Makanan Khas Bandung

Bandung yang sering dijuluki sebagai kota kembang ini adalah salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal di Indonesia. Tidak dipungkiri lagi, bandung dikenal dengan julukan Paris van Java yang kaya akan wisata alam, seperti rekreasi keluarga, wisata sejarah, dan kuliner.

Bandung memiliki berbagai macam kuliner yang tentu saja enak, dan memiliki cita rasa khas yang patut untuk dicoba. Ada beberapa jenis makanan khas dari Bandung, yang tentu saja akan bikin ketagihan setelah mencobanya. Jangan lupa untuk mencobanya saat berkunjung ke Bandung, ya.

1. Mie Kocok

gambar makanan khas bandung Mie Kocok
magazine.job-like.com

Belum pas rasanya jika berlibur ke Bandung, namun belum mencicipi kuliner satu ini. Mie kocok merupakan kuliner khas Bandung, yang sebenarnya mirip seperti mie bakso dan mie ayam. Namun, mie kocok memiliki kuah yang lebih kental, jika dibandingkan dengan mie ayam dan mie bakso. Kuah yang digunakan juga dibuat dari daging dan kaldu sapi, sehingga memiliki cita rasa yang enak.

Di dalam semangkuk mie kocok, terdapat mie kuning yang berbentuk gepeng, tauge, potongan kikil yang disertai dengan siraman air kaldu dari daging dan tulang sapi. Biasanya, mie kocok juga ditambahkan dengan potongan daun seledri dan bawang goring, sehingga menambah cita rasanya. Anda bisa mendapatkan semangkuk mie kocok dengan harga Rp10.000 hingga Rp20.000 ribu.

2. Seblak

gambar makanan khas bandung Seblak
wowkeren.com

Orang Sunda sangat suka makanan yang gurih dan pedas, hal itu dapat dilihat dari makanan seblak ini. Makanan yang dibuat dari kerupuk tepung kanji dan telur ini, memiliki rasa yang gurih dan pedas. Bumbu yang digunakan dalam membuat seblak pun sangat khas, karena ada campuran kencur di dalam bumbunya.

Di dalam seblak, ada berbagai jenis topping seperti makaroni, sosis, siomay, tahu, daging sapi, daging ayam, tulang ayam, usus ayam, kikil, bahkan sekarang sudah banyak yang menggunakan seafood dan juga bahan makanan dari Korea. Ada juga tambahan sayur yang dimasukkan ke dalam seblak seperti kol, tauge, daun jeruk dan sawi.

3. Batagor

gambar makanan khas bandung Batagor
tokomesin.com

Bakso tahu goring, atau yang sering disingkat sebagai batagor adalah makanan khas dari Bandung yang rasa enaknya sudah terkenal. Batagor adalah aci atau tepung kanji yang dibentuk membulat menyerupai bakso, kemudian ditambahkan dengan tahu yang dipotong–potong menjadi dadu.

Biasanya, batagor disajikan dengan saus kacang, kecap, dan perasan jeruk nipis, sehingga rasanya menjadi asin, gurih, manis, dan juga memiliki aroma segar dari perasan jeruk nipis. Saat ini, batagor beku sudah banyak disediakan oleh para penjual untuk dijadikan oleh–oleh, sehingga lebih awet saat dibawa di perjalanan.

4. Cireng

gambar makanan khas bandung Cireng
pegipegi.com

Cireng yang merupakan singkatan dari aci (tepung kanji) di goreng adalah tepung kanji yang dimasak dengan cara digoreng, sama seperti namanya. Cireng adalah makanan yang mudah sekali ditemukan di daerah Bandung. Makanan yang memiliki rasa gurih dan tekstur yang kenyal ini sangat digerimari, tidak hanya oleh masyarakat Bandung, tapi juga oleh wisatawan.

Ada beberapa jenis cireng yang dijual di pasaran, yaitu cireng yang original, disajikan dengan bumbu kering (asin, pedas, dan balado), disajikan dengan bumbu kacang dan juga ada cireng yang disajikan dengan bumbu rujak, atau yang sering disebut sebagai rujak cireng. Jika ingin membawa cireng ini sebagai oleh–oleh, lebih baik membeli cireng mentah, kemudian digoreng saat di rumah.

5. Lotek

gambar makanan khas bandung Lotek
lifestyle.okezone.com

Banyak orang yang sulit untuk membedakan antara lotek dan gado–gado. Namun sebenarnya, mudah sekali untuk membedakan antara lotek dan gado–gado. Perbedaan di antara kedua makanan tersebut adalah pada penggunaan kencur. Lotek menggunakan kencur di dalam bumbunya, sedangkan gado–gado tidak.

Sayur yang biasanya digunakan untuk membuat lotek adalah kacang panjang, bayam, kangkung, tauge, kol, nangka muda, dan labu siam. Sama hal nya seperti gado–gado, lotek juga disajikan dengan sus kacang, sehingga lotek menawarkan rasa yang manis, asin, gurih, dan pedas dari sambal yang ditambahkan.

6. Tahu Susu

gambar makanan khas bandung Tahu Susu
pergikuliner.com

Banyak sekali penjual tahu susu di daerah Bandung, khususnya jika sedang berkunjung ke daerah Lembang. Tahu susu ini, sebenarnya adalah jenis tahu yang dikenal karena memiliki tekstur yang lembut dan juga kenyal.

Nama tahu susu berasal dari cara pembuatannya, yang menambahkan susu murni untuk membuat susu menjadi lembut dan memiliki rasa yang lebih gurih saat dimakan. Lantaran penggunaan susu, tahu susu biasanya lebih padat jika dibandingkan dengan tahu yang lainnya. Jangan lupa untuk membeli tahu susu saat melewati Lembang, karena tahu susu ini memiliki banyak sekali peminat.

7. Colenak

gambar makanan khas bandung Colenak
cookpad.com

Colenak yang merupakan singkatan dari dicocol enak. Makanan ini terbuat dari peuyeum yang dibakar dan ditambahkan saus. Colenak terbuat dari parutan kelapa dan gula merah. Biasanya selain peuyeum, colenak juga ditambahkan dengan pisang. Makanan ini dinamakan colenak karena peuyeum yang dicocol ke saus yang rasanya manis akan terasa enak.

Jika mengunjungi Bandung, jangan lupa mengunjungi Colenak Pak Murdi di Jalan Ahmad Yani yang sudah berjualan semenjak tahun 1930. Sampai sekarang, rasa colenak dari Pak Murdi tidak berubah dan tetap enak, sehingga membuat banyak orang menjadi ketagihan.

8. Peuyeum

gambar makanan khas bandung Peuyeum
idntimes.com

Peuyeum atau yang dalam Bahasa Indonesia dikenal sebagai tape, merupakanan makanan asal Bandung yang sudah sangat terkenal. Ada dua macam peuyeum, yaitu peuyeum singkong dan peuyeum ketan. Peuyeum tidak sulit ditemukan di Bandung, biasanya penjual peyeum ini akan ditemui di jalan menuju luar Bandung.

Peuyeum singkong maupun peuyeum ketan, dibuat dari proses fermentasi di dalam wadah yang tertutup, selama kurang lebih dua sampai dengan tiga hari, setelah bahan utama dicampurkan dengan ragi. Lantaran proses fermentasi inilah, akhirnya peuyeum memiliki rasa asam.

9. Surabi

gambar makanan khas bandung Surabi
dolandolen.com

Surabi merupakan makanan yang terkenal di daerah Bandung, karena sering dijual di pinggir jalan dengan lesehan. Surabi adalah makanan yang terbuat dari campuran tepung terigu dan santan. Santan dalam surabi akan memberikan rasa gurih, yang tentu saja akan membuat orang yang memakannya menjadi ketagihan.

Surabi sudah ada dari zaman dahulu, dan menjadi makanan tradisional orang suku Sunda. Biasanya, makanan ini disajikan polos atau dengan tambahan oncom di atasnya. Sekarang, para penjual surabi berinovasi, sehingga surabi disajikan dalam berbagai macam varian rasa, mulai dari rasa gurih hingga dengan rasa manis seperti coklat, strawberry, blueberry, dan rasa manis lainnya.

Jika ingin mencari surabi, ada rumah makan surabi yang terkenal, yaitu Surabi Enhai yang terletak di Jl. Setiabudi, di depan Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB).

10. Nasi Timbel

gambar makanan khas bandung Nasi Timbel
pergikuliner.com

Nasi timbel sebenarnya hanya nasi yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Daun pisang digunakan dengan tujuan untuk membuat nasi menjadi pulen. Nasi timbel biasanya disajikan dengan lauk khas Sunda, seperti ayam goreng kuning, tempe dan tahu goreng, pencok leunca dan juga sambal. Jika memakannya di rumah makan khas Sunda, biasanya nasi yang disajikan adalah nasi timbel.

Salah satu penjual nasi timbel yang terkenal adalah Timbel Bawean yang berada di Jalan Bawean. Di Timbel Bawean ini, sistem pelayanannya adalah selfservice, jadi pembeli harus mengambil sendiri makanan yang dipilihnya.

11. Nasi Tutug Oncom

gambar makanan khas bandung Nasi Tutug Oncom
oleholehtibandung.com

Oncom yang menjadi bahan utama dari nasi tutug oncom ini adalah kacang tanah yang difermentasi menggunakan jamur dari keluarga Neurospora. Berbeda dengan jamur yang digunakan pada pembuatan oncom, sehingga oncom tampak seperti tempe, namun memiliki warna yang berbeda yaitu warna oranye.

Kuliner nasi tutug oncom ini sebenarnya berasal dari Kota Tasikmalaya, yang berada dekat dengan Bandung. Nasi tutug oncom adalah makanan yang terbuat dari campuran nasi dengan oncom yang sudah dibakar atau juga digoreng. Tutug sendiri dalam bahasa Sunda berarti tumbuk. Sesuai dengan namanya, makanan ini dibuat dengan cara menumbuk oncom sebelum dicampurkan dengan nasi.

Biasanya, nasi tutug oncom disajikan dengan berbagai macam lauk khas Sunda lainnya, sama hal nya dengan nasi timbel. Jika tertarik dan ingin mencicipi nasi tutug oncom ini, langsung saja datang ke Warung Talaga, di Mall Cihampelas Walk yang berada di Jalan Cihampelas, Bandung.

12. Karedok

gambar makanan khas bandung Karedok
sukita.info

Karedok terbuat dari campuran berbagai macam jenis sayuran, yang ditambahkan dengan saus atau bumbu kacang. Berbeda dengan lotek dan gado–gado, sayuran yang ada di dalam karedok ini disajikan dalam keadaan mentah. Sayuran yang biasanya digunakan di dalam karedok adalah tauge, mentimun, kacang panjang, terong bulat, kol, dan juga kemangi.

Karedok juga terbagi menjadi beberapa jenis, misalnya karedok leunca yang menggunakan leunca atau sayuran ranti sebagai bahan utamanya, dan juga karedok kacang panjang yang menggunakan kacang panjang sebagai bahan utamanya. Jika mengunjungi Bandung, wajib sekali untuk mencoba karedok setan di Jalan Jenderal Sudirman yang terkenal dengan rasanya yang sangat pedas.

BERBAGI
Artikel sebelumyaMakanan Khas Jogja
Artikel berikutnyaMakanan Khas Manado

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/travmin/apps/wstpro/public/wp-content/themes/Newsmag/includes/wp_booster/td_block.php on line 352

LEAVE A REPLY