal dari Bangka Belitung. Namanya adalah sambelingkung atau ada juga yang menyebutnya sambal ingkung. Sekilas, tampilan sambal ini mirip dengan abon. Teksturnya seperti serabut berwarna coklat terang. Tapi ternyata sambelingkung punya perbedaan yang mendasar dengan abon.

Abon biasanya dibuat dari daging sapi, kerbau, atau ayam. Tapi, sambelingkung terbuat dari daging ikan atau udang segar. Ikan atau udang ini dicampur dengan bumbu dan rempah-rempah, kemudian campuran ini dimasak sedemikian rupa, sampai hancur menjadi serabut-serabut tipis. Citarasa sambelingkung begitu gurih dan sedap dengan bau kuat.

Masyarakat biasa menjadikan sambelingkung sebagai teman makan sayuran pedas, nasi hangat, dan juga sambal. Di Bangka Belitung sendiri, banyak industri rumahan yang memproduksi sambelingkung. Wisatawan yang berkunjung juga bisa membeli sambelingkung untuk oleh-oleh.

22. Lepet

gambar makanan khas bangka belitung Lepet
judellahalimnft.blogspot.com

Sebenarnya, lepet ada di berbagai wilayah di Indonesia. Ada lepet dari Sunda, Jawa, dan juga dari Bangka Belitung. Tapi, semua daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Seperti lepet di Bangka Belitung. Lepet dibuat dari beras ketan yang dikukus dalam sebuah wadah. Uniknya, wadah ini terbuat dari daun kelapa yang masih muda atau janur.

Untuk mengikat janur digunakan daun pandan hutan atau dalam bahasa setempat disebut jelutuk. Lepet dari daerah Bangka Belitung bercita rasa gurih. Di dalamnya dicampurkan sedikit garam dan juga santan untuk menambah citarasa lepet. Masyarakat setempat biasa menyajikan lepet pada hari-hari besar seperti pesta rakyat atau Idhulfitri.

23. Soto Ketupat

gambar makanan khas bangka belitung Soto Ketupat
id.m.wikipedia.org

Jika di Jakarta atau daerah Jawa lainnya, masyarakat biasa mengonsumsi soto bersama dengan nasi, berbeda dengan di Bangka Belitung. Masyarakat setempat biasa mengonsumsi soto dengan irisan ketupat sebagai pengganti nasi.

Layaknya soto pada umumnya, soto ketupat di Bangka Belitung ini juga menggunakan irisan daging ayam sebagai isiannya. Soto ditambah dengan mie kuning, kerupuk merah, daun bawang, daun seledri, dan juga bawang goreng. Ada juga sebagian masyarakat yang menambahkan kecambah untuk menyegarkan soto. Kuah soto ketupat ini coklat bening dan terasa nikmat.

Masyarakat setempat biasa menyantap soto ketupat saat hari besar keagamaan. Biasanya, soto ketupat menjadi sajian wajib saat Idhulfitri atau Idhul Adha. Tapi tenang saja, saat ini juga sudah ada warung atau rumah makan yang menyajikan sajian soto ketupat bagi para wisatawan.

24. Lokan Laut

gambar makanan khas bangka belitung Lokan Laut
food.grab.com

Lokan adalah kerang yang biasa hidup di daerah rawa atau muara sungai yang berpapasan dengan laut. Lokan bisa hidup di daerah yang terdapat vegetasi air. Misalnya, pada hutan rawa atau hutan mangrove. Rokan punya bentuk yang menyerupai tiram. Ukurannya lumayan besar dan berwarna putih terang.

Masyarakat Bangka Belitung biasa memasak rokan menjadi hidangan yang lezat. Cara memasaknya sebenarnya cukup mudah, rokan yang baru saja dijaring oleh nelayan kemudian dibersihkan. Rokan kemudian direbus bersama dengan air serai. Ada juga yang merebusnya bersama santan dan bumbu saos tiram.

Seiring perkembangan zaman, kini bumbu untuk memasak rokan semakin bervariasi. Masyarakat mulai memasukkan bawang merah, bawang putih, merica, dan lain sebagainya. Masyarakat sangat suka kuah rokan laut yang terasa asam pedas. Kuah ini begitu nikmat dipadukan dengan kaldu dan daging rokan yang gurih lezat.

25. Cacak Ikan

gambar makanan khas bangka belitung Cacak Ikan
tokopedia.com

Pernah menyantap bakso ikan? Makanan yang terasa sangat lezat ini ternyata juga ada di Bangka. Cacak ikan adalah makanan khas Bangka yang sangat digemari oleh masyarakat lokal. Di daerah Kabupaten Belinyu, cacak ikan disebut juga sebagai bakso ikan. Meskipun disebut sebagai bakso, tapi bentuk cacak ikan tidak bulat sempurna.

Ada beberapa jenis ikan yang digunakan untuk membuat cacak ikan. Tapi, cacak yang paling populer di sana berbahan dasar ikan tenggiri. Citarasa ikan tenggiri yang gurih dan dagingnya yang empuk membuat cacak ikan begitu digemari masyarakat Bangka.

Proses pengolahan cacak ikan biasa dilakukan oleh industri rumahan. Awalnya, ikan dibersihkan dan diambil dagingnya saja. Daging ini kemudian dihaluskan dan dicampur tepung serta bumbu-bumbu lainnya. Adonan ini harus diuleni lebih dulu sampai kenyal dan kalis. Setelah itu, barulah adonan dibentuk bulat-bulat seukuran bola pingpong.

Bakso ikan harus direbus sampai matang dan ditiriskan lebih dulu. Biasanya, bakso ikan digunakan sebagai bahan membuat makanan seperti sup, bakso pedas manis, dan lain sebagainya. Cacak ikan juga bisa dimakan langsung bersama dengan saos tomat atau sambal.

26. Kue Jungkong

gambar makanan khas bangka belitung Kue Jungkong
kuliner.ilmci.com

Kue jungkong adalah salah satu makanan tradisional yang masih lestari dan digemari hingga kini. Bentuknya hampir mirip dengan kue talam di Jawa, tapi rasanya jelas berbeda. Kue jungkong terbuat dari tepung beras dan tapioka. Biasanya, dua bahan tersebut ditambah dengan santan, gula, dan garam agar rasanya semakin gurih.

Kue jungkok biasanya terdiri dari tiga lapis warna. Pada bagian dasarnya biasa berwarna coklat, kemudian hijau, dan putih. Ada juga variasi kue jungkong yang menggunakan gula merah dan parutan kelapa muda. Kue ini dimasak dengan cara dikukus. Kalau ingin mencicipi kelezatan kue jungkong, para wisatawan bisa berkunjung ke pasar tradisional di Banga Belitung.

27. Pempek Panggang

gambar makanan khas bangka belitung Pempek Panggang
pempeklince.com

Sebenarnya, pempek antara Bangka dan Palembang itu menggunakan bahan baku yang sama. Hanya saja, proses memasaknya yang berbeda. Pempek panggang dimasak dengan cara dibakar di atas bara api panas. Biasanya, bagian tengah pempek diisi dengan abon ikan, kecap manis, dan cabe rawit. Pempek panggang biasa disantap bersama dengan kuah cuko.

28. Santan Kepiting

gambar makanan khas bangka belitung Santan Kepiting
id.pinterest.com

Kepiting yang digunakan untuk membuat hidangan ini harus masih segar dan hidup di air payau. Kepiting kemudian dimasak dalam kuah santan yang kaya akan rempah-rempah. Hidangan laut ini bisa dengan mudah dijumpai di warung makan atau restoran terkenal di Bangka Belitung. Kini, hidangan ini juga bisa dipilih menggunakan kepiting jenis batu, hitam, atau rajungan.

29. Lempah Kulat

gambar makanan khas bangka belitung Lempah Kulat
selynovitasari1196.blogspot.com

Kulat adalah bahasa lokal masyarakat untuk menyebut jamur. Tapi, jamur ini adalah jamur alami yang tumbuh di alam, bukan jamur tiram hasil budidaya. Biasanya, jamur akan mudah ditemukan saat memasuki musim penghujan. Jamur yang paling umum adalah jenis kedidir atau pelawan.

Jamur yang sudah dibersihkan, kemudian dimasak bersama dengan kuah santan dan bumbu halus. Biasanya, masakan lempah kulat ini punya citar asa gurih pedas. Para wisatawan bisa mencoba menu ini. Banyak sekali restoran dan juga warung tenda kaki lima yang menjajakan lempah kulat dengan harga sekitar Rp40.000 saja.

LEAVE A REPLY