Makanan Khas Bali

Bali merupakan destinasi favorit wisatawan untuk berlibur, baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Selain keindahan alamnya, Bali juga memiliki segudang kuliner khas yang dapat memanjakan lidah setiap wisatawan. Makanan khas di Bali sangat beragam, mulai dari camilan sampai makanan berat.

Banyak makanan khas Bali yang sudah terkenal di berbagai daerah, seperti sate lilit dan ayam betutu. Namun, ternyata masih ada banyak makanan khas yang dapat dicicipi ketika berlibur di Bali. Berikut adalah makanan khas Bali yang bisa dicoba sambil menghabiskan waktu liburan.

1. Sate Languan

gambar makanan khas bali Sate Languan
tandaseru.id

Sate languan merupakan kuliner yang terbuat dari ikan laut, seperti tongkol. Tongkol memiliki rasa yang enak dengan gizi yang tinggi, sehingga sate languan cocok dimakan sebagai lauk pelengkap nasi. Bentuk sate languan mirip dengan sate lilit, yaitu daging digiling terlebih dahulu.

Cara memasak sate languan yaitu dengan cara dipanggang dengan bara api, sampai permukaan daging terlihat sedikit menghitam. Rasa yang dihasilkan adalah rasa manis dengan sedikit rasa pedas khas Bali. Makanan ini juga cocok dibawa pulang ke daerah untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga.

2. Sate Plecing

gambar makanan khas bali Sate Plecing
kintamani.id

Sate plecing khas Bali ini cukup terdengar asing di telinga, namun ketika melihat bentuk dari sate plecing sama seperti sate pada umumnya. Daging yang digunakan untuk pembuatan sate yaitu daging babi, ayam, atau sapi. Hal yang membedakan sate plecing dengan sate lainnya adalah penggunaan bumbu Bali yang khas dengan rasa pedasnya.

Sate plecing tidak disajikan menggunakan saus kacang, melainkan dengan sambal khusus, yaitu sambal plecing. Harga satu porsi sate plecing juga tidak terlalu mahal, kurang dari Rp50.000, dan bisa dinikmati ketika makan siang atau makan malam.

3. Sate Penyu

gambar makanan khas bali Sate Penyu
ngemalngemil.wordpress.com

Mendengar kata sate penyu, pasti yang ada dipikiran adalah sate yang terbuat dari daging penyu. Namun, sebenarnya masakan sate penyu adalah sate yang dibuat menggunakan daging babi. Penamaan sate penyu karena awalnya pedang menjual sate tersebut di tepi pantai. Tetapi, agar tidak mengganggu, kini sate penyu dijual di warung atau kedai yang ada di Bali.

Setiap orang yang pertama kali mencoba sate penyu, pasti akan merasa ketagihan. Bahan yang digunakan cukup sederhana, yaitu daging babi, garam dan cabai saja. Walaupun bahan yang digunakan sederhana, tetapi rasa yang dihasilkan sangat istimewa, yaitu antara gurih dan pedas.

4. Sate Pentul

gambar makanan khas bali sate pentul
50resep.blogspot.com

Biasanya, para wisatawan sudah tidak asing lagi dengan sate lilit, tetapi di Bali juga terdapat kuliner yang mirip dengan sate lilit dan dikenal dengan nama sate pentul. Persamaan dari sate lilit dan sate pentul adalah dagingnya sama-sama dihaluskan dan dililit.

Daging yang digunakan untuk pembuatan sate pentul adalah daging ikan, seperti ikan kakap atau tenggiri yang dicampur dengan daging udang. Campuran daging ikan dan udang tersebut membuat rasa sate pentul lebih enak. Tusuk yang digunakan juga dari batang serai, bukan bambu atau batang kelapa.

5. Sate Lilit

gambar makanan khas bali sate lilit
harianjogja.com

Sate lilit merupakan salah satu makanan khas Bali yang sudah terkenal, dan banyak diminati oleh wisatawan yang berkunjung. Bentuk sate lilit, berbeda dengan sate lainnya. Jika sate biasanya ditusuk menggunakan tusuk sate, tapi sate lilit dibuat dari daging yang dihaluskan terlebih dahulu, lalu dililitkan pada batang daun serai.

Pada sate lilit tidak terdapat pelengkap berupa bumbu kacang, bumbu yang digunakan sudah tercampur dengan adonan daging. Daging yang dipakai sebagai bahan sate lilit bisa bermacam-macam, yaitu bisa dari daging ayam, ikan tenggiri, atau daging babi.

Bumbu yang membuat rasa sate lilit terasa enak adalah bawang putih, bawang merah, daun jeruk dan serai yang dihaluskan. Selanjutnya, daging yang telah dihaluskan, dicampur dengan bumbu, dan dililitkan ke tusuk sate. Adonan yang sudah dililit, kemudian dibakar hingga matang.

Para wisatawan dapat menemukan sate lilit dengan mudah, hampir setiap tempat makan menyajikan menu sate lilit, yang merupakan ciri khas Bali. Sate lilit merupakan salah satu kuliner yang cocok dengan lidah banyak orang, rasanya yang pedas dan manis membuat para wisatawan langsung jatuh cinta dengan kuliner tersebut.

6. Ayam Betutu

gambar makanan khas bali Ayam Betutu
craftlog.com

Ayam betutu merupakan makanan yang sudah terkenal secara luas di Indonesia. Ayam betutu ini adalah makanan khas Bali yang dibuat dengan bumbu bernama base genep. Base genep merupakan bumbu khas Bali, yang membuat ayam betutu semakin enak, dibuat dari cabai, bawang putih, bawang merah, daun salam, serai, terasi, kemiri, daun jeruk, kencur, jahe, lengkuas, dan kunir yang dihaluskan.

Rasa ayam betutu sangat khas dan kaya akan rempah. Proses memasak ayam betutu membutuhkan waktu yang lumayan lama, sehingga dapat menghasilkan rasa yang enak. Kuliner ini cocok dimakan bersama dengan rombongan. Ayam betutu semakin nikmat, jika dinikmati dengan nasi putih hangat.

7. Bebek Betutu

gambar makanan khas bali Bebek Betutu
unileverfoodsolutions.co.id

Tidak hanya ayam yang bisa dimasak dengan cara betutu, namun terdapat juga hidangan berupa bebek betutu di Bali. Bebek betutu memiliki cita rasa yang sangat khas, yaitu bumbu rempah yang meresap ke dalam daging. Untuk memeroleh rasa bumbu yang meresap, proses mendiamkan bebek yang sudah diberi bumbu memerlukan waktu semalam.

Pembuatan bebek betutu bisa dibilang unik, bebek perlu dikukus terlebih dahulu, untuk menghasilkan daging dengan tekstur yang empuk. Bebek betutu dapat dinikmati dengan sambal matah dan lalapan. Pada zaman dahulu, bebek betutu adalah hidangan yang hanya dikonsumsi oleh bangsawan. Namun, kini semua orang dapat menikmati hidangan bebek betutu Bali yang sangat khas.

8. Bebek Bengil

gambar makanan khas bali Bebek Bengil
thebaybali.com

Selain bebek betutu, bebek bengil juga merupakan kuliner yang terkenal di kalangan para wisatawan. Nama bengil sendiri memiliki arti yaitu kotor, namun bukan berati bebek yang disajikan merupakan bebek yang kotor. Bebek bengil biasanya disajikan secara utuh, dan dimasak dengan cara digoreng. Kuliner ini sangat cocok dinikmati bersama keluarga atau teman, sehingga porsi yang disajikan tidak terlalu banyak.

Terdapat restoran yang menyajikan menu bebek bengil lengkap dengan nasi, sambal, serta sate lilit. Rasa gurih dari daging bebek dan kulit yang kering, membuat wisatawan kecanduan dengan nikmatnya bebek bengil. Bebek begil lebih enak dimakan dengan sambal, sehingga rasa pedas yang dihasilkan akan melengkapi rasa gurih dari daging bebek.

9. Rujak Buleleng

gambar makanan khas bali Rujak Buleleng
indonesiakaya.com

Teriknya matahari siang di Bali, membuat rujak buleleng menjadi salah satu kuliner pilihan yang tepat dinikmati saat siang hari. Rasa segar serta pedas campuran buah potong dan bumbu rujak yang diracik, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Bumbu rujak buleleng cukup berbeda dengan rujak lainnya. Bahan yang digunakan untuk membuat bumbu rujak yaitu gula aren buleleng, cabai rawit, terasi, cuka, dan tambahan pisang batu. Pisang batu membuat rasa bumbu rujak menjadi sepat, dan berbeda dari rujak pada umumnya.

10. Rujak Bulung

gambar makanan khas bali Rujak Bulung
denpasarkota.go.id

Rujak bulung adalah jenis rujak yang berbeda, dengan rujak yang sering dijumpai. Bahan yang digunakan untuk membuat rujak bulung bukan dari buah-buahan, namun menggunakan rumput laut yang disiram menggunakan kuah ikan pindang dan campuran kelapa parut, ditambah kedelai goreng.

Rujak bulung berasal dari Kelurahan Serangan yang merupakan penghasil rumput laut, sehingga masyarakatnya memanfaatkan rumput laut untuk membuat suatu kuliner khas. Dalam satu porsi rujak bulung, terdapat rumput laut, ketupat, serta bumbu cabai khas. Rasa kuah rujak yang segar dan sambal yang pedas, membuat rujak balung cocok dinikmati ketika siang hari.

11. Rujak Kuah Pindang

gambar makanan khas bali Rujak Kuah Pindang
kintamani.id

Rujak kuah pindang memang belum terlalu terkenal di Indonesia, namun sebenarnya makanan ini merupakan makanan khas yang dapat ditemui di Bali. Ciri khas dari rujak kuah pindang adalah tidak menggunakan bumbu rujak seperti biasanya, melainkan menggunakan kuah ikan pindang yang diberi cabai serta terasi.

Buah-buahan yang digunakan hampir sama dengan rujak lainnya, yaitu bengkuang, jambu air, nanas, mangga, dan timun. Harga satu porsi rujak kuah pindang juga sangat ekonomis, yaitu kurang dari Rp10.000.

12. Nasi Ayam Kedewatan

gambar makanan khas bali Nasi Ayam Kedewatan
kumparan.com

Sebenarnya, nasi ayam kedewatan ini sama dengan nasi campur, yang biasa ditemui di daerah Indonesia lainnya. Hal yang membedakan nasi ayam kedewatan dan nasi campur adalah lauk yang digunakan. Lauk pelengkap nasi ayam kedewatan biasanya berupa sate, jeroan, daging ayam, telur, dan kacang panjang.

Makanan Bali identik dengan rasa pedasanya, sama dengan nasi ayam kedewatan. Nasi ayam kedewatan ini semakin lengkap, jika dinikmati bersama dengan sambal matah. Kuliner ini sangat cocok dinikmati oleh wisatawan, terutama wisatawan backpacker, karena harganya yang terjangkau. Tidak hanya wisatawan, masyarakat lokal juga menyukai rasa makanan ini.

13. Nasi Campur Bali

gambar makanan khas bali Nasi Campur Bali
grab.com

Nasi campur tidak hanya ada di Jawa, namun Bali juga memiliki nasi campur Bali, dengan lauk yang beragam. Hal yang membedakan nasi campur Jawa dengan nasi campur Bali adalah pilihan lauk yang bisa dihidangkan dengan nasi. Pembeli bisa memilih sendiri lauk yang ingin dimakan, biasanya setiap tempat makan menyajikan lauk pendamping yang berbeda.

Umumnya, lauk yang sering ditemui di tempat makan adalah kacang tanah goreng, jukut urab, sambal matah, dan lauk khas Bali lainnya. Nasi campur cocok dimakan saat sarapan. Biasanya, para wisatawan memilih nasi campur, karena rasa dan harganya yang pas.

14. Nasi Tepeng

gambar makanan khas bali Nasi Tepeng
jatim.tribunnews.com

Nasi tepeng merupakan kuliner khas Bali yang disajikan dalam bentuk yang cukup lembek menyerupai bubur. Nasi lembek tersebut disajikan dengan kacang merah, nangka muda, sayur daun kelor, kacang panjang, terong, serta sedikit kelapa parut. Lauk lainnya yang terdapat dalam nasi tepeng adalah suwiran ayam dan telur.

Nasi tepeng asli dari Gianyar akan terasa lebih nikmat, ketika dinikmati dengan siraman bumbu rempah khas daerah. Di Gianyar, nasi tepeng ini sering disebut dengan nama sego tampong. Cara penyajian nasi tepeng, yaitu menggunakan alas makan daun pisang yang diapisi, sehingga tidak mudah sobek.

Sayuran yang disajikan dalam nasi tepeng tersebut sangat beragam. Selain itu, nasi dimasak menggunakan rempah-rempah seperti santan, serai, daun salam, kunyit, dan garam, sehingga menghasilkan rasa nasi yang gurih.

15. Nasi Jinggo

gambar makanan khas bali Nasi Jinggo
kintamani.id

Jika di daerah Yogyakarta terdapat kuliner khas nasi kucing, maka Bali memiliki kuliner serupa yang dikenal dengan nama nasi jinggo. Nasi jinggo merupakan makanan yang disajikan dengan alas daun, dengan nasi yang bisa dibilang sedikit ditambah lauk berupa tempe goreng, mi goreng, serta ayam suwir. Ciri khas dari nasi jinggo adalah sambalnya yang sangat pedas.

Nasi jinggo disajikan dengan bentuk kerucut dan memanjang, cukup unik dan berbeda dari cara membungkus nasi kucing sebelumnya. Awalnya, makanan ini diberi nama nasi jinggo, karena harganya yang hanya Rp1.500, namun seiring dengan berjalannya waktu harga nasi jinggo tidak lagi Rp1.500.

Masyarakat Bali biasanya menyajikan nasi jinggo di acara pernikahan, dengan lauk yang lebih beragam. Nasi jinggo biasanya dapat ditemukan ketika malam hari, tepatnya di warung-warung pinggir jalan daerah wisata.

16. Nasi Pedas

gambar makanan khas bali Nasi Pedas
idntimes.com

Nasi pedas Bali memiliki penampakan yang sama seperti nasi rames yang biasa ditemui di Jawa. Umumnya, satu porsi nasi pedas berisi nasi, serundeng, kering tempe, sambal, daging, mi goreng, serta sayur. Sambal dibuat dengan khusus, dengan rasa yang sangat pedas dan membuat ketagihan. Namun, rasa pedasnya masih bisa dinikmati dan terasa enak.

Selain lauk tersebut, pembeli juga bisa menambah lauk lainnya, misalnya telur, opor ayam, dan sebagainya. Bagi orang yang tidak terlalu menyukai pedas, lebih baik memilih lauk tambahan, yang bisa mengobati rasa pedas tersebut. Satu porsi nasi pedas, umumnya dijual dengan harga yang lumayan murah, sehingga makanan ini merupakan salah satu pilihan bagi para backpacker.

17. Nasi Sela

gambar makanan khas bali Nasi Sela
balikami.com

Nasi sela adalah salah satu makanan yang cukup unik, dan bisa ditemukan di Bali. Nasi sela ini menggunakan tambahan ubi di dalam nasi yang disajikan. Ubi yang digunakan dalam pembuatan nasi sela adalah ubi jalar atau ketela. Pembuatan nasi sela ini berawal sekitar tahun 1970. Pada saat itu, beras menjadi langka, sehingga masyarakat menggunakan ubi sebagai sumber karbohidrat.

Umumnya, nasi sela disajikan dengan sayur bejek, kacang tanah, serta udang kecil. Di beberapa tempat makan disediakan lauk yang lebih beragam, sehingga para pembeli bisa memilih lauk sesuai dengan yang diinginkan. Biasanya, nasi sela dibungkus menggunakan kertas minyak secara sederhana.

18. Ikan Asap Sambal Matah

gambar makanan khas bali Ikan asap sambal matah
id.tastemade.com

Ikan asap sambal matah adalah makanan khas dari Pulau Serangan, yang terbuat dari ikan segar hasil tangkapan masyarakat. Ikan yang digunakan berupa ikan tuna, tongkol, atau kerapu yang diasapi dan menghasilkan rasa pedas. Cara memasaknya juga unik, yaitu menggunakan sabut kelapa yang digunakan untuk pengasapan.

Cara memasak menggunakan sabut kelapa ini, membuat ikan asap sambal matah memiliki aroma yang menggugah selera dan tekstur lebih empuk. Sebelum bisa dinikmati, ikan asap dimasak dengan proses yang cukup lama. Ikan harus dibolak-balik beberapa kali, sambil diolesi bumbu supaya lebih meresap. Bumbu yang digunakan yaitu bawang putih, kunyit, cabai, serta bawang merah.

19. Ikan Laut Sambal Matah

gambar makanan khas bali ikan laut sambal matah
bosmeal.com

Banyak masyarakat Bali yang bekerja sebagai nelayan, karena potensi perikanan Bali yang cukup besar. Hasil tangkapan ikan tersebut diolah menjadi banyak jenis masakan, termasuk ikan laut sambal matah. Ikan laut sambal matah dibuat menggunakan ikan laut segar, yang diberi bumbu rempah khas, yaitu bawang putih, ketumbar, kencur, garam, terasi, dan kunyit.

Jika bumbu telah meresap ke dalam ikan, maka ikan siap untuk dipanggang dengan arang kayu atau batok hingga ikan matang. Ikan laut sambal matah yang lezat ini dapat dinikmati di daerah pantai Jimbaran dan Sanur.

20. Babi Guling

gambar makanan khas bali Babi Guling
jonathanlee.org

Seperti namanya, makanan ini terbuat dari daging babi dan banyak dicari oleh wisatawan. Daging babi yang disajikan merupakan daging dengan bumbu khas Bali, dengan tekstur yang empuk. Kuliner ini merupakan kuliner yang banyak dicari oleh para wisatawan, baik wisatawan dari dalam negeri atau turis asing, hal itu karena rasanya yang sangat enak.

Sebelum dipanggang, isi perut babi dikeluarkan terlebih dahulu dan diisi dengan daun ketela pohon. Babi guling bisa dikatakan sebagai makanan yang mewah. Ketika zaman dahulu, babi guling hanya disajikan ketika terdapat upacara keagaman atau upacara adat. Namun, kini babi guling dapat ditemui secara mudah di beberapa restoran yang ada di Bali.

Bagi wisatawan muslim yang ingin menikmati daging, tidak perlu khawatir. Di Bali masih terdapat banyak makanan khas Bali lainnya yang bisa dinikmati di tengah-tengah waktu liburan. Tentunya, bisa  dipilih selain kuliner ini.

21. Jukut Urab

gambar makanan khas bali Jukut Urab
reachingforgreens.com

Jukut urab merupakan nama lain dari urapan sayur di Bali. Biasanya, jukut urab ini dikonsumsi sebagai sayur pelengkap dengan nasi dan lauk lainnya. Sayur yang terdapat dalam jukut urab yaitu  tauge, kacang panjang, wortel, bayam, serta bumbu.

Jukut urab memiliki rasa yang pedas, karena bumbu yang digunakan menggunakan cabai. Bumbu yang digunakan untuk jukut urab berbeda dengan urapan Jawa. Jukut urab menggunakan kacang goreng serta perasan jeruk. Perasan jeruk nipis diberikan ketika sayuran dan bumbu sedang ditumis, untuk menghasilkan rasa yang segar. Jukut urab sangat cocok dihidangkan dengan nasi atau lontong.

22. Bubur Mengguh

gambar makanan khas bali Bubur Mengguh
ksmtour.com

Di Desa Tedakula, Buleleng, para wisatawan dapat menikmati makanan khas yaitu bubur mengguh. Bubur manggah memiliki rasa rempah yang kuat dan memberikan sensasi pedas ketika dimakan. Ciri khas dari satu porsi bubur mengguh adalah lauk, berupa kacang goreng serta urapan. Tentu saja, bubur ini sangat berbeda dengan bubur ayam biasa.

Bubur mengguh menggunakaan rempah-rempah dan santan untuk bahannya, sehingga rasa yang dihasilkan adalah rasa bubur yang gurih dan lembut. Selain urapan, terdapat juga suwiran ayam sebagai lauk pelengkapnya. Bubur mengguh dapat ditemui dengan mudah di tempat makan yang ada di Buleleng atau Denpasar.

23. Timbungan

gambar makanan khas bali Timbungan
citizendaily.net

Timbungan merupakan sebuah proses pengawetan makanan dengan cara dimasukkan ke dalam bambu. Tetapi, kini makanan tersebut juga lebih dikenal sebagai kuliner timbungan. Bambu yang digunakan untuk membuat timbugan adalah bambu yang berukuran cukup besar, dan diberi lubang pada sisinya.

Bahan yang dimasukkan ke dalam bambu adalah daging dan sayur. Daging yang digunakan bisa berupa daging ayam, babi, atau ikan. Sebelum dimasukkan ke dalam bambu, daging perlu diberi bumbu terlebih dahulu, untuk menghasilkan rasa yang nikmat. Makanan ini biasanya dikonsumsi oleh masyarakat ketika Hari Raya Galungan dan Kuningan.

24. Serombotan Klungkung

gambar makanan khas bali serombotan klungkung
id.openrice.com

Serombotan klungkung merupakan makanan yang berasal dari Klungkung, berupa sayuran dengan bermacam-macam bumbu. Sayuran yang biasa dibuat serombotan adalah terong, buncis, kacang panjang, tauge, serta bayam yang direbus.

Setelah direbus, sayuran akan dipotong kecil-kecil dan disajikan dengan bumbu. Umumnya, serombotan dibumbui menggunakan sambal nyuh. Sambal nyuh adalah sambal yang terbuat dari kelapa tua yang dibakar dan diparut, lalu diberi bumbu halus. Selain sambal nyuh, bumbu kacang juga digunakan untuk melengkapi rasa serombotan agar lebih nikmat.

25. Laklak

gambar makanan khas bali laklak
food.detik.com

Laklak merupakan salah satu makanan berupa kue tradisional, yang masih banyak diminati oleh masyarakat Bali. Adonan kue laklak terbuat dari tepung beras, santan, air daun pandan, air daun suji, dan garam. Warna kue yang dihasilkan yaitu hijau yang berasal dari air daun suji. Adonan laklak dicetak menggunakan loyang dengan bentuk setengah bola.

Laklak yang sudah matang dapat dinikmati dengan gula aren cair dan parutan kelapa. Rasa gurih dan manis laklak membuat siapa saja yang mencobanya merasa ketagihan. Saat ini, laklak tidak hanya dikonsumsi dengan topping gula aren, namun topping lainnya yang membuat laklak terlihat lebih modern.

Bagi pencinta makanan pedas, Bali adalah surga makanan pedas dengan rasa rempah yang kuat. Untuk dapat menikmati semua kuliner Bali, para wisatawan perlu meluangkan waktu yang cukup banyak. Wisatawan juga bisa memilih tempat makan yang menyediakan menu lengkap, sehingga bisa mencoba berbagai makanan khas Bali di satu tempat saja.

LEAVE A REPLY